Contoh Aneka Macam Makanan Sehat Yang Mudah Ditemui di Indonesia

makanan sehat

Benua yang memiliki jenis makanan sehat paling banyak adalah Benua Asia. Sebagai contohnya saja Indonesia. Indonesia yang merupakan negara kepulauan ini memiliki banyak suku dan masakan yang beragam. Beragamnya jenis masakan dan makanan di Indonesia dikarenakan tersedianya berbagai jenis rempah-rempah, bahan makanan dari darat, udara, maupun lautan.

Setiap daerah di Indonesia memiliki khas sendiri pada masakannya. Namun kali ini, kita akan membahas beberapa makanan sehat yang dapat dikonsumsi oleh berbagai umur. Hasil bumi yang tersedia di Indonesia memang tidak bisa dikonsumsi oleh beberapa orang yang memiliki kelemahan saat umur sudah mulai menginjak angka 40 tahun. Untuk itu, 7 contoh makanan sehat yang dapat dikonsumsi secara aman dapat dibaca di bawah ini.

Makanan Sehat Sayuran Hijau

Sayur adalah makanan dengan kandungan serat yang bagus. Selain serat, sayur juga mengandung vitamin dan mineral. Banyak cara untuk mengolah sayur menjadi makanan sehat. Salah satu cara pengolahan sayur adalah dengan menumis sayur dengan campuran daging atau telur. Memasak sayur dengan cara menumis ini cukup bagus karena kandungan sayur tidak banyak terbuang dan tetap dapat dikonsumsi secara matang.

Memasak sayur dengan cara tumis dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Tidak perlu banyak banyak bahan masakan atau bumbu. Bahan utama yang pasti digunakan adalah bawang putih dan bawang merah. Bahan lainnya dapat ditambahkan sesuai selera.

Untuk makanan asli dari pulau Jawa yang mengandung sayur adalah pecel. Masakan ini adalah masakan khas Jawa Timur. Paduan antara berbagai macam sayur, daun, bunga, dan bumbu saos berbahan kacang ini menjadi makanan yang paling digemari oleh masyarakat Jawa Timur dan Indonesia. Tidak jarang pendatang dari luar negeri makan masakan ini dengan lahap karena mirip dengan salad.

Hidangan pecel ini pada umumnya dipadu dengan nasi putih dan lauk. Jika anda ingin lebih sehat menyantap pecel, maka nasi putih lebih baik dikurangi atau tidak menggunakan nasi putih. Pecel tetap enak untuk disantap hanya dengan lauk sederhana seperti tahu atau tempe.

Makanan Sehat Buah-Buahan

Ini adalah salah satu hidangan yang mudah untuk ditemukan. Indonesia sendiri memiliki berbagai macam sumber buah-buahan yang beraneka rasa dengan banyak manfaat. Selaini itu bahan ini bisa dijadikan berbagai macam jenis masakan yang menarik.

Contohnya untuk salad buah kadang cocok menggunakan mayonaise yang mengandung rasa manis atau agak asam. Hal ini untuk memberikan variasi rasa dari buah tanpa mengurangi rasa buah tersebut. Dengan mengkonsumsi banyak buah, tentu bisa memberikan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Terutama memberikan kandungan serta asupan vitamin yang maksimal.

Makanan Sehat Pengganti Nasi

Makanan pengganti nasi yang rendah kalori salah satunya adalah oatmeal. Oatmeal lebih mudah dimasak daripada nasi putih atau nasi merah. Nasi merah yang bisa menjadi pengganti nasi putih membutuhkan cara masak yang sama dengan nasi putih. Hal ini membuat oatmeal lebih mudah dimasak dan dihidangkan.

Rasa dari oatmeal tidak lah manis atau asin, melainkan hambar. Bagi orang yang suka rasa manis, oatmeal dapat dihidangkan dengan ditambahkan buah-buahan yang segar dan manis. Untuk orang yang suka rasa asin, penggunaan telor atau ikan yang sudah dibumbui memberikan rasa nikmat pada oatmeal saat dimakan.

Oatmeal biasanya dijual di supermarket dengan berat kurang dari 1 kilo. Cara membuat makanan oatmeal sangat sederhana. Sediakan air panas dan oatmeal yang masih kering. Campurkan oatmeal dengan air panas dan aduk sampai rata. Untuk menambahkan rasa pada makanan, tambahkan bahan lain yang disukai. Oatmeal pada ukuran standar berbentuk seperti bubur. Selamat mencoba.

Minuman Sehat Yoghurt

Meski bukan termasuk makanan berat, yogurt kadang dikonsumsi sebagai pengganti makanan saat sedang sibuk. Supermarket banyak menyediakan dan menjual yogurt siap saji yang mudah dimakan. Bentuk yogurt ini adalah cairan kental dengan rasa asam cukup kuat. Yogurt pada pembuatannya berasal dari susu yang difermentasikan. Jika ingin menikmati yogurt dengan cara lain, anda dapat menambahkan buah-buahan. Hasilnya akan mirip dengan salad buah.

Karena rasanya yang cukup masam, yogurt cocok dimakan dengan buah-buahan manis seperti semangka, pisang, lecy, dan sejenisnya. Bahkan ada banyak cara menyajikan yoghurt menjadi berbagai macam jenis makanan yang menarik dengan kandungan vitamin yang baik. Mulai dari es krim yoghurt hingga paduan yoghurt dengan buah kering dan sebagainya. Hal ini membuat banyak orang menyukai untuk mengkonsumsi jenis minuman berkalsium tinggi tersebut.

Makanan Sehat Tinggi Protein

Makanan sehat terakhir adalah makanan sehat dengan protein tinggi, yaitu ikan. Ikan merupakan produk alam yang sangat tinggi kandungan proteinnya. Bagi orang yang atau anak yang alergi protein, lebih baik menghindari makanan ini. Pada orang normal, ikan merupakan salah satu makanan yang dapat dimakan secara matang maupun mentah. Di Jepang, ikan dimakan langsung dagingnya tanpa digoreng atau direbus. Hanya perlu cuka untuk membunuh kuman atau bakteri pada daging, dan disantap. 

Selain ikan jika ingin menyantap makanan yang kaya protein, maka daging ayam atau daging sapi juga merupakan salah satu pilihan yang tepat. Dengan jenis makanan tersebu, tentu saja asupan protein untuk pertumbuhan tubuh dapat terpenuhi secara maksimal. Apalagi mendapatkan berbagai macam daging bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Berbagai macam peternakan yang ada di Indonesia mendukung penuh asupan dan suplai untuk berbagai macam daging segar di pasaran. Sehingga tentu cukup mudah untuk masyarakat Indonesia menemukan bahan makanan yang satu ini.

Kesimpulan

Contoh makanan sehat di atas merupakan makanan yang mudah dijumpai di area pulau Jawa dan sekitarnya. Makanan di atas merupakan makanan rendah kalori, tidak menyebabkan kolesterol naik, atau membuat asam urat anda kambuh. Terutama oatmeal, makanan ini paling cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang program diet.

Pada program diet, biasanya tidak disarankan untuk mengkonsumsi karbohidrat berlebih. Jika mengonsumsi karbohidrat, maka olahraga untuk membakar karbo tersebut harus dilakukan agar tidak berubah menjadi lemak. Maka dari itu tentu saja konsumsi makanan sehat harus dibarengi dengan pola hidup yang sehat juga. Misalnya tidak merokok dan rajin melakukan olahraga.

Seperti juga saat mengatur keuangan perusahaan yang sehat, sebaiknya gunakan aplikasi yang tepat untuk hal ini. Salah satunya menggunakan JojoExpense sebagai aplikasi yang bisa mengatur pemasukan dan pengeluaran perusahaan secara efisien.

Hal ini berkat beberapa fitur andalan dalam produk tersebut. Misalnya yaitu sebagai berikut.

  • Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  • Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  • Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Jadi, yuk segera coba gratis aplikasi manajemen keuangan dari Jojonomic ini.