Lebih Mengenal Apa Definisi Market Size (Ukuran Pasar)

Ukuran pasar mengacu pada jumlah total penjualan atau pelanggan maksimum yang dapat dilihat bisnis Kamu. Sering kali diukur selama setahun. Sangat membantu untuk mengetahui ukuran pasar potensial sebelum meluncurkan lini produk atau lini bisnis baru.

Karena itu dapat membantu Kamu memahami apakah itu adalah investasi waktu dan uang Kamu yang berharga. Konsep terkait adalah pangsa pasar, yang mengacu pada total bagian pasar yang dimiliki bisnis sebagai penjualan atau pelanggannya.

definisi market size

Mengerti Definisi Market Size?

Ukuran pasar adalah latihan yang harus dilakukan semua pemilik bisnis secara teratur untuk memperkirakan ukuran audiens potensial mereka.

Ini membantu bisnis untuk memperkirakan potensi penjualan mereka, mengidentifikasi di mana harus menempatkan upaya pemasaran, dan memperkirakan profitabilitas.

Estimasi ukuran pasar sangat penting karena membantu untuk memahami kelayakan apakah akan menginvestasikan waktu, keterampilan, dan uang Kamu, untuk memasarkan produk tertentu.

Ini adalah salah satu alat selain riset konsumen dan analisis pesaing yang dapat menunjukkan kepada Kamu peluang pasar yang realistis.

Seringkali, kita telah melihat orang-orang menjalankan bisnis berdasarkan firasat mereka. Atau mereka melakukannya karena semua orang melakukannya. Atau mungkin, bisnis ini tampaknya hanya menguntungkan.

Ada baiknya mengikuti hasrat Kamu. Tetapi jika Kamu bersemangat, itu tidak akan menghasilkan uang bagi Kamu. Jangan mencari nafkah dari itu.

Tip

Ukuran pasar mengacu pada jumlah total penjualan atau pelanggan dalam industri tertentu selama periode waktu tertentu, seringkali satu tahun.

definisi market size

Definisi Market Size

The ukuran pasar untuk lini bisnis adalah total potensi jumlah pelanggan atau penjualan, biasanya pada tahun tertentu. Untuk jenis usaha yang sudah ada, Kamu bisa melihat angka penjualan yang ada untuk memahami ukuran pasarnya.

Jika Kamu meluncurkan merek sampo atau mobil baru, kecil kemungkinan Kamu akan membuat orang membeli lebih banyak botol sampo atau mobil baru, jadi ukuran pasar pada dasarnya adalah angka penjualan yang ada di industri. Potensi pasar sering digunakan sebagai istilah lain untuk konsep yang sama. Seringkali angka penjualan kasar dalam suatu industri dapat ditemukan secara online atau melalui publikasi industri.

Potensi Definisi Market Size

Jika Kamu meluncurkan produk gaya baru atau yang sangat berbeda dari pesaingnya, Kamu harus lebih memikirkan pasar baru yang potensial dan memperkirakan ukuran pasar baru berdasarkan permintaan yang diantisipasi.

Misalnya, jika Kamu dapat berhasil menjual mobil baru hanya dengan Rp500.000.000, kemungkinan besar Kamu akan meningkatkan penjualan mobil baru secara dramatis, sehingga ukuran pasar potensial Kamu bisa lebih besar daripada ukuran industri yang ada .

Kamu juga harus memutuskan apakah Kamu sedang melihat pasar global, pasar domestik atau pasar regional untuk produk atau layanan Kamu. Ini sering kali didasarkan pada di mana Kamu berencana menawarkan barang atau jasa Kamu untuk dijual.

Jika Kamu memulai restoran sarapan lokal tanpa rencana untuk memperluas operasi di luar kota asal Kamu, Kamu mungkin akan melihat pasar yang berbeda dari seseorang yang ingin memulai rantai nasional.

Saat bisnis Kamu berkembang atau bergeser, Kamu mungkin mendapati diri Kamu mengevaluasi ukuran pasar secara berbeda.

definisi market size

Ukuran Pasar dan Nilai Pasar

Nilai pasar, yang berarti jumlah total pendapatan penjualan dari suatu pasar, sering dianggap berbeda dari ukuran pasar, yang mungkin hanya mengukur jumlah mentah penjualan atau pelanggan di pasar.

Kedua angka tersebut dapat menjadi sangat penting, karena Kamu tidak hanya perlu mengetahui berapa banyak pelanggan potensial yang harus Kamu jangkau, tetapi juga berapa banyak uang yang sebenarnya dapat Kamu hasilkan dalam bisnis Kamu.

Perhitungan Market Size

Pangsa pasar suatu bisnis atau produk adalah persentase penjualan atau pendapatan di pasar yang masuk ke bisnis atau produk tersebut. Pangsa pasar cenderung bervariasi berdasarkan definisi yang tepat dari pasar yang bersangkutan.

Misalnya, jika Kamu memperkirakan pangsa pasar truk pickup, Kamu harus memutuskan apakah Kamu berbicara tentang pangsa penjualan truk pickup, penjualan truk dan mobil konsumen, atau bahkan pasar yang lebih luas yang dapat mencakup sepeda motor atau truk yang lebih besar.

Kamu juga dapat memilih untuk memikirkan bagian perusahaan Kamu atau bagian potensial dari jumlah penjualan mentah, pelanggan, atau pendapatan tergantung pada situasinya. Perusahaan yang menjual produk akhir yang lebih tinggi kemungkinan akan memiliki persentase penjualan yang lebih tinggi berdasarkan pendapatan daripada jumlah unit yang terjual atau pelanggan mentah.

Ketika perusahaan mencari investor atau pinjaman bank, mereka sering menyajikan proyeksi ukuran pasar potensial dan pangsa pasar bergerak ke masa depan, bersama dengan argumen mengapa mereka mungkin cukup akurat.

Hal ini dapat membuat calon pendukung mengetahui seberapa besar perusahaan secara realistis dapat diharapkan untuk tumbuh.

Bagaimana cara menentukan Definisi Market Size?

Analisis ukuran pasar tergantung pada sejumlah faktor yang berbeda. Kamu mungkin perlu menggali beberapa wawasan dan data pasar utama untuk dapat menarik kesimpulan yang relevan. Kamu juga perlu mendapatkan beberapa wawasan audiens; ini membantu menyaring audiens inti Kamu.

Tidak ada rumus estimasi ukuran pasar, tetapi beberapa metode yang harus Kamu ikuti untuk memperkirakan peluang pasar Kamu.

Yang harus Kamu perhatikan adalah Total Addressable Market (TAM) saat melihat perhitungan ukuran pasar. Tapi Kamu tidak bisa mendapatkan 100% bagian dari TAM. Jadi, Kamu perlu merencanakan untuk mendapatkan pangsa pasar yang cukup besar.

Yang harus Kamu perhatikan adalah Total Addressable Market (TAM) saat melihat perhitungan ukuran pasar. Tapi Kamu tidak bisa mendapatkan 100% bagian dari TAM. Jadi, Kamu perlu merencanakan untuk mendapatkan pangsa pasar yang cukup besar .

Ada banyak model estimasi ukuran pasar yang berbeda, dan berikut adalah beberapa di antaranya:Ada banyak model estimasi ukuran pasar yang berbeda, dan berikut adalah beberapa di antaranya:

1.      Pendekatan atas ke bawah:Pendekatan atas ke bawah:

 mendapatkan perkiraan ukuran pasar total melalui data dan laporan yang dipublikasikan untuk mendapatkan pkamungan menyeluruh tentang pasar mendapatkan perkiraan ukuran pasar total melalui data dan laporan yang dipublikasikan untuk mendapatkan pkamungan menyeluruh tentang pasar

2.      Bawah- Pendekatan:Bawah- Pendekatan:

Mulailah dengan memperkirakan jumlah pelanggan potensialMulailah dengan memperkirakan jumlah pelanggan potensial

Ekstrapolasi angka itu ke pasar keseluruhan: pengguna, frekuensi konsumsi, harga, dll.Ekstrapolasi angka itu ke pasar keseluruhan: pengguna, frekuensi konsumsi, harga, dll.

3.      Estimasi Sisi Permintaan:Estimasi Sisi Permintaan:

Nilai statistik berapa banyak orang atau bisnis yang membutuhkan apa yang Kamu tawarkan untuk menilai total permintaanNilai statistik berapa banyak orang/bisnis yang membutuhkan apa yang Kamu tawarkan untuk menilai total permintaan

4.      Estimasi Sisi Pasokan: Estimasi Sisi Pasokan:

Perkirakan volume bisnis mereka dan jumlahkan untuk mendapatkan perkiraan ukuran pasarPerkirakan volume bisnis mereka dan jumlahkan untuk mendapatkan perkiraan ukuran pasar

Penutup

Jojo Times

Onboarding sendiri merupakan hal penting yang harus dilakukan perusahaan terutama untuk para karyawan baru. Karena dengan proses onboarding yang baik kaan menjadikan karyawan yang potensial dan berkualitas kedepannya. Salah satu yang dapat anda lakukan untuk memantau karyawan baru adalah menggunakan sistem absensi dari Jojo Times

Jojo Times merupakan aplikasi absensi online yang berbasis cloud sehingga sangat cocok sekali untuk digunakan pada perusahaan. Perangkat lunak yang satu ini mempermudah Anda dalam memantau absensi karyawan secara realtime kapan dan dimanapun.