Level Kompetisi Dalam Bisnis, Apa Saja Penyebab dan Manfaatnya ?

persaingan

Sudah menjadi hal yang lumrah jika dalam dunia bisnis atau usaha, ada yang namanya persaingan atau disebut juga Level Kompetisi. Biasanya Level kompetisi terjadi jika ada beberapa pihak yang menginginkan sesuatu dengan jumlah terbatas.

Misalnya saja ada ratusan karyawan yang bersaing hanya untuk mendapatkan posisi tertentu di perusahaan. Kecil kemungkinan dalam persaingan memakai ancaman atau kekerasan. Sehingga bisa dikatakan jika kompetisi dilakukan secara sportif atau dengan persaingan sehat.

Bagaimana kita memahami bentuk persaingan serta mengetahui fungsinya, kita akan bahas dalam artikel dibawah ini !

Apa itu Level Kompetisi dalam Bisnis ?

Secara umum, definisi persaingan atau kompetisi adalah sebuah proses sosial, dimana ada dua atau lebih pihak yang saling berlomba lalu berbuat sesuatu demi mencapai kemenangan.

Dalam ekonomi, persaingan atau kompetisi adalah bersaingnya para penjual yang sama-sama berusaha mendapatkan keuntungan, pangsa pasar, dan jumlah penjualan. Para penjual biasanya berusaha mengungguli persaingan dengan membedakan harga, produk, distribusi dan promosi.

Jika kompetisi disertai oleh ancaman, kekerasan dan keinginan untuk menyakiti atau merugikan orang lain disebut sebagai persaingan yang tidak sehat. Tindakan tersebut tak lagi disebut sebagai persaingan, tetapi lebih kepada persengketaan atau permusuhan. Apapun hasil sebuah persaingan sebaiknya bisa diterima dengan lapang dada, tanpa ada rasa dendam. Sejak awal, setiap pihak yang bersaing harus menyadari tentang adanya kekalahan dan kemenangan.

Apa Penyebab Terjadi Persaingan dalam Bisnis?

Persaingan bisnis menjadi salah satu risiko besar yang harus dihadapi para pelaku bisnis. Bagaimana tidak, minat untuk menjalankan bisnis saat ini sangat besar bahkan banyak sekali yang menjalankan bisnis di bidang yang sama. Tentu hal tersebut tidak dapat dipungkiri dan dicegah oleh mereka yang telah menjalankan bisnis, karena kreativitas dan inovasi juga terus berkembang. Persaingan bisnis selain terjadi karena adanya seseorang yang menjalankan bisnis di bidang yang sama dengan lainnya juga dapat disebabkan karena beberapa hal. Seperti, ketidakmampuan pelaku bisnis sebelumnya untuk menciptakan produk atau jasa yang lebih memenuhi kebutuhan konsumen. Seorang pesaing dapat muncul karena ia menemukan celah untuk masuk, menciptakan produk atau jasa yang lebih unggul dari yang sudah ada sebelumnya dan tentunya lebih memenuhi kebutuhan konsumen.

Mengingat dalam hal berbisnis saat ini konsumen memegang kekuasan yang cukup tinggi sehingga banyak pelaku bisnis berlomba-lomba untuk tetap menarik perhatian konsumen agar tidak berpaling. Selain itu, persaingan bisnis dapat disebabkan adanya kesalahan dalam memilih lokasi. Apa hubungannya dengan lokasi? Lokasi bisnis menjadi hal yang penting dalam berbisnis. Lokasi yang strategis dapat memudahkan pelaku bisnis dalam menjual atau mempromosikan produk atau jasa yang dimiliki, dan bahkan dengan lokasi yang strategis dapat menarik begitu banyak konsumen untuk datang. Sehingga jika ada pelaku bisnis yang mengalami kesalahan dalam memilih lokasi, tentu ini dapat dimanfaatkan oleh pelaku bisnis lain untuk membuka bisnis yang serupa dengan lokasi yang tepat dan lebih mendekatkan pada konsumen, karena konsumen tentunya akan memilih lokasi yang mudah dijangkau.

persaingan

5 Manfaat Bersaing Dalam Berbisnis

Manfaat persaingan dalam berbisnis membuat pandangan buruk tentang risiko bisnis yakni persaingan menjadi sedikit pudar. Mengingat banyak orang yang berfikir bahwa persaingan bisnis dalam bentuk apapun itu pasti terkait dengan hal-hal negatif dan melelahkan ketika menghadapinya. Namun, sebenarnya kenyataan tidak demikian. Dalam berbisnis, persaingan memiliki banyak aspek positif yang dapat dipelajari dan akan memberikan banyak manfaat baik itu untuk pelaku bisnis ataupun bisnis yang dijalankan.

Bahkan dapat dikatakan tanpa persaingan, bisnis akan sulit untuk dapat maju. Dari pernyataan tersebut dapat disimpulkan pula bahwa persaingan dalam berbisnis memberikan banyak perubahan positif dengan syarat persaingan disikapi dengan bijak. Hal itu karena tidak menutup kemungkinan adanya sikap yang kurang bijak dari pelaku bisnis yang menghadapi persaingan dengan cara yang kurang baik atau curang, yang tentunya tidak akan memberikan perubahan positif yang berarti.

Untuk itu, sebagai pelaku bisnis yang bijak dan menginginkan bisnisnya berjalan dengan lancar, sebaiknya menghadapi persaingan dengan bijak, dengan terus memberikan usaha yang maksimal untuk mengembangkan bisnisnya. Mengingat manfaat persaingan dalam berbisnis ini sangat berpengaruh pada perkembangan bisnis yang sedang dijalankan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Manfaat Persaingan Dalam Berbisnis

Berikut adalah beberapa uraian terkait manfaat persaingan dalam berbisnis:

Mendorong untuk berfikir inovatif

Ketika pelaku bisnis menghadapi kompetisi, secara tidak langsung akan membuat pelaku bisnis mampu berfikir untuk lebih inovatif. Sehingga akan timbul beberapa kreasi baru yang diciptakan. Terlebih ketika dihadapi kesulitan terkait persaingan bisnis, maka pelaku bisnis akan terdorong untuk mendapatkan ide-ide yang baru dan lebih segar agar kinerja bisnis yang dijalankan dapat lebih berjalan sukses dibandingkan dengan pesaing bisnisnya.

Mendorong untuk meningkatkan pelayanan

Persaingan bisnis dapat terjadi karena banyaknya orang yang menjalankan bisnis di bidang yang sama, seperti misalnya bisnis kuliner yang sangat banyak peminat yang ingin juga mencoba menjalankan bisnis tersebut. Untuk itu, manfaat persaingan dalam berbisnis hadir agar dapat mendorong pelaku bisnis untuk lebih meningkatkan pelayanan. Baik itu meningkatkan kualitas pelayanan dalam hal seperti bersikap baik dan ramah kepada konsumen, ataupun dengan meningkatkan pelayanan berupa menjaga kualitas atau bahkan meningkatkan kualitas produk atau jasa yang diberikan. Selain itu, pelaku bisnis juga dapat meningkatkan pelayanan dengan menyediakan fitur atau fasilitas tambahan yang tidak dimiliki oleh pesaing lainnya.

Memberikan motivasi tinggi

Manfaat persaingan dalam berbisnis lainnya yang berpengaruh dalam bisnis adalah mampu memberikan motivasi tinggi bagai pihak yang terkait baik itu pelaku bisnis. Adanya persaingan yang disebabkan banyak faktor inilah mendorong pelaku bisnis untuk tetap mempertahankan bisnisnya dengan berbagai strategi bisnis yang tepat. Sehingga pelaku bisnis yang memiliki motivasi untuk bertahan dan mengembangkan bisnisnya akan lebih mudah menemukan solusi untuk menghadapi persaingan bisnis. Seperti misalnya mencari dan mengembangkan sisi positif atau keunggulan yang menjadi ciri khas dan berbeda dari produk atau jasa lain. Hal tersebut tentu menjadi pertimbangan tersendiri bagi para konsumen yang berniat berpaling dan menggunakan produk atau jasa yang lain. Selain itu, dengan adanya motivasi yang tinggi akan mampu meningkatkan kinerja dalam menjalankan bisnisnya.

Mendapatkan konsumen yang loyal

Mendapatkan konsumen yang loyal merupakan suatu hal yang patut diperjuangan dan dipertahankan. Dengan menghadapi persaingan berbisnis maka pelaku bisnis akan terdorong untuk memperbaiki kualitas produk atau jasa yang ditawarkan, hingga kualitas pelayanan terhadap konsumen. Selain memperbaiki kualitas, pelaku bisnis dapat mencari informasi tentang bagaimana kebutuhan atau selera konsumen yang menjadi target. Hal tersebut akan terdorong untuk mendapatkan konsumen yang loyal sehingga kecil kemungkinannya konsumen tersebut berpaling ke pesaing bisnis. Sehingga jika hal tersebut dilakukan, otomatis keloyalan konsumen akan didapatkan dan tentunya akan membuat para pesaing mengalami kesulitan untuk mencoba bersaing.

Memberikan pembelajaran dan pengalaman

Manfaat persaingan dalam berbisnis lainnya yang tidak kalah penting adalah mampu memberikan pembelajaran dan pengalaman. Ketika pelaku bisnis menjadikan kesuksesan yang diraih oleh pesaing sebagai pengalaman dan pembelajaran maka akan memberikan dampak kepada pelaku bisnis untuk lebih belajar banyak lagi. Selain itu, dapat dijadikan pengalaman serta pembelajaran dikemudian hari untuk lebih tepat dalam bertindak. Mengingat kegagalan tidak selamanya membuat gagal, kegagalan merupakan kesuksesan yang tertunda. Terlebih didalam berbisnis pasang surutnya pasti terjadi. Untuk itu, ketika menghadapi permasalahan atau kesulitan apapun itu sebaiknya dijadikan sebagai pembelajaran dan pengalaman seperti manfaat dari persaingan dalam berbisnis ini.

Demikianlah beberapa informasi terkait manfaat persaingan dalam berbisnis. Perlu diingat bahwa, yang terlihat begitu menyeramkan bukan berarti selalu menghadirkan hal negatif saja tetapi juga menghadirkan berbagai hal positif bagi yang menghadapinya dengan bijak seperti halnya persaingan dalam berbisnis. (Baca juga strategi positioning produk untuk menghadapi persaingan disini)

Bedanya Kompetisi dan Kongkurensi

Dalam prakteknya, masih banyak yang mengabaikan perbedaan antara kompetisi dan kongkurensi. Kalau melihat filosofinya, kompetisi adalah ajang yang menawarkan kesempatan untuk membuktikan seberapa hebat kita di bidang kita. Hidup ini kompetisi, persaingan global itu kompetisi, tempat kerja kita adalah kompetisi.

Lalu bagaimana dengan kongkurensi? Kongkurensi adalah praktek yang bertujuan untuk menjatuhkan, atau memukul mundur orang lain. Kalau kita bandingkan, di dalam kompetisi itu tidak ada kejahatan dan kecurangan. Tetapi di dalam kongkurensi, kejahatan itu nyata. Karena banyak orang yang menggunakan kongkurensi dalam kompetisinya, makanya ada istilah kompetisi kotor atau tidak sehat.

Tapi, dalam kompetisi, menurut Mohamad Ali, petinju legendaris, yang kita kalahkan adalah diri kita. Soal bahwa dalam kenyataannya ada orang lain yang harus kalah, itu biasa dalam pertandingan.

Mengalahkan diri di sini maksudnya adalah mengalahkan berbagai energi negatif di dalam diri yang membuat kita gagal menjadi orang yang unggul dalam kompetisi. Orang yang unggul inilah yang kita sebut dengan orang yang kompeten. Kompetensi adalah satu-satunya senjata untuk memenangkan kompetisi.

Bentuk – Bentuk Kompetisi

Beberapa bentuk kompetisi dalam masyarakat antara lain sebagai berikut.

  • Persaingan di bidang ekonomi yang timbul karena terbatasnya persediaan dibanding jumlah konsumen.
  • Persaingan di bidang kebudayaan, misalnya di bidang  agama, atau lembaga kemasyarakatan seperti pendidikan. Misalnya saat ini banyak sekolah swasta yang saling bersaing dengan membuat metode belajar tersendiri seperti full day school, yaitu sekolah di mana kegiatan belajar mengajarnya dilakukan selama sehari penuh.
  • Persaingan untuk mencapai suatu kedudukan atau peranan tertentu dalam masyarakat. Kedudukan dan peranan yang dikejar, tergantung pada hal yang paling dihargai oleh suatu masyarakat pada suatu masa tertentu.
  • Persaingan karena perbedaan ras. Persaingan ini terjadi karena adanya perbedaan warna kulit, bentuk tubuh, atau ciri-ciri fisik lainnya. Misalnya adanya politik apartheid di Afrika Selatan yang menyebabkan pertentangan antara kulit putih dengan kulit hitam.

Contoh Bentuk Persaingan

Untuk memahami pengertian kompetisi dan contohnya, ada beberapa jenis persaingan yang perlu kita ketahui diantaranya :

Kompetisi dalam Bidang Ekonomi

Kompetisi ini terjadi karena adanya keterbatasan jumlah benda-benda yang berperan sebagai pemuas kebutuhan manusia seperti manusia dalam kehidupan masyarakat, sedangkan banyak orang yang membutuhkannya. Persaingan di dunia ekonomi yang terjadi pada umumnya seperti dalam hal perdagangan, seperti berebut jumlah pembeli/konsumen. Lalu persaingan di bidang produksi barang maupun jasa akan berfokus pada perebutan daerah penjualan dan sumber bahan baku.

Bidang Kebudayaan

Persaingan di bidang kebudayaan, saat ini tampak lebih mengarah pada penggunaan teknologi komunikasi untuk mendokumentasikan kebudayaan, seperti lewat pembuatan film maupun seni musik modern, hanya saja masih ada seni-seni tradisional lainnya. Di samping itu, kompetisi dalam bidang olahraga sebagai hasil kebudayaan pun sering dilakukan, ada lagi kompetisi dalam seni bela diri, seni musik dan tari antar daerah yang juga kerap dilakukan, sehingga bisa membuktikan mana yang menghasilkan masyarakat yang berkembang kebudayaannya dan paling stabil.

Persaingan Untuk Mencapai Kekuasaan

Persaingan bentuk ini biasanya sering kita jumpai dalam instansi tertentu atau lembaga-lembaga maupun lingkungan badan tertentu yang berada di lingkup pemerintahan. Misalnya dengan diadakannya Pilpres ataupun PILKADA. Mereka akan melakukan persaingan, baik persaingan secara sehat maupun tidak sehat untuk meraih banyak suara dari masyarakat. Persaingan akibat bentuk ini paling sering dimanfaatkan sebagai jenis persaingan tidak sehat, dan tak jarang menimbulkan perpecahan.

Persaingan Rasial

Kompetisi ras atau rasial saat ini bisa dianggap sebagai perang dingin, meskipun terjadi secara tidak langsung namun tetap dilakukan dalam kehidupan bermasyarakat. Biasanya persaingan ras tersebut muncul ketika kelompok tertentu atau seseorang yang lebih superior menganggap dan menyuarakan bahwa ras mereka adalah yang terbaik dibandingkan ras lainnya. Akhirnya timbullah persaingan, hingga perpecahan.

Apa Fungsi Kompetisi ?

Kompetisi dalam bisnis bisa dikatakan berfungsi sebagai alat pengadaan seleksi sosial. Namun jika kompetisi yang terjadi antar pihak dapat disadari dengan pemikiran-pemikiran sehat, persaingan yang terjadi akan berperan sebagai alat penyeleksi antara individu maupun kelompok yang mempunyai kualitas lebih baik. Hal ini dikarenakan dalam dunia marketing sendiri, yang mampu bertahan ialah produk-produk dengan kualitas terbaik dan harganya paling terjangkau. Ini bisa kita lihat berdasarkan kemenangan dari produk-produk impor yang berasal dari Korea dan China.

Dari pengalaman McClelland (Spencer, 1993), hanya kompetensi itulah yang bisa digunakan sebagai alat untuk memprediksikan apakah seseorang itu bisa memiliki kinerja yang bagus atau sebaliknya. Katanya, sertifikat akademik atau pengalaman kerja seringkali tidak bisa digunakan untu menyimpulkan apakah seseorang itu kompeten atau tidak. Banyak orang yang punya nilai akademik bagus tetapi di tempat kerja tidak bagus kinerjnya. Banyak orang punya pengalaman kerja dimana-mana tetapi kinerjanya biasa-biasa.

Jenis-Jenis Kompetisi

Pertanyaannya adalah, kompetensi apakah yang paling dibutuhkan untuk menghadapi persaingan global dewasa kini? Khusus di bidang karir, para pakar kompetensi sudah sering membicarakan hal ini. Untuk menegaskan apa yang sudah kita ketahui, di bawah ini adalah sejumlah jenis kompetensi yang sangat dibutuhkan dalam menghadapi persaingan global:

  1. Dorongan untuk meraih prestasi kerja ke tingkat yang lebih tinggi. Indikatornya adalah ketika kita mampu memunculkan inisiatif perbaikan atau perkembangan secara efektif, efisien, dan sejalan dengan nilai dan norma organisasi.
  2. Mengetahui keunggulan personal dan menggunakannya secara optimal. Keunggulan ini bisa berasal dari bakat bawaan atau keunggulan yang dihasilkan dari pemberdayaan.
  3. Memiliki mentalitas yag dibangun dari konsep-diri positif. Kongkritnya adalah memiliki kepercayaan-diri yang bagus atau ”pede”. Tidak semua orang yang tidak unggul itu disebabkan karena tidak mampu. Yang sering terjadi adalah karena tidak percaya diri.
  4. Mengetahui, memiliki, dan bisa menggunakan sumber informasi atau sumber pengetahuan yang relevan dengan kepentingannya.
  5. Meningkatkan skill. Skill di sini bisa berbentuk soft skill, seperti misalnya komunikasi, kerjasama dalam tim, tanggung jawab, dan lain-lain. Atau bisa juga berbentuk hard skill, seperti misalnya penguasaan komputer, penguasaan tehnik, atau keahlian profesional.

Aplikasi JojoTimes dilengkapi dengan pengenalan wajah biometrik, lokasi GPS yang akurat dan deteksi identitas palsu, tidak perlu khawatir tentang penipuan dan bermain bohong. Karyawan Anda dapat diminta untuk melaporkan kegiatan mereka ketika mereka bekerja dari jarak jauh. Dengan cara ini Anda selalu dapat memastikan bahwa karyawan Anda benar-benar menggunakan jam kerja dengan seharusnya.

Jadwal dan shift kerja karyawan juga dapat dikelola dan diatur sesuai dengan kebutuhan masing-masing divisi untuk mengoptimalkan sinkronisasi antara pengusaha dan karyawan. JojoTimes memungkinkan karyawan Anda masuk dan keluar dari mana saja.

Aplikasi JojoTimes Solusi Kinerja SDM Anda

Solusi Sistem HR Termudah untuk Memantau Kehadiran Karyawan Kapan Saja Di Mana Saja, JojoTimes meningkatkan kinerja perusahaan hingga 98% untuk mendukung perkembangan perusahaan, dengan mengelola administrasi secara otomatis dan memonitor karyawan.

Memiliki Fitur yang Populer dan inovatif

  1. Pengenalan wajah biometris dengan geo-locator yang akurat
  2. Mengelola laporan kehadiran, perizinan cuti dan jam kerja
  3. Tarif lembur yang dapat disesuaikan
  4. Terintegrasi dengan sistem absensi yang sekarang, serta pengaturan izin cuti dan advance

Kenali kinerjanya dan buktikan sendiri dengan klik Coba Gratis Sekarang