Manfaat Mesin Absensi Bagi Perusahaan

Semakin berkembangnya perkembangan teknologi informasi saat ini, banyak sekali perusahaan yang mengembangkan teknologi-teknologi terbaru mereka. Termasuk didalamnya adalah mesin absensi.

Untuk menunjang kinerja kantor dan juga perusahaan sehingga akan lebih baik lagi kedepannya. Salah satu mesin absensi yang sering dipakai oleh perusahaan adalah mesin absensi sidik jari. Jenis mesin absensi ini cukup mudah sekali digunakan.

Manfaat dan kegunaan mesin absensi memang cukup banyak, dan juga memberikan efek positif bagi sebuah kantor atau perusahaan. Namun, apakah kalian tau manfaat dari mesin absensi tersebut? Jika belum, yuk kita simak penjelasan artikel ini dengan cermat!

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Tapi sebelumnya, mari kita bahas dulu pengertian dari mesin absensi terlebih dahulu. Yuk dibaca!

Apa Itu Mesin Absensi?

Mesin absensi adalah alat yang digunakan untuk mengetahui dan melacak kehadiran karyawan. Kantor, perusahaan dan institusi pendidikan adalah beberapa contoh organisasi yang menggunakan mesin absensi. Bahkan, beberapa instansi di sebuah proyek.

Peranan mesin absensi ini sangat penting untuk mencatat jam kerja, terutama bagi perusahaan yang menghitung gaji atau upah yang menggunakan hitungan waktu. Mesin absensi juga sangat penting bagi sekolah-sekolah karena untuk mencatat kehadiran siswa termasuk untuk membantu mengajarkan kesiplinan siswa.

Jenis Mesin Absensi

Ada berbagai jenis macam mesin absensi yang dapat kita temui, salah satunya yang tidak asing adalah jenis mesin absensi fingerprint. Namun, tidak hanya sampai disitu saja, karena ternyata terdapat beberapa jenis macam mesin absensi yang mungkin kalian belum ketahui. Jika kalian belum mengetahuinya, mari kita cermati penjelasan tentang jenis mesin absensi berikut ini. Disimak yuk!

Mesin Absensi Kartu

Mesin absensi kartu adalah satu jenis contoh mesin absensi yang lumayan banyak ditemukan. Mesin absensi ini adalah mesin absensi generasi awal, maka dari itu pada generasi sekarang mesin absensi kartu sudah jarang ditemukan karena mesin ini menggunakan kertas untuk mencatat absen.

Umumnya pada perusahaan atau kantor sekarang sudah jarang memakai jenis mesin absensi kartu karena pemakaian kertas yang berlebih. Jadi, digunakanlah mesin absensi digital atau yang tidak memakai pemakaian kertas yang berlebih. Tetapi, diberbagai sekolahan masih memakai jenis mesin absensi kartu karena penggunaannya yang mudah.

Mesin Absensi Digital

Mesin absensi digital adalah salah satu jenis contoh mesin absensi yang keluar pada era zaman sekarang ini. Mesin jenis ini merupakan perkembangan awal mesin absensi ke era digital, cara penggunaannya dengan memasukkan PIN, kartu barcode atau kartu magnetik.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Perusahaan sekarang juga banyak yang menggunakan mesin absensi digital ini, karena penggunaannya yang sangat mudah dan praktis karena hanya memakai barcode atau pin sehingga mengurangi kecurangan yang ada saat ini.

Mesin Absensi Biometrik

Mungkin bagi beberapa orang mesin absensi jenis ini tidak asing di telinga kalian. Karena mesin absensi biometrik ini adalah jenis mesin absensi generasi terbaru yang menggunakan sensor pendeteksi biometrik atau pendeteksi bagian tubuh manusia.

Mesin absensi biometrik saat ini ada yang menggunakan fingerprint (sidik jari), wajah hingga suara. Sistem ini dibuat semaksimal mungkin untuk mengurangi kecurangan karyawan yang bisa menitipkan absen kepada karyawan lain sehingga dianggap masuk bekerja padahal karyawan tersebut tidak sedang bekerja. Bahkan, mungkin kedepannya akan banyak lagi jenis sensor yang digunakan misalnya retina mata.

Apa Saja Kelebihan Mesin Absensi?

Dalam menciptakan sebuah sistem ada kelebihan dan kekurangan dari pembuatan yang dibuat pada sistem tersebut. Nah, apa saja sih kelebihan yang ada pada pembuatan sistem mesin absensi ini? Jika kalian belum mengetahui nya simak terus penjelasan artikel ini yuk!

Akurat

Penggunaan mesin absensi menghasilkan pencatatan yang akurat dengan tingkat kesalahan yang minim. Karena apa yang dilakukan adalah murni dari jejak dari karyawan tersebut sehingga kecurangan-kecurangan akan sangat sedikit.

Cepat

Mesin absensi juga menawarkan pencatatan yang cepat. Dengan catatan kita menggunakan mesin absensi dengan sensor berkualitas baik. Jika kita menggunakan mesin absensi dengan kualitas sensor yang buruk, justru akan memperlambat proses pencatatan.

Tidak seperti mesin absensi kartu karena penggunaannya masih menggunakan kertas jadi mengurangi kecepatan karyawan. Malah, bisa membuat antrian yang panjang sehingga tidak efektif untuk pengabsenan karyawan.

Apakah kalian tau bahwa mesin absensi memiliki banyak manfaat? Ya, tentu saja banyak. Namun manfaat ini terbagi-bagi sehingga kegunaan nya dapat digunakan sesuai kebutuhan masing-masing. Berikut ini adalah manfaat mesin absensi untuk kedisiplinan karyawan. Bacalah artikel nya berikut ini.

Membentuk Karyawan Agar Lebih Produktif

Dengan menggunakan mesin fingerprint, maka karyawan akan terlatih untuk disiplin dalam menghargai waktu yang diberikan sehingga bisa bekerja lebih cepat, teratur dan juga hasil kerja yang didapat lebih banyak sehingga karyawan sendiri bisa menyelesaikan pekerjaan sebelum waktunya pulang.

Disiplin Untuk Tidak Terlambat

Mesin sidik jari dilengkapi dengan jam yang terdapat pada layar monitor dan akan langsung merekam waktu apabila seseorang meletakkan jarinya di tempat scanner. Dengan keakuratan jam yang ada, mau tidak mau seorang karyawan harus datang tepat waktu sebelum jam masuk yang ditentukan oleh perusahaan.

Terlambat satu menit saja, mesin akan langsung merekamnya dalam sistem database yang sudah ada. Pihak HR akan langsung mengetahuinya dan mencatat jumlah keterlambatn tersebut guna memutuskan sanksi yang pantas didapat oleh seorang karyawan yang terlambat.

Mendapatkan gaji yang sesuai kinerja

Dengan penggunaan mesin absen dalam perusahaan, maka pihak personalia bisa membuat laporan kehadiran dan jumlah kerja dari setiap individu sehingga perusahaan bisa bersikap adil dalam menentukan jumlah gaji yang sesuai dengan kinerja dan juga totalitas kamu dalam bekerja sehingga gaji yang lebih atau bonus pun bisa kamu peroleh sebagai karyawan yang disiplin.

Selain itu apabila seorang karyawan lembur, maka perhitungan jam pulang juga bisa dinilai sebagai bentuk kelayakan seorang karyawn mendapatkan gaji yang lebih.

Karyawan akan terlatih jujur

Penggunaan mesin sidik jari tersebut akan melatih seorang karyawan untuk bersikap jujur pada dirinya sendiri untuk tidak membolos, meninggalkan pekerjaan sebelum waktunya, menitip absen pada teman dan juga tidak mencuri hal-hal penting dari perusahaan.

Secara tidak disadari, mesin fingerprint akan melatih seorang karyawan untuk masuk sesuai dengan hari yang sudah ditentukan sehingga pekerja hanya akan menggunakan fasilitas cuti yang diberikan. Niat jahat beberapa karyawan pun bisa hilang dengan adanya mesin sidik jari sebagai pengaman sebuah perusahaan sehingga apabila pihak tidak berkepentingan masuk, maka akan langsung ketahuan.

Karyawan akan patuh pada peraturan dan juga sanksi

Apabila seorang karyawan sudah menumbuhkan sikap disiplin pada pribadi masing-masing, maka para pekerja secara otomatis dan tanpa disadari akan tunduk dan patuh pada peraturan yang sudah dibuat oleh perusahaan sehingga jumlah pelanggaran bisa diminimalisir.

Hal ini juga bisa menumbuhkan rasa takut karyawan akan sanksi-sanksi dan juga tindakan tegas yang bisa mereka dapatkan apabila melakukan kesalahan.

Nah untuk memudahkan absen karyawan, Jojonomic mempunyai fitur JojoTimes yang bisa membantu karyawan untuk absen tanpa harus melakukan absen pada kertas. Hanya dibutuhkan handphone, internet lalu tersenyum, absen sudah dapat masuk kedalam data karyawan yang hadir pada saat itu. Dengan JojoTimes kamu dapat memantau aktivitas karyawan remote, mendeteksi “late comers” dan “early leavers“, serta otomatisasi tugas administrasi HR. Ayo buruan dicoba!