Koperasi Simpan Pinjam Yang Mensejahterakan Anggotanya

koperasi simpan pinjam

Koperasi simpan pinjam atau yang biasa disingkat kosipa merupakan salah satu badan usaha yang ada di Indonesia. Koperasi ini memiliki kegiatan usaha yaitu menghimpun dan juga menyalurkan dana kepada para anggotanya tentunya dengan bunga yang relatif lebih rendah. Koperasi ini umumnya dikelola secara mandiri dan para anggotanya bergabung secara sukarela tanpa paksaan. Tentunya kehadiran koperasi ini akan sangat menunjang berbagai aktivitas ekonomi di kalangan para anggota koperasi dan juga masyarakat pada umumnya.

Sumber Modal Koperasi Simpan Pinjam

Simpanan pokok

Pada saat awal masuk koperasi maka Anda akan dimintai sejumlah uang. Jumlah uang ini tentunya telah disepakati bersama. Uang yang Anda berikan atau Anda bayarkan ke koperasi di awal Anda masuk ini disebut dengan istilah simpanan pokok. Jadi bisa dibilang bahwa simpanan pokok ini merupakan simpanan wajib yang harus dibayarkan pada koperasi.

Simpanan wajib

Selain simpanan pokok ada pula simpanan wajib. Simpanan wajib juga merupakan iuran yang dibayarkan oleh anggota koperasi. Namun iuran ini dibayarkan secara berkala dan tentunya dalam jumlah nominal yang telah disepakati bersama sebelumnya. Iuran ini wajib diserahkan oleh para anggota kepada koperasi di setiap periode waktu tertentu.

Simpanan sukarela

Ada pula simpanan lainnya yaitu simpanan sukarela yang tentunya berbeda dengan simpanan jenis lainnya. Simpanan sukarela ini lebih bersifat fleksibel. Sebab anggota koperasi tidak harus membayar iuran dalam jumlah yang telah disepakati bersama. Jadi anggota koperasi bisa memberikan dana dengan jumlah yang tidak ditentukan. Atau bisa saja anggota tidak memberikan dana ini sama sekali.

Hibah atau donasi

Masih ada pula sumber dana lainnya yaitu dana yang berasal dari dana hibah atau dan donasi. Dana ini biasanya diberikan oleh perorangan atau kelompok atau bisa juga lembaga. Tentunya dana ini tidaklah bersifat mengikat bagi orang yang memberikannya. Dan dana ini biasanmya digunakan sebagai dana tambahan.

Fungsi Simpanan pada Koperasi Simpan Pinjam

Simpanan uang lebih aman

Dengan menjadi anggota koperasi maka sebenarnya Anda bisa melakukan pengelolaan keuangan dengan baik. Di koperasi ini Anda dapat menyimpan uang Anda dalam bentuk simpanan. Maka simpanan uang Anda di koperasi ini akan lebih aman dan terjamin. Selain itu simpanan Anda ini bisa bersifat produktif karena bisa dikelola oleh pihak koperasi.

Tempat investasi

Menyimpan uang di koperasi tentunya hampir sama dengan aktivitas menabung. Uang simpanan Anda di koperasi ini akan menjadisuatu investasi yang pasti bagi masa depan ataupun masa tua Anda. Sebab jumlah simpanan ini akan terus bertambah. Terlebih lagi jika Anda rajin memberikan simpanan ke koperasi. Hasil simpanan ini nantinya bisa Anda ambil kembali seluruhnya saat Anda berhenti menjadi anggota koperasi.

Melatih kegiatan menabung

Memberikan dana simpanan ke koperasi secara tidak langsung akan melatih masyarakat. Dalam hal ini koperasi akan melatih Anda untuk melakukan kegiatan menabung. Maka Anda dan anggota koperasi lainnya secara lambat laun akan semakin terbiasa dengan kegiatan menabung. Tentunya kegiatan menabung ini akan berguna bagi Anda ke depannya.

Fungsi Pinjaman pada Koperasi Simpan Pinjam

Meningkatkan pendapatan

Beberapa anggota mungkin saja membutuhkan pinjaman dari koperasi simpan pinjam untuk menjalankan usahanya. Maka dengan adanya pinjaman yang diperoleh tentunya anggota koperasi tersebut dapat terus melangsungkan aktivitas ekonominya. Dengan terus menjalankan aktivitas ekonomi maka pendapatan yang merupakan hasil dari pekerjaannya tersebut akan terus bertambah.

Memberikan kredit

Terkadang Anda bisa saja membutuhkan pinjaman bukan hanya untuk menjalankan usaha. Bisa saja Anda membutuhkan pinjaman atau kredit dengan tujuan untuk berbagai hal dna kepentingan lainnya. Maka dengan adnaya koperasi tentunya perolehan kredit bisa didapatkan dengan lebih mudah. Tidak hanya itu saja tetapi perolehan kredit ini juga bsia didapatkan dengan proses yang lebih cepat.

Bunga rendah

Dana yang diperoleh berupa pinjaman atau kredit dari koperasi simpan pinjam tentunya akan sangat membantu Anda. Bahkan bunga dari koperasi dikenal sangat murah sehingga tidak akan membuat and amenjadi sangat terbeban. Memang sebuah koperasi didirikan dengan maksud untuk mendukung kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu bunga dari pinjaman sangatlah rendah.

Contoh Koperasi Simpan Pinjam

Koperasi Simpan Pinjam Unit Desa

Koperasi ini seringkali disebut dengan KUD. Biasanya KUD ini banyak dijumpai di pedesaan sehingga di dalamnya terkandung unsur kebersamaan. Tentu saja tujuan dari koperasi ini adalah untuk memenuhi kebutuhan setiap anggota koperasi. Misalnya dalam hal pengadaan peralatan pertanian dan juga bahan pertanian. Serta dalam hal melayani simpan pinjam di antara sesama anggota.

Koperasi Simpan Pinjam Serba Usaha

Koperasi Serrba Usaha atau KSU bisa dijumpai di pedesaan dan di perkotaan. Tujuan utamanya adalah untuk membantu para anggota koperasi baik dalam hal permodalan maupun untuk pengembangan usaha. KSU ini memberikan pinjaman lunak kepada para anggotanya. Misalnya saja untuk kredit kendaraan bermotor atau untuk membeli kebutuhan sehari-hari.

Koperasi Simpan Pinjam Pasar

Sesuai dengan namanya maka sudah bisa ditebak bahwa koperasi ini biasanya ada di pasar. Tentu saja anggota dari koperasi ini adalah para pedagang pasar dan juga para kuli panggul serta lainnya. Koperasi ini bertujuan unntuk membantu anggotanya terutama dalam hal memberikan simpan pijam modal dan juga dalam menyediakan keperluan untuk usaha.

Pentingnya Koperasi Simpan Pinjam

Koperasi simpan pinjam yang didirikan dengan tujuan utama untuk mensejahterakan anggotanya memang kehadirannya sangat membantu masyarakat. Terutama masyarakat dengan tingkat golongan ekonomi menengah ke bawah yang terkadang membutuhkan koperasi untuk menopang kondisi keuangannya.

Peran dari koperasi simpan pinjam memang banyak disadari oleh masyarakat. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor mengapa banyak orang yang bersedia menjadi anggota dari suatu koperasi. Bila Anda menjadi anggota dari koperasi maka Anda wajib membayar iuran yang ditetapkan oleh koperasi. Dengan adanya simpanan inilah maka dana pinjaman untuk para anggota bisa diberikan oleh koperasi. Oleh karena itu iuran Anda yang menambah simpanan pada koperasi sangatlah membantu peran dari koperasi dalam memberikan pinjaman pada anggota.

Tentu saja penggunaan koperasi simpan pinjam ini seperti halnya memilih sistem absen perusahaan yang terbaik. Salah satunya yang banyak memberikan manfaat yaitu JojoTimes. Dimana produk ini memberikan jaminan manfaat sistem absen yang lebih efektif dan efisien. Sehingga mudah aplikasinya serta mudah monitornya dimana saja dan kapan saja.

Tidak mengherankan karena pada dasarnya JojoTimes didukung oleh berbagai fitur menarik, seperti misalnya:

  • Pengenalan wajah biometris dengan geo-locator yang akurat
  • Mengelola laporan kehadiran, perizinan cuti dan jam kerja
  • Tarif lembur yang dapat disesuaikan
  • Terintegrasi dengan sistem absensi yang sekarang, serta pengaturan izin cuti dan advance

Jadi, segera daftar sekarang juga. Dapatkan coba gratis untuk perusahaan Anda dan lihat sendiri seperti apa manfaat yang dirasakan.