Marketing plan : Definisi, Contoh, dan Penting untuk Menggunakannya

Marketing plan

Bagi yang bergelut di bidang marketing, istilah marketing plan pasti sudah tidak asing lagi. Namun, banyak orang yang bingung dengan rencana pemasaran dan strategi pemasaran. Apa perbedaan antara Rencana Pemasaran dan Strategi Pemasaran?

Strategi pemasaran adalah penjelasan tentang tujuan bisnis suatu perusahaan atau merek. Hal ini berkaitan erat dengan nilai dan tujuan perusahaan. Pada saat yang sama, rencana pemasaran atau rencana pemasaran adalah cara Anda mencapai tujuan pemasaran Anda. Singkatnya, rencana pemasaran adalah penerapan strategi pemasaran perusahaan, yang dapat mencapai tujuan yang sama dalam bisnis dengan berbagai cara.

Apa itu rencana pemasaran?

Marketing plan

Rencana pemasaran adalah rencana pemasaran yang mencapai suatu tujuan dalam jangka waktu tertentu. Rencana tersebut meliputi strategi pemasaran dan beberapa kegiatan pemasaran lainnya. Mungkin sebagian orang mengira bahwa marketing plan itu sama dengan strategi pemasaran. Meski tidak demikian.

Peran strategi pemasaran adalah memperoleh pendapatan melalui aktivitas pemasaran yang telah dilakukan. Rencana pemasaran digunakan untuk menghubungkan semua strategi pemasaran untuk mencapai tujuan dan misi perusahaan. Singkatnya, rencana pemasaran dapat menyelaraskan strategi pemasaran dengan visi dan misi perusahaan Anda. Dengan bantuan rencana pemasaran, strategi pemasaran Anda tidak akan tumpang tindih dan dapat diatur dengan baik.

Contoh Marketing plan

Setelah memahami beberapa elemen penting dalam mengembangkan rencana pemasaran, mari kita lihat contoh dari apa yang dapat Anda lakukan di bawah ini.

Penyangga

Buffer memudahkan orang-orang di bidang pemasaran untuk menggunakan dengan membuat templat rencana pemasaran dengan instruksi dan contoh. Contoh rencana pemasaran yang dikembangkan oleh Buffer adalah untuk mereka yang belum pernah mendokumentasikan rencana pemasaran. Cek template di link ini ya.

Rencana pemasaran Buffer dapat membantu Anda belajar. Mulailah dengan menjawab pertanyaan dasar tentang perusahaan dan tujuannya, menganalisis pasar sasaran yang akurat, mengevaluasi strategi pemasaran dengan memahami kekuatan dan kelemahan perusahaan, kemudian membuat alur kerja promosi yang baik.

Kepuasan konten

Rencana pemasaran yang dibuat oleh Contently berfokus pada pembuatan konten promosi. Namun, contoh rencana pemasaran Contently tidak membuat rencana pemasaran baru untuk setiap kampanye, tetapi dapat membantu Anda memaksimalkan langkah-langkah promosi. Anda dapat belajar menyesuaikan konten dengan sasaran, menentukan saluran penggunaan yang paling efektif, dan mencari tahu apa yang paling disukai pelanggan dan calon pelanggan.

Forbes

Pada tahun 2013, Forbes mengembangkan marketing plan yang telah digunakan oleh banyak orang. Contoh yang diberikan oleh Forbes akan mengajari Anda 15 poin utama:

  • Ringkasan rencana bisnis
  • Target pelanggan
  • Proposisi penjualan unik (USP)
  • Strategi Penetapan Harga
  • Rencana distribusi
  • lembut
  • Materi pemasaran
  • Strategi promosi
  • Pemasaran online
  • Strategi konversi
  • kemitraan
  • Strategi yang direkomendasikan
  • Strategi untuk meningkatkan jumlah transaksi dan harga
  • Kebijakan retensi
  • prediksi keuangan

Rencana pemasaran yang dikembangkan oleh Forbes adalah contoh terperinci, ideal bagi mereka yang ingin mengembangkan rencana pemasaran dari awal. Dalam bisnis, Anda harus selalu siap beradaptasi dan mengubah rencana. Cobalah menganalisa dan beradaptasi dengan situasi perusahaan saat ini.

Pentingnya Marketing plan untuk bisnis Anda

Marketing plan

Rencana pemasaran sangat penting. Lantas, apa manfaatnya menggunakannya?

Mempermudah Anda untuk mengembangkan strategi

Mengembangkan rencana pemasaran akan memudahkan Anda dalam mengembangkan strategi. Dengan cara ini, Anda akan tahu apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan. Apa pun peluang bisnis yang Anda manfaatkan, rencana pemasaran dapat menyederhanakan proses perencanaan strategis

Hindari ketidakpastian di masa depan

Dengan marketing plan, semua anggota tim sudah mengetahui tujuan apa yang ingin dicapai, strategi apa yang digunakan, dan siapa yang bertanggung jawab. Oleh karena itu, mulai sekarang, apapun jenis bisnis yang akan Anda lakukan, Anda akan menjadikan marketing plan Anda sebagai prioritas untuk sukses.

Elemen Rencana Pemasaran

Marketing plan
  • Ringkasan dan sasaran perusahaan
    Pertama, pahami sepenuhnya profil dan sasaran perusahaan Anda. Dengan demikian, Anda dapat memahami status perusahaan dan tujuan yang ingin dicapai.
  • Tentukan tujuan dan standar yang ingin dicapai
    Kedua, tentukan tujuan dan standar yang harus dicapai. Ketika Anda mengetahui standar pastinya, Anda dapat dengan lebih mudah mengukur kemajuan Anda untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
  • Menentukan target pasar
    Saat membuat rencana pemasaran, hal penting lainnya adalah menentukan siapa target pasar Anda. Dengan mengidentifikasi target pasarnya maka akan memudahkan Anda dalam menentukan promosi dan metode pemasaran yang akan dilakukan. Pemasaran akan lebih efektif.
  • Tentukan jenis konten promosi
    Sekarang, Anda dapat memilih banyak konten promosi. Penting untuk menentukan jenis konten yang akan dijalankan. Pilih yang tepat untuk membantu Anda mencapai tujuan maksimum Anda.
  • Kenali pesaing Anda
    Lakukan penelitian untuk menentukan kekuatan dan kelemahan pesaing Anda. Mengetahui pesaing Anda akan membantu Anda mengembangkan rencana pemasaran yang jelas dan komprehensif.
  • Tetapkan prioritas dan prioritas
    Mungkin Anda memiliki banyak ide, tetapi penting untuk tetap fokus dan memprioritaskan. Jangan kewalahan, karena ada banyak hal yang harus dilakukan. Jadi, selain menentukan apa yang ingin Anda capai, Anda juga perlu mengesampingkan hal-hal yang lalai untuk menghindari gangguan yang tidak perlu.
  • Tetapkan anggaran
    Saat merumuskan rencana pemasaran, penting untuk menetapkan anggaran yang efektif dan realistis. Kelola budget Anda dengan benar agar langkah marketing Anda lebih lancar.

Kesimpulan Marketing plan

Jika ingin sukses di bidang marketing, maka marketing plan itu harus Anda pahami. Intinya, salah satu elemen penting dalam bidang pemasaran dapat digunakan sebagai laporan yang dapat menggambarkan efektivitas strategi pemasaran untuk tahun, triwulan, atau bulan berikutnya.

Menulis rencana pemasaran memang menyenangkan, tetapi proses pembuatan rencana tidak boleh diremehkan. Untuk memastikan saya mengingat dengan benar, jangan lupa untuk menuliskan semua penjelasan di atas, bukan?

Nah, meski marketing plan bisa menjadi titik balik kesuksesan sebuah marketing campaign, ada banyak aspek lain yang bisa meningkatkan produktivitas Anda dan tim marketing Anda. Apakah Anda tertarik dengan hal-hal ini? Pada kategori pemasaran, para pakar dan praktisi pemasaran memiliki banyak sekali ilmu menarik yang dapat mereka bagikan kepada Anda kapan saja. Yang pasti, sebelum Anda mulai terjun dalam pemasaran, materi yang akan mereka berikan bisa mempersiapkan Anda. Ayo, daftar sekarang, dan kembangkan keterampilan profesional Anda.

JojoPayroll Membantu Anda Mengelola Payroll Perusahaan dengan Cara Baru yang Lebih Baik. Organisir perusahaan Anda dengan lebih baik, tingkatkan produktivitas karyawan dan pertumbuhan perusahaan Anda semua hanya dengan satu kumpulan aplikasi.

Ucapkan selamat tinggal pada kekacauan kertas yang konvensional, dan ucapkan selamat datang pada manajemen efisien, hanya dengan menggunakan satu rangkai alat-alat yang terintegrasi dengan satu sama lain untuk membantu meningkatkan produktivitas dan kepraktisan.

Serahkan kebutuhan administratif Anda pada proses-proses otomatis dan biarkan karyawan Anda fokus pada tugas-tugas yang lebih penting yang akan membantu perusahaan Anda tumbuh secara eksponensial. Yuk pakai aplikasi payroll dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari!