KPI Karyawan Tiap Divisi : Definisi dan Cara Menentukannya

Bagi mereka yang bekerja di bidang pengembangan sumber daya manusia atau HRD, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah key performance indicator atau KPI Karyawan. Ini adalah salah satu dari sekian banyak peran sumber daya manusia dalam sebuah perusahaan. Jadi, bagaimana jika Anda baru memulai bisnis dan memiliki karyawan untuk membantu Anda menjalankan bisnis? Apakah Anda memahami dan menggunakan KPI untuk mengevaluasi kinerja karyawan? Jika belum, artikel ini akan membantu Anda memahami cara menetapkan KPI untuk meningkatkan kinerja karyawan perusahaan.

Memahami indikator kinerja utama KPI Karyawan

KPI Karyawan

Key performance indicator (KPI) merupakan indikator yang sangat penting digunakan untuk mengevaluasi kinerja seseorang. Termasuk tim marketing yang bertanggung jawab untuk digital marketing. Oleh karena itu, perlu diperjelas bahwa KPI merupakan parameter penting yang diperlukan untuk penilaian yang adil terhadap kinerja setiap karyawan perusahaan Anda.

Sebagai indikator kunci penilaian kinerja, sifatnya harus terukur, dan perhitungannya harus jelas. Sedangkan pengukuran berasal dari hasil kerja atau hasil kerja. Melalui KPI dapat dijadikan sebagai acuan atau faktor penentu, memberikan berbagai informasi mengenai kemajuan yang dicapai oleh karyawan dalam hal tujuan atau kemajuan kerja. Ketika Anda melihat tanda-tanda memburuknya kinerja tim atau karyawan di perusahaan Anda. Anda perlu segera mengidentifikasi KPI sebagai indikator kinerja karyawan.

Manfaat menggunakan KPI Karyawan untuk melaksanakan evaluasi kinerja karyawan

KPI Karyawan

Memasuki era bisnis digital, manfaat KPI tidak pernah berubah dan masih sangat berguna dalam mengevaluasi kinerja karyawan yang membantu Anda menjalankan bisnis. Anda bisa mendapatkan banyak manfaat dengan menggunakan KPI ini. Seperti membantu Anda untuk lebih mudah mengukur dan mengevaluasi kinerja karyawan perusahaan Anda dan memahami karakteristik karyawan yang berdedikasi.

Kemudian, dengan menggunakan KPI, harapan manajemen terhadap karyawan akan terkomunikasikan dengan baik. Dan karyawan akan menyadari tujuan yang harus mereka capai dan menjadi lebih loyal dalam bekerja.

Selain itu, hasil kinerja masing-masing karyawan diukur dengan jelas, dan pada akhirnya dapat digunakan sebagai acuan penghargaan atau reward. Tentunya hal ini juga akan berdampak positif bagi karyawan, sehingga semangat mereka untuk memberikan pelayanan terbaik kepada perusahaan dapat tetap terjaga.

Di sisi lain, penggunaan key performance indicator dapat memberikan referensi bagi pemilik perusahaan dan lokasi strategis terkait untuk mengambil keputusan terkait pengembangan perusahaan. Apalagi jika saat ini perusahaan sedang menerapkan strategi digital marketing guna mencapai tujuan yang ingin dicapai. Singkatnya, manfaat menggunakan KPI untuk menilai kinerja karyawan meliputi:

  1. Menjadi acuan standar untuk mengukur dan mengevaluasi kinerja pegawai.
  2. Tanggung jawab setiap karyawan akan menjadi lebih jelas, dan mereka akan lebih memahami dan memahami harapan manajemen perusahaan atas hasil kinerja mereka.
  3. Pemilik bisnis dan manajemen perusahaan, dalam hal ini HRD, dapat menghitung hasil kerja setiap karyawan secara lebih spesifik, kemudian menjadi tolak ukur penghargaan atau reward.
  4. Hasil KPI dapat dijadikan bahan acuan untuk menentukan keputusan strategis yang lebih baik terkait pengembangan bisnis.
  5. Jika bagi perusahaan dan manajemen, KPI adalah tolak ukur untuk mengukur kinerja karyawan, maka bagi karyawan, KPI adalah tujuan kerja yang harus mereka capai.

Mengatur KPI Karyawan untuk meningkatkan kinerja karyawan perusahaan

KPI Karyawan

Cara menghitung KPI yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja karyawan suatu perusahaan dapat dimulai dengan menguraikan tugas setiap karyawan, meninjau setiap proyek, dan menggunakan metode spesifik, terukur, dapat dicapai, realistis dan peka waktu atau metode SMART untuk menentukan tujuan. Metode SMART adalah sebagai berikut:

Spesifik

Anda harus menetapkan tujuan tertentu. Misalnya, waktu kerja maksimum setiap karyawan adalah 40 jam per minggu, pengaturan dan penetapan uraian tugas setiap orang, uraian tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan, termasuk apa yang perlu dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan.

Terukur

Perhitungan atau proses penerapan KPI harus terukur. Misalnya, 10 kriteria evaluasi digunakan dalam hal kualitas dan kuantitas, atau dengan kata lain diukur 100% akurat.

Bisa terpenuhi

Namun dalam key performance indicator (KPI), tentunya harus ada tantangan tujuan yang harus dicapai. Namun, tentu saja tujuan-tujuan tersebut harus dapat dicapai atau secara wajar dapat dicapai. Oleh karena itu, meskipun menantang, Anda harus memastikan bahwa tantangan itu masih memungkinkan, meskipun membutuhkan lebih banyak usaha dan ketekunan yang luar biasa. Mengapa harus terukur dan masuk akal? Karena jika tidak tercapai, maka KPI akan terbuang percuma.

Realistis

Selain mengidentifikasi tantangan, Anda juga harus menetapkan tujuan yang realistis atau masuk akal, dan menetapkan beberapa tujuan kinerja dan KPI.

Sensitif terhadap waktu

Manajemen waktu sangat penting bagi setiap orang di perusahaan, karena berkaitan dengan penentuan KPI. Perlu adanya batasan waktu untuk mencapai semua tujuan dari setiap departemen dan individu dalam perusahaan. Oleh karena itu, dampak yang akan Anda dapatkan pada tujuan bisnis digital Anda jauh lebih baik. Misalnya, keuntungan akan meningkat 25% pada tahun 2021, dan area pemasaran akan diperluas dari 10 wilayah menjadi 20 wilayah dalam 6 bulan, dan seterusnya.

Menentukan skor benchmark KPI Karyawan

KPI Karyawan

Dasar penetapan tujuan yang telah Anda pelajari sebelumnya, Anda harus memperhatikan data baseline yaitu fokus pada perbandingan data kinerja tahun lalu dengan tahun ini atau tahun ini, termasuk membandingkan kembali tujuan yang dibutuhkan oleh pemangku kepentingan dalam tahap sebelumnya dengan tahap saat ini. Untuk menetapkan tujuan baru untuk tahap selanjutnya. Berikut adalah beberapa cara berbeda untuk menentukan skor yang dapat Anda coba.

Maksimalkan KPI

Maksimalisasi KPI berarti semakin tinggi pencapaian maka semakin baik KPI. Misalnya, jumlah pembelian, jumlah pelanggan baru, jumlah keuntungan, dll. Skor dihitung sebagai: Pencapaian/Tujuan x 100.

Minimalkan KPI

Pada saat yang sama, KPI yang diminimalkan adalah KPI dengan pencapaian yang lebih rendah dan lebih rendah, tetapi masih meningkat secara signifikan. Misalnya, jumlah temuan audit, jumlah pengaduan, proporsi biaya, jumlah keterlambatan, dll. Bagaimana skor dihitung? Tujuan/capaian x 100.

Kesimpulan KPI Karyawan

Inilah cara mengatur KPI yang perlu Anda ketahui. Ini adalah hal yang mendasar dan berpengaruh besar dalam membantu perusahaan berkembang ke arah yang baik. Dengan indikator ini, perusahaan diharapkan dapat mencapai tujuannya melalui setiap pencapaian kemajuan dalam kerangka waktu yang ditentukan.

Bagi karyawan, jadikan ini sebagai acuan untuk meningkatkan kinerjanya di perusahaan. Melalui upaya terus menerus, mencapai skor untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Semakin baik kinerja Anda, semakin besar peluang Anda untuk dipromosikan!

Pantau kehadiran karyawan Anda di mana saja. JojoTimes memungkinkan karyawan Anda masuk dan keluar dari mana saja. Dilengkapi dengan pengenalan wajah biometrik, lokasi GPS yang akurat dan deteksi identitas palsu, tidak perlu khawatir tentang penipuan dan bermain bohong.

Karyawan Anda dapat diminta untuk melaporkan kegiatan mereka ketika mereka bekerja dari jarak jauh. Dengan cara ini Anda selalu dapat memastikan bahwa karyawan Anda benar-benar menggunakan jam kerja dengan seharusnya.

Jadwal dan shift kerja karyawan juga dapat dikelola dan diatur sesuai dengan kebutuhan masing-masing divisi untuk mengoptimalkan sinkronisasi antara pengusaha dan karyawan. Organisir perusahaan Anda dengan lebih baik, tingkatkan produktivitas karyawan dan pertumbuhan perusahaan Anda—semua hanya dengan satu kumpulan aplikasi.

Ucapkan selamat tinggal pada kekacauan kertas yang konvensional, dan ucapkan selamat datang pada manajemen efisien, hanya dengan menggunakan satu rangkai alat-alat yang terintegrasi dengan satu sama lain untuk membantu meningkatkan produktivitas dan kepraktisan.

Serahkan kebutuhan administratif Anda pada proses-proses otomatis dan biarkan karyawan Anda fokus pada tugas-tugas yang lebih penting yang akan membantu perusahaan Anda tumbuh secara eksponensial. “Yuk pakai software hris dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari”