Market Research : Pengertian, Proses, dan Jenis-Jenis Market Research

Market Research

Untuk bisa meningkatkan penjualan, Anda harus memahami semua ilmu yang berkaitan dengan penjualan, salah satunya terkait riset pemasaran (Market Research). Sebelum merumuskan strategi pemasaran yang cocok untuk bisnis Anda, Anda harus melakukan riset terlebih dahulu.

Pengertian Market Research

Market Research

Riset pasar, atau market research dalam bahasa Inggris, adalah proses mengevaluasi kelayakan produk atau layanan baru dengan melakukan riset langsung dengan calon konsumen. Metode ini memungkinkan organisasi atau bisnis menemukan target pasarnya, mengumpulkan dan mencatat opini, dan kemudian membuat keputusan pemasaran yang benar. Riset pasar dapat dilakukan secara langsung oleh organisasi atau perusahaan terkait, atau dapat disampaikan kepada pihak lain yang memiliki keahlian dalam proses pelaksanaan riset pasar ini.

Riset pasar adalah fungsi yang menghubungkan konsumen, pelanggan, dan publik dengan pemasar melalui “informasi”. Informasi ini digunakan untuk mengidentifikasi dan menentukan peluang dan masalah pemasaran, menghasilkan, meningkatkan, dan mengevaluasi upaya pemasaran, memantau kinerja pemasaran dan meningkatkan pemahaman tentang proses pemasaran.

Riset pasar akan memurnikan semua informasi penting yang diperoleh sehingga dapat digunakan untuk menyelesaikan berbagai masalah, bagaimana merancang metode pengumpulan semua informasi, mengelola dan melaksanakan proses pengumpulan data, menganalisis hasil dan mengungkapkan temuan dan membuat ringkasan. Singkatnya, riset pasar adalah perencanaan, pengumpulan dan analisis data yang berkaitan dengan pengambilan keputusan pemasaran dan mengkomunikasikan hasil analisis ini kepada manajemen.

Tujuan Market Research

Market Research

Tujuan melakukan riset pasar adalah untuk mempelajari dan memahami pasar yang terkait dengan produk atau layanan tertentu untuk mengetahui tanggapan audiens atau konsumen terhadap produk atau layanan tersebut.

Informasi yang diperoleh dengan melakukan riset pasar dapat digunakan untuk menyesuaikan aktivitas pemasaran atau menentukan prioritas fitur dan persyaratan layanan tertentu (jika ada) dari konsumen. Pada dasarnya, proses riset pasar dapat dilakukan melalui survei, interaksi dengan sekelompok orang, wawancara atau observasi.

Riset pasar akan memberikan perhatian khusus pada pengumpulan semua informasi tentang proses pemasaran. Dengan kata lain, riset pemasaran juga dapat digambarkan sebagai identifikasi sistematis dan objektif dari hal-hal berikut: pengumpulan, analisis dan penyebaran informasi, tujuannya adalah untuk membantu manajer dalam membuat keputusan yang berkaitan dengan mengidentifikasi dan memecahkan masalah dan peluang pemasaran.

Riset pasar merupakan salah satu faktor kunci untuk mempertahankan daya saing. Riset pasar memberikan informasi yang diperlukan untuk mengidentifikasi dan menganalisis permintaan pasar, ukuran pasar, dan persaingan. Teknik riset pasar mencakup teknik kualitatif (seperti kelompok fokus, wawancara mendalam, dan etnografi), serta teknik kuantitatif (seperti survei pelanggan dan analisis data tambahan).

Proses Market Research

Market Research

Untuk memulai riset pasar atau riset pasar, kita perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

Definisikan masalahnya

Keputusan terpenting yang harus diambil perusahaan mana pun saat melakukan riset pemasaran adalah mengetahui masalah apa yang akan diselesaikan oleh riset tersebut. Masalah harus didefinisikan dengan benar, karena jika terlalu kabur, dapat menyebabkan pemborosan sumber daya dan tidak mendapatkan hasil yang diharapkan.

Namun, jika dia mendefinisikan masalah terlalu sempit, kesimpulannya tidak benar. Untuk dapat mendefinisikan masalah dengan benar, setiap perusahaan harus memiliki jawaban yang jelas terhadap masalah tersebut, seperti apa yang akan dipelajari dan mengapa penelitian harus dilakukan.

Kembangkan rencana penelitian

Langkah ini melibatkan pengumpulan informasi tentang topik atau masalah penelitian yang akan dilakukan. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam langkah ini adalah:

  • Peneliti dapat mengumpulkan data terkait pertanyaan penelitian dari sumber primer dan sekunder atau keduanya. Sumber utama adalah data tangan pertama yang tidak ada di buku atau laporan penelitian, sedangkan data kedua adalah data tangan kedua yang tersedia di buku, jurnal, laporan, dan buku lainnya.
  • Data sekunder tersedia di buku, jurnal, majalah, laporan, online dan tempat lain. Namun, jika diperlukan data mentah, informasi akan dikumpulkan, seperti studi observasi, studi etnografi, kelompok fokus, survei, eksperimen, dan data perilaku.
  • Setelah menentukan metode penelitian, peneliti harus merancang rencana pengambilan sampel dan harus mengambil keputusan dalam banyak hal, seperti responden, Ukuran sampel dan Informasi Kontak.

Kumpulkan pesan

Langkah selanjutnya adalah mengumpulkan informasi berdasarkan rencana penelitian yang diuraikan pada langkah kedua. Data atau informasi yang dikumpulkan harus valid dan tidak adil. Kesulitan pada tahap ini adalah prasangka atau keengganan narasumber untuk memberikan jawaban.

Analisis informasi

Setelah mengumpulkan informasi, langkah selanjutnya adalah menganalisis informasi tersebut. Peneliti menerapkan beberapa teknik statistik untuk analisis, seperti metode perhitungan atau pengukuran dispersi. Selain itu, ada beberapa model keputusan lanjutan untuk analisis data.

Sebutkan hasil survei

Terakhir, semua temuan dan hasil penelitian akan diserahkan kepada manajemen puncak yaitu direktur eksekutif, CEO atau dewan direksi, untuk membuat keputusan pemasaran yang sesuai dengan penelitian.

Buat keputusan

Pengambilan keputusan adalah langkah terakhir dari riset pemasaran, kemudian hasil survei diserahkan kepada manajemen senior, dan manajemen senior akan membuat keputusan berdasarkan hasil survei.

Jenis-jenis Market Research

Market Research

Menurut alat dan metode yang digunakan, riset pasar biasanya dibagi menjadi dua jenis riset utama. Kedua jenis aset pasar tersebut meliputi riset pasar primer dan riset pasar sekunder:

Riset pasar primer

Riset pasar primer adalah proses organisasi atau perusahaan yang berurusan dengan pelanggan akhir atau mempekerjakan pihak ketiga untuk melakukan riset terkait untuk mengumpulkan data.

Dengan kata lain, riset pasar primer adalah riset yang dilakukan dengan melibatkan langsung sumber yang akan diteliti. Data yang dikumpulkan dapat berupa data kualitatif (data non-digital) atau data kuantitatif (data digital atau statistik). Dalam melakukan riset pasar, terdapat dua jenis informasi dasar yang harus dikumpulkan, yaitu informasi eksplorasi dan informasi spesifik.

  • Eksplorasi: Penelitian ini bersifat umum dan terbuka, biasanya melibatkan wawancara jangka panjang dengan individu atau kelompok.
  • Spesifik: Penelitian lebih tepat dan digunakan untuk memecahkan masalah yang ditemukan dalam penelitian eksplorasi. Ini melibatkan wawancara formal yang lebih terstruktur.

Riset pasar sekunder

Riset ini adalah jenis riset yang diedit, dikumpulkan, diatur, dan dipublikasikan oleh pihak lain. Seperti laporan riset yang diterbitkan oleh instansi pemerintah, asosiasi industri, media, dan universitas, biasanya digunakan oleh usaha kecil dengan anggaran terbatas. Dibandingkan dengan penelitian dasar, penelitian semacam itu dapat diperoleh dengan lebih cepat dan lebih ekonomis.

Banyak pelajaran sekolah menengah dapat dilakukan langsung di Web hanya dengan memasukkan kata kunci atau frase dari jenis informasi yang diperlukan. Anda juga dapat memperoleh penelitian sekunder dengan membaca artikel di majalah, jurnal industri dan publikasi industri. Atau menghubungi asosiasi industri atau organisasi industri.

Namun perlu diperhatikan bahwa ketika menemukan riset yang dibutuhkan, yang penting adalah mengecek tanggal rilis. Tujuannya untuk memastikan bahwa data yang didapat adalah data terbaru dan belum kadaluarsa.

Sumber data penelitian sekunder yang sangat baik adalah data dari instansi pemerintah. Data dari lembaga pemerintah ini biasanya diberikan kepada publik secara gratis. Di sisi lain, data yang dirilis oleh perusahaan mungkin memerlukan izin sebelumnya dari perusahaan. Atau mungkin memerlukan biaya tertentu untuk mengaksesnya.

Kesimpulan

Dari penjelasan market research diatas, anda sudah mulai memahami betapa pentingya market research dalam pengembangan bisnis anda. Namun, sekarang anda tidak perlu khawatir JojoExpense memberikan pelayanan terorganisir dalam membantu anda meriset pasar.

JojoExpense adalah software yang dapat membantu bisnis anda dalam mencapai target pasar. Melalui JojoExpense, market research anda akan ditangani oleh tim ahli Jojonomic.

Tunggu apalagi, daftarkan perusahaan anda sekarang dan dapatkan uji coba gratis sekarang!