Letter of Credit, Mari Simak Ulasan-Ulasan Lainnya

Letter of Credit atau disebut juga L/C, LC atau LOC merupakan cara pembayaran internasional yang menjadikan mungkin eksportir menerima pembayaran tanpa menunggu berita dari luar negeri setelah barang dan berkas dokumen dikirimkan ke luar negeri atau kepada pemesan.

Dalam difinisi lain, pengertian Letter of Credit yakni surat pernyataan yang dikeluarkan oleh issue bank atas permintaan pembeli dalam hal ini importir yang ditujukan kepada penjual dalam hal ini eksportir/beneficiary melewati conforming bank atau advicing dengan membuat pernyataan jika issue bank akan membayarkan sejumlah uang tertentu ketika semua pernyataan L/C yang ditetapkan telah dipenuhi.

Pengertian Letter Of Credit Menurut Para Ahli

  • Uniform Customs and Practice for Documentary

Pengertian LC menurut Uniform Customs and Practice for Documentary adalah setiap perjanjian, apapun nama atau maksudnya, suatu bank bertindak terhadap permintaan dan juga instruksi seorang nasabah (Appliant/pembuka) atau atas namanya sendiri, untuk melakukan suatu pembayaran kepada pihak ketiga atas kuasanya (orang yang ditunjuk oleh penerima L/C) atau memberikan kuasa kepada bank lain dalam melakukan pembayaran, atau untuk mengakses dan membayar bill of exchangee/wesel atau memberi kuasa kepada bank lain untuk menegosiasi terhadap penyerahan dokumen-dokumen yang telah ditetapkan, asalkan dapat memenuhi suatu persyaratan dan juga kondisi.

  • Hartono

Pengertian Letter of Credit menurut Hartono adalah surat piutang atau surat tagihan namun sebenarnya L/C merupakan janji yang dilakukan pembayaran ketika dan terpenuhi syarat-syarat tertentu.

  • Bank Indonesia

Suatu pengertian Letter of Credit menurut Bank Indonesia adalah janji dari issuing bank untuk membayar sejumlah uang kepada eksportir. Sepanjang ia mampu untuk memenuhi syarat dan kondisi LC tersebut.

  • Amir

Pengertian Letter of Credit menurut Amir adalah suatu surat yang dikeluarkan oleh suatu Bank atas permintaan importir yang langganan Bank tersebut ditujukan kepada eskportir di luar negeri yang memiliki relasi kepada importir, yang memberi hak kepada eskportir untuk menarik wesel-wesel atas importir bersangkutan untuk sejumlah uang yang disebutkan dalam suart itu.

Selanjutnya bank yang bersangkutan memberikan jaminan untuk mengakseptasi atau menghonorir wesel yang ditarik, asal sesuai dan memenuhi seluruh syarat yang tercantum dalam surat tersebut.

Perdagangan internasional memiliki banyak masalah. Salah satu masalah utama yang dihadapi adalah masalah kepercayaan. Perbedaan daerah, budaya dan karakter memunculkan rasa tidak percaya antara kedua belah pihak.

Untuk itu, LC hadir sebagai pilihan terbaik yang dapat membantu penjual atau pembeli dalam perdagangan internasional. Menurut Bank Indonesia, pengertian LC adalah janji dari issuing bank untuk melakukan pembayaran akan sejumlah uang kepada pihak eksportir sepanjang mereka mampu untuk memenuhi terms and conditions dari L/C tersebut.

L/C banyak digunakan baik oleh importir dan eksportir. Hal ini hanya berhubungan dengan dokumen bukan jasa, barang atau prosedur lainnya yang berkaitan dengan dokumen. Penyelesaian pembayaran dapat memberikan keuntungan baik bagi pembeli atau penjual.

POIN PENTING

  • Letter of credit adalah dokumen yang dikirim dari bank atau lembaga keuangan yang menjamin bahwa penjual akan menerima pembayaran pembeli tepat waktu dan untuk jumlah penuh.
  • Letter of credit sering digunakan dalam industri perdagangan internasional.
  • Ada banyak jenis surat kredit yang berbeda termasuk yang disebut surat kredit bergulir.
  • Bank memungut biaya untuk menerbitkan surat kredit.

Bagaimana Letter of Credit Bekerja

Karena letter of credit biasanya merupakan instrumen yang dapat dinegosiasikan , bank penerbit membayar penerima atau bank yang ditunjuk oleh penerima. Jika letter of credit dapat dialihkan, penerima dapat memberikan hak kepada entitas lain, seperti perusahaan induk atau pihak ketiga, untuk menarik.

Bank juga memungut biaya untuk layanan, biasanya dalam persentase dari ukuran letter of credit. Kebiasaan dan Praktik Seragam Kamar Dagang Internasional untuk Kredit Dokumenter mengawasi letter of credit yang digunakan dalam transaksi internasional. Ada beberapa jenis letter of credit yang tersedia.

Jenis Letter of Credit

Letter of Credit Komersial

Ini adalah metode pembayaran langsung di mana bank penerbit melakukan pembayaran kepada penerima. Sebaliknya, standby letter of credit adalah metode pembayaran sekunder di mana bank membayar penerima hanya jika pemegangnya tidak bisa.

Letter of Credit bergulir

Jenis surat ini memungkinkan pelanggan untuk melakukan penarikan dalam batas tertentu selama jangka waktu tertentu.

Letter of Credit Wisatawan

Bagi yang akan ke luar negeri, surat ini akan menjamin bahwa bank penerbit akan menghormati wesel yang dibuat di bank asing tertentu.

Letter of Credit yang Dikonfirmasi

Letter of credit yang dikonfirmasi melibatkan bank selain bank penerbit yang menjamin LC. Bank kedua adalah bank konfirmasi, biasanya bank penjual. Bank yang mengonfirmasi memastikan pembayaran di bawah LC. Jika pemilik dan bank penerbit default. Bank penerbit dalam transaksi internasional biasanya meminta pengaturan ini.

Fitur Letter of Credit

Karena LC telah digunakan selama berabad-abad dan ada kode regulasi yang seragam untuk LC, ada beberapa karakteristik LC  yang standar dan ada secara seragam di semua LC:

Hal dpt diperundingkan

LC biasanya dianggap sebagai instrumen yang dapat dinegosiasikan dan dapat disebarkan secara bebas sebagai uang di antara berbagai pihak. Ini mewajibkan bank penerbit untuk membayar uang tidak hanya kepada penerima tetapi juga ke bank lain yang ditunjuk olehnya. Namun, LC dianggap dapat dinegosiasikan hanya jika itu mencakup janji pembayaran tanpa syarat atas permintaan atau pada waktu tertentu

Pencabutan

Letter of credit dapat dibatalkan atau tidak dapat dibatalkan. Bank penerbit dapat mencabut atau mengubah LC yang dapat dibatalkan kapan saja tanpa pemberitahuan. Dalam skenario seperti itu, bank penasihat tidak akan mengkonfirmasi LC. Namun, penggunaan LC yang dapat dibatalkan sangat jarang. LC yang tidak dapat dibatalkan adalah yang paling umum karena tidak dapat diubah atau dibatalkan tanpa persetujuan semua pihak dalam transaksi.

Transfer dan Penugasan

Penerima letter of credit dapat mentransfer atau menetapkan LC sebanyak mungkin. LC akan tetap berlaku.

Draf Penglihatan dan Waktu

Letter of credit menuntut pembayaran melalui dua fitur: penglihatan atau waktu. Sebuah rancangan sight dibayar ketika LC disajikan dan waktu rancangan dibayar setelah durasi waktu tertentu. Bank akan meninjau LC untuk memastikan validitasnya dalam kedua kasus tersebut.surat kredit

Elemen dari Letter of a Credit

LC dipahami dengan lebih baik jika semua elemen atau persyaratan LC berikut diketahui:

Pemohon

Pembeli dalam transaksi bisnis.

Penerima

Penjual barang dan jasa dan penerima pembayaran terakhir dalam transaksi bisnis. Penerima harus menyediakan semua dokumen yang diperlukan agar surat kredit dapat diproses.

Bank Penerbit

Bank penerbit memberikan jaminan kepada penerima bahwa pembayaran akan dibayarkan sebagaimana mestinya. Jika semua dokumen yang disajikan sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam LC. Bank penerbit juga perlu memeriksa dokumen yang diserahkan oleh penerima. Kamu benar-benar bertanggung jawab untuk membayar. Setelah semua syarat dan ketentuan dalam Surat Kredit Berdokumen lengkap.

Bank Penasihat

Bank penasihat menasihati penerima dan membantunya untuk menggunakan surat kredit. Ini membayar penerima setelah bank penerbit melakukan pembayaran. Ini juga memiliki tanggung jawab untuk mengirimkan dokumen yang diperlukan ke bank penerbit. Bank penasehat tidak berkewajiban untuk membayar. Jika bank penerbit tidak mampu membayar penerima.

Bank Pengonfirmasi

Bank pengonfirmasi mengonfirmasi surat kredit. Dimana untuk mengasumsikan kewajiban yang sama dengan bank penerbit. Bank yang mengonfirmasi biasanya adalah bank penasihat. Bank yang sesuai melakukan evaluasi ketat terhadap negara. Sedangkan bank penerbit sebelum mengkonfirmasikan LC.

Contoh Letter of Credit

Letter of credit biasanya diberikan dalam dua hari kerja, menjamin pembayaran oleh cabang Citibank yang mengonfirmasi. Manfaat ini sangat berharga ketika klien berada di lingkungan ekonomi yang berpotensi tidak stabil.

Fungsi Dan Tujuan Letter Of Credit

Fungsi dan tujuan dari LC adalah sebagai berikut:

  • Letter of credit mempunyai fungsi sebagai penampung dan menyelesaikan suatu masalah atau kendala dari pihak importir sebagai pembeli ataupun pihak eksportir sebagai penjual.
  • Letter of credit juga memiliki fungsi untuk memberikan suatu keuntungan, kepada eksportir ataupun importir. Eskportir memberikan jaminan untuk menerima pembayaran, apabila mampu dalam menunjukkan dokumen pengiriman barang yang tertulis dalam L/C. Bank mempunyai kewajiban dalam memeriksa kelengkapan dokumen yang sudah dicatat didalam L/C, tetapi tidak memiliki tanggung jawab terhadap kondisi fisik barang.
  • Letter of credit mempunyai fasilitas kredit eksportir ataupun importir dengan perbankan. Hal ini disebabkan L/C memberikan fasilitas pembayaran di awal ataupun pembayaran dengan tenggang waktu tertentu.
  • Letter of credit memberikan jaminan didalam proses pembayaran terhadap kontraktor dengan suatu beneficiary. L/C fungsinya memberikan issuing bank kepada permintaan kontraktor, peminjam atau applicant dengan tujuan jeminan khusus terhadap pihak beneficiary ketika terjadi kegagalan didalam mematuhi atau melaksanakan kontraknya.

Jenis Letter of Credit dan penjelasannya

L/C terbagi kedalam beberapa jenis dan berikut jenis-jenisnya:

  • Revocable L/C
    Jenis ini adalah L/C yang memberikan hak kepada opener atau issuing bank untuk dapat membatalkan atau membuat perubahan sewaktu-waktu tanpa persetujuan dari beneficiary. Contohnya, pihak eksportir bisa menghadapi masalah agar segera mendapatkan pembayaran dari pihak importir. Di sisi importir, L/C memberikan kemudahan karena bisa diubah atau dibatalkan tanpa memberitahu beneficiary
  • Irrevocable L/C
    Jika revocable bisa dibatalkan maka, irrevocable tidak bisa diubah dan dibatalkan. Wesel-wesel yang ditarik atas L/C tetap dijamin Pembatalan tetap bisa dilakukan asalkan, kedua belah pihak setuju untuk melakukannya.
  • Irrevocable L/C and Confirmed L/C
    Jenis ketiga L/C ini adalah yang paling aman. Pihak opening bank serta advising bank memberikan jaminan sepenuhnya pembayaran atau pelunasan wesel yang ditarik L/C ini.
  • Clean letter of credit
    Pengambilan uang dari kredit yang ada bisa dilakukan tanpa perlu mencantumkan syarat-syarat yang lain untuk menarik wesel atau bisa dilakukan dengan menyerahkan kwitansi biasa.
  • Documentary letter of credit
    penarikan uang atau kredit yang ada dan pengambilannya dilengkapi dengan rangkaian dokumen lainnya yang disebutkan dalam syarat-syarat L/C
  • Documentary L/C dengan red clause
    L/C ini memberikan hak kepada penerima L/C atau beneficiary untuk menarol sebagian dari L/C yang tersedia dengan kwitansi biasa atau penarikan wesel tanpa dokumen lainnya. Sisanya dilakukan seperti documentary L/C
  • Revolving L/C
    Revolving L/C merupakan L/C yang memperboleh kredit bisa dipakai ulang tanpa perubahan khusus pada L/C itu.
  • Back to Back L/C
    Penerima L/C ini bukan pemilik barang tapi hanya sebagai perantara. Karena itu, penerima L/C harus meminta bantuan bank untuk membuka L/C yang diterima dari luar negeri atau pemilik bank yang sebenarnya.

Syarat dan mekanisme Letter of Credit

Untuk mengajukan Letter of Credit, ada 2 syarat yang harus dipenuhi yakni:

  • L/C yang akan dibuka merupakan commercial documentary L/C
  • Pihak yang mengajukan harus menyertakan setidaknya 2 dokumen dibawah ini:
    • Commercial invoice (faktur perdaganan)
    • Full set of bills of lading (Konosemen)

Mekanisme untuk L/C adalah sebagai berikut:

  • Importir meminta bank (bank devisa) untuk membuka L/C untuk dan atas nama pihak eksportir. Dalam hal ini, bank bertindak sebagai opening dan importir bertindak sebagai opener dan jika mereka sudah memenuhi ketentuan yang berlaku untuk impor. Pembukaan L/C ini melalui koresponden bank di luar negeri. Koresponden bank akan bertindak sebagai perantara yang disebut advising bank atau notifying bank. Mereka memberitahukan ekspotir atas pembukaan L/C tersebut.
  • Ekspotir akan menyerahkan barang kepada carrier dan Eksportir mendapatkan bill of lading.
  • Bill of Lading akan diserahkan kepada bank agar mendapatkan pembayaran. Paying bank selanjutnya akan menyerahkan sejumlah uang agar mendapatkan bill of lading dari eksportir dan diberikan kepada importir.
  • Importir akan menyerahkan bill of lading kepada carrier agar bisa ditukarkan dengan barang yang telah dikirimkan eksportir.

Ucapkan selamat tinggal pada antrean untuk check-in atau melapor ke kantor sebelum dan sesudah rapat, dan ucapkan salam pada optimasi waktu yang lebih baik untuk karyawan Anda. Kurangi waktu untuk tugas-tugas rumit ini dan biarkan karyawan Anda fokus pada passion mereka. Laporan kehadiran bulanan yang dihasilkan secara otomatis memungkinkan karyawan Anda menggunakan waktu mereka untuk tugas-tugas yang lebih mendesak dan datang pada hari gajian. Tidak hanya lebih cepat untuk perusahaan Anda, itu pasti lebih akurat. JojoTimes Membantu Anda Meningkatkan Kinerja Tim Hingga 100%