Manfaat dan Fakta Menganai MEA yang Harus Anda Ketahui

Manfaat MEA atau Masyarakat Ekonomi Asean adalah kesatuan ekonomi dari negara – negara ASEAN untuk menghadapi perdagangan bebas antar negara – negara yang ada di asia tenggara. MEA ini sudah mulai diberlakukan sejak tanggal 31 Desember 2015. Sebelum itu kita harus mengetahui terlebih dahulu tujuan MEA. Tujuan MEA untuk mencapai kepentingan pemerataan ekonomi  dan juga pembangunan bagi masyarakat asean.

Manfaat MEA Bagi Indonesia

Tentu saja dengan adanya MEA memberikan banyak sekali manfaat bagi negara – negara yang tergabung di dalamnya. Namun selain manfaat MEA yang dapat dirasakan secara keseluruhan oleh negara – negara yang tergabung didalamnya seperti. Berikut ini akan dijelaskan lebih rinci, manfaat MEA yang di dapatkan indonesia selaku termasuk bagian dari anggota MEA.

manfaat MEA

Mempermudah Kegiatan Ekspor

Manfaat MEA yang didapatkan Indonesia salah satunya yaitu kegiatan ekspor yang lebih lancar untuk dilakukan. Dengan adanya MEA kegiatan ekspor yang dilakukan Indonesia semakin lancar dilakukan dengan kualitas yang lebih terjamin. Dan juga pengiriman yang ekspor yang semakin cepat. Hal ini dikarenakan kegiatan ekspor dari indoneisa saat ini tidak lagi terhambat bea cukai sehingga lebih mudah dilakukan.

Misalnya untuk barang – barang dari indonesia dari hasil kebun dan juga kelautan yang akan diekspor akan sangat diuntungkan dengan adanya MEA ini. Yang tentunya akan semakin menguntungkan Indonesia, karena barang hasil perkebunan dan perikanan termasuk barang unggulan untuk di ekspor ke luar negeri.

Menambah Laba Negara

Dari manfaat MEA pada point satu, yang mempermudah memperlancar kegiatan ekspor. Maka dampak dari kegiatan ekspor yang lebih lancar yaitu adanya peningkatan laba negara. Dalam kata lain semakin banyak keuntungan yang didapatkan oleh Indonesia. Dengan adanya ekspor yang tidak dikenai biaya, maka akan membuat margin pendapatanpun semakin besar sehingga menyababkan laba negara juga bertambah.

Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

Dengan adanya MEA juga memberikan dampak atau manfaat lain di Indonesia, salah satunya yaitu lapangan pekerjaan yang semakin terbuka lebar di negara – negara MEA. Manfaat MEA yang menyebabkan lapangan pekerjaan semakin banyak, pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Lapangan pekerjaan yang semakin banyak dan mudah, mempengaruhi pertukaran tenaga kerja. Negara – negara yang menjadi anggota MEA pun mendukung adanya pertukaran tenaga kerja ini.

Maka hal ini juga menguntungkan untuk Indonesia yang juga dapat memanfaatkan terbukanya pertukaran tenaga kera ini. yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal ini disebabkan karena semakin terbukanya lebar pertukaran tenaga kera yang menjadikan semakin berkurangnya pengangguran. Dan juga pilihan jenis pekerjaan yang semakin bervariasi dan banyak untuk masyarakat Indonesia.

Berkembangnya Industri Kreatif

manfaat MEA

Peningkatan Kualitas sumber daya manusia dan juga munculnya banyak industri kreatif juga merupakan manfaat yang diterima Indonesia dengan adanya MEA. Setelah adanya MEA persaingan industri kreatif pada negara – negara yang tergabung akan semakin ketat. Karena itu dengan adanya hal ini membuat SDM di Indonesia dituntut untuk meningkatkan kualitasnya.

Melihat persaingan yang semakin ketat, terlebih pasar internasional yang selalu menuntut adanya inovasi – inovasi terbaru. Dan juga tenaga kerja yang dituntut untuk kompeten dalam bidang pekerjaanya. Sehingga hal ini menyebabkan industri kreatif Indonesia semakin berkembang.

Investasi Dari Negara MEA Yang Meningkat

Dengan adanya MEA juga menyebabkan investasi dari negara – negara yang tergabung dalam masyarakat ekonomi asean semakin mudah. Karena teradi peningkatan investasi dari negara – negara luar. Maka tentu saja akan berdampak terhadapat perusahaan – perusahaan dan juga industri kreatif yang mendapatkan bantuan dana dari luar semakin mudah.

Peningkatan Kestabilan Ekonomi Negara

Manfaat MEA lainnya yaitu peningkatan kestabilan ekonomi negara. Dengan adanya MEA, menyebabkan penuruanan pengangguran lewat lapangan pekerjaan yang semakin banyak dan terbuka lebar. Dipermudah juga dengan pertukaran tenaga kerja yang semakin banyak dilakukan. Hal ini tentu saja akan memberi dampak pada kestabilan ekonomi negara yang dirasakan Indonesia.

Fakta – Fakta MEA

Tujuan lain dari MEA yaitu untuk meningkatkan dan semakin membuka lapangan kerja internasional.  Dengan adanya MEA memberikan banyak sekali manfaat bagi negara – negara yang tergabung didalamnya. Untuk mengetahui MEA lebih lanjut, berikut ini adalah fakta – fakta penting mengenai MEA yang harus anda ketahui.

manfaat mea

Daya Saing Pasar Yang Sehat

Dengan adanya MEA akan semakin meningkatkan daya persaingan pasar secara sehat. Keberadaan MEA semakin memudahkan negara – negara di asia tenggara untuk melakukan perdagangan. Karena dengan kemudahan perdagangan itu, membuat persaingan pasar akan semakin meningkat. Setelah akhirnya banyak negara menyadari lewat persaingan yang ada menghasilkan kejenuhan pasar. Hal ini menyebabkan negara – negara asia tenggara untuk terus meningkatkan kreatifitas sehingga dapat diterima dengan baik di pasaran.

Merangsang Perbaikan Infrastruktur

Masyarakat ekonomi asean (MEA) secara tidak langsung akan merangsang negara – negara yang tergabung didalamnya untuk menyadari bagaimana pentingnya infrastruktur suatu negara. Karena itu salah satu manfaat yang didapatkan dengan dari adanya MEA ini adalah rangsangan perbaikan infrastruktur yang semakin besar. Infrastruktur yang dimaksud salah satunya yaitu dapat berupa sarana dan prasarana yang dimiliki suatu negara.

Dengan adanya pemicu untuk perbaikan infrastruktur pada negara – negara yang tergabung dalam  MEA. Maka pada akhirnya akibat dari peningkatan infrastruktur negara – negara ini akan menyebabkannya semakin maju dan berkembang.

Peningkatan Mutu Sumber Daya Manusia

Fakta MEA yang lainnya yaitu adanya peningkatan mutu pada sumber daya manusia yang ada pada negara yang tergabung. Kita tentu mengetahui dalam skala yang lebih besar atau dalam lingkung internasional persaingan sumber daya manusia sangat besar. Lewat adanya MEA, negara – negara yang tergabung mendapatkan rangsangan untuk turut meningkatkan sumber daya manusia yang dimiliki. Sehingga pada akhirnya dapat bersaing terkait sumber daya manusia di pasar internasional.

Peningkatan sumber daya manusia dapat dilakukan salah satunya yaitu dengan cara meningkatkan pendidikan yang ada pada negara tersebut. Dengan pendidikan yang semakin baik diterima oleh sumber daya manusia yang ada. Maka akan semakin memudahkan SDM yang ada untuk bersaing dalam pasar internasional.

Memberikan Keuntungan Bagi Negara Yang Tergabung MEA

Dengan dibentuknya MEA tentu saja untuk mencapai kepentingan dan tujuan bersama. Yang nantinya akan memberikan keuntungan atau manfaat bagi negara – negara yang tergabung didalamnya. Dengan adanya MEA akan memberikan manfaat bagi negara – negara yang bergabung, bukan malah sebaliknya.

Pada akhirnya MEA tentu saja memberikan manfaat dan dampak positif bagi negara – negara asean termasuk Indonesia. Lewat lapangan pekerjaan yang semakin luas dan juga persaingan positif yang dibentuk. Karena itu seharusnya kita dapat memanfaatkan hal ini secara baik dengan tidak malas dalam mencari pekerjaan.

Oleh sebab itu segera beralih menggunakan aplikasi payroll dari Jojonomic Jojopayroll. Dapatkan coba gratis selama 14 hari di perusahaan Anda dan rasakan seluruh fitur maupun manfaatnya sekarang juga.