Laporan Ekuitas Adalah? Berikut Pengertian dan Komponennya

laporan ekuitas adalah
laporan ekuitas adalah

Apa Itu Laporan Ekuitas ?

Laporan ekuitas atau biasa disebut dengan laporan perubahan modal. Laporan ekuitas adalah salah satu jenis laporan keuangan yang harus dibuat dan disiapkan oleh perusahaan. Biasanya laporan ekuitas ini disiapkan bersamaan dengan dokumen keuangan lainnya yang nantinya akan dikumpulkan menjadi laporan keuangan. Laporan ekuitas berhubungan terkait dengan transaksi yang terjadi, mencakup penyesuaian saldo yang terjadi dalam periode waktu tertentu.

Laporan ekuitas lebih lengkap dari laporan keuangan biasa yang ada. Dimana laporan ekuitas juga mencakup transaksi-transaksi yang sebelumnya tidaqk terdapat dalam laporan keuangan. Misalnya seperti pembayaran dividen, penarikan ekuitas dan koreksi kesalahan pada laporan sebelumnya.

Pada neraca perusahaan, ekuitas pemegang saham biasanya didapatkan dengan 3 komponen penting. Secara umum komponen tersebut adalah pembagian modal, simpanan pendapatan,  dan juga batas pemasukan.

Tujuan Laporan Ekuitas

Tujuan dari laporan ekuitas adalah untuk memberikan gambaran atau rincian terhadap perubahan modal yang terjadi. Hal ini tentunya akan membantu baik pemegang saham atau invertor dalam mengambil keputusan terkait investasi mereka. Tujuan lainnya dari laporan ekuitas adalah pembuatan buku atau laporan lengkap tertulis mengenai aktivitas dana dalam periode tertentu. Ini akan mempermudah seseorang yang menganalisis keuangan perusahaan. Menjadi semakin mudah memahami dan juga mengetahui faktor penyebab perubahan modal yang terjadi.

Komponen Laporan Ekuitas

Laporan ekuitas umumnya memiliki komponen – komponen utama didalamnya sehingga menjadikannya lengkap. Berikut ini adalah komponen dari laporan ekuitas yang harus anda ketahui.

Saldo Awal

Kebanyakan orang juga menyebutnya sebagai saldo pembukaan. Saldo awal adalah umlah saldo yang ada pada laporan akhir ekuitas periode sebelumnya. Banyaknya saldo awal ini tidak disesuaikan dengan jumlah saldo ekuitas yang mengalami koreksian pada periode sebelumnya. Penambahan dan pengurangan saldo yang terjadi di lakukan ke saldo awal pada laporan ekuitas. Perubahan kebijakan yang terjadi mempengaruhi selama periode tahun tersebut sebagaimana kebijakan tersebut disajikan terpisah.

Pengaruh Kebijakan Akuntansi Yang Berubah – Ubah

Dengan adanya kebijakan akuntansi yang berubah menyebabkan perlu adanya penyesuaian. Karena hal ini diterapkan secara retrospektif membuat penyesuaian pemegang saham dibutuhkan. Pelaporan komparatif di butuhkan untuk dapat menyaikan kembali ekuitas pembukaan pada jumlah yang akan diterima ketika kebijakan baru sudah diterapkan.

laporan ekuitas adalah

Pendapatan Bersih

Pendapatan bersih adalah umlah total smua pendapatan yang didapatkan perusahaan dalam suatu periode pelaporan atau selama tahun fiskal. Jumlah yang didapatkan ini sudah dikurangi terhadap semua pengurangan, baik berupa biaya operasional atau non operasional. Jumalah tersebut dapat diambil dari laporan laba rugi yang ada.

Pengaruh Koreksi Kesalahan Sebelumnya

Koreksi kesalahan yang ada harus dilaporkan secara terpisah. Hal ini dilakukan untuk menghindari tercampurnya dengan laporan ekuitas terhadap penyesuaian pembukaan cadangan. Pengaruh dari koreksi kesalahan ini dapat dikurangi dengan saldo awal cadangan ekuitas.

Sehingga menyebabkan jumlah yang disajikan dalam laporan periode tertentu dapat dikurangi. Hingga hal ini dapat membuat rekonsiliasi semakin mudah dilakukan.

Saldo Ulang

Akuitas saldo ulang dapat diartibusikan kepada pemegang saham selama periode komparatif awal. Penyesuaian dilakukan seiring dengan perubahan kebijakan yang terjadi. Baik perubahaan akuntansi ataupun koreksian yang terjadiseperti yang sudah dijelaskan diatas.

Terjadinya Perubahan Modal Saham

Pengeluaran saham modal yang dilakukan dalam suatu periode harus ditambahkan dalam laporan ekuitas. Dan juga perlu adanya pengurangan dalam penebusan saham. Efek dari penerbitan dan juga pelunasan saham harus disajikan dalam keadaan terpisah. Untuk mencadangkan modal saham daan juga premi saham.

Dividen

Dividen diumumkan dalam periode pelaporan harus dilakukan pengurangan saldo ekuitas. Hal ini karena dianggap sebagai perwakilan terhadap distribusi kekayaan anatar pemegang saham.

Masalah Modal Baru

Saat saham baru dikeluarkan dari perusahaan dan ketika terdapat aliran saham yang masuk ke perusahaan. Keduanya dijumlahkan untuk kemudian ditambahkan kemabali dengan total akuitas yang dimiliki para pemegang saham.

Keuntungan dan Kerugian Dalam Suatu Periode

Ini merupakan keuntungan atau rugi yang bisa diartibusikan pada para pemegang saham.  Dan ini harus laporkan dalam laporan keuntungan dan kerugian dalam periode tertentu.

laporan ekuitas adalah

Terjadinya Perubahan Cadangan Revaluasi

Dalam setiap bisnis tentu saja terdapat keuntungan dan juga kerugian di dalamnya. Hal ini membuat harus dilakukannya revaluasi keuntungan dan kerugian dalam suatu periode. Hal ini harus disajikan dalam suatu laporan ekuitas selama ini diakui diluar laporan laba rugi yang ada. Keuntungan revaluasi akan diakui dalam laporan laba rugi disebabkan pembalikan kerugian dan penurunan nilai yang sebelumnya tidak dimasukkan. Atau dibuat secara terpisah pada laporan ekuitas disebabkan bahwa untung dan rugi tersebut telah dimasukkan dalam laporan laba rugi periode itu.

Keuntungan dan Kerugian Lainnya

Sejumlah keuntungan dan keuntungan yang sebelumnya tidak diakui dalam laporan laba rugi bisa disajikan dalam laporan perubahan ekuitas. Misalnya seperti keuntungan dan kerugian akturial yang muncul akibat dari penerapan IAS 19.

Penarikan Modal

Penarikan modal didapatkan ketika terjadi penebusan saham atau modal yang ditarik dari perusahaan. Ahal ini  digunakan sebagai pengurang pada laporan ekuitas pemegang saham. karena mengurangi junmlah totoal ekuitas yang dimiliki oleh perusahaan.

Saldo Akhir

Saldo akhir merupakan saldo cadangan ekuitas yang dimiliki oleh pemegang saham diwaktu akhir suatu periode laporan. Hal ini dapat dilihat dari laporan posisi keuangan yang ada.

Pentingnya Laporan Ekuitas

Laporan perubahan modal merupakan laporan yang memudahkan penganalisis. Dan juga stakeholder internal dan juga eksternal dalam melihat faktor – faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan saham. Dimana perubahan yang terjadi tersebut, terdapat atau termasuk dalam waktu periode pelaporan.

Hal ini juga mempermudah seseorang dalam mengetahui pergerakan saham yang ada. Namun, untuk mengetahui informasi yang cadangan ekuitas anda harus mendapatkan dalam laporan keuangan yang terpisah.

laporan ekuitas adalah

Kesimpulan

Laporan perubahan modal atau ekuitas merupakan hal penting yang dapat digunakan untuk membantu pengguna laporan keuangan atau yang berhubungan dengan keuangan. Hal ini dapat membantu dalam menemukan dan memudahkan faktor – faktor yang berkaitan dengan laporan keuangan.

Melalui laporan ini dapat mempermudah pemahaman gerakan pencadangan yang terjadi. Dengan mempermudah penyaluran informasi keuangan yang dibutuhkan banyak orang.

JojoExpense Guna Melaporkan Equity Financing

supaya pelaporan pembiayaan ekuitas (equity financing) anda tidak membutuhkan waktu lama, terlebih perhitungan yang mencapai ratusan juta, Anda dapat menggunakan JojoExpense. Dengan JojoExpense, yang dapat anda ketahui melalui https://jojonomic.com/produk/jojoexpense-reimburse-online/, akan memberikan anda banyak keuntungan.

keuntungan yang dapat anda dapatkan diantaranya yaitu:

  • Mempunyai format laporan fleksibel. Baik yang anda butuhkan berbentuk PDF atau .xls. anda dapat dengan mudah mengaturnya dan membuat laporan anda rapi dengan mudah.
  • Transfer secara real time dan keluar negeri. Jika anda khawatir bagaimana transfer keluar negeri? JojoExpense lengkap dengan kemampuan yang memudahkan anda melakukan transaksi baik di dalam atau di luar negeri. dengan pencacatan yang dilakukan secara real time akan semakin mempermudah anda.

Yuk gunakan aplikasi expense management dari Jojonomic sekarang. Anda berkemungkinan mendapatkan gratis demo 14 hari!