Laporan Realisasi Anggaran; Unsur, Manfaat, Beserta Perbedaan LO

laporan realisasi anggaran

Laporan Realisasi Anggaran atau yang sering disingkat dengan LRA merupakan laporan yang menyajikan berbagai informasi seputar realisasi anggaran, belanja, pembiayaan, dan lain sebagainya yang diperbandingkan dengan jumlah anggaran dalam satu periode.

Pada dasarnya, Laporan Realisasi Anggaran ini menyajikan berbagai hal. Adapun di antaranya terkait dengan sumber, alokasi, dan juga penggunaan sumber daya keuangan yang umumnya dikelola oleh pemerintah daerah ataupun pusat. Laporan tersebut menggambarkan perbandingan antara anggaran dan realisasi secara nyata dalam satu periode pelaporan.

Unsur Laporan Realisasi Anggaran

anggaran

Umum, Laporan Realisasi Anggaran ini mencakup beberapa unsur yang terdiri dari pendapatan-LRA, belanja, transfer, dan juga pembiayaan. Berikut penjelasan dari setiap unsur tersebut.

  • Pendapatan-LRA

Unsur yang pertama adalah pendapatan-LRA atau penerimaan oleh Bendahara Umum Negara/Daerah. Bisa juga oleh entitas pemerintah lainnya yang nantinya menambah Saldo Anggaran Lebih dalam suatu periode tahun anggaran yang dimaksud dan menjadi hak pemerintah, serta tidak perlu dibayar kembali.

  • Belanja

Berikutnya adalah unsur belanja yang meliputi segala pengeluaran yang dilakukan oleh Bendahara Umum Negara/Daerah. Kegiatan belanja ini pada dasarnya mengurangi Saldo Anggaran Lebih dalam suatu periode tahun anggaran bersangkutan. Segala transaksi yang termasuk dalam aktivitas belanja tidak akan diperoleh bayarannya kembali oleh pemerintah.

  • Transfer

Sementara transfer merupakan penerimaan ataupun pengeluaran uang oleh suatu entitas dari dan kepada entitas lainnya. Termasuk di dalamnya dana perimbangan dan dana bagi hasil atas suatu proyek.

  • Pembiayaan

Pembiayaan atau yang sering juga disebut dengan financing merupakan setiap jenis transaksi penerimaan ataupun pengeluaran yang tidak memengaruhi kekayaan bersih suatu entitas. Segala jenis pembiayaan harus dibayar atau akan diterima kembali sesuai periode yang telah ditentukan. Dalam penganggaran pemerintah, pembiayaan seperti ini bertujuan untuk menutup defisit atau memanfaatkan surplus anggaran.

Adapun pengeluaran pembiayaan umumnya digunakan untuk pembayaran kembali pokok utang, pemberian pinjaman kepada entitas lain, hingga penyertaan modal oleh pemerintah.

laporan realisasi anggaran

Manfaat laporan realisasi anggaran

Bisa dikatakan, Laporan Realisasi Anggaran menyediakan banyak informasi mengenai pendapatan, belanja, transfer, surplus, defisit, dan juga pembiayaan dari suatu entitas. Informasi tersebut nantinya digunakan untuk mengevaluasi segala jenis keputusan. Di antaranya alokasi sumber daya ekonomi, akuntabilitas, hingga ketaatan entitas pelaporan terhadap anggaran.

Dari fakta tersebut bisa disimpulkan, bahwa Laporan Realisasi Anggaran memiliki beberapa manfaat, di antaranya:

  • Menyediakan informasi tentang sumber, alokasi, dan juga penggunaan sumber daya ekonomi.
  • Menyajikan informasi realisasi anggaran secara menyeluruh yang nantinya berguna untuk mengevaluasi kinerja pemerintah dalam hal efisiensi dan efektivitas penggunaan anggaran.

Di samping itu, Laporan Realisasi Anggaran juga menyediakan beragam informasi yang berguna dalam memprediksi sumber daya ekonomi yang hendak diterima untuk mendanai kegiatan pemerintah di periode mendatang berbentuk laporan komparatif.

Ketahuilah, laporan ini juga mampu menyediakan informasi tentang berbagai perolehan hingga penggunaan sumber daya ekonomi yang telah dilaksanakan. Apakah penggunaannya efisien, efektif, hemat, dan sesuai anggaran serta peraturan perundang-undangan atau tidak.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Perbedaan antara Laporan Realisasi Anggaran dan Laporan Operasional

LRA atau Laporan Realisasi Anggaran jelas berbeda dengan Laporan Operasional. LRA cenderung menyajikan data perbandingan antara realisasi pendapatan dan belanja dengan estimasi pendapatan dan batas anggaran yang telah ditetapkan di awal tahun.

Sementara, Laporan Operasional merupakan suatu bentuk laporan yang menyajikan data kegiatan operasional keuangan yang meliputi, pendapatan, biaya, dan surplus atau defisit kemudian disandingkan dengan periode sebelumnya.

laporan realisasi anggaran

Apa itu Laporan Operasional?

Seperti yang telah dijelaskan di atas, LO atau Laporan Operasional merupakan salah satu unsur laporan keuangan yang menyajikan ikhtisar sumber daya ekonomi yang menambah ekuitas. Penggunaannya pun dikelola oleh pemerintah pusat dan daerah untuk beragam kegiatan penyelenggaraan pemerintahan dalam satu periode.

Ada beberapa unsur yang meliputi Laporan Operasional secara langsung, yaitu pendapatan-LO, beban, transfer, dan pos luar biasa.

Tujuan Laporan Operasional

Laporan Operasional diketahui memiliki tujuan untuk memberikan informasi seputar kegiatan operasional keuangan yang tercermin dalam pendapatan-LO, beban dan surplus atau defisit dari suatu entitas.

Manfaat Laporan operasional

Seluruh kegiatan operasional keuangan entitas pelaporan yang tercermin dalam pendapatan-LO, beban, dan surplus atau defisit tersedia di dalam setiap Laporan Operasional. Biasanya, laporan ini bertujuan untuk mengevaluasi pendapatan-LO. Selain itu juga beban dalam menjalankan suatu unit atau seluruh bagian dari entitas pemerintahan itu sendiri.  

Dengan kata lain, Laporan Operasional menyediakan beberapa informasi berikut ini:

  • Besarnya beban yang harus ditanggung oleh pemerintah untuk menjalankan pelayanan kepada masyarakat.
  • Transaksi keuangan secara menyeluruh untuk dijadikan bahan evaluasi kinerja pemerintah. Adapun bahan evaluasi ini terkait dengan efisiensi, efektivitas, dan penghematan perolehan serta penggunaan sumber daya ekonomi.
  • Prediksi pendapatan-LO yang akan diterima untuk dijadikan dana kegiatan pemerintah pada periode berikutnya.
  • Informasi terkait penurunan ekuitas jika terjadi defisit operasional dan peningkatan ekuitas jika terjadi surplus operasional.

Secara garis besar, Laporan Operasional disusun untuk melengkapi laporan dari siklus akuntansi berbasis akrual sehingga penyusunan Laporan Perubahan Ekuitas dan Neraca saling terkait dan bisa dipertanggungjawabkan dengan baik.

Ketahuilah, manfaat Laporan Operasional ini akan berkurang apabila laporan tersebut tidak tersedia tepat pada waktunya. Apabila ini terjadi, maka faktor seperti kompleksitas operasi pemerintah tidak bisa dijadikan pembenaran atas ketidakmampuan penyajian laporan keuangan tersebut.

Periode pelaporan

Laporan Operasional ini disajikan minimal sekali dalam setahun. Dalam beberapa kondisi tertentu, apabila tanggal laporan tiba-tiba berubah dan laporan tahunan ini disajikan lebih cepat atau lebih pendek dari satu tahun, maka ada beberapa informasi yang harus diungkap.

Di antaranya adalah alasan penggunaan periode pelaporan tidak satu tahun dan fakta bahwa, jumlah komparatif dalam Laporan Operasional dan catatan terkait tidak bisa dibandingkan.

JojoExpense, pencatatan pengeluaran perusahaan dalam satu sentuhan berteknologi mutakhir

Segala macam pelaporan, baik realisasi anggaran maupun operasional memang sangat dibutuhkan dalam suatu kegiatan bisnis dan event di berbagai sektor. Tak terkecuali kegiatan di suatu perusahaan yang patut diawasi dan dicermati supaya produktivitasnya tidak mengalami penurunan.

Salah satu solusi terbaik yang bisa kamu lakukan demi meningkatkan produktivitas dan efisiensi manajemen pengeluaran perusahaan dengan menggunakan aplikasi JojoExpense. Bukan hanya menyajikan fitur pencatatan pengeluaran perusahaan secara otomatis, JojoExpense juga memungkinkan kamu untuk melakukan approval di mana pun, transfer pendanaan secara real-time, dan mendeteksi kemungkinan terjadinya penipuan finansial.

Menariknya lagi, kamu bisa mengoptimalkan manajemen finansial perusahaan dengan database all in one yang telah terintegrasi dengan sistem akuntansi seperti, Zahir, SAP, dan Xero. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan analisis dalam berbagai format dokumen, termasuk in-app dashboard, .xls, hingga PDF jika menggunakan JojoExpense dalam setiap kegiatan administrasi.

Satu lagi yang tak ketinggalan, kamu bisa menambahkan berbagai informasi secara jelas dan detail. Bahkan, JojoExpense bisa memudahkanmu dalam membuat jadwal sekaligus mengatur perencanaan kegiatan yang akan dilakukan oleh perusahaan bersama klien secara terperinci.

laporan realisasi anggaran

Apakah kamu tertarik dengan segala kecanggihan fitur yang ditawarkan oleh JojoExpense? Jika iya, segera unduh saja aplikasinya dan dapatkan versi gratisnya selama 14 hari dengan klik link pada gambar di bawah ini ya!