Sifat dan Karakter Jenis Penelitian Dengan Metode Kualitatif

kualitatif

Kualitatif sebagai suatu metode penelitian tentu saja sudah bukan hal asing lagi. Terutama bagi Anda yang memang berhubungan dengan dunia penelitian sosial. Metode penelitian jenis ini dinilai bisa memberikan informasi yang sangat bermakna. Sebab metode penelitian ini menekankan adanya  informasi yang diperoleh dari satu atau lebih narasumber.

Sifat Kualitatif

Bersifat deskriptif

Data kualitatif yang berasal dari hasil wawancara dengan nara sumber umumnya menggambarkan suatu hal atau gejala atau fenomena tertentu. maka bisa dibilang bahwa penelitian kualitatif cenderung bersifat deskriptif. Sebab melalui penelitian ini dapat ditemukan suatu hal yang sekiranya bisa menggambarkan atau mendeskripsikan gejala tertentu. Hal ini berhubungan pula dengan adanya data yang terkumpul dan dihadirkan dalam bentuk kata-kata.

Dilakukan pada kondisi alamiah

Yang dimaksud engan kondisi alamiah dalam hal ini adalah tidak berkaitan dengan adanya eksperimen. jadi penelitian ini dilakukan dengan mengarah secara langsung kepada sumber data tanpa adanya percobaan atau eksperimen terlebih dahulu.

Menekankan proses

Dalam penelitian kualitatif rupanya seorang nara sumber atau sumber data akan memberikan deskripsi mengenai suatu fenomena atau hal tertentu. Maka peneliti juga perlu memperhatikan kondisi nara sumber saat sedang menyampaikan sesuatu. Bahkan pikirna dan pendapat serta perasaan sumber data ini juga bsia turut dilibatkan sebagai bahan analisis data. Hal ini sesuai dengan sifat dari kualitatif itu sendiri bahwa metode ini lebih melibatkan proses daripada hasil. dalam hal ini proses yang dilalui oleh nara sumber juga bsia menjadi data.

Hasil konstruksi pikiran

data yang diperoleh dari penelitian kualitatif bisa digambarkan sebagai suatu hasil dari konstruksi pikiran. Yang awalnya pikiran ini datang dari sumber data kemudian bisa dianalisis hingga menjadi hasil laporan penelitian.

Karakter Penelitian Kualitatif

Deskripsi lebih detail

Salah satu karakter yang tampak secara jelas terdapat pada hasil penelitian jenis kualitatif adalah adanya deskripsi yang mendetail mengenai suatu situasi. Hal yang detail ini juga bisa saja meliputi suatu jenis kegiatan ataupun peristiwa dan juga suatu fenomena tertentu.

Pendapat secara langsung

Penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif pada umumnya juga disertai dengana danya beberapa pendapat langsung yang dilontarkan oleh nara sumber. Pendapat yang dilontarkan secara langsung ini bisa saja mengenai pandangannya dan sikapnya serta apa yang menjadi kepercayaan bagi dirinya. Pendapat ini juga bsia saja merupakan pernyataan dari apa yang selama ini ada di dalam pikirannya.

Cuplikan dari dokumen

Setiap penelitian biasanya dilakukan dengan didasarkan pada beberapa dokumen yang sebelumnya. Demikian pula saat melakukan penelitian dengan metode wawancara mendalam sebaiknya peneliti juga menggunakan beberapa dokumen sebelumnya misalnya sebagai referensi. Beberapa dokumen yang bsia digunakan tentunya dalam bentuk bermacam-macam. Anda bisa menggunakan dokumen laporan atau mungkin berbagai arsip sejarah dan sejenisnya.

Analisis data induktif

Umumnya seseorang melakukan penelitian berjenis kualitatif karena ingin mendapatkan informasi secara lebih jauh dan lebih detail mengenai suatu hal. Yang tadinya peneliti kurang paham atas suatu fenomena maka dengan adanya penelitian tersebut ke depannya peneliti bisa memahami suatu hal dengan jelas. Maka dari itu kualitatif disebut menggunakan proses analisis data induktif yang menjelaskan secaralebih dalam mengenai suatu hal yang tadinya masih samar-samar.

Lebih menekankan makna

Adanya pendapat dan deskripsi yang detail mengenai suatu hal bisa saja menjadi hasil dari penelitian kualitatif yang bermakna. Memag pada dasarnya penelitian dengan teknik wawancara yang mendalamini cenderung dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh makan yang dalam atas suatu hal atau fenomena.

Tips Melakukan Penelitian Kualitatif

Mempelajari fenomena

melakukan penelitian jenis kualitatif bisa saja memakan waktu yang relatif lebih lama. Sebab hal ini dilakukan untuk mendapatkan informasi yang sedalam-dalamnya. Oleh karena itu sebelum melakukan jenis penelitian ini sebaiknya Anda mempelajari setiap fenomena yang mungkin sebelumnya belum pernah dipelajari.

Memperkaya ilustrasi

Tips selanjutnya yang juga perlu diupayakan untuk dapat melakukan penelitian dan wawancara mendalam adalah dengan memperkaya atau menambah berbagai ilustrasi. Hal ini bisa dilakukan misalnya engan menggunakan beberapa macam dokumen seperti misalnya dokumen tertulis. Jika hal ini bsia dilakukan maka nantinya penelitian dapat dilakukan dengan lebih maksimal dan akhirnya memberikan hasil.

Memahami topik

Setiap penelitian tentu saja dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan informasi mengenai suatu jenis topik tertentu. Oleh karena itu Anda haruslah bisa memahami topik yang diangkat dengan sangat baik. Topik penelitian haruslah dikuasai dengan baik agar penelitian nantinya bisa dilakukan dengan lebih lancar. Bahkan setiap metode yang digunakan untukbisa mengangkat topik juga perlu diketahui dan dipahami secara lebih jelas.

Menggunakan teknik yang tepat

Teknik dalam melakukan penelitian tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Teknik yang dilakukan dalam suatu proses penelitian haruslah tepat agar nantinya hasil penelitian bisa valid. Oleh karena itu setiap teknik yang digunakan baik untuk mempersiapkan penelitian hingga teknik untuk analisis dan pengolahan data harus ditentukan secara lebih matang bahkan sebelum penelitian dimulai.

Melakukan pengamatan dan analisis secara serius

Penelitian kualitatif sebenarnya merupakan suatu metode yang dilakukan untuk bisa melakukan wawancara secara mendalam. Hingga pada akhirnya dapat ditemukan jawaban atas suatu permasalahan secara mendalam. oleh karena itu dalam penelitian ini tentu saja peneliti harus bisa melakuka pengamatan secara serius. Tidak hanya itu saja tetapi analisis juga haruslah dilakukan secara serius.

Penggunaan Metode Penelitian Kualitatif

Kualitatif pada dasarnya merupakan suatu penelitian yang digunakan dengan tujuan kepentingan tertentu. Biasanya penelitian jenis ini digunakan bila masalah yang diangkat dalam penelitian bisa dibilang masih samar-samar dan sama sekali belum diketahui atau dipahami secara jelas. Maka untuk dapat memahaminya dilakukan penelitian jenis kualitatif.

Di samping itu penelitian jenis ini juga cenderung dilakukan untuk mengembangkan suatu teori. Sebab dari hasil penelitian ini bisa diperoleh berbagai informasi yang sifatnya cenderung mendalam. Oleh karena itu hasil dari penelitian jenis ini bisa tepat jika memang diterapkan dengan tujuan yang tepat pula.

Tentunya metode di atas seperti juga saat mencari sistem pengelolaan keuangan perusahaan yang paling sesuai untuk membantu pelaporan yang efektif. Salah satunya dengan menggunakan JojoExpense dari Jojonomic. Sebagai aplikasi pengelolaan keuangan, aplikasi ini berfokus dalam mempermudah sistem reimbursement maupun penyediaan cash advance untuk perusahaan. Maka dari itu hal ini membuat pengelolaan keuangan perusahaan jauh lebih baik dan optimal.

Tentunya manfaat di atas berkat beberapa fitur andalan yang bisa diperoleh saat menggunakan aplikasi JojoExpense. Fitur tersebut meliputi fitur monitor disbursement uang panjar kerja dan juga dilengkapi oleh fitur proses pelaporan otomatis reimbursement tersebut. Jadi, tunggu apalagi, yuk pakai aplikasi expense management dari jojonomic sekarang dan dapatkan coba gratis selama 14 hari untuk perusahaan Anda secepatnya.