Krisis Perusahaan Bisa Diatasi Dengan Cara Berikut

krisis perusahaan
Sumber : anjocred.com.br

Krisis Perusahaan – Memang benar bahwa banyak orang menghindari pembahasan tentang salah satu bentuk kegagalan Krisis. Pun hal ini bisa dimaklumi karna banyak sekali yang harus anda kerjakan sebagai seorang pemimpin bisnis atau perusahaan. Anda mungkin terlalu sibuk hingga tidak memiliki waktu untuk melihat apa yang bisa saja terjadi di masa depan.

Para pemimpin bisnis juga biasanya enggan atau tidak memiliki kesempatan untuk menjalankan / memikirkan yang namanya rencana management krisis yang benar.

Sayangnya, yang namanya musibah bisa menyambar dimana saja dan kapan saja tanpa bisa anda prediksi. Satu hal yang perlu anda ingat adalah tidak peduli apapun jenis krisis yang akan anda hadapi nantinya, akan ada ‘mata – mata’ yang selalu siap menyiarkan kegagalan anda kapan saja. Jadi, apakah anda telah siap menghadapi yang namanya Krisis perusahaan?

Enam Langkah Jitu Untuk Menghadapi Krisis Perusahaan

Bersiap – siap untuk menghadapi yang namanya krisis perusahaan menentukan syarat penting dalam menentukan apakah perusahaan anda akan mati atau sukses untuk bangkit lagi. Jika anda belum memiliki rencana krisis perusahaan sama sekali, anda bisa mengunakan jasa para bawahan anda untuk memikirkan cara terbaik dalam menghadapi krisis perusahaan.

Berikut adalah beberapa Langkah yang bisa anda gunakan untuk menghadapi yang namanya krisis perusahaan dengan selamat sentausa. Pun bisa membawa perusahaan untuk bangkit lagi setelah keterpurukan dalam situasi tersebut.

krisis perusahaan
Sumber : forbes.com

Pastikan Perusahaan Memiliki Pemimpin yang Cakap

Pemimpin perusahaan yang kuat akan mampi membangun budaya lingkungan kerja yang kuat pula. Mereka akan memberikan nilai yang luar biasa bagi perusahaan untuk melewati masa terberat sekalipun.

Nilai tersebut tidak hanya akan menjadi dasar dari rencana inisiatif untuk mengatasi krisis perusahaan. Namun dalam situasi paling ‘jelek’ sekalipun, mereka akan mampu menentukan respon terbaik perusahaan dalam menghadapi cobaan yang ada. Sebuah tanggapan yang cerdas – jelas dan memiliki nilai merupakan hal yang penting bagi perusahaan untuk mampu bertahan. Pastikan bahwa anda juga telah memiliki rencana krisis perusahaan yang akan tersedia kapan saja anda membutuhkannya.

Kumpulkan Team Management Krisis

Team management krisis tidak harus sellau diisi oleh orang – orang dari satu departemen saja. Namun bisa diisi oleh individu – individu lain yang ada di perusahaan tersebut. Hal ini nantinya akan sangat membantu menghadapi krisis perusahaan yang terjadi.

Anda bisa mengambil orang – orang dari Bagian Hukum, Bagian keuangan dan bagian public relation untuk bekerja sama. Sebagai contoh, dengan menggabungkan ketiga departemen tersebut, anda memiliki sudut pandang yang berbeda – beda dalam menghadapi persoalan yang ada. Sehingga ketika membahas mengenai rencana final nanti, anda akan mampu melihat banyak opsi yang bisa digunakan untuk mengalahkan krisis perusahaan.

krisis perusahaan
Sumber : heconsulting.us

Membentuk Rencana Management Krisis

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, rencana management krisis perusahaan anda harus mampu mengedepankan filosofi serta nilai – nilai dari organisasi itu sendiri. kunci dari pengembangan rencana management krisis yang terjadi adalah dengan membuat daftar ‘bencana’ yang mungkin saja akan dihadapi oleh perusahaan anda di masa mendatang. Rencana krisis perusahaan tersebut harus mampu dikembangkan untuk memiliki rincian penyelesainnya masing – masing. Anda harus mampu menemukan respon yang tepat apabila situasi tersebut benar – benar terjadi. Pada kenyataannya, semakin banyak fakta yang anda uraikan dalam Menyusun skema krisis perusahaan tersebut, semakin sedikit pula kekacauan yang akan terjadi apabila krisis tersebut benar – benar terjadi.

Siapkan Pekerja Dengan Training yang Memadai

Memberikan training yang tepat untuk para pekerja dalam menghadapi situasi krisis merupakan hal yang wajib. Saat pekerja atau karyawan terlibat dalam kegiatan sehari – hari yang ada di perusahaan, mereka harus memiliki pelatihan atau latar belakang yang diperlukan dalam mengidentifikasi yang namanya potensi krisis masing – masing job desk. Para pekerja harus diberdayakan untuk mampu mengkomunikasikan persoalan tersebut pada atasa atau setidaknya manager yang menanganinya.

sumber : lirp.cdn-website.com

Dengan keterbukaan karyawan terhadap permasalahan atau potensi krisis yang ada, perusahaan akan mampu menerima peringatan dini dari ‘musibah’ yang akan terjadi. Analisis serta Tindakan korektif sejak dini yang dilakukan nantinya akan mencegah munculnya situasi krisis yang lebih besar nantinya.

Selain itu, pekerja atau karyawan juga harus terbiasa dengan management krisis yang telah direncanakan oleh perusahaan. Dimana hal ini nantinya akan membuat pekerja memahami peran serta hal apa saja yang bisa mereka lakukan untuk menghadapi krisis tersebut.

Lakukan Komunikasi Secara Berkala

Merk atau brand perusahaan anda secara langsung atau tidak langsung bergantung sepenuhnya pada komunikasi yang baik di bagian internal maupun eksternalnya. Hal ini bisa dimulai dengan mengakui adanya suatu persoalan yang kemudian dicarikan solusi yang tepat dari permasalahan tersebut.

Kounikasi yang konsisten merupakan kunci dari rusak atau tidaknya suatu kredibilitas perusahaan. Rencana management krisis yang baik harus diikuti dengan tingkat komunikasi yang lancar antar berbagai sendi di perusahaan.

Terkadang, suatu perusahaan juga harus bisa memberikan statemen yang baik di mata public. Boleh membicarakan keadaan sebenarnya yang sedang terjadi, namun juga harus memberikan solusi terbaik dari situasi yang sedang dihadapi.

Selalu Meng – Update Rencana Management Krisis Secara Berkala

Meski terdengar merepotkan, namun yang namanya rencana atau planning untuk management bisnis memang harus diperbarui. Hal ini demi menghindari hal – hal yang tidak diinginkan. Atau ketika perubahan – perubahan besar yang terjadi belum dimasukkan ke dalam rencana management krisis yang sebelumnya.

Mengantisipasi sebuah krisis bisa dilakukan dengan rencana strategis dan risk management. Meskipun anda atau perusahaan telah mengikuti keenam Langkah jitu yang telah disebutkan sebelumnya, hal ini tidak akan bisa menghindarkan anda dari yang namanya musibah. Namun setidaknya, dengan berbagai penjelasan diatas, perusahaan dapat memiliki tim management krisis yang kompeten dan mampu menangani situasi baik yang sudah direncanakan atau yang belum direncanakan sama sekali. Dalam menghadapi sebuah krisis, kesiapsiagaan dapat membantu perusahaan untuk selamat dan memiliki pertumbuhan finansial yang sehar. Pun dengan branding perusahaan itu sendiri.

Kesimpulan

Sudah sejak lama perbaikan dalam penggunaan teknologi, baik berupa teknologi untuk peralatan produksi hingga teknologi untuk penunjang produksi, semua terbukti dapat meningkatkan efisiensi SDM maupun produktivitas perusahaan. Peralatan produksi yang tepat dan berkualitas pun terbukti mampu meningkatkan produktivitas pekerja dan menambah untung perusahaan. Hal inilah yang membuat penggunaan software bisnis menjadi upaya untuk meningkatkan efisiensi kerja maupun menekan biaya. Wajib bagi perusahaan untuk memiliki sebuah software bisnis yang handal seperti Jojonomic.

Anda juga bisa mendapatkan aplikasi JojoExpense dari Jojonomic untuk membantu management perusahaan dalam mengelola pengeluaran sehingga tidak terjerumus ke dalam jurang krisis. Penggunaan aplikasi tersebut dapat mengefisiensikan penggunaan anggaran maupun mencegah penipuan yang akan terjadi. JojoExpense memiliki fungsi – fungsi keuangan, yang akan menghitung secara otomatis pembayaran yang dilakukan.