Market Share atau Pangsa Pasar Adalah ?

pangsa pasar adalah
Sumber : www.steadfast.com.au

Pangsa Pasar Adalah – Market share atau yang dalam Bahasa Indonesia biasa disebut dengan Pangsa Pasar adalah persentase total penjualan dalam sebuah industry yang dihasilkan oleh para pengusaha atau perusahaan. Pangsa pasar dihitung dengan mengambil penjualan selama periode waktu tertentu untuk kemudian dibagi dengan total jumlah sales atau penjualan dari industry yang ada di periode waktu yang tertentu pula.

Metrics perhitungan persentase tersebut biasa digunakan untuk perusahaan melihat bagaimana ‘ukuran’ mereka dalam kancah pasar industry jika dibandingkan dengan para pesaingnya. Mereka yang digadang – gadang sebagai ‘pemimpin pasar’ adalah perusahaan atau organisasi yang memiliki market share atau pangsa pasar tertinggi dari para pesaingnya.

Cara Menghitung Pangsa Pasar atau Market Share

Pangsa pasar mampu merepresentasikan betapa ‘baiknya’ suatu perusahaan dalam sebuah industry. Market share juga mampu menunjukkan penjualan total barang dagangan di pasar serta rangkingnya dalam industry tersebut. Semuanya didapat dengan menghitung total jumlah penjualan dibagi dengan banyaknya penjualan produk atau merk atau industry yang sama pada periode waktu tertentu.

Menentukan Periode Waktu Perhitungan

Bagian total dari penjualan yang berkaitan dengan pasar atau industry tertntu dimana produk tersebut dipasarkan merupakan arti lain dari market share. Anda bisa menggunakan hitungan jangka waktu atau periode tertentu seperti perhitungan pangsa pasar dalam kuartal fiscal, per tahun atau per beberapa tahun. Semuanya bisa anda lakukan dengan pertimbangannya masing – masing.

Menentukan besaran periode waktu perhitungan merupakan Langkah pertama yang harus anda ambil sebelum mengetahui seberapa ‘kuat’ anda di pasar industri.

pangsa pasar adalah
Sumber : www.steadfast.com.au

Jumlah Total Penjualan

Hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah dengan menghitung jumlah penjualan yang dilakukan oleh perusahaan anda selama periode waktu yang ditentukan dalam Langkah pertama. Kemudian mulailah mencari tahu berapa banyak total penjualan yang berhasil dilakukan oleh seluruh perusahaan yang bergerak ‘sama’ dalam industry yang anda jalankan.

Bagi Kedua Hasil

Langkah terakhir dalam menghitung nilai atau persentase market share adalah. Dengan membagi total pendapatan perusahaan dengan total penjualan yang ada di industry tersebut.

Untuk memahami perhitungan market share dengan lebih jelas, anda bisa menggunakan skema contoh berikut.

pangsa pasar adalah
Sumber : www.digitalauthority.me

Katakanlah perusahaan A mampu mendapatkan 100 juta rupiah dari penjualan tractor secara domestic. Sedangkan total penjualan tractor di negara tersebut mencapai 200 juta Rupiah. Sehingga nilai market Share perusahaan A adalah 50%. Angka yang sangat besar dimana bisa dikatakan bahwa setengah dari total pembelian tractor di negara tersebut berasal atau diproduksi dari perusahaan A itu sendiri.

Perhitungan dari market share atau pangsa pasar biasanya didasarkan pada penjualan industry di negara masing – masing. Para investor bisa mendapatkan data pangsa pasar dari berbagai sumber independent yang ada. Seperti grup trading atau yang lainnya bahkan dari perusahaan itu sendiri. Namun di sisi lain, banyak sekali jenis industry lain yang masih sulit untuk diidentifikasi berapa persentase pangsa pasar yang ia miliki.

Keuntungan Dari Adanya Market Share Atau Pangsa Pasar

Seorang investor atau analisis biasanya menggunakan data persentase market share untuk melihat perkembangan atau penurunan suatu perusahaan. Besarnya pangsa pasar juga bisa mengidentifikasikan berapa besar tingkat kompetisi yang ada dalam suatu industry.

Sebagaimana nilai total penjualan suatu produk atau jasa yang meningkat. Sebuah perusahaan atau organisasi yang mampu menjaga nilai pangsa pasarnya akan mendapatkan tingkat pertumbuhan atau perkembangan yang sama dengan total pasar yang ada di industry tersebut. Pun, dengan berhasilnya sebuah perusahaan untuk meningkatkan market share yang ia miliki akan menghasilkan keuntungan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan para pesaingnya.

sumber : pixabay.com

Peningkatan pangsa pasar dalam memberikan perusahaan kesempatan untuk memiliki skala yang lebih besar pada bagian operasinya dan meningkatkan profit pula. Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk memperbesar nilai pangsa pasar adalah dengan meningkatkan penjualan di pasar industry (mulai dari menurunkan harga. Menggunakan layanan iklan, aytau mengenalkan produk serta varian baru). Di samping itu, perusahaan juga bisa meningkatkan market share dengan menggaet pembeli dari ‘sektor’ yang belum terlalu banyak memiliki saingan.

Perlu diingat bahwa peningkatan atau penurunan nilai market share akan berpengaruh sangat besar terhadap kelangsungan hidup perusahaan itu sendiri. semua tergantung kondisi industry yang mereka jalani.

Akibat yang Ditimbulkan Dari Turun Naiknya Market Share

Perubahan dalam market share akan memberikan impact yang besar terhadap performa suatu perusahaan yang memiliki tingkat pertumbuhan yang rendah. Di sisi lain, perubahan dari market share itu sendiri tidak akan terlalu berpengaruh terhadap perusahaan – perusahaan atau organisasi yang memang berada dalam iklim industry yang baik. Dimana ketika perusahaan berada dalam suatu industry yang semakin berkembang dari hari ke hari. Maka perubahan yang terjadi tidak akan terlalu berpengaruh karna masih longgarnya persaingan. Bahkan ketika perusahaan mendapatkan persentase market share yang kecil. Hal inilah yang harus menjadi pertimbangan anda ketika akan atau ingin melakukan yang namanya investasi.

Untuk perusahaan – perusahaan dengan iklim industry yang masih berkembang. Mereka jauh lebih mementingkan yang namanya performance stock. Karna hal ini sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan penjualan dan marginnya.

Kesimpulan

Industry yang bersifat cyclical itu memiliki tingkat kompetisi yang ‘brutal’. Dimana faktor – faktor ekonomi sangat berpengaruh terhadap varian penjualan – pendapatan hingga bahkan margin perusahaan itu sendiri. Perusahaan harus mampu menetapkan margin serendah mungkin. Serta membuat sistem operasi dengan tingkat efisiensi maksimum hanya agar mampu bersaing dengan competitor – competitor lainnya.

Karna sistem yang begitu brutal itulah penjualan yang didapatkan oleh suatu perusahaan hanya bisa terjadi apabila mereka mampu mengorbankan atau mengalahkan perusahaan lainnya. Hal ini menuntut perusahaan untuk melakukan banyak investasi dalam upaya pemasaran yang paling baik atau bahkan apapun untuk menarik pembeli.

Selain harus memperhatikan pangsa pasar, Anda juga harus memperhatikan kondisi keuangan perusahaan. Karena kondisi finansial suatu perusahaan akan sangat berpengaruh pada tingkat operasionalnya.

Di era digital seperti sekarang, ada banyak aplikasi yang mempermudah Anda dalam mengelola keuangan perusahaan. Salah satunya adalah JojoExpense dari Jojonomic yang didesain untuk membuat kerja manajemen pengeluaran jauh lebih efektif dan efisien.

Dilengkapi dengan fitur – fitur seperti Budget Controlling, Cash Advance, Reimbursement Online. Mobile Approval hingga Capture Expense akan membuat kerja Anda jauh lebih mudah. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan teknologi canggih Intelligence OCR. Serta Real-Time Geotagging yang dapat menghindarkan Anda atau perusahaan dari yang namanya resiko fraud financial atau penipuan keuangan dalam perusahaan. Bagaimana, Menarik bukan?

Dapatkan semua kemudahan aplikasi pengatur keuangan dengan menggunakan JojoExpense dari Jojonomic. Dijamin tidak akan menyesal. Segera Daftarkan Diri atau Perusahaan anda dan dapatkan Free Trial Gratisnya Sekarang dan Saat Ini Juga! Ayo Tunggu Apa Lagi!