Manfaat Talent Mapping Dalam Mengembangkan Potensi Karyawan

Talent mapping bisa diartikan juga dengan istilah pemetaan bakat. Hal ini cukup penting untuk dilakukan terutama di lingkup perusahaan. Dengan adanya hal ini maka seseorang bisa semakin mengenali dirinya. Pengenalan seseorang terhadap dirinya tentu saja penting. Sebab bagaimanapun juga seseorang harus mengenali dirinya agar bisa memahami apa yang disukainya dan apa potensi dirinya.

Tanpa mengenali diri maka Anda akan mengalami kesulitan dalam menemukan bakat atau potensi diri. Akhirnya bakat atau potensi tersebut tidak dapat dikembangkan sehingga Anda tidak dapat berkarya dan berkreasi secara optimal. Hal ini bisa merugikan Anda karena Anda bisa saja bekerja di bidang yang salah. Bekerja di bidang yang kurang tepat dan tidak disukai tentu akan berpengaruh pada kinerja Anda. Kinerja tidak akan bisa dilakukan secara maksimal karena Anda tidak memiliki minat secara khusus pada bidang pekerjaan Anda. Pada kenyataannya banyak dijumpai sekumpulan orang yang ternyata bekerja secara tidak nyaman. Hal ini terjadi salah satunya adalah karena pekerjaannya tersebut tidak sesuai dengan potensi yang dimilikinya.

Bekerja secara tidak nyaman pada akhirnya dapat membuat karyawan menjadi stres dan tertekan dengan segala macam pekerjaannya. Kinerja karyawan akhirnya menjadi lebih rendah dan hal ini bisa memberikan dampak buruk bagi sebuah perusahaan. Tentu kinerja karyawan yang cenderung rendah akan membuat perusahaan tidak dapat berkembang dengan baik. Perusahaan tidak bisa mendapatkan keuntungan secara maksimal karena adanya hasil kerja yang kurang baik.

Tujuan Talent Mapping

Serangkaian tes yang dilakukan untuk pemetaan bakat ini umumnya dilakukan dengan tujuan utama untuk mengetahui bakat yang terpendam di dalam diri seseorang. Memang rupanya hal ini masih dirasa asing bagi sebagian orang karena mungkin tidak semua orang pernah mengalaminya. Tidak semua orang pernah menjalani tes yang berkaitan dengan bakat dan minatnya ataupun berkaitan dengan potensinya. Di perusahaan juga belum tentu semua orang pernah menjalani tes yang berkaitan dengan bakat dan minat yang mungkin masih terpendam. Jadi bisa saja seseorang hingga dewasa masih tetap saja belum tahu benar mengenai bakat dan potensinya.

Dengan adanya talent mapping maka diharapkan agar Anda bisa mengetahui potensi Anda sehingga Anda bisa bekerja sesuai dengan kemampuan dan keahlian Anda yang sebenarnya. Hal ini sebenarnya sangat penting bagi sebuah perusahaan karena karyawan yang bekerja di suatu perusahaan tentu dapat bekerja dengan lebih baik lagi jika ia merasa sesuai dengan bidang pekerjaannya tersebut.

Manfaat Talent Mapping

Melalui pelaksanaan talent mapping, maka ada beberapa manfaat penting yang bisa diperoleh. Beberapa manfaat tersebut meliputi hal-hal berikut ini:

1. Menemukan bakat terpendam

Dengan adanya talent mapping atau pemetaan bakat maka Anda bisa menemukan bakat Anda. Mungkin saja selama ini Anda masih belum memahami diri Anda sebenarnya. Termasuk pula bakat dan keahlian yang ada dalam diri Anda. Oleh karena itu sebisa mungkin bakat ini haruslah ditemukan sesegera mungkin terutama bila Anda telah memasuki usia produktif. Di usia produktif tentunya Anda bisa mulai bekerja untuk berbagai tujuan. Tentunya bekerja bila sesuai dengan bakat dan kemampuan akan terasa lebih menyenangkan dan membuat diri merasa nyaman saat bekerja.

2. Mengembangkan bakat

Setelah mengetahui bakat dan keahlian yang Anda miliki maka kini saatnya bagi Anda untuk mengembangkan bakat tersebut. Pengembangan bakat bisa dilakukan melalui berbagai macam hal misalnya dengan bekerja. Sebaiknya Anda bekerja sesuai dengan bakat dan minat Anda sehingga kinerja Anda bisa semakin maksimal. Dengan bekerja sesuai bidangnya maka Anda bisa mengembangkan bakat Anda. Pengembangan bakat cukup penting untuk dilakukan agar Anda bisa terus berkarya dengan segala kreasi dan inovasi yang menguntungkan bagi perusahaan.

3. Memahami kepribadian

Pemetaan bakat menjadi suatu hal yang bisa dilakukan oleh Anda dalam rangka memahami kepribadian Anda. Kepribadian masing-masing orang antara yang satu dengan yang lain sudah tentu berbeda. Demikian pula setiap karyawan pada sebuah perusahaan sudah tentu memiliki kepribadian yang juga masing-masing berbeda. Berbagai kepribadian yang baik sebaiknya selalu dikembangkan. Sedangkan kepribadian yang kurang baik sebisa mungkin diupayakan agar bisa semakin berkurang. Dengan demikian maka jalinan kerja sama antara karyawan yang satu dengan yang lain bisa berjalan dengan baik.

4. Meningkatkan kepercayaan diri

Adanya pengetahuan tentang bakat dan potensi dalam diri seseorang tentu bisa membuat orang menjadi tampil dengan lebih percaya diri. Rasa percaya diri ini mungkin timbul dalam diri Anda karena adanya rasa yakin atas kemampuan dan keahlian diri Anda yang mungkin saja tidak dimiliki oleh orang lain. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk mengetahui bakat dan kemampuan Anda secara pribadi.

5. Mengatasi kelemahan

Berbagai kelemahan yang Anda miliki sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan. Kelemahan ini bisa ditutup dengan adanya bakat Anda. Oleh karena itu Anda perlu tahu benar tentang potensi diri Anda sehingga Anda bisa mengembangkannya dengan lebih baik lagi.

Cara Talent Mapping

Untuk dapat mewujudkan talent mapping, maka ada beberapa cara yang dapat digunakan oleh perusahaan. Secara umum berikut ini beberapa cara untuk melaksanakan hal tersebut.

1. Interpretasi kekuatan

Talent mapping bisa dilakukan melalui berbagai macam cara. Salah satunya adalah melalui interpretasi kekuatan. Hal ini umumnya dilakukan agar melalui interpretasi ini maka Anda bisa menampilkan suatu hasil kerja yang dilakukan sesuai dengan kemampuan dan keahlian Anda. Hasil kerja Anda tentu akan membanggakan bagi perusahaan. Kinerja Anda juga akan menjadi lebih optimal sehingga hasil kerja Anda bisa lebih dinikmati dan lebih berguna terutama bagi perusahaan.

2. Mencari kompetensi diri

Anda mungkin bisa mencari bakat dan potensi Anda secara mandiri. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencari kompetensi diri Anda. Misalnya dengan menjalani tes seperti misalnya tes ST-30. Tes ini memang diperuntukkan bagi Anda yang ingin mengetahui potensi dan bakat. Selain itu Anda bisa mencari tahu bidang pekerjaan yang lebih disuka. Bidang pekerjaan yang disuka secara tidak langsung menunjukkan letak minat dan bakat Anda.

Talent mapping pada dasarnya bisa juga disebut dengan istilah lain yaitu pemetaan bakat. Istilah pemetaan bakat ini mungkin pada awalnya merupakan sebuah kata yang diterapkan pada diri pribadi. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk membantu seseorang dalam mengenali dirinya secara lebih lagi. Maka proses pengenalan diri pada seseorang bisa dilakukan untuk semakin memahami apa saja potensinya. Demikian pula sebuah perusahaan sebenarnya perlu melakukan pemetaan bakat ini terutama pada para karyawannya. Melalui tindakan ini maka nantinya para karyawan di sebuah perusahaan bisa diketahui kinerjanya. Tidak hanya itu saja tetapi perusahaan juga bisa memberikan penempatan yang tepat pada para karyawan sehingga para karyawan bisa menjadi lebih produktif.

Peranan Talent Mapping pada Perusahaan

Membentuk strategi rekrutmen

Pada dasarnya sebuah pemetaan bakat yang dilakukan di perusahaan pada karyawannya memiliki peranan yang sangat penting. Melalui metode ini maka perusahaan dapat membentuk strategi rekrutmen. Jadi hal ini dapat membantu tim HRD yang melakukan proses rekrutmen untuk perusahaan mulai dari proses seleksi kandidat sampai dengan berakhirnya proses ini. Strategi rekrutmen yang baik tentu akan membantu perusahaan untuk bisa mendapatkan karyawan yang terbaik sehingga dapat memberikan kontribusi terbaik bagi perusahaan.

Mempelajari kondisi karyawan

Adanya talent mapping yang diberlakukan di perusahaan juga dapat membantu jajaran atasan dan juga tim HRD untuk lebih mempelajari kondisi karyawan. jadi kondisi karyawan yang terbaru saat bekerja di perusahaan bisa diketahui secara lebih jelas dan dalam terutama oleh pihak perusahaan yang mempekerjakannya. Dengan mengetahui kondisi karyawan maka tentunya perusahaan yang meliputi jajaran atasan dan juga HRD dapat melakukan pengelolaan karyawan dengan cara yang terbaik. Sistem atau metode terbaikbisa dipilih untuk bisa mengatur karyawan yang bekerja di perusahaan terkait.

Menghasilkan karyawan unggul

Di bagian sebelumnya telah sedikit diulas dan dibahas bahwa pemetaan bakat yang diterapkan oleh sebuah perusahaan pada para karyawannya bisa memberikan dampak positif. Salah satunya adalah kemampuan perusahaan untuk menghasilkan karyawan yang unggul. karyawan unggul ini tentu saja bisa terwujud dan diciptakan dari serangkaian proses rekrutmen yang dilakukan oleh perusahaan dala mencari kandidat terbaik. Selain itu pengelolaan dan pengaturan karyawan yang baik juga akan menghasilkan SDM unggul sehingga bisa memberikan hasil kerja yang terbaik untuk perusahaan.

Membuat karyawan betah

Secara lebih jauh rupanya pemetaan bakat yang diterapkan oleh perusahaan juga bisa membuat karyawan merasa betah. Karyawan yang merasa betah saat bekerja tentunya akan selalu bersikap loyalpada perusahaan. Hal ini bisa saja berkaitan dengan adanya tindakan dari jajaran atasan dan HRD untuk menempatkan karyawan pada posisi yang tepat sesuai dengan kemampuan dan keahlian serta potensinya. Akibatnya karyawan yang bekerja sesuai dengan potensinya akan merasa senang dan nayaman dengan segala pekerjaannya sehingga karyawan selalu merasa betah saat bekerja.

Memperkokoh posisi perusahaan

Seluruh hal yang terjadi sebagai dampak positif dari adanya talent mapping pada akhirnya dapat berguna bagi perkembangan perusahaan. Dalam hal ini perusahaan akan mendapatkan kontribusi terbaik dari seluruh karyawan yang bekerja untuk kepentingan perusahaan. Terlebih lagi seluruh karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut telah dipetakan berdasar pada kemampuan dan potensi dirinya. Maka hal ini akan membuat perusahaan semakin kokoh posisinya. Posisi perusahaan yang semakin kokoh ini bahkan membuatnya dapat bertahan dan bersaing di tengah persaingan bisnis. Maka perusahaan bisa terus maju dan berkembang hingga akhirnya perusahaan bisa menguasai pasar dan mendapatkan laba yang cukup besar.

Kelebihan Talent Mapping bagi Karyawan

Meningkatkan kinerja karyawan

Suatu pemetaan bakat yang diterapkan di perusahaan rupanya memiliki beberapa kelebihan. Diantaranya adalah kemampuan perusahaan untuk bisa meningkatkan kinerja karyawan. Sebab pemetaan bakat yang dilakukan oleh perusahaan pada para karyawannya bisa membuat karyawan menyadari akan potensi diri yang sesungguhnya. Hal ini tentu akan memotivasi para karyawan sehingga apa yang dikerjakannya akan diupayakan agar bisa terlaksana dengan baik. Selain itu hasil pekerjaan juga akan diupayakan agar bisa menguntungkan bagi perusahaan.

Mengembangkan kemampuan karyawan

Pemetaan bakat juga memiliki kelebihan lainnya yaitu dapat mengembangkan kemampuan karyawan. Dengan mengembangkan bakat serta keahlian dan potensi dirinya maka nantinya kinerja karyawan tersebut bisa semakin optimal. Maka karyawan ini bisa memberikan yang terbaik dalam melakukan segala pekerjaannya. Tentu pada akhirnya nanti karyawan tersebut bisa memberikan hasil yang paling baik untuk perusahaan karena adanya kemampuan yang seakin hari semakin terasah.

Membantu proses kerja tim

Setiap karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan sudah pasti diharapkan dapat bekerja secara individu atau secara mandiri. Dengan bekerja secara mandiri maka nantinya karyawan tersebut dapat lebih memaksimalkan potensinya. Namun bagaimanapun juga bekerja secara ti juga haruslah diperhatikan. Seorang karyawan juga sudah seharusnya mampu bekerja dengan tim. Kerja samanya dengan tim juga harus terus dikembangkan sehingga nantinya hasil terbaik bisa diberikan baik untuk perusahaan maupun untuk pelanggan.

Memotivasi diri lebih baik

Adanya talent mapping juga dapat membantu seorang karyawan untuk selalu dapat memotivasi dirinya terutama dala bekerja. Biasanya seseorang yang mengerti benar tentang kemampuannya tentu akan menjadi lebih percaya diri. Dengan kata lain tes yang dijalankan oleh sebuah perusahaan untuk bisa mengetahui bakat dan kemampuan karyawan nantinya dapat membuat karyawan menjadi yakin dengan dirinya. Keyakinan mengenai dirinya ini dapat membuatnya dapat bekerja dengan semakin baik. Maka pada akhirnya motivasi yang tumbuh dalam diri setiap karyawan ini akan membuat kinerja perusahaan menjadi semakin produktif.

Menekan dan mengurangi kelemahan

Kelebihan yang terakhir dari adanya tes mengenai pemetaan bakat yang dilakukan oleh sebuah perusahaan adalah dapat menekan dan mengurangi kelemahan. Dalam hal ini kelemahan yang dimaksud adalah kelemahan dalam diri karyawan yang menjadi kekurangannya dan dapat menghambat kemajuan serta perkembangan karyawan dalam bekerja. maka talent mapping dapat membantu perusahaan untuk bisa semakin meminimalisir segala kekurangan yang mungkin pada awalnya dimiliki oleh masing-masing karyawan. Maka kekurangan tersbeut diharapkan agar bsia diatasi dan dihilangkan.

Perlunya Talent Mapping di Perusahaan

Talent mapping yang merupakan pemetaan bakat tidak hanya berguna untuk mengetahui kelemahan sekaligus potensi diri pribadi pada seseorang saja. tetapi secara lebih jauh hal ini juga perlu dilakukan di berbagai perusahaan. Dengan adanya metode talent mapping ini maka nantinya setiap perusahaan bisa mendapatkan SDM terbaik untuk menjalankan dan mengelola perusahaan. tidak hanya itu saja tetapi pemetaan bakat yang dilakukan di perusahaan juga nantinya dapat membantu perusahaan untuk bisa tetap produktif. Selain itu dengan adanya kinerja yang baik dair para karyawan maka nantinya perusahaan bisa terus dipercaya oleh masyarakat sehingga loyalitas pelanggan pada perusahaan akan tetap terjaga.

Talent mapping memang terbukti cukup penting dalam mempetakan kekuatan karyawan perusahaan. Sama halnya dengan menggunakan produk yang tepat untuk mengukur kompetensi dan peningkatan karir karyawan. Misalnya melalui penggunaan JojoTimes. Dengan produk ini maka perusahaan dapat membantu melihat peningkatan potensi karyawan, termasuk mengaturnya. Demikian pula dapat melihat absensi karyawan secara nyata dan melihat performa karyawan dengan tepat.

Semua hal ini dapat diraih berkat aneka macam fitur menarik pada JojoTimes. Sebut saja fitur Project Activities Reporting, Productivity Daily Reporting, Productivity Daily Reporting Offline Mode, Attendance Adjustment, dan masih banyak lagi fitur yang lain. Oleh karena itu segera coba gratis JojoTimes para perusahaan Anda sekarang juga. Dapatkan berbagai manfaat tersebut di atas dan beralihlah segera pada sistem yang jauh lebih efektif dan efisien tersebut.