Strategi Menghadapi Masa Sulit Pemasaran Dalam Bisnis

masa sulit pemasaran

Masa sulit pemasaran bisa saja terjadi tanpa diduga dan tanpa perisapan. Namun celakanya jika Anda tidak siap menghadapi masa sulit ini maka bisnis Anda bisa saja mengalami kemunduran. Bahkan bisnis yang terus mundur lama-kelamaan akan mengalami kebangkrutan. Tentunya hal ini tidak diharapkan oleh pebisnis manapun. Oleh karena itu perlu dilakukan berbagai upaya untuk menghadapi masa sulit ini. Termasuk upaya dalam mempertahankan bisnis serta upaya untuk semakin mengembangkan bisnis.

Strategi di Masa Sulit Pemasaran

Menekan biaya

Di masa sulit pemasaran sebaiknya bisnis tidak sampai terhenti. Tentunya hal ini bisa dilakukan dengan beberapa siasat. Salah satunya adalah dengan menekan biaya baik biaya bahan baku maupun biaya lainnya. Namun bagaimanapun juga Anda harus mengupayakan kualitas produk yang tetap baik sekalipun biaya bahan baku lebih ditekan.

Menciptakan varian

Mungkin saja konsumen merasabosan dengan produk Anda yang selalu sama. Oleh akrena itu Anda perlu berinovasi dengan cara menciptakan varian produk yang lain. Namun sebelum menciptakan varian produk lainnya sebaiknya Anda melakukan survey terhadap pasar. Hasil survey pasar akan membantu Anda dalam memaparkan apa yang sedang dibutuhkan atau diinginkan oleh konsumen. Maka nantinya penciptaan varian produk yang baru bisa laku di pasaran.

Mempertahankan mutu

Kualitas atau mutu produk selalu menjadi alasan bagi konsumen untuk membeli produk tersebut. Oleh karena itu sudah seharusnya Anda selalu mempertahankan kualitas atau mutu produk brand perusahaan Anda. Dengan adanya kualitas produk yang baik maka konsumen akan merasa terhadap produk Anda.

Menghindari diskon

harga produk yang disertai dengan adanya diskon tentu disukai oleh siapa saja. Namun tentunya diskon dapat membuat harga produk menjadi lebih murah sehingga perusahaan tidak dapat mencapai hasil maksimal. Maka sebaiknya hindarilah penjualan produk dengan harga diskon. Anda bisa tetap menjual produk brand perusahaan Anda dengan harga yang normal dalam menghadapi masa sulit pemasaran.

Meningkatkan layanan

Adanya layanan yang baik daripihak perusahaan tentu akan memuaskan pelanggan. Kebanyakan pelanggan memang bisa saja memberikan saran atau kritik atau masukan mengenai produk yang digunakannya. Bisa juga pelanggan menyampaikan keluhan atau ketidakpuasan terhadap produk yang digunakannya. Tentu saja segala keluhan pelanggan harus diterima dengan baik. Masih banyak bentuk layanan lainnya yang juga bisa diberikan untuk memuaskan para pelanggan setia.

Memberi solusi

Keluhan pelanggan sudah seharusnya diterima dengan baik. Tidak hanya itu saja tetapi setiap keluhan yang ada sudah seharusnya diberikan solusi. Dengan adnaya solusi dari perusahaan maka pelanggan akan merasa puas terhadap layanan dari perusahaan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Mengembangkan Bisnis di Masa Sulit Pemasaran

Melindungi arus kas

Kas perusahaan menjadi bagian penting dalam sebuah perusahaan. Sebab hal ini berhubungan secara langsung dengan keuangan perusahaan. Oleh karena itu pengelolaannya harus dilakukan dengan langkah yang tepat. Sebisa mungkin arus kas haruslah dilindungi dengan cara pengeluaran lebih sedikit bila dibandingkan dengan pendapatan perusahaan.

Memperhatikan persediaan barang

Persediaan barang yang ada di perusahaan sebaiknya selalu dicek. Jangan sampai persediaan barang di perusahaan menjadi berlebihan. Stock barang yang berlebihan bisa saja mengalami kesulitan untuk dijual. Maka tentu saja stock barang yang semakin menimbun di sebuah perusahaan berpeluang untuk menimbulkan kerugian.

Memusatkan fokus

Saat sebuah perusahaan menghadapi masa sulit pemasaran maka sebaiknya perusahaan tetap memusatkan fokus. Pemusatan fokus ini dilakukan baik terhadap proses peningkatan kualitas produk hingga proses pemasaran produk. Dengan kata lain pemusatan fokus ini dilakukan kepada proses operasional perusahaan. Di masa sulit pemasaran tentunya Anda bisa meningkatkan fokus pada berbagai macam strategi yang bisa diambil untuk tetap dapat menjual produk.

Memperluas jaringan

Sebuah perusahaan dalam memasarkan produknya tentu saja perlu untuk memperluas jaringan. Dalam hal ini jaringan yang dimaksud adalah jaringan pemasaran. Dengan adnaya perluasan jaringan maka produk Anda bisa dikenal oleh lebih banyak konsumen. Tidak hanya itu saja tetapi bisa saja Anda mendapatkan lebih banyak klien yang dapat turut mengembangkan bisnis Anda.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Meningkatkan jumlah pelanggan

Memusatkan fokus pada peningkatan layanan terhadap customer loyal memang penting. Bahkan hal ini perlu dilakukan oleh setiap perusahaan. Sebab mempertahankan pelanggan lama atau pelanggan setia akan membuat perusahaan Anda bisa tetap melangsungkan bisnis sekalipun di masa sulit pemasaran. Namun mencari pelanggan baru juga bisa dilakukan. Dengan adnaya pelanggan baru maka jumlah pelanggan perusahaan Anda akan meningkat.

Mempertahankan pelanggan setia

Pelanggan yang setia pada sebuah brand perusahaan bisa menjadi suatu aset bagi sebuah perusahaan. Dengan adanya pelanggan yang setia maka pendapatan perusahaan bisa lebih dipastikan. Untuk itu sebaiknya perusahaan selalu berupaya untuk bisa mempertahanakan pelanggan setia atau customer loyal.

Mengurangi jumlah kredit

Seringkali sebuah perusahaan membutuhkan dana lebih untuk berbagai macam keperluan. Bahkan tak jarang perusahaan mengajukan pinjaman kepada bank atau lemabaga lainnya untuk mendapatkan pinjaman dana. Namun jika perusahaan berada dalam masa sulit pemasaran maka sebaiknya jumlah kredit semakin diminimalkan. Jangan sampai jumlah kredit semakin bertambah banyak agar pengeluaran perusahaan tidak semakin bertambah. Di masa ini yang cukup sulit sebaiknya perusahaan bisa menekan biaya atau dana keluar.

Memperbanyak peluang

Menjalankan sebuah perusahaan sebaiknya disertai dengan kemampuan untukmembaca perluang. Akan lebih baik lagi bisa membaca berbagai peluang yang menguntungkan bagi perkembangan bisnis Anda. Tentu saja hal ini akan membantu Anda dalam mempertahankan perusahaan di masa sulit pemasaran.

Mengatasi Masa Sulit Pemasaran

Masa sulit pemasaran mungkin pernah melanda bisnis Anda bahkan mungkin saat ini Anda sedang mengalaminya. Namun hal ini tentu bisa diatasi dengan berbagai upaya atau langkah yang tepat. Dalam mengatasi masa-masa yang cukup sulit untuk bisnis Anda tentunya hal pertama yang perlu Anda miliki adalah mental yang kuat. Setelah itu barulah Anda bisa memikirkan perencanaan yang matang untuk melakukan segala strategi demi mengembangkan bisnis. Maka masa yang sulit ini akan terlewati dengan baik dan bisnis Anda akan berkembang hingga mencapai target.

Tentunya untuk mengatasi masa sulit pemasaran butuh strategi efekfif sama halnya dengan mengatasi permasalahan absensi pada perusahaan. Salah satu solusi yang efektif ini termasuk dengan menggunakan JojoTimes. Berkat produk tersebut tentu saja absensi karyawan lebih mudah untuk dipantau. Bukan hanya itu saja tetapi juga dapat membantu integrasi absensi dengan sistem payroll perusahaan secara optimal.

Hal ini karena beberapa fitur yang memang diberikan oleh JojoTimes, di antaranya yaitu sebagai berikut:

  • Pengenalan wajah biometris dengan geo-locator yang akurat
  • Mengelola laporan kehadiran, perizinan cuti dan jam kerja
  • Tarif lembur yang dapat disesuaikan
  • Terintegrasi dengan sistem absensi yang sekarang, serta pengaturan izin cuti dan advance

Oleh sebab itu jangan khawatir, segera beralih pada produk yang satu ini. Dapatkan coba gratis di perusahaan Anda selama 14 hari sekarang juga dan rasakan sendiri manfaatnya.