Pentingnya Marketing Automation Termasuk Manfaat Dan Kegunaannya

marketing automation

Marketing automation tampaknya telah berkembang dan saat ini semakin populer. Bahkan banyak pebisnis atau pengusaha yang beralih menggunakan metode ini untuk menjalankan bisnisnya agar tujuan bisnis atau perusahaan bisa tercapai. Memang sistem ini seolah semakin populer terutama dalam mengembangkan bisnis Anda. Sistem ini sebenarnya menekankan pada adanya penggunaan teknologi dalam mengelola proses marketing. Selain itu adanya penggunaan sistem kampanye dengan menggunakan berbagai media secara otomatis. Dengan menggunakan marketing automation ini maka Anda bisa mendapatkan pelanggan dengan cara yang lebih otomatis. Jadi penggunaan metode ini dapat mempermudah jalannya bisnis Anda sehingga Anda bisa mencapai tujuan bisnis dengan lebih mudah.

Alasan Penggunaan Marketing Automation

Ada beberapa alasan yang umumnya mendasari penggunaan marketing automation, misalnya yaitu alasan berikut ini.

Menghasilkan calon pelanggan

Sistem yang ada pada marketing automation tentu saja akan mempermudah Anda untuk mendapatkan pelanggan. Jadi dengan menggunakan sistem ini maka Anda bisa mendapatkan caloin pelanggan dengan cara yang lebih otomatis dan mudah. Tentunya bisnis And aakan diperoleh dengan jumlah yang lebih banyak lagi.

Menjaga pelanggan

Pelanggan yang telah diperoleh rupanya juga perlu dipertahankan agar tetap loyal pada perusahaan Anda. Setidaknya jangan sampai pelanggan beralih ke bisnis atau perusahaan lain sebab pelanggan menjadi faktor penentu pendpatan bagi bisnis Anda. Oleh karena itu menggunakan sistem atau metode ini bisa membantu nda dalam menjalankan bisnis yaitu tidka hanya untuk mendapatkan pelanggan saja tetapi juga menjaga atau mempertahankannya.

Marketing berbasis akun

Menjalankan proses marketing sekarang ini memang lebih praktis dan modern. kemang di era digital ini seluruh bidang bisa dijalankan dengan semakin mudah karena adanya bantuan dari sistem komputasi dengan adanya akses internet di dalamnya. Termasuk pula bidang marketing yang kini bisa dilakukan dengan berbasis pada akun Anda.

Kegunaan Marketing Automation

Meningkatkan efisiensi

Penggunaan berbgai teknologi yang ada untuk menjlankan proses marketing tentu akan semakin meningkatkan efisiensi proses marketing. Sebab Anda bisa mendapatkan hasil semaksimal mungkin melalui adanya penggunaan teknologi ini. Maka tak heran bila sekarang ini semakin banyak perusahaan yang menggunakan metode ini dalam melakukan istem pemasaran bisnis.

Menyederhanakan tugas marketing

Tugas marketing yang semula cukup rumit dan sulit untuk dilakukan tentunya kini bisa menjadi lebih mudah. Dengan adanya penggunaan teknologi dan pemanfaatan berbagai media di internet semaksimal mungkin maka tugas marketing bsia dilakukan dengan lebih mudah. Segala hal yang berkaitan dengan pemasaran kini tidak lagi menyulitkan Anda.

Menghemat waktu dan tenaga

Teknologi yang digunakan dalam melakukan sistem pemasaran memang semakin membuat segala sesuatunya menjadi lebih praktis. Kini tim pemasaran tak perlu bersusah payah dalam melakukan pemasaran sebab Anda bisa melakukannya dengan menggunakan media yang ada. Tentu cara ini akan menghasilkan lebih banyak pelanggan. Sebab pelanggan sekarang ini kebanyakan bisa didapatkan melalui sistem online.

Cara Kerja

Pengumpulan data

Pengumpuln data dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan dari teknologi. Sebab Anda bisa mendapatkan kumpulan data misalnya dari email dan website hingga dari sosial media. Seluruh interaksi yang dilakukan melalui aksesjaringan internet ini bisa memberikan Anda sekumpulan data bagi Anda. Maka Anda juga bisa dengan mudah mengumpulkan seluruh data yang telah diperoleh.

Pengolahan data

Data yang terkumpul kemudian bisa diolah untuk kepentingan bisnis Anda. Untuk membantu mempermudah proses pengolahan data maka Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi yang ada. Aplikasi bisa diunduh atau didapatkan dari sistem yang ada sehingga penggunaannya bisa semakin mempermudah pekerjaan Anda dalam hal pemasaran produk.

Penentuan pelanggan

Seluruh data yang telah diperoleh dan kemudian dikumpulkan tentunya perlu diolah hingga memberikan hasil. Hasil yang dimaksud disini adalah data yang berkaitan dengan prospek bisnis Anda. Dengan adanya target dalam bisnis Anda maka Anda kemudian bisa menentukan mana yang sekiranya bisa menjadi pelanggan bagi bisnis Anda. Jadi Anda bisa terus mempertahankan pelanggan yang telah didapatkan dengan menggunakan bantuan teknologi.

Manfaat Yang Didapatkan

Mengurangi tugas repetitif

Penggunaan teknologi yang sekarang ini semakin marak digunakan di berbagai bidang termasuk di bidang marketing rupanya banyak memberikan dampak positif. Dampak positif ini juga dapat dirasakan di bidang pemasaran. Tentunya tim marketing dalam perusahaan Anda bisa lebih memusatkan fokusnya dalam melakukan pemasaran dengan lebih efektif dan efisien.

Mempermudah personalisasi

Personalisasi yang dimaksudkan disini adalah upaya Anda untuk membuat pelanggan agar merasa berharga dan juga merasa berbeda. Pelanggan akan merasakan bahwa ia berharga jika memang and abisa menggunakan strategi yang tepat dalam melakukan sistem pemasaran. Pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan bantun teknologi bisa membuat pelanggan merasa senang sehingga akan selalu loyal terhadap perusahaan Anda.

Membantu segmentasi

Segmentasi dalam hal ini lebih ditekankan pada segala upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk membantu mengirimkan setiap konten yang tepat. Pengiriman konten ini dilakukan dengan tujuan prospek bisnis Anda. Berikan konten yang relevan pada target bisnis Anda dengan tepat sehingga tujuan pemasaran bisa tercapai.

Penerapan Marketing Automation

Marketing automation dengan segala kecanggihannya tentu sangat berguna bagi sebuah usaha atau bisnis. Penggunaannya bisa dilakukan di dalam sistem marketing yang dibutuhkan di setiap bisnis. sebab marketing seolah menjadi rod penggerakbagi perusahaan yang turut menentukan keberhasilan bisnis. Oleh karena itu sistem marketing sebaiknya dilakukan semaksimal mungkin yaitu dengan menggunakan bantuan teknologi yang dikombinasikan dengan akses internet. Dalam hal ini Anda bisa menjalankan bisnis Anda dengan melalui welcome email yang bisa memberikan kesan pertama pada subscriber Anda.

Welcome email ini sendiri juga merupakan suatu cara sederhana untuk dapat meningkatkan pemasukan bagi bisnis Anda. Selain itu Anda juga bisa mengirimkan email reminder sehingga target bisnis Anda bisa menjadi pelanggan dan akan selalu melakukan pembelian setelah membaca email dari Anda. Email pengingat ini akan menjadi cara yang cukup efektif untuk mempertahankan pelanggan bisnis Anda. Anda juga bisa memberikan ucapan selamat ulang tahun pada pelanggan Anda sehingga pelanggan merasa bahwa dirinya berharga. Maka ia akan menjadi customer loyal bagi bisnis Anda.

Marketing automation ini sebenarnya sama pentingnya dengan pengawasan keuangan perusahaan yang sesuai. Salah satunya dengan jalan menggunakan JojoExpense. Melalui produk ini maka tentunya sistem reimburse dan penyediaan dana dapat berjalan lebih efektif. Selain itu mampu menghindarkan resiko terjadinya penipuan dalam keuangan perusahaan. Hal ini berkat beberapa fitur pada JojoExpense, meliputi sebagai berikut:

  • Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  • Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  • Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Nah, jangan ragu lagi, yuk segera dapatkan coba gratisnya! Dapatkan sistem keuangan perusahaan yang jauh lebih baik dan lebih efektif juga.