Loyalitas Pelanggan Serta Cara Efektif untuk Meningkatkannya

loyalitas pelanggan

Dunia bisnis memang sangat dinamis di era teknologi seperti sekarang ini, sehingga setiap pelaku usaha dituntut untuk selalu inovatif dan empati pada konsumen. Sehingga kedepannya akan menimbulkan loyalitas pelanggan pada produk yang kita tawarkan.

Hal ini karena makin ketatnya persaingan bisnis membuat para pelaku bisnis berusaha meningkatkan loyalitas pelanggan dalam bisnis yang mereka jalankan. Apa itu loyalitas pelanggan serta bagaimana meningkatkannya, dalam artikel ini kita akan bahas secara lengkap, yuk kita simak saja.

Apa itu yang dimaksud dengan Loyalitas Pelanggan?

Loyalitas pelanggan merupakan kondisi dimana pelanggan atau konsumen secara teratur atau tetap melakukan pembelian pada suatu bisnis. Hal ini karena loyalitas konsumen dapat memberikan informasi dan tolak ukur bagi seorang pebisnis dalam memprediksi penjualan dan pembelian yang tetap.

Sehingga tidak heran jika para pebisnis melakukan berbagai cara untuk menarik pelanggan tetap. Memiliki pelanggan yang tetap atau loyal terhadap bisnis yang dijalankan akan membuat bisnis tetap kokoh dalam berbagai situasi. Para pelanggan ini akan menjadi penyokong bisnis saat bisnis sedang mengalami gejolak ekonomi.

Pelanggan dikatakan setia atau loyal apabila pelanggan tersebut menujukkan perilaku pembelian secara teratur atau terdapat suatu kondisi dimana mewajibkan pelanggan membeli paling sedikit dua kali dalam selang waktu tertentu. Upaya memberikan kepuasan dilakukan untuk mempengaruhi sikap pelanggan, sedangkan konsep loyalitas pelanggan lebih berkaitan dengan perilaku dari pada sikap dari pelanggan.

Mengenal Karakteristik Loyalitas Konsumen

Loyalitas konsumen pada produk kita merupakan ukuran yang dapat diandalkan untuk memprediksi pertumbuhan penjualan dan perilaku pembelian yang konsisten. Berikut ini adalah karakteristik dari loyalitas konsumen :

  1. Melakukan pembelian secara teratur atau pembelian ulang.
  2. Membeli di luar lini produk atau jasa (pembelian antar lini produk).
  3. Merekomendasikan produk atau jasa kepada orang lain. Membeli
  4. Menunjukkan loyalitas yang tinggi dari daya tarik produk atau jasa sejenis, atau dengan kata lain tidak mudah terpengaruh
loyalitas pelanggan
Portrait of a beautiful receptionist showing available services and costs to a client, with a smile

Faktor yang mempengaruhi loyalitas Pelanggan

Loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut ini, yaitu :

  1. Kepuasan (Satisfaction). Kepuasan pelanggan merupakan pengukuran antara harapan pelanggan dengan kenyataan yang mereka terima atau yang dirasakan.
  2. Ikatan emosi (Emotional bonding). Ikatan yang tercipta dari sebuah merek adalah ketika konsumen merasakan ikatan yang kuat dengan konsumen lain yang menggunakan produk atau jasa yang sama.
  3. Kepercayaan (Trust). Kemauan seseorang untuk mempercayakan perusahaan atau sebuah merek.
  4. Kemudahan (Choice reduction and habit). Konsumen akan merasa nyaman dengan sebuah kualitas produk dan merek ketika situasi mereka melakukan transaksi memberikan kemudahan.
  5. Pengalaman dengan perusahaan (History with company). Ketika mendapatkan pelayanan yang baik dari perusahaan, maka akan mengulangi perilaku pada perusahaan tersebut.

Tingkatkan Loyalitas Konsumen dengan cara ini !

Seorang pebisnis harus konsisten meningkatkan kualitas bisnisnya agar pelanggan tetap setia membeli produk Anda. Apalagi dengan banyaknya pelaku bisnis dalam bidang yang sama membuat orang harus berkompetisi untuk mendapatkan loyalitas pelanggan serta terus meningkatkannya melalui cara-cara berikut :

1. Hubungi Konsumen secara berkala

Jika ingin bisnis yang dijalankan berjalan dengan baik maka komunikasi harus diperbaiki. Meskipun barang yang ditawarkan memiliki kualitas yang tinggi namun tidak adanya inisiatif berkomunikasi dengan baik, maka pelanggan akan merasa terabaikan.

Komunikasi yang tidak berjalan dengan baik hanya akan membuat pelanggan berpaling ke pelaku bisnis lain. Untuk itu perlu adanya komunikasi yang baik antara pelaku bisnis dengan pelanggannya. Tidak mesti dilakukan setiap hari, komunikasi ini bisa dilakukan secara berkala.

2. Membuat penawaran yang Berkualitas

Membuat penawaran berupa Konten yang menarik adalah isi dan review produk yang ditawarkan kepada pelanggan. Meskipun produk yang ditawarkan sudah baik tapi tidak diimbangi dengan review sebagai pertimbangan pelanggan, maka akan percuma saja.

Meskipun produk yang ditawarkan nantinya tidak dibeli konsumen tetapi setidaknya mereka akan mengunjungi situs bisnis tersebut. Jadi dengan kehadiran konten yang berkualitas di situs bisnis dapat mendatangkan pengunjung situs yang memberikan keuntungan lain.

loyalitas pelanggan

3. Menjadi Otoritas Dalam Bisnis Yang Dijalankan

Suatu bisnis memerlukan kepercayaan diri dalam menjalankannya. Kepercayaan diri yang tinggi akan membuat seseorang lebih unggul dan berbeda dengan para pesaingnya. Melalui kepercayaan diri bahwa pelanggan akan melirik bisnis tersebut karena kualitas yang ditawarkan.

Loyalitas pelanggan akan terbentuk saat mereka percaya akan produk yang ditawarkan. Untuk itu untuk mewujudkan bisnis yang sukses dengan pelanggan yang loyal maka perlu ada perubahan terhadap beberapa komponen bisnis.

4. Cepat merespon Email yang masuk

Hal yang banyak disepelekan oleh pelaku bisnis adalah membalas pesan atau email dari pelanggan. Padahal jika bercermin dari diri sendiri, saat mengirim pesan maka pasti seseorang akan mengharapkan balasan secepat mungkin. Hal ini juga dirasakan oleh para konsumen dimana mereka mengirimkan pesan untuk mengkonfirmasi suatu hal.

Untuk itu, bagi yang memiliki bisnis yang cukup besar perlu ada karyawan yang ditugaskan untuk menangani masalah tersebut. Jika tidak, minimal ada system notifikasi khusus yang diberlakukan. Hal ini akan sangat membantu komunikasi antara penjual dan pembeli untuk mendapatkan loyalitas pelanggan.

5. Bijak dalam Membuat Keputusan

Dalam menjalankan sebuah bisnis maka seseorang akan dihadapkan dengan situasi yang mengharuskannya mengambil sebuah keputusan. Keputusan yang dimaksud adalah keputusan yang diberlakukan kepada pelanggan atau konsumen yang ingin membeli atau menyewa produk.

Jika dirasa keputusan yang diambil tidak berat sebelah maka perlu diadakan perundingan dengan orang terdekat atau karyawan. Hal ini untuk mencegah timbulnya pemikiran tentang tidak becus dalam mengambil keputusan. Semakin cepat keputusan tersebut diberikan maka kepercayaan konsumen akan meningkat.

6. Hargai sudut Pandang Konsumen

Sikap menghargai konsumen termasuk sudut pandangnya sangat penting. Hal ini karena konsumen yang tidak selalu memahami kondisi yang dialami pelaku bisnis mengenai penggunaan produk. Beberapa konsumen melontarkan isi pikirannya langsung kepada pebisnis.

Meskipun hal ini cukup mengganggu, namun tetap harus ada sikap menghargai dari pelaku bisnis. Pebisnis yang baik tentu tidak akan segan dalam menerima tanggapan dari konsumennya. Karena pebisnis harus tetap menghargai sudut pandang yang diutarakan oleh konsumen.

Digital Consumer Pictures | Download Free Images on Unsplash

7. Berikan Sentuhan Personal

Hal yang wajar jika seseorang ingin diperhatikan termasuk saat dirinya diposisikan sebagai pelanggan. Sentuhan personal yang biasa dianggap sepele ternyata bisa memberikan pengaruh yang baik untuk keberlangsungan bisnis. Sentuhan personal akan membuat daya tarik konsumen dan bisa saja membuat mereka menjadi pelanggan tetap.

8. Realistis Namun Tidak Terlalu Ribet

Banyak pelaku bisnis yang mengumbar janji pada konsumen yang cenderung berlebihan. Hal yang bagus jika janji itu benar-benar direalisasikan, namun ada juga pebisnis yang hanya mengumbar janji semata. Sebenarnya tidak perlu mengumbar janji, meningkatkan kualitas bisnis akan membuat bisnis sukses dengan pelanggan yang loyal.

9. Cari Peluang secara Proaktif

Ada beberapa hal yang sangat penting untuk dilakukan sebagai pebisnis. Prinsip menjemput bola sangat baik diterapkan dalam berbisnis untuk menarik pelanggan datang ke bisnis yang dijalankan. Selain itu selalu ingatkan diri sendiri bahwa Anda adalah orang yang menjalankan sebuah usaha.

10. Jelas dan Transparan

Suatu hal yang wajar jika konsumen ingin mendapatkan informasi secara lengkap mengenai produk yang akan mereka beli. Untuk itu sangat penting untuk memberikan kejelasan mengenai informasi atau ketentuan yang diberlakukan kepada konsumen. Selain itu, transparansi mengenai kesediaan produk juga harus dilakukan agar konsumen memberikan kepercayaan pada bisnis tersebut.

Loyalitas serta pelayanan yang cepat dan inovatif

Banyak cara untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dalam berbisnis. Memberikan pelayanan yang terbaik adalah salah satu kuncinya, selain itu memanfaatkan fasilitas sistem digital untuk setiap laporan penjualan dan keuangan Anda, sehingga Anda tidak perlu mengontrol serta cek and ricek secara manual. Cukup dengan sentuhan jari Anda sudah bisa melakukan bisnis dan laporan keuangan dengan cepat dan akurat.

Nah, jika Anda memerlukan software akuntansi untuk kegiatan pembukuan bisnis, Anda bisa menggunakan Aplikasi JojoExpense yang memiliki fitur terlengkap, mudah digunakan, dan harga yang terjangkau.

loyalitas pelanggan

Produk populer untuk meningkatkan produktivitas perusahaan
Hemat waktu, uang, dan tenaga dengan otomasi sekaligus streamlining tugas HR & Finance.

Aplikasi JojoExpense

Solusi Manajemen Pengeluaran Perusahaan yang Fleksibel, JojoExpense memudahkan staf keuangan untuk memantau disbursement perusahaan secara real-time dan akurat. Hemat waktu hingga 77% dengan proses pelaporan pengeluaran otomatis!

Aplikasi JojoExpense memiliki fitur yang populer

  1. Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  2. Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  3. Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Buktikan kinerjanya dengan klik Coba Gratis Sekarang