Pilihan Low Budget Marketing Ideas Untuk Bisnis Anda

Sebuah bisnis yang mendambakan kesuksesan, tentu haruslah memiliki strategi pemasaran yang baik. Namun, sayangnya masih banyak pelaku usaha yang menganggap sepele peran dari divisi pemasaran atau marketing dalam perusahaan. Salah satunya dikarenakan biaya pemasaran yang membutuhkan dana tak sedikit dalam implementasinya. 

Padahal, tak semua strategi pemasaran membutuhkan dana atau modal besar untuk memulainya, lho. Beberapa bahkan bisa dilakukan tanpa mengeluarkan modal sepeser pun. Namun demikian, Anda harus melakukannya secara konsisten dan bersabar karena hasilnya tentu tak semaksimal dengan Anda menggunakan strategi pemasaran yang berbayar.

Strategi pemasaran ini sering disebut sebagai low budget marketing ideas atau ide pemasaran bisnis kecil. Ada beberapa strategi yang bisa Anda terapkan untuk membuat bisnis Anda lebih maju dan terus berkembang.

Dari sekian banyak strategi marketing yang tersebar di era digital seperti saat ini, Jojonomic telah merangkumkan beberapa ide yang bisa Anda gunakan dan paling relevan untuk kondisi bisnis saat ini. Apa saja itu? Simak lengkap artikelnya berikut ini, ya.

Low budget marketing ideas yang bisa dijadikan pilihan

Berdasarkan minimnya modal yang dikeluarkan, terdapat beberapa opsi low budget marketing ideas yang bisa Anda pilih. Berikut beberapa di antaranya: 

1. Menggunakan strategi content Marketing

Ilustrasi Content Marketing

Di era yang serba digital seperti saat ini, content marketing menjadi salah satu strategi pemasaran paling banyak digunakan karena cukup efektif dan tidak membutuhkan modal besar. Anda bisa menggunakan media online seperti website atau blog untuk mempublikasikan artikel mengenai brand maupun produk yang Anda jual.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan sosial media yang ada seperti Facebook, Instagram hingga TikTok untuk membuat konten serupa mengenai brand dan produk yang Anda jual. Dengan perencanaan strategi yang tepat, Anda dapat menjangkau pangsa pasar yang lebih luas mengingat sosial media dan website dapat diakses oleh siapa pun dan dari mana mana pun.

2. Gunakan data yang valid dan grafis yang menarik

Selain lewat pembuatan konten sosial media dan website, Anda juga bisa melengkapinya dengan membuat infografik yang belakangan banyak diminati orang. Tentunya dalam infografik tersebut Anda harus menyajikan informasi yang valid dan dapat dibuktikan kebenarannya. Sehingga, kepercayaan konsumen pun akan terbangun lewat konten infografik yang Anda sajikan.

Misalnya, bisnis Anda bergerak di bidang kuliner. Anda bisa membuat infografik mengenai kandungan gizi atau manfaat dari produk makanan yang Anda jual. Dengan melakukan riset data lewat berbagai jurnal dan studi profesional, Anda bisa membuat calon konsumen tertarik dengan konten yang Anda produksi.

3. Melancarkan pemasaran dengan video

Video Marketing

Selain konten tulisan dan gambar yang biasa digunakan para pelaku usaha dalam memasarkan dan mengenalkan bisnisnya lewat sosial media. Anda juga bisa menggunakan video untuk mendukung low budget marketing ideas yang diterapkan.

Video ini nantinya bisa diunggah ke situs atau platform berbagi video seperti Youtube, Vidio.com, TikTok dan masih banyak lagi lainnya. Tak perlu mengeluarkan modal yang cukup besar dalam pembuatan video ini. Bahkan jika Anda memiliki keterampilan dalam hal editing video, Anda bisa melakukannya secara gratis tanpa mengeluarkan modal sepeser pun.

Buatlah konten video yang menarik untuk ditonton. Dengan demikian, calon konsumen tidak akan bosan melihatnya. Contoh video yang banyak digemari saat ini adalah video dari brand yang diplesetkan atau mengandung unsur humor. Seperti yang banyak dilakukan oleh brand-brand besar seperti Gojek, Shopee, BukaLapak dan lain-lain.

4. Cobalah menggunakan email marketing

Pemasaran lewat email tentu sudah tidak asing lagi jika Anda adalah pengguna sosial media sejak lama. Banyak perusahaan atau brand-brand besar yang masih menggunakan strategi pemasaran ini hingga sekarang. Karena dianggap cukup efektif untuk menjangkau customer mereka secara pribadi. Sehingga akan menciptakan keterikatan atau hubungan antara brand Anda dengan calon konsumen.

Email marketing ini biasanya berisi tentang penawaran-penawaran menarik seperti promo, diskon, informasi penting terkait brand atau produk Anda dan masih banyak lagi lainnya.

5. Aktifkan social media marketing

Social Media Marketing

Sedikit berbeda dengan content marketing yang telah disebutkan sebelumnya. Pada strategi social media marketing ini, Anda akan menggunakan banyak platform sosial media untuk memaksimalkan pemasaran. Tak hanya itu, ragam fiturnya pun harus digunakan agar memberikan hasil yang optimal. Seperti dengan menggunakan fitur Ads atau iklan dalam masing-masing sosmed. Anda bisa mendapatkan lebih banyak insight dan meraup lebih banyak keuntungan dari hal tersebut.

6. Perluas relasi di LinkedIn

Platform LinkedIn menjadi salah satu yang banyak digunakan oleh para profesional dalam bidangnya. Termasuk para pelaku usaha hingga orang-orang yang bermodal.

Nah, di platform ini Anda bisa menggunakannya untuk memperluas relasi sekaligus menyebar brand awareness produk Anda ke orang-orang yang profesional. Bahkan jika produk brand Anda potensial, Anda mungkin juga bisa mendapatkan penawaran kerja sama hingga suntikan modal dari para investor yang ada di sana. Dengan demikian bisnis Anda pun dapat terus berkembang ke depannya.

7. Gunakan trik local marketing

Local Marketing

Local marketing merupakan strategi yang digunakan untuk memasarkan sebuah produk dengan menyasar pangsa pasar terdekat atau di sekitar lingkungan kita. Cara ini mungkin terdengar kuno jika dibandingkan dengan kemajuan zaman di era digital seperti sekarang. Namun local marketing dapat dikatakan sebagai salah satu low budget marketing ideas yang cukup potensial.

Anda hanya perlu membuat kalimat promosi yang menarik dan nantinya dicetak lewat flyer, banner, brosur dan semacamnya. Kemudian Anda tinggal menyebarkan alat promosi tersebut ke target pasar Anda yang sekiranya potensial untuk memikat terjadinya pembelian. Selain itu menyelenggarakan acara atau kontes untuk menampilkan produk dan merek bisnis juga cukup efektif untuk dilakukan.

8. Menerapkan SEO dalam digital marketing

Di awal kita sudah membahas mengenai apa itu konten dan efektivitasnya pada pemasaran. Nah, jika Anda ingin lebih efektif lagi bisa dengan memanfaatkan keberadaan SEO atau Search Engine Optimization.

Dengan menempatkan nama produk maupun brand Anda sebagai kata kunci dalam konten atau artikel. Hal ini bisa memungkinkan menarik lebih banyak visitor atau pengunjung pada situs web yang Anda kelola. Dengan demikian, semakin banyak orang yang akan mengetahui keberadaan brand dan jenis produk Anda. Selain itu topik, judul, dan isi konten bisa diperdalam dan diperkuat agar marketing bisa dijalankan dan menjangkau konsumen yang lebih spesifik.

9. Maksimalkan program pemasaran dan forum yang ada

Maksimalkan Program Pemasaran

Program marketing seperti dengan menggunakan referral atau afiliasi dapat juga berperan aktif dalam meningkatkan penjualan perusahaan. Tak butuh modal banyak, Anda hanya perlu merekrut atau mengajak orang-orang yang mau diajak kerja sama dan membagi komisi dari hasil penjualan produk yang dilakukan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan situs forum online atau mengikuti konferensi untuk memperluas koneksi pemasaran bisnis Anda.

10. Jalin kerja sama dengan perusahaan atau brand lain

Bekerja sama dengan bisnis atau brand lain juga dapat digunakan sebagai upaya dalam memaksimalkan pemasaran produk Anda. Tentu bukan berarti Anda harus bekerja sama dengan kompetitor atau pesaing Anda secara langsung, ya.

Ajaklah kerja sama brand atau perusahaan yang masih berkaitan atau relate dengan lini bisnis Anda. Misalnya, jika Anda memiliki produk kuliner makanan, Anda bisa mengajak kerja sama brand minuman untuk menciptakan bundle atau paket makanan tertentu atau bahkan produk baru.

Kemudian jika Anda memiliki bisnis percetakan, Anda bisa mengajak kerja sama perusahaan atau brand butik atau fashion ternama untuk diajak berkolaborasi. Menarik, kan?

11. Manfaatkan event tahunan

Promo tahunan

Dalam setahun terdapat hari-hari khusus yang spesial dan bisa dimanfaatkan bagi Anda untuk menciptakan penjualan yang lebih signifikan. Sebut saja pada momen hari raya keagamaan atau hari kemerdekaan. Anda bisa membuat beragam promo yang berkaitan dengan momentum tersebut untuk menarik perhatian pelanggan.

Tak hanya itu, Anda juga bisa menciptakan inovasi yang berkaitan dengan momentum hari-hari spesial tersebut. Misalnya, di hari raya Anda mencoba untuk menciptakan hampers khusus berisi produk-produk dari brand Anda. Kemudian pada saat hari kemerdekaan, Anda bisa menciptakan inovasi produk baru yang memiliki warna merah putih agar kental dengan nuansa kemerdekaan.

Penutup

Nah, demikianlah artikel mengenai low budget marketing ideas yang bisa Anda coba terapkan sekarang juga. Sesuai namanya, strategi marketing di atas bisa Anda lakukan dengan budget minim bahkan tanpa modal sekali pun. Anda hanya perlu terus berusaha dan berinovasi agar strategi pemasaran Anda dapat membuahkan hasil sesuai yang diinginkan.

Selain strategi pemasaran yang harus dimaksimalkan, penting bagi Anda untuk memperhatikan kesehatan finansial dalam usaha. Pastikan bahwa seluruh transaksi pemasukan dan pengeluaran tercatat dengan baik agar lebih mudah untuk dilakukan evaluasi.

Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi Jojo Expense yang bisa Anda coba secara gratis dalam 14 hari pertama. Aplikasi ini menawarkan beragam fitur yang dapat memudahkan Anda dalam melakukan manajemen pengeluaran perusahaan.

Sebut saja fitur Control Budgeting yang akan membantu Anda dalam mengelola anggaran dalam perusahaan. Selain itu terdapat fitur Reimbursement Online yang bisa digunakan oleh karyawan untuk mengajukan reimbursement dari mana pun tanpa harus ribet mengurus dokumen. Anda pun bisa menyetujui atau menolak pengajuan reimbursement tersebut lewat fitur Mobile Approval yang disediakan.

Jojo Expense juga dilengkapi teknologi canggih berupa Intelligence OCR dan Real-Time Geotagging yang dapat menghindarkan Anda dari risiko fraud atau penipuan keuangan dalam operasional bisnis. Sehingga tak ada lagi karyawan yang dapat menipu atau menggelapkan uang perusahaan. Menarik, kan?

So, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan Jojo Expense dan permudah cara Anda dalam mengelola keuangan perusahaan sekarang juga!