Tugas dan Kewajiban Seorang Manajer Keuangan

keuangan

Dalam sebuah perusahaan, ada banyak sekali bagian atau divisi-divisi yang memiliki bagian kerja tersendiri untuk membantu jalannya kegiatan perusahaan. Satu divisi paling penting dalam suatu bisnis atau perusahaan adalah keuangan. Untuk bisa memanajemen keuangan perusahaan dengan baik, harus ada satu orang yang fokus memikirkan dan mengerjakannya. Seseorang itu adalah manajer keuangan, yang bisa memegang jabatan vital untuk pengelolaan keuangan perusahaan.

Tentang Manajer Keuangan

Suatu pengaturan keuangan dalam sebuah perusahaan disebut juga financial management atau manajemen keuangan. Kegiatan manajemen keuangan merupakan segala aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan keuangan. Mulai dari cara mendapatkan pendanaan modal, pengalokasian dana, hingga pengelolaan aset perusahaan untuk mencapai tujuan utama suatu perusahaan.

Tujuan dari manajemen keuangan adalah untuk mengalokasikan dana dan juga mengelola aset perusahaan untuk tujuan tertentu. Selain itu, juga melakukan kegiatan untuk mendapatkan modal, kemudian menggunakan modal tersebut sesuai dengan tujuan perusahaan, serta mengelolanya dengan baik untuk mencapai tujuan tertentu.

Salah satu orang penting dibalik managemen keuangan perusahaan adalah manajer keuangan. Manajer keuangan adalah jabatan yang penting dan juga sebagai ujung tombak yang berkaitan dengan keuangan. Selain harus memiliki kemampuan dalam pengolahan keuangan perusahaan dan mengatur investasi perusahaan, seorang manajer keuangan juga harus memiliki pendidikan dan keahlian dalam perhitungan keuangan.

Pentingnya Manajer Keuangan

Seseorang yang memiliki jabatan sebagai manajer keuangan selalu berhubungan dengan sesuatu yang penting dalam perusahaan. Sehingga adanya seseorang dalam jabatan tersebut sangat penting untuk menjalankan perusahaan secara maksimal, sehingga perusahaan juga bisa mendapatkan keuntungan dengan maksimal. Dan jika seorang manajer keuangan memiliki kemampuan yang buruk, hal tersebut bisa menyebabkan kegagalan bahkan kerugian perusahaan.

Terdapat beberapa alasan yang mendasari bahwa seorang manajer keuangan sangat penting dalam suatu perusahaan, yaitu :

  • Berperan dalam keputusan pendanaan, seperti keputusan kebijakan pencarian dana perusahaan, pengalokasian dana, dan sebagainya.
  • Bertanggung jawab dalam keputusan investasi perusahaan atau penanaman modal berupa aktiva tetap. Investasi yang dimaksud bisa berupa tanah, gedung, alat-alat, dan juga surat berharga
  • Berperan dalam pengelolaan aset, yaitu memiliki kebijakan dalam pengelolaan aset yang dimiliki perusahaan yang harus dilakukan secara efisien guna mencapai tujuan utama perusahaan

    • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
    • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Tugas

Melihat pentingnya adanya manajer keuangan dalam suatu perusahaan, terdapat beberapa tugas yang harus ditangani oleh seseorang yang menjabat posisi tersebut. Tugas-tugas tersebut diantaranya adalah :

  • Bekerjasama dengan manajer lainnya untuk melakukan perencanaan dan peramalan beberapa aspek dalam perusahaan, termasuk juga perencanaan umum keuangan perusahaan.
  • Melakukan pengambilan keputusan penting dalam investasi dan berbagai pembiayaan lainnya, dan juga semua hal yang terkait dengan keputusan tersebut.
  • Mempersiapkan struktur modal dengan baik, dengan cara memutuskan rasio antara pembiayaan yang dimiliki dengan keuangan yang dipinjam agar seimbang dan bisa membawa keuntungan.
  • Menjalankan dan mengoperasikan roda kehidupan perusahaan dengan se efektif dan efisien mungkin.
  • Menghubungkan perusahaan dengan pasar keuangan, dimana perusahaan bisa memperoleh dana dan surat berharga bisa diperdagangkan.
  • Bertugas memajukan keuangan perusahaan. Segala pengeluaran, pendapatan, laba, hingga rugi harus dicatat dan dikelola, dan jangan sampai pengelolaan dana tersebut salah tempat dan bisa mengalami kerugian.
  • Memaksimalkan keuntungan perusahaan dalam jangka waktu yang panjang, dengan mengambil keputusan keuangan yang tepat dalam ketidakpastian bisnis
  • Menjaga arus kas perusahaan yang sesuai untuk membayar biaya kebutuhan perusahaan sehari-hari, termasuk pembayaran sewa dan gaji karyawan agar keberhasilan perusahaan juga bisa meningkat.
  • Memaksimalkan kekayaan dengan mencoba memberikan dividen yang maksimal kepada pemegang saham dan berupaya dalam meningkatkan nilai pasar saham. Karena nilai pasar saham tersebut secara langsung akan berkaitan dengan kinerja perusahaan.
  • Mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan di dunia bisnis yang kompetitif dengan selalu berhati-hati saat membuat keputusan keuangan. Karena jika sedikit saja salah dalam pengambilan keputusan, maka bisa saja mengakibatkan kerugian atau kebangkrutan bagi perusahaan.
  • Mengurangi resiko operasional. Jika terdapat banyak resiko dalam sebuah bisnis, maka manajer keuangan harus bisa mengambil langkah yang tepat agar bisa mengurangi resiko tersebut.
  • Meminimalisir biaya modal dengan cara merencanakan struktur modal dengan baik agar biaya modal bisa dikurangi atau bisa diminimalisir.

Tanggung Jawab

Selain manajer divisi keuangan dibebani tugas yang harus dikerjakan, maka tentu saja ada tanggung jawab yang harus diemban. Berikut ini beberapa tanggungjawab yang harus diemban seseorang yang menjabat dalam posisi tersebut.

  • Mengelola fungsi akuntansi perusahaan yang telah ditetapkan. Dalam hal ini harus sesuai dengan peraturan dan sistem akuntansi kerja perusahaan yang telah ditetapkan. Sehingga pengawasan dan pengelolaan fungsi akuntansi sangat penting untuk menjaga keteraturan keuangan perusahaan.
  • Mengkoordinasikan pengontrolan dana perusahaan. Kontrol keuangan dilakukan pada masing-masing divisi kerja perusahaan agar bisa sesuai dengan kemampuan keuangan perusahaan.
  • Memastikan jalannya efisiensi kerja perusahaan, tidak boleh bertele-tele, memakan waktu yang kurang efektif, dan tidak membengkakan keuangan perusahaan.
  • Bertanggungjawab dalam pengelolaan pajak perusahaan. Seluruh perusahaan pasti akan dikenakan pajak. Nah manajer di divisi ini harus mampu mengelola pajak perusahaan dan dibayarkan tepat waktu.
  • Merencanakan, mengkoordinasi, serta mengontrol arus kas perusahaan, terutama pada pengelolaan utang piutang. Sehingga dengan dilakukannya hal tersebut, bisa memastikan ketersediaan dana untuk operasional perusahaan serta menstabilkan kondisi keuangan perusahaan.
  • Merencanakan dan mengembangkan sistem keuangan perusahaan. Strategi keuangan yang tepat akan membuat keuangan perusahaan semakin berkembang, karena hal itu bisa membuat kemajuan perusahaan.
  • Memastikan bahwa seluruh proses transaksi keuangan perusahaan berjalan dengan tertib dan teratur.

Kemampuan yang harus dimiliki Manajer Keuangan

Sudah diketahui bahwa seseorang yang menjabat sebagai manajer keuangan memiliki peran penting dalam keuangan perusahaan, dan memiliki tugas dan tanggungjawab yang pastinya tidak mudah. Untuk itu, selain pendidikan yang sesuai, ada beberapa kemampuan yang harus dipunyai seseorang yang menjabat di posisi tersebut, yaitu diantaranya adalah :

  • Penalaran deduktif, yaitu kemampuan untuk menerapkan peraturan umum dalam suatu masalah tertentu untuk menghasilkan jawaban masalah yang masuk akal
  • Pemahaman lisan, yaitu kemampuan seseorang dalam mendengarkan dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui kata dan kalimat lisan
  • Penalaran induk, yaitu kemampuan menggabungkan potongan-potongan informasi untuk membentuk peraturan dan kesimpulan umum (termasuk menemukan hubungan di antara kejadian-kejadian yang terlihat tidak terhubung)
  • Ekspresi lisan, yaitu kemampuan seseorang untuk mengkomunikasikan informasi dan ide ketika berbicara, sehingga orang lain dapat memahami apa yang disampaikan
  • Sensitivitas masalah, yaitu kemampuan untuk bisa memberitahu ketika terdapat sesuatu yang salah atau mungkin salah. Hal ini tidak melibatkan penyelesaian masalah, hanya mengetahui jika terdapat suatu masalah.
  • Dan kemampuan kejelasan berbicara, yaitu kemampuan seseorang untuk berbicara dengan jelas dan mudah dimengerti oleh orang lain.

Kesimpulan

Manajer keuangan adalah jabatan yang cukup penting dalam suatu perusahaan. Karena ada banyak urusan keuangan yang harus dikendalikan dan juga bisa menjadi penentu perkembangan dan kemajuan perusahaan. Nah, saat ini terdapat aplikasi yang memudahkan untuk pengelolaan anggaran keuangan. Aplikasi tersebut adalah Jojo Expense.

Jojo expense adalah sebuah aplikasi yang bisa memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam pengelolaan keuangan secara otomatis, sehingga bisa menghemat waktu dan lebih efisien. Banyak sekali keuntungan dari aplikasi ini yaitu bisa membantu mengontrol anggaran, membantu mencegah penipuan, pemahaman lebih dalam tentang pengeluaran, dan bisa transfer secara real time.

Jadi tunggu apalagi? Yuk gunakan Jojo Expense dan nikmati kemudahannya.