Manajemen Laba Perusahaan Beserta Berbagai Metodenya

manajemen laba

Manajemen laba merupakan suatu istilah yang menggambarkan tentang pengelolaan pendapatan atau arus kas masuk serta pengeluaran atau arus kas keluar. Hal ini dilakukan tentunya dengan tujuan memastikan secara lebih lanjut bahwa bisnis Anda menghasilkan laba bersih.

Fungsi Manajemen Laba

Memantau laporan laba rugi, dimana suatu laporan laba rugi biasanya dilakukan secara mingguan atau bulanan dan bahkan tahunan. Untukdapat menentukan besar laba perusahaan maka Anda perlumembuat manajemen laba. Maka Anda bisa mengetahui pertumbuhan usaha Anda atau bahkan penurunan yang mungkin saja bisa terjadi. Untuk ke depannya Anda bahkan bisa berupaya mengurangi kerugian.

Membantu melakukan penghematan uang. Melalui langkah manajemen laba maka Anda bisa mengembangkan strategi bisnis. Strategi bisnis ini antara lain dilakukan untuk menghasilkan pengelolaan pendapatan bisnis secara lebih efektif. Jadi Anda bisa melakukan penghematan uang. Misalnya dengan cara mengeluarkan uang hanya untuk kebutuhan perusahaan yang bersifat urgent saja. Selebihnya pendapatan bisa dikelola hingga menjadi keuntungan bisnis.

Menghasilkan lebih banyak keuntungan. Berbagai hal bisa Anda pelajari misalnya dengan mamantau laporan laba rugi perusahaan atau memantau laporan keuangan perusahaan. Selanjutnya Anda juga bsia semakin mengembangkan upaya untuk bisa melakukan pengeluaran bagi bisnis Anda secara lebih efektif. Dengan melakukan upaya ini maka Anda akan memperoleh keuntungan yang lebih besar sehingga bisnis Anda bisa dianggap sangat menguntungkan.

Faktor Penyebab Manajemen Laba

Hipotesis rencana bonus

Hipotesis rencana bonus bisa juga disebut dengan istilah bonus plan hypothesis. Hal inibertujuan untuk lebih memaksimalkan utilitas yang ada di perusahaan Anda. Utilitas sendiri mengacu pada segala sesuatu yang dilakukan untuk bisa mendapatkan bonus yang bisa dibilang cukup tinggi. Maka melalui sistem manajemen tentunya perusahaan dapat memberikan bonus tentunya dalam jumlah yang cukup besar.

Hipotesis perjanjian hutang

Hipotesis perjanjian hutang sama dengan istilah debt covenant hypothesis. Hal ini ditujukan bagi suatu manajemen yang dinilai telah melakukan pelanggaran. Pelanggaran dalam hal ini bisa saja meliputi melanggar perjanjian kredit. Dalam hal ini tentunya perusahaan akan lebih memilih untuk bisa menjaga reputasi perusahaan terhadap apa yang dipikirkan oleh lingkungan sekitarnya.

Hipotesis biaya politik

Hipotesis biaya politik atau political cost juga menjadi salah satu faktor penyebab adanya proses manajemen laba. Dalam hal ini Anda bisa melihat bahwa semakin besar suatu perusahaan maka akan semakin besar pula kemungkinan bagi perusahaan tersebut untuk menurunkan laba. Sebab laba yang tinggi pada dasarnya menyebabkan adanya pajak yang juga tinggi.

Pola Manajemen Laba

Manajemen laba taking a bath

Pola ini dapat diartikan sebagai pola yang dilakukan dengan menghapus beberapa aktiva. Selain itu manajemen juga harus dilakukan dengan tujuan untuk melaporkan laba. Pelaporan laba ini diharapkan agar dapat meningkat terutama di periode selanjutnya.

Minimal pendapatan

Pola yang satu ini dilakukan terutama saat terjadi profit yang diperoleh perusahaan Anda. Dalam halini profit yang diraih bisa dibilang sangatlah tinggi. Tindakan ini bisa juga dilakukan dengan tujuan untuk melakukan penghapusan barang modal dan juga aktiva perusahaan. Di samping itu pola ini juga dilakukan dengan tujuan agar nantinya perusahaan tidak mendapatperhatian khusus secara politik sekalipun profit yang diperolehnya cukup tinggi.

Manajemen laba income maximization

Pola ini menggunakan suatu teknik tertentu. Teknik yang digunakan dalam hal ini berupa cara untuk memaksimalkan laba perusahaan hingga nantinya perusahaan mendapatkan bonus. Bonus yang diperoleh ini biasanya dalamjumlah atau tingkat yang besar. Secara lebih jauh pola ini terjadi dan dilakukan untuk menghindari terjadinya pelanggaran kontrak uang yang bisa saja terjadi.

Income smoothing

Pola selanjutnya yaitu income smoothing bisa disebut juga dengan istilah pola perataan laba. Pola ini juga menggunakan teknik tertentu terutama dalam membuat sebuah laporan. Jadi pembuatan laporan dilakukan dengan menggunakan suatu trend untuk mengetahui pertumbuhan laba yang diharapkan agar selalu dalam kondisi stabil.

Manajemen laba timing revenue

Pola yang terakhir ini merupakan suatu pola yang juga biasa dilakukan dengan metode tertentu. Metode ini dilakukan misalnya dengan membuat sebuah kebijakan. Tentunya pembuatan kebijakan dilakukan dengan berkaitan pada waktu terjadinya transaksi. Jadi kebijakan ini tidak bersifat merugikan dan justru bisa memberikan suatu bentuk keuntungan pada bisnis atau usaha yang sedang Anda jalankan.

Metode Manajemen Laba

Pengelolaan pendapatan

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk melakukan manajemen laba adalah dengan melakukan pengelolaan pendapatan. Hal ini dilakukan misalnya dengan mengenali pendapatan di periode sebelumnya. Selain itu Anda juga bisa mengalihkan kelebihan dari pendapatan perusahaan yang diperoleh di periode saat ini ke periode selanjutnya. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk menunda pengakuan pendapatan sebelum waktunya.

Akuntansi Cooking Jar

Sistem yang ada pada metode ini mengharuskan perusahaan untuk mengakui pengeluaran di masa mendatang. Misalnya saat perusahaan melakukan penjualan produk bergaransi maka perusahaan haruslah bisa memperkirakan biaya garansi di masa mendatang. Biaya garansi ini perlu diperkirakan agar perusahaan bisa memberikan harga jual produk secara lebih tepat.

Mengubah model akuntansi

Ada banyak model akuntasi yang dipilih oleh masing-masing perusahaan. Namunbiasanya standar akuntansi cenderung untuk memilih metode yang sekiranya paling cocok untuk perusahaan mereka. Tentunya penggunaan metode ini haruslah bisa memberikan hasil yang akhir yang sama. Biasanya metode ini dilakukan dengan tujuan untuk mencapai nilai yang sama. Artinya nilai yang akan masuk dan akan keluar adalah sama.

Biaya satu kali

Sebuah perusahaan mungkin saja memberikan laporan pengeluaran yang sangat besar sekalipun hanya satu kali saja. Dalam hal ini perusahaan bisa melakukan penghematan agar pendapatan tidak berkurang dalam jumlah yang sangat besar. Upaya ini dapat dilakukan dengan melakukan manajemen laba sehingga Anda bisa memantau keuangan perusahaan.

Pentingnya Manajemen Laba

Manajemen laba tentu perlu dilakukan terutama untuk kepentingan bisnis Anda. Sebab biasanya hal ini berhubungan dengan laporan laba rugi atau yang biasa disebut dengan istilah laporan P&L. dengan dilakukan upaya ini maka Anda bisa menentukan seberapa besar keuntungan yang didapat dari bisnis Anda. Sehingga pengelolaan laba perusahaan jauh lebih optimal dan dapat diatur seefektif mungkin.

manajemen laba

Tips dan Trik Meningkatkan Manajemen Laba Bisnis

Memulai suatu bisnis tentu saja mengharapkan keuntungan dari bisnis yang dijalani. Ada tips dan trik yang dapat anda lakukan untuk menaikkan laba pada bisnis yang anda lakukan. Simak tips dan trik berikut ini sehingga anda dapat mengetahui cara yang tepat untuk menaikkan laba bisnis anda

Analisis Efektifitas Produk

Dalam melakukan bisnis tentu saja anda melakukan evaluasi penjualan setiap sebulan sekali misalanya. Dari hasil pengamatan terkait penjualan produk anda selama beberapa bulan terakhir anda bisa mengoptimalkan pendapatan atau menaikan laba bisnis anda salah satunya yaitu dengan menghapuskan produk-produk yang sekiranya kurang menguntungkan di bisnis anda, dapat anda hilangkan.

Sebenarnya ada 2 pilihan yang dapat anda lakukan yaitu antara menghapuskan produk yang kurang menguntungkan atau dengan memperbaiki produk tersebut sehingga lebih menarik konsumen. Apabila anda sudah mengetahui produk-produk yang sekiranya perlu anda hilangkan atau perbaiki, anda bisa terlebih dahulu fokus pada produk yang saat ini memberikan keuntungan untuk anda. Cara lainnya yaitu anda dapat membuat trobosan-trobosan baru dalam bisnis anda yang sekiranya saat ini sedang digandrungi target kkonsumen anda.

manajemen laba

Mencari Konsumen Baru

Laba bisnis tentu saja ini dipengaruhi pula oleh konsumen kita. Untuk menaikkan laba pada bisnis kita tentu saja kita harus menaruh perhatian pula kepada pelanggan atau konsumen produk kita. Kita dapat menaikkan laba dengan menarik konsumen-konsumen baru pada bisnis kita. Semakin banyak konsumen atau pelanggan kita maka semakin besar pula laba yang bisa kita dapatkan.

Menargetkan pelanggan atau konsumen baru selain berguna untuk menaikkan laba bisnis, strategi ini digunakan pula untuk mengambangkan bisnis. Hal yang dapat anda lakukan misalnya dengan membuat promosi terkait produk anda untuk menarik minat konsumen baru dan juga melakukan promosi di berbagai media sosial.

Anda dapat melakukan tips dan trik ini dengan melakukan periklanan mengenai produk anda dengan memanfaatkan media yang sekiranya tepat untuk menggaet konsumen anda. Atau jika anda ingin untuk memangkas biaya periklanan misalnya, anda dapat membuat promosi iklan sendiri dengan menggunakan sosial media. Sosial media saat ini dapat menjadi media bisnis yang tepat untuk memperluas pemasaran produk anda. Anda dapat memanfaatkan opsi-opsi didalamnya untuk promosi produk anda dengan mudah dan gratis.

Analisis Harga Produk

Laba secara umum dapat dinaikkan dengan dua cara yaitu dengan menambah keuntungan dan mengurangi kerugian yang ada. Menaikkan atau menambah keuntungan dapat dilakukan dengan menaikan harga produk anda. Namun dalam menaikkan harga produk, anda harus memperhatikan beberapa hal diantaranya. Anda harus meninjau ulang harga produk anda berdasarkan bahan baku pembuatan produk anda dan melihat harga pasar terkait produk sejenis produk anda.

Menaikkan harga yang dimaksud tidak dengan menaikkan harga produk berapa persen secara signifikan, karna jika kenaikan harga terlalu besar tentu akan menimbulkan masalah di kalangan konsumen. Namun anda bisa menaikkan harga produk anda sedikit saja. Memang terkesan kecil di satu produk, namun jika dilihat dari keseluruhan hal ini dapat menambah atau menaikkan laba anda. Karena itu dibutuhkan peninjauan terkait harga produk anda secara berkelanjutan untuk memikirkan jalan keluar dalam menaikkan laba penjualan anda.

manajemen laba

Mengurangi Biaya Operasional

Tips dan trik lain yang dapat anda lakukan untuk menaikkan laba pada bisnis anda yaitu dengan mengurangi biaya. Mengurangi biaya yang dimaksud disini yaitu bisa dilakukan dengan cara mencari bahan baku produk anda pada pemasok yang sekiranya lebih baik harganya, bisa dinegosiasi namun tetap memiliki kualitas bahan yang bagus.

Dengan mengurangi biaya langsung, dapat mengurangi pengeluaran dan tentunya berdampak besar bagi laba yang anda dapatkan. Jalan keluar lain juga anda bisa lakukan dengan memotong atau mengurangi anggaran untuk hal yang dirasa tidak perlu. Membuat proses bisnis anda menjadi lebih mudah dan sederhana sehingga tidak semakin membutuhkan lebih banyak pengeluaran.

Tinjau Biaya Overhead

Tips dan trik selanjutnya yaitu memberikan perhatian khusus untuk biaya overhead anda. Dengan rajin meninjau biaya overhead tentu saja akan mengurangi kemungkinan terjadinya pembengkakan yang mungkin bisa saja terjadi. Dengan melakukan hal ini secara rutin tentu saja akan membuat peningkatan laba dari bisnis yang anda jalankan. Meski terkesan hal sepele namun hal ini sangat berguna.

Jika anda masih ragu-ragu untuk melakukannya, anda dapat meminta pertolongan orang yang lebih ahli ataupun dengan mempelajari hal ini terlebih dahulu sebelum melakukannya. Anda juga bisa melihat referensi-referensi dari perusahaan sejenis lainnya dan memperhitungkan langkah yang ingin anad lakukan sehingga tetap bisa bersaing dengan bisnis serupa lainnya.

Mengatur Inventaris

Jika anda dapat mengatur inventaris atau saham anda, hal ini dapat memberikan efek positif untuk laba bisnis anda. Dengan jumlah inventaris yang semakin sedikit terlibat maka semakin kecil pula kemungkinan anda menambah pengeluaran dikarenakan kerugian atau bahakan inventaris yang ditarik ataupun dihentkan. Mengontrol saham maka dapat meningkatkan jumlah laba keungan anda. Hal yang dapat anda lakukan yaitu dengan membeli bahan dasar produk sesering mungkin sehingga anda dapat membandingkan harga pasaran bahan tersebut dan mendapatkan diskon tersendiri.

manajemen laba

Mengatur Tingkat Konversi

Tips dan trik untuk menaikkan laba bisnis anda yaitu dengan meningkatkan konversi penjualan produk anda. Dengan tingkat konversi yang naik maka semakin besar dan banyak pula laba yang akan anda dapatkan. Setiap perusahaan atau bisnis tentu saja menginginkan andanya perkembangan dari bisnisnya. Karena semakin besar bisnis yang dimiliki maka semakin besar pula kemungkinan laba yang akan di dapatkan.

Dengan prospek atau hal baru yang dapat mengembangkan bisnis anda tentu saja sangat penting bagi sebuah bisnis. Dari prospek-prospek abru tersebut akan menghasilkan dampak yang apabila dikonversukan dalam penjualan akan menjadi jembatan bagi anda untuk mendpatkan keuntungan atau laba yang semakin besar.

Inovasi Produk

Tips dan trik terakhir yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan laba bisnis adalah dengan menginovasi produk anda. Inovasi yang dimaksudkan tidak serta merta menutnut anda untuk mengeluarkan produk baru dan mengganti produk yang dirasa kurang menguntungkan. Namun inovasi yang dimaksud disini jugaberupa inovasi teknik pemasaran produk.

Dari sekian banyak produk yang anda buat, anda bisa membuat inovasi penjualan. Misalnya dengan menjual produknya menjadi per set. Jadi dalam satu penjualan anda dapat menjual keseluruhan produk anda dari yang paling menguntungkan sampai yang dirasa kurang menguntungkan. Dijual bersamaan dengan harga yang sudah ditetapkan yang sekiranya dapat menjadi tambahan laba bagi bisnis anda.

Cara lain yang dapat anda lakukan yaitu menginovasi kemasan produk anda. Anda bisa membuat kemasan produk anda menjadi lebih besar dari ukuran sebelumnya dengan menaikkan harga produk anda sehingga mampu membuat anda lebih diuntungkan.

Berikut diatas adalah tips dan trik yang dapat anda gunakan untuk meningkatkan laba bisnis yang anda tekuni. Semoga bermanfaat untuk enambah pengetahuan anda dan bermanfaat pula untuk bisnis anda.

Sama halnya dalam memilih sistem payroll perusahaan yang paling sesuai. Ada banyak produk namun hanya satu yang paling sesuai, yaitu JojoPayroll. Dengan sistem yang satu ini maka pembayaran payroll perusahaan dapat dilakukan secara otomatis. Termasuk cetak slip gaji juga bisa dilakukan secara otomatis juga.

Hal ini berkat beberapa fitur menarik yang bisa didapatkan dengan menggunakan JojoPayroll. Misalnya saja yaitu fitur-fitur berikut ini.

  • Sistem payroll yang terkalkulasi dengan otomatis dengan slip gaji yang dikeluarkan secara otomatis.
  • Sistem Penggajian Terhitung Otomatis dengan slip gaji yang dihasilkan secara otomatis.
  • Integrasi yang mudah ke sistem HRIS saat ini, Basis Data Komprehensif untuk Analisis.

Oleh karena itu jangan ragu untuk menggunakan JojoPayroll. Segera buktikan sendiri dan dapatkan coba gratis selama 14 hari di perusahaan Anda sekarang juga. Yuk, segera mencobanya!