Lean Manufacturing Untuk Kualitas Produksi Yang Lebih Baik

lean manufacturing

Lean manufacturing tampaknya menjadi sebuah istilah yang sering didengar terutama di bidang menejemen. Sebenarnya istilah ini mengacu pada cara atau upaya yang dilakukan yaitu dnegan berpikir untuk meningkatkan efisiensi di lini manufaktur. Umumnya cara berpikir ini meliputi beberapa hal termasuk misalnya filosofi dan metode serta strategi manajemen.

Tujuan Lean Manufacturing

Lean manufacturing membantu memaksimalkan nilai bagi pelanggan. Nilai yang diberikan oleh pelanggan pada suatu produk di perusahaan tidak bisa dianggap sepele. Justru nilai inilah yang dapat menentukan apakah perusahaan tersebut bisa terus eksis ataukah tidak. Nilai yang diberikan oleh pelanggan sudah seharusnya baik sehingga perusahaan bisa terus berkembang. Untuk itu diperlukan metode tepat seperti misalnya lean manufacturing.

Tujuan berikutnya untuk meningkatkan keuntungan perusahaan. Dengan adanya lean manufacturing atau perampingan proses dan operasional perusahaan maka keuntungan perusahaan bisa menjadi semakin maksimal. Sebab metode perampingan sebenarnya justru akan menekan pemborosan. Artinya pengeluaran perusahaan bisa semakinditekan dan perusahaan cenderung lebih irit. Anggaran pengeluaranyang berkurang tentu akan menambah keuntungan dan tidak mengurangi laba atau profit perusahaan.

Terakhir untuk menghilangkan aktivitas yang tidak memberikan nilai tambah. Mungkin tidak semua bagian dalam suatu perusahaan bisa berfungsi dengan baik. Atau mungkin saja beberapa bagian dalam perusahaan tidaklah dibutuhkan. Maka perusahaan bisa meniadakan bagian yang tidak terlalu penting tersebut dalam perusahaan. Meniadakan aktivitas yang tidak terlalu penting dalam perusahaan akan mendukung proses operasional perusahaan berjalan secara lebih efektif dan efisien.

Strategi Lean Manufacturing

Merampingkan perusahaan

Perampingan dalam perusahaan terjadi pada bagian proses atau pelaksanaan di dalam perusahaan. Proses ini bisa saja meliputi beberapa bagian organisasi di perusahaan. Baik bagian kecil dalam perusahaan seperti front office hingga bagian yang lebih besar seperti misalnya marketing juga bisa saja mengalami perampingan. Hal ini nantinya akan membuat perusahaan bisa berjalan secara lebih efisien.

Meniadakan pemborosan

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa menyebabkan suatu perusahaan mengalami pemborosan. Oleh karena itu diperlukan strategi lean manufacturing agar perusahaan dapat mengurangi pemborosan. Dalam hal ini perusahaan dapat menekan biaya sehingga pengeluaran perusahaan bisa lebih irit. Anggaran dana bisa lebih ditekan sehingga keuangan perusahaan bisa terhindar dari pemborosan.

Menciptakan komitmen

Komitmen menjadi dasar dari segala hal yang akan dilakukan termasuk dalam hal pengembangan bisnis. Sebuah perusahaan tentunya ingin mencapai kesuksesan sehingga memilih lean manufacturing sebagai solusi alternatif bagi perusahaannya. Hal ini akan mendukung para pekerja untuk selalu teguh memgang komitmen yaitu memilikikinerja yang produktif dan efektif serta efisien. Maka pekerja akan membantu perusahaan dalam mencapai target.

Memberdayakan karyawan

Sebuah perampingan proses di dalam suatu perusahaan pada akhirnya bisa menghasilkan peningkatan produktivitas kerja. Dalam hal ini para pekerja di suatu perusahaan perlu dikembangkan misalnya dengan diberi pelatihan. Maka strategi perampingan akan berjalan dan berfungsi dengan baik serta lancar.

Melangsungkan kontinuitas

Sebuah perbaikan pada dasarnya harus dilakukan secara bertahap. Berbagai tahapan ini haruslah dilakukan secara berulang atau terus-menerus dan tidak berhenti. Maka nantinya produk berkualitas bisa terus dihasilkan oleh perusahaan. Tentunya kontinuitas dalam melakukan perbaikan ini bisa tercapai jika di dalam perusahaan terdapat metode perampingan proses atau operasional perusahaan.

Manfaat Lean Manufacturing

Meminimalkan aktivitas kerja

Pada dasarnya lean manufacturing akan membantu Anda dalam melakukan proses perampingan dalam perusahaan. Artinya aktivitas kerja yang sekiranya tidak penting atau tidakbernilai bisa dihilangkan. Proses perampingan ini tentu akan membantu perusahaan untuk bisa bekerja secara lebih efektif dan efisien.

Meningkatkan kondisi finansial

Berkurangnya aktivitas kerja di suatu perusahaan tentunya akan membuat perusahaan menjadi semakin hemat. Pengeluaran perusahaan bisa berkurang karena aktivitas kerja yang semula banyak menjadi berkurang. Tentu hal ini akan berdampak baik bagi kondisi finansial perusahaan. Sebab kondisi keuangan perusahaan akan lebih stabil dan bahkan terhindar dari anggaran yang tidak penting.

Lean manufacturing menciptakan kualitas produk

Berkurangnya beberapa aktivitas kerja yang dinilai tidak terlalu penting juga bisa berdampak pada kualitas produk. Sebab adanya perampingan dalam suatu perusahaan akan membuat para pekerja untuk lebih memaksimalkan kinerjanya. Maka produk yang dihasilkan oleh perusahaan akan memiliki kualitas yang semakin meningkat. Bahkan bukan tidak mungkin tercipta beberapa varian produk yang baru.

Menghilangkan cacat produk

Kualitas produk yang meningkat tentunya ditandai pula dengan tidak adanya produk cacat. Jadi proses produksi yang berjalan di suatu perusahaan cenderung menghasilkan produk dengan kualitas baik. Cacat produk bisa semakin ditekan dan bahkan juga bisa dihilangkan. Hal ini akan membuat perusahaan semakin terhindar dari kerugian.

Mengurangi limbah industri melalui lean manufacturing

Sudah tentu sebuah proses industri dapat menghasilkan limbah yang bersifat merugikan bagi masyarakat. Namun limbah ini dapat dikurangi misalnya dengan pengadaan perampingan aktivitas kerja di dalam suatu industri. Berkurangnya beberapa aktivitas kerja tentu akan mengurangi kadar limbah yang dihasilkan. Jika biasanya setiap bagian dari proses produksi menghasilkan limbah maka dengan adanya pengurangan proses tentu limbah juga akan berkurang.

Menimbulkan kepuasan kerja

Kualitas produk yang meningkat dan tidak adnaya prosuk cacat akan menjadi kebanggan tersendiri bagi para pekerja. Prestasi pekerja akan tampak pada hasilprouk berkualitas yang dihasilkannya. Demikian kondisi ini akan membuat para pekerja bisa merasa sangat puas terhadap hasil kerjanya sehingga produktivitas makin meningkat.

Penerapan Lean Manufacturing

Lean manufacturing sebenarnya bisa menjadi suatu filosofi bisnis yang akan menggiring bisnis pada sebuah kesuksesan. Sebab pada dasarnya istilah ini cenderung berarti pemangkasan aktivitas kerja yang tentunya tidak bernilai pada sebuah manufaktur atau industri atau perusahaan. Tentunya hal ini kini semakin banyak dijadikan sebagai sebuah prinsip atau metode bagi para pelaku bisnis dalam menjalankan bisnisnya. Dengan adanya prinsip atau metode ini maka sebuah perusahaan dapat lebih memaksimalkan keuntungan yang diperolehnya. Tidak hanya keuntungan dalam hal finansial saja tetapi perusahaan juga bisa mendapatkan keuntungan lain misalnya berupa customer loyal dan perluasan jaringan. Maka penerapan lean manufacturing sangat dianjurkan pada setiap perusahaan karena berbagai manfaatnya bagi perusahaan.

Hal ini tidak jauh berbeda dengan memilih sistem absensi perusahaan yang paling efektif dan efisien. Misalnya saja dengan memilih untuk menggunakan JojoTimes. Produk yang satu ini dapat memberikan banyak manfaat, mulai dari manfaat sistem absensi yang lebih terpadu, serta lebih efektif dan juga efisien. Perusahaan dapat memonitor karyawan lebih mudah dan lebih cepat, kapan saja serta dimana saja.

Tentu hal ini berkat beberapa fitur dari JojoTimes, di antaranya yaitu fitur berikut ini:

  • Pengenalan wajah biometris dengan geo-locator yang akurat
  • Mengelola laporan kehadiran, perizinan cuti dan jam kerja
  • Tarif lembur yang dapat disesuaikan
  • Terintegrasi dengan sistem absensi yang sekarang, serta pengaturan izin cuti dan advance

Jadi, jangan ragu, yuk segera coba JojoTimes. Daftarkan perusahaan Anda dan dapatkan coba gratis selama 14 hari dimulai dari hari ini!