Manfaat Dan Kelebihan Kuliah Online di Masa Pandemi

kuliah online

Kuliah online sesuai dengan namanya maka sudah tentu merupakan suatu sistem kuliah yang dilakukan dengan menggunakan metode e-learning. Artinya kegiatan kuliah dalam hal ini melibatkan peran dan bantuan dari teknologi informasi dan komunikasi yaitu internet. Melalui media internet inilah maka proses belajar dan mengajar antara para dosen dan para mahasiwa bisa terwujud.

Mungkin sebelumnya kuliah seperti ini belum pernah terjadi. Namun sekarang ini kuliah dengan sistem online menjadi suatu hal yang wajar dan banyak dilakukan oleh beberapa lembaga perguruan tinggi kepada para mahasiswanya. Berbagai kelebihan dari kuliah dengan metode ini tentu bisa terwujud sehingga mamfaat dari kuliah online bisa didapatkan. Oleh karena itu siapa saja hendaknya bisa selalu siap untuk melaksanakan kuliah dengan menggunakan sistem ini.

Manfaat Kuliah Online

Pembelajaran praktis

Hampir setiap aktivitas yang dilakukan secara online umumnya bersifat praktis. Termasuk pupa pembelajaran yang dilakukan oleh para mahasiswa. Kuliah yang dilakukan dengan sistem daring umumnya juga bersifat praktis karena bisa terjadi dengan lebih mudah. Bahkan hal ini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja selama ada kesepakatan antara pihak dosen dan mahasiswa.

Pengalaman belajar menyenangkan

Belajar dan tatap muka kelas dengan menggunakan aplikasi online sebelumnya mungkin belum pernah terjadi. Namun sekarang ini tampaknya sistem belajar online dilakukan oleh siapa saja termasuk oleh para mahasiswa. Tentu hal ina akan menjadi suatu pengalaman yang cukup unik dan mengesankan. Kuliah seperti ini juga bisa saja menjadi penagalaman yang menyenangkan bagi siapa saja.

Bersifat personal

Kuliah yang umumnya dilakukan dengan cara menghadiri kelas di kampus biasanya dilakukan secara beramai-ramai. Namun kuliah online dilakukan oleh tiap mahasiswa dari masing-masing kediamannyam Tentu privasi tiap mahasiswa dalam hal ini sangatlah terjaga karena pertemuan hanya dilakukan melalui media virtual saja. Kuliah jadi lebih bersifat perosnal bagi tiap mahasiswa.

Lebih efisien

Menjalani kuliah dengan sistem daring tentu tidak memerlukan upaya dari para dosen dan para mahasiwa untuk mencapai kampus. Maka tidak dibutuhkan biaya transport seperti yang sebelumnya biasa terjadi. Tidak hanya masalah transportasi saja tetapi berbagai hal lainnya seperti makan di kantin juga tidak akan terjadi. Hal ini tentu membuat pengeluaran jadi lebih irit sehingga bisa dikatakan kuliah dengan sistem ini lebih efisien dan hemat.

Dokumentasi mudah

Setiap dokumentasi bisa saja diciptakan dari pembelajaran online yang dilakukan setiap saat. Dokumentasi meliputi segala bukti fisik yang menunjukkan adanya perkuliahan. Hal ini bisa dilakukan dengan mudah saja. Anda hanya tinggal mengambil gambar atau foto dari proses kuliah yang sedang berjalan maka selesailah proses dokumentasi.

Sistem kuliah fleksibel

Sistem kuliah daring umumnya dilakukan secara lebih fleksibel. Jadi perkuliahan dalam hal ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa. Hal ini bisa saja terjadi sebab sistem kuliah daring membutuhkan peran dari koneksi internet. Padahal belum tentu jaringan internet bisa diakses secara stabil. Maka kuliah harus dilakukan dengan memperhatikan segala kendala yang mungkin terjadi.

Kelebihan Kuliah Online

Bisa dilakukan kapan saja

Belajar online dapat dilakukan kapan saja. Bahkan saat kelas online sudah mulai maka Anda bisa mengaksesnya di mana saja. Baik saat Anda di rumah atau bahkan saat di jalan rupanya akses untuk mengukuti kelas online tetap bisa dilakukan. Hal inilah yang menjadi salah stau kelebihan bagi kuliah online.

Tidak membutuhkan transportasi

Kuliah dengan sistem daring atau online juga ternyata memiliki kelebihan lainnya. Diantaranya adalah kemudahan yang didapatkan mahasiswa dan dosen untuk melakukannya. Kini kuliah tidak perlu lagi dilakukan di kampus sehingga sekarang ini tidak dibutubkan transportasi untuk mencapai kampus. Setidaknya jalan raya menjadi lebih lapang dan polusi udara jadi berkurang.

Bersifat fleksibel

Para mahasiswa yang terpaksa menjalani kuliah secara online sebenarnya juga perlu untuk dipahami secara lebih lagi bagaimana kondisinya. Oleh karena itu sistem kuliah bisa dijalankan secara fleksibel. Mulai dari sistem tatap muka online sampai dengan pemberian dan batas pengumpulan tugas sebaiknya bisa fleksibel.

Waktu relatif singkat

Belajar online pada dasarnya cenderung membuat mata lelah dan juga tubuh terasa kaku. Sebab aktivitas ini mengharuskan setiap orang untuk memusatkan fokus pada perangkat. Oleh karena itu waktu kuliah selama sistemnya masih online umumnya singkat. Proses pembelajaran tidaklah lama seperti halnya belajar di kampus.

Materi bisa didownload

Kelebihan selanjutnya dari kuliah online antara lain kemudahan para mahasiswa untuk mendapatkan materi. Misalnya saja dengan melakukan download terhadap seluruh modul yang dibutuhkan. Jadi materi yang memang diperlukan bisa diunduh sewaktu-waktu selama ada jaringan internet untuk mengunduhnya. Tentunya hal ini akan semakin memudahkan para mahasiswa dalam menjalani proaes belajar online.

Membangun karakter baik

Sebuah sistem yang mengharuskan terjadinya belajar online tentu akan membangun karakter baik dari para siswa yang menjalaninya  Terlebih lagi bagi para mahasiswa. Oara mahasiswa bisa membangun kemandirian dalam belajar online dan tanggung jawabnya juga akan semakin berkembang melalui pengelolaan tugas yang diperolehnya. Maka mahasiswa akan semakin terlatih untuk menjadi pribadi yang baik.

Pelaksanaan Kuliah Online di Indonesia

Kuliah online di masa sekarang ini tampaknya bukan lagi menjafi suatu hal yang baru dan terasa asing. Terlebih di masa pandemi yang mengharuskan adanya aktivitas belajar walaupun tanpa tatap muka. Maka pembelajaran e-learning atau online dirasa akan menjadi suatu solusi yang terbaik agar pelaksanaan kuliah bisa tetap terwujud.

Sebenarnya kuliah yang dilakukan dengan sistem seperti ini terkadang terkesan sulit terutama bagi para mahasiswa. Sebab pada prakteknya ada banyak kesulitan yang harus dihadapi dalam melakukan sistem pembelajaran online. Mulai dari kesulitan dalam hal koneksi internet sampai dengan proses perolehan ilmu dan informasi mengenai tugas yang harus dikerjakan oleh para mahasiswa.

Namun berbagai kendala ini harus bisa diatasi dengan baik agar mahasiswa tetap bisa belajar dan mendapatkan nilai. Oleh karena itu pembelajaran sebaiknya bersifat fleksibel agar bisa kondusif bagi seluruh mahasiswa tanpa kecuali. Sehingga tujuan dan manfaat yang diinginkan tercapai secara maksimal.

Demikian halnya saat melakukan pengaturan keuangan pada sebuah perusahaan. Dibutuhkan langkah strategis menggunakan sistem keuangan yang tepat. Misalnya dengan menggunakan JojoExpense yang mampu mencatat seluruh pemasukan dan pengeluaran perusahaan secara akurat.

JojoExpense memudahkan staf keuangan untuk memantau disbursement perusahaan secara real-time dan akurat. Hemat waktu hingga 77% dengan proses pelaporan pengeluaran otomatis. Hal ini berkat fitur-fitur berikut:

  • Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  • Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  • Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Jadi tunggu apalagi, yuk segera dapatkan demo gratis 14 hari dari aplikasi manajemen keuangan besutan Jojonomic ini sekarang juga.