Literasi Media Untuk Tujuan Yang Lebih Baik

Literasi media pada dasarnya merupakan kemampuan untuk memahami dan menganalisis serta mendekonstruksi pencitraan media. Di zaman sekarang ini tampaknya media menjadi suatu hal yang sangat banyak dimanfaatkan oleh berbagai pihak. Berita yang ada pada media dan dikonsumsi oleh publik. Jadi media dianggap sebagai sumber informasi dan sumber data serta sumber kebenaran bagi banyak orang. Kehadiran berita yang baru pada media selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Namun sayangnya berita tidak saja selalu bersifat positif dan bahkan ada banyak berita yang cenderung memberitakan hal negatif.

Respon publik terhadap berita dari media tersebut bervariasi. Berbagai sikap dari penerima berita ada bermacam-macam mulai dari respon positif hingga respon yang bersifat negatif. Media kini seolah memiliki kekuasaan dan sangat berpengaruh pada segala aspek kehidupan masyarakat. Media ini bahkan kini menjadi suatu alat bagi berbagai pihak yang ingin mencapai tujuan atau kepentingan pribadi dan golongannya.

Pencapaian tujuan oleh beberapa pihak tentu tidak selamanya berdampak positif bagi orang lain. Bahkan kebanyakan hal ini berdampak negatif untuk masyarakat luas. Setiap informasi yang ada pada media seringkali disebarkan tanpa adanya bukti valid dan hal lain sejenisnya. Terlebih lagi informasi yang bersifat negatif tentu akan menjadi santapan empuk untuk disebarkan ke masyarakat luas. Hingga masyarakat saat ini tidak dapat lagi membedakan berita yang benar dan berita yang tidak benar. Masyarakat juga sudah tidak lagi mencari kebenaran berita karena sangat percaya pada informasi dari media yang ada. Karena itu diperlukanlah suatu literasi bagi media yang ada dan beredar di kalangan masyarakat. Literasi ini akan membuat data yang ada pada media bisa dibuktikan kebenarannya.

Tujuan Literasi Media

Ada beberapa tujuan dari adanya literasi media. Beberapa tujuan ini antara lain meliputi:

1. Meningkatkan pengetahuan

Adanya literasi media sebenarnya dapat membantu masyarakat dalam melakukan peningkatan pengetahuan. Tidak hanya pengetahuan saja tetapi pemahaman dari masyarakat mengenai informasi yang ada juga dapat ditingkatkan. Memang informasi sudah seharusnya dipahami dengan baik agar informasi tersebut dapat dimengerti dengan benar. Dengan adanya pemahaman dan pengetahuan maka masyarakat tentu akan membaca berbagai macam informasi yang sekiranya bermanfaat. Jadi adanya informasi yang Anda dapatkan bisa berguna bagi kehidupan Anda.

2. Mengembangkan budi pekerti

Sebuah media seharusnya bisa dijadikan sebagai bahan informasi dengan cara dan sikap yang positif. Dengan adanya literasi maka Anda bisa menggunakan media dengan beberapa langkah yang tepat. Penggunaan media juga tentunya akan dilakukan dengan tepat pula. Jadi dengan adanya literasi ini maka Anda bisa memiliki sikap yang baik sehingga budi pekerti semakin berkembang dengan baik. Nilai sikap yang baik pada diri Anda secara tidak langsung akan berkembang dengan baik karena hal ini.


3. Menimbulkan sikap kritis

Jika Anda mendapatkan informasi yang ada pada suatu media maka boleh saja jika Anda memberikan respon atas informasi tersebut. Namun sebaiknya respon diberikan pada berita yang memang benar dan disertai pula dengan adanya literasi. Dalam hal ini literasi akan mendorong Anda untuk bisa berpikir lebih jauh mengenai informasi yang terdapat di media. Sikap kritis Anda bisa dikembangkan namun hal ini perlu dilakukan dengan sikap yang baik.

4. Mengembangkan budaya literasi

Budaya literasi mungkin saat ini semakin memudar. Bahkan istilah literasi saja seringkali tidak dipahami oleh masyarakat luas. Hal ini menandakan bahwa literasi semakin hari tampaknya semakin dilupakan. Memang istilah literasi ini cenderung dipahami dengan baik oleh kaum akademisi atau bahkan kaum profesional. Namun alangkah lebih baik bila istilah ini juga dipahami oleh masyarakat secara luas. Dengan adanya literasi pada media maka istilah dan arti penting literasi akan semakin berkembang dan dikenal oleh masyarakat.

5. Meningkatkan kualitas waktu

Yang dimaksud dengan waktu dalam hal ini adalah waktu bagi Anda yang menerima informasi melalui berbagai macam media yang ada. Literasi tentu akan membantu Anda sekaligus mempermudah Anda dalam mencari kebenaran suatu berita atau informasi.

Jenis Literasi Media

Literasi media ini ada beberapa jenis yang bisa digunakan, pada umumnya jenis-jenis tersebut meliputi antara lain:

1. Media Elektronik

Beberapa media elektronik yang sering digunakan dan kita miliki antara lain seperti televisi dan radio. Namun tampaknya radio saat ini sudah mulai diabaikan. Beberapa orang bahkan tidak pernah menggunakan radio sama sekali karena radio hanya mengeluarkan suara saja tanpa adanya gambar virtual. Hal ini tampaknya membosankan bagi kebanyakan orang. Berbeda dengan televisi yang bisa menampilkan tidak hanya suara saja tetapi juga gambar dan tulisan. Gambar bergerak dan video juga bisa dinikmati pada televisi sehingga televisi sampai saat ini masih saja disukai oleh masyarakat. Acara televisi juga semakin berkembang dan dikemas dengan sangat menarik.

2. Media Cetak

Media cetak sebenarnya merupakan media lama dalam suatu literasi media. Media cetak yang paling populer saat ini adalah surat kabar yang dinilai bisa memberikan berbagai macam informasi yang ada. Selain itu majalah juga masih saja menjadi pilihan bagi beberapa orang karena majalah dinilai juga sebagai sumber informasi. Namun tampaknya eksistensi media cetak ini semakin berkurang walaupun seringkali masih dicari dan dibutuhkan orang. Bagaimanapun juga beberapa jenis media cetak ini hingga kini masih saja menjadi literasi media yang digemari oleh kebanyakan orang baik bagi pembaca dari media cetak maupun bagi penulis di media tersebut.

3. Media Digital

Media digital juga disebut sebagai media baru. Media ini tentunya berhubungan dengan perkembangan teknologi canggih seperti misalnya internet. Sudah bukan rahasia lagi bahwa sebagian besar orang di dunia ini cenderung tergantung pada media internet. Internet dapat digunakan dengan akses yang lebih cepat dan lebih praktis. Menggunakan internet juga dirasa sebagai tindakan yang lebih bersifat efektif dan efisien. Hal ini membuat internet menjadi literasi media yang semakin diterima oleh masyarakat luas.

Literasi media ini pada dasarnya beraneka ragam, tetapi pastinya membawa manfaat yang maksimal bagi informasi di masyarakat. Demikian halnya penggunaan produk yang tepat di dalam keuangan perusahaan. Misalnya melalui penggunaan JojoExpense. Dengan produk tersebut tentu nantinya perusahaan bisa memperoleh manfaat seperti misalnya pengaturan keuangan yang lebih sistematis. Tidak hanya itu saja, tetapi juga membantu mencatat pengeluaran dan pemasukan secara detil.

Tentunya manfaat-manfaat tersebut bisa dicapai berkat beberapa fitur yang ada di dalam JojoExpense. Antara lain yaitu fitur Digital Reimbursement, OCR (Auto Read Receipt) on mobile, Multiple Receipts Attachment, Approval Policies by Amount, dan banyak lagi fitur yang lain. Oleh karena itu jangan ragu dan segera dapatkan coba gratis di perusahaan Anda. Biarkan sistem JojoExpense bekerja untuk memastikan sistem keuangan perusahaan Anda yang jauh lebih baik.