Ketahui Manfaat Learning by Doing dalam Dunia Kerja

Manfaat Learning by Doing

Istilah learning by doing tentu sudah tidak asing lagi di telinga Anda, bukan? Mengingat istilah yang satu ini sering digunakan dalam berbagai macam kesempatan. Terutama dalam seminar tentang pengembangan diri maupun dalam pendidikan dan pekerjaan.

Learning by doing merupakan salah satu metode pembelajaran yang cukup efektif dan banyak direkomendasikan oleh orang-orang. Karena dengan metode ini, Anda akan belajar sambil menikmati proses dalam perjalanannya. Anda akan mempelajari hal-hal baru sambil menjalaninya. Sehingga peluang untuk menguasai hal atau aktivitas tersebut akan semakin besar.

Cara pembelajaran yang satu ini sering diterapkan dalam dunia pekerjaan. Bagi Anda yang masih fresh graduate dan belum memiliki pengalaman kerja. Learning by doing bisa dijadikan solusi untuk mempelajari hal baru dalam berkarir.

Pada artikel di bawah ini, Jojonomic akan mengajak Anda untuk memahami lebih lanjut mengenai metode serta manfaat learning by doing yang ditawarkan. Penasarankan kira-kira apa saja yang bisa Anda dapat dari menerapkan sistem learning by doing ini? Simak artikelnya sampai tuntas di bawah ini.

Definisi Learning by Doing

Definisi learning by doing

Secara literal, makna learning by doing berarti sebuah proses atau aktivitas di mana seseorang belajar sambil menjalaninya. Misalnya, Anda tertarik untuk belajar tentang dunia pemrograman. Kemudian Anda mengasah kemampuan dan pengetahuan Anda tersebut dengan langsung terjun dan mempraktekannya membuat sebuah program atau website sederhana.

Lewat cara ini, Anda bisa belajar sambil mencoba hal-hal yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya. Dengan demikian, Anda mendapatkan dua pengalaman baru yang berharga. Yakni mempelajari hal baru serta meningkatkan kualitas pengetahuan Anda terhadap hal yang dipelajari tersebut.

Jika dilakukan secara rutin dan konsisten, bukanlah hal yang mustahil jika kelak Anda bisa menguasai banyak bahasa pemrograman. Hal ini tentu berlaku dalam berbagai aspek pembelajaran lainnya. 

Misalkan saja Anda ingin menjadi seorang teknisi mesin yang handal, tentu Anda harus belajar mengenai mesin dan belajar mengoperasikannya setiap waktu. Jika Anda ingin menjadi seorang montir profesional, Anda bisa belajar dengan membongkar pasang kendaraan dan mengikuti tutorial yang ada di internet. Dengan demikian, kapasitas ilmu yang Anda kuasai akan bertambah setiap waktunya.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Tak perlu takut melakukan kesalahan dalam metode pembelajaran yang satu ini. Mengingat Anda baru pertama kali terjun pada satu dunia yang asing dan mempelajari suatu hal untuk pertama kalinya. Sehingga kesalahan yang Anda lakukan justru dapat dijadikan pengalaman berharga agar Anda tidak melakukan satu hal yang sama di kemudian harinya.

Manfaat Learning by Doing dalam Dunia Kerja

manfaat learning by doing dalam dunia kerja

Setelah membahas mengenai definisi dari metode learning by doing di atas. Berikutnya kami akan menyajikan pada Anda apa saja manfaat dari menerapkan metode pembelajaran yang satu ini dalam dunia kerja. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Menghemat lebih banyak waktu

Belajar sambil melakukan hal yang ingin Anda pelajari tentu merupakan sebuah aktivitas yang menyenangkan. Misalnya saja Anda bekerja dalam sebuah perusahaan periklanan sebagai seorang digital marketer yang masih pemula.

Meski belum memiliki banyak pengalaman, namun Anda dapat belajar dari tanggung jawab pekerjaan Anda tersebut. Perlahan namun pasti, Anda mulai mengetahui strategi pemasaran digital apa saja yang ada saat ini dan efektif untuk diterapkan dalam perusahaan.

Anda pun belajar hal baru sambil mencoba-coba berbagai macam strategi marketing digital untuk sosial media perusahaan maupun klien yang Anda kelola. Dibandingkan Anda harus membaca banyak buku terlebih dahulu baru nanti diimplementasikan, metode learning by doing ini dianggap jauh lebih efektif dan efisien. Karena strategi pemasaran yang Anda pelajari dari internet atau rekan kerja bisa langsung diterapkan dan Anda pun bisa langsung mengetahui bagaimana hasilnya nanti.

2. Mudah untuk diterapkan dalam perusahaan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, siapapun dapat menggunakan metode pembelajaran ini dalam lingkungan kerja tanpa terbatas jabatan atau posisi tertentu. Bahkan Anda yang sudah menguasai satu bidang job desc pun juga bisa menggunakannya untuk belajar lebih banyak.

Dengan contoh kasus Anda sebagai seorang digital marketer di sebuah perusahaan periklanan di atas. Meski kini Anda adalah seorang marketer handal, namun karena kemajuan teknologi digital serta perubahan algoritma sosial media membuat Anda harus terus mau belajar dan tak boleh berpuas diri. 

Ada banyak strategi pemasaran yang terus bermunculan dan bisa Anda pelajari untuk dimaksimalkan. Sehingga Anda bisa terus bekerja sambil mempelajari hal-hal baru setiap saat.

3. Lebih hemat biaya

Manfaat learning by doing yang lain ialah lebih hemat biaya. Tidak seperti metode pembelajaran yang lain seperti menggunakan buku, mengikuti seminar atau dengan mengikuti kelas pengembangan diri.

Anda bisa mempelajari hal-hal baru lewat internet yang mudah diakses saat ini. Kemudian menerapkan setiap informasi yang Anda baca dan dapatkan dari internet tersebut pada pekerjaan Anda. Jika dirasa efektif dan memberikan dampak yang positif, Anda hanya perlu mengadopsinya dan terus menggunakannya.

Namun jika dirasa kurang efektif, Anda bisa belajar hal lain atau memaksimalkan potensi dari pembelajaran yang sebelumnya. Youtube menjadi salah satu platform pembelajaran via video yang paling banyak digunakan oleh orang-orang saat ini. Mengingat platform ini gratis dan dapat diakses oleh siapapun, sehingga Anda tak perlu mengeluarkan uang hanya untuk belajar hal-hal baru. Menarik, kan?

4. Mengembangkan potensi dalam diri

Kemauan untuk terus belajar akan membuat seseorang memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas. Selain itu skill mereka dalam bekerja pun perlahan juga akan meningkat.

Nah, manfaat learning by doing yang selanjutnya dan paling jelas terlihat adalah dapat membantu pengembangan potensi dalam diri secara signifikan. Mengingat Anda belajar sambil melakukan aktivitasnya, sehingga pada saat mengalami kegagalan atau kesalahan tertentu, Anda bisa segera memperbaikinya dan belajar dari pengalaman tersebut.

5. Peluang mendapatkan jenjang karir

Semakin banyak hal yang Anda pelajari dan kuasai berkaitan dengan pekerjaan. Tentu akan menjadi nilai plus tersendiri bagi para atasan di perusahaan tempat Anda bekerja.

Jika kinerja Anda terus bergerak ke arah yang positif, peluang untuk mendapatkan jenjang karir pun terbuka lebih lebar. Apabila Anda sebelumnya menjadi seorang marketer pemula, seiring berjalannya waktu dengan segala kompetensi yang Anda miliki saat ini, perusahaan mungkin saja akan mempertimbangkan Anda menjadi head of marketing. 

Penutup

Sekian artikel mengenai manfaat learning by doing yang perlu Anda ketahui dalam dunia kerja. Perusahaan perlu mendukung setiap langkah progresif yang dilakukan oleh karyawan dalam rangka mengembangkan diri mereka. Bahkan kalau bisa, perusahaan disarankan untuk memberikan fasilitas bagi pegawai yang mau belajar lebih banyak.

Namun demikian, kompetensi karyawan yang tinggi juga harus diimbangi dengan tingkat kehadiran yang tepat waktu. Maka dari itu diperlukan sistem absensi yang mudah dan akurat.

Jojo Times dapat dijadikan solusi sebagai perangkat absensi online yang dapat memudahkan Anda dalam mengelola data karyawan. Dengan aplikasi ini, laporan kehadiran bulanan dapat dibuat dengan otomatis sehingga lebih hemat waktu.

Selain itu, Jojo Times juga dapat digunakan sebagai perangkat yang mampu memantau karyawan lewat fitur pengenalan wajah serta GPS-nya yang akurat. Dengan fitur tersebut, Anda dapat mengetahui di mana keberadaan karyawan saat foto diambil. Apakah sedang menemui klien atau sedang berada di tempat lain? Dengan demikian, potensi terjadi penipuan yang dilakukan oleh karyawan pun akan semakin kecil. Menarik, bukan?

So, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan Jojo Times dan permudah cara Anda dalam mengelola absensi karyawan kapan pun dan di mana pun.