Manfaat Penghitungan Pendapatan Nasional

Manfaat penghitungan pendapatan nasional menjadi hal penting yang harus dipertimbangkan dalam membuat strategi pertumbuhan ekonomi. Pendapatan nasional adalah total nilai barang dan jasa yang diproduksi di suatu negara selama satu tahun. Beberapa ekonom seperti Marshall, Pigou, Fisher, Simon Kuznets menawarkan definisi yang berharga tentang pendapatan nasional.

Manfaat penghitungan pendapatan suatu negara dihitung dengan mengikuti salah satu dari tiga metode. Metode produksi, metode pendapatan dan metode pengeluaran. Perkiraan pendapatan nasional memainkan peran penting dalam analisis teori ekonomi modern. Berbagai keuntungan perkiraan pendapatan nasional dijelaskan di bawah ini:

Manfaat utama dari studi pendapatan suatu negara

Kebijakan Ekonomi

Angka pendapatan nasional merupakan alat penting untuk analisis dan kebijakan ekonomi makro. Perkiraan pendapatan nasional adalah ukuran paling komprehensif dari aktivitas ekonomi agregat dalam suatu perekonomian. Melalui perkiraan seperti itulah kita mengetahui hasil agregat ekonomi dan menetapkan kebijakan ekonomi masa depan untuk pembangunan.

Perencanaan Ekonomi

Statistik pendapatan nasional adalah alat yang paling penting untuk perencanaan ekonomi jangka panjang dan jangka pendek. Suatu negara tidak mungkin membingkai rencana tanpa memiliki pengetahuan sebelumnya tentang tren pendapatan nasional.

Prakiraan masa depan tentang kegiatan produktif di berbagai sektor ekonomi bergantung pada data neraca pendapatan nasional ini. Data yang berkaitan dengan produk, pengeluaran, pendapatan investasi, ekspor, perpajakan dll, menjadi dasar perencanaan dan peramalan ekonomi ilmiah.

Struktur Ekonomi:

Statistik pendapatan nasional memungkinkan kita untuk memiliki gagasan terkini tentang struktur ekonomi. Hal ini memungkinkan kita untuk mengetahui kepentingan relatif dari berbagai sektor ekonomi dan kontribusinya terhadap pendapatan.

Angka-angka ini menunjukkan apakah perekonomian didominasi oleh pertanian atau oleh kegiatan industri. Ini menunjukkan bagian mana dari output yang masuk ke konsumsi modal, investasi asing dan, oleh karena itu, tidak tersedia untuk konsumsi.

Ini akan menunjukkan bahwa jika produk saat ini atau surplus darinya digunakan dalam konsumsi yang mencolok, maka tingkat kepuasan yang tinggi saat ini adalah biaya yang sangat besar untuk memperlambat pembangunan ekonomi.

Dengan demikian, data ini memberikan analisis yang berguna tentang struktur ekonomi. Dari studi ini kami mempelajari berapa banyak pendapatan yang dihasilkan oleh berbagai sektor dan sub-sektor dan berapa banyak yang dibelanjakan, ditabung, dikenakan pajak atau diinvestasikan.

Kesenjangan Inflasi dan Deflasi

Angka pendapatan dan produk nasional memungkinkan kita untuk memiliki gambaran tentang kesenjangan inflasi dan deflasi. Untuk kebijakan anti-inflasi dan deflasi yang akurat dan tepat waktu, kita memerlukan perkiraan pendapatan secara teratur.

Jika pengeluaran yang diharapkan melebihi output yang tersedia pada tingkat harga terbaik, itu menunjukkan kesenjangan inflasi yang lebih besar dan sebaliknya. Kesenjangan inflasi dan deflasi ini juga diukur dengan jumlah tabungan yang siap dimiliki masyarakat dan tingkat pajak yang siap dikenakan oleh pemerintah.

Kebijakan Anggaran

Pemerintah modern mencoba menyusun anggarannya dalam kerangka data pendapatan nasional dan mencoba merumuskan kebijakan anti-siklus sesuai dengan fakta yang diungkapkan oleh perkiraan pendapatan nasional. Bahkan kebijakan perpajakan dan pinjaman dibingkai sedemikian rupa untuk menghindari fluktuasi pendapatan nasional.

Di era keuangan fungsional ini, pemerintah melakukan intervensi langsung dengan menghasilkan anggaran defisit atau surplus untuk mengendalikan depresi atau inflasi. Data pendapatan nasional terkait pajak, belanja, utang, dan lain-lain jelas menunjukkan bahwa pemerintah tidak bisa diam saja terhadap situasi perekonomian yang fluktuatif dan harus melakukan intervensi melalui kebijakan anggaran.

Belanja Negara

Studi pendapatan menunjukkan bagaimana pengeluaran nasional dibagi antara pengeluaran konsumsi dan pengeluaran investasi. Ini memungkinkan kami untuk menyediakan depresiasi yang wajar untuk mempertahankan stok modal komunitas. Penyisihan depresiasi yang terlalu liberal dapat terbukti berbahaya karena dapat menyebabkan pengurangan konsumsi yang tidak perlu. Ini juga menunjukkan investasi bersih domestik yang sebenarnya.

Data pendapatan dan neraca sosial

Perkiraan pendapatan membantu distribusi yang adil dari hibah-bantuan oleh pemerintah kepada pemerintah negara bagian dan unit konstituen lainnya.

Pemerintah Pusat membuat alokasi sebagai hibah ke berbagai negara bagian berdasarkan data pendapatan nasional dan neraca sosial. Ukuran populasi dan faktor ekonomi lainnya juga merupakan dasar yang relevan tetapi akun produk dan pendapatan lebih penting.

Standar Hidup

Studi pendapatan membantu kita membandingkan standar hidup orang-orang di berbagai negara dan orang-orang yang tinggal di negara yang sama pada waktu yang berbeda. Dengan cara ini, kita bisa mengukur kenaikan dan penurunan kesejahteraan.

Lingkup Internasional

Studi pendapatan penting bahkan dalam lingkup internasional karena perkiraan ini tidak hanya membantu kita untuk memperbaiki beban pembayaran internasional secara adil di antara negara-negara yang berbeda, tetapi juga memungkinkan kita untuk menentukan langganan dan kuota dari berbagai negara ke organisasi internasional seperti UNO, IMF, IBRD, dll. Sekali lagi, berdasarkan data ini negara-negara terbelakang telah mengklaim lebih banyak bantuan dari negara-negara kaya.

Pertahanan dan Pembangunan

Perkiraan pendapatan membantu kita untuk membagi produk nasional antara pertahanan dan tujuan pembangunan. Dari angka-angka seperti itu kita dapat dengan mudah mengetahui, berapa banyak yang bisa dihemat untuk perang oleh penduduk sipil. Peningkatan GNP akan menunjukkan bahwa ketentuan dapat dibuat baik untuk pertahanan dan pembangunan dan satu tidak perlu dikorbankan demi yang lain.

Sektor Publik

Angka pendapatan global memungkinkan kita untuk mengetahui peran relatif sektor publik dan swasta dalam perekonomian. Jika sebagian besar kegiatan dilakukan oleh negara, kita dapat dengan aman menyimpulkan bahwa sektor publik memainkan peran yang dominan.

Oleh karena itu, terlepas dari keterbatasan dan kesulitan konseptual data pendapatan global dan neraca sosial, kepentingannya tidak dapat diabaikan atau diminimalkan dalam ekonomi makro.

Manfaat Menghitung Pendapatan Secara Nasional

1. Standar hidup: Standar hidup menunjukkan sifat hidup dan kenyamanan individu. Ini diperoleh dengan membagi jumlah penduduk dengan pendapatan total. Perkiraan Pendapatan global mengungkapkan perubahan standar hidup masyarakat.

2. Tren perekonomian : Perkiraan pendapatan nasional juga berguna untuk mengetahui tren perekonomian. Mereka mengungkapkan apakah ekonomi bergerak maju atau menurun atau dalam kondisi stabil. Mereka juga mencerahkan tingkat pertumbuhan ekonomi.

3. Output di berbagai sektor: Perkiraan pendapatan global sangat berguna untuk mengetahui tingkat output yang dihasilkan di berbagai sektor seperti pertanian, industri, transportasi, bisnis, dll. Perkiraan tersebut juga menginformasikan signifikansi dan kontribusi berbagai sektor terhadap dividen nasional. Berbagai perubahan yang terjadi di berbagai sektor juga dikenal dengan perkiraan pendapatan nasional.

Mudahkan Bisnis Anda dengan Aplikasi JojoExpense

Untuk memudahkan proses bisnis, sebagai pengusaha yang profesional, Anda juga perlu menggunakan aplikasi JojoExpense dari Jojonomic. Aplikasi ini dapat membantu Anda dalam memanajemen pengeluaran untuk kepentingan usaha secara efisien dan efektif. Anda dapat mengontrol anggaran usaha dengan baik hanya dengan modal smartphone.

strategi pemasaran kewirausahaan

Aplikasi JojoExpense dilengkapi dengan beragam fitur unggulan, seperti mobile approval, capture expenses, budget controlling, reimburse via app & web dan cash advanced. Beragam fitur unggulan ini berperan penting dalam mencapai tujuan sebagaimana disebut di atas.

Yuk gunakan aplikasi JojoExpense dari Jojonomic sekarang juga! Dapatkan demo gratis 14 hari dengan cara klik di sini.