Masalah Sosial Yang Umum Terjadi Pada Masyarakat di Indonesia

Masalah sosial sudah terlihat dari namanya bahwa hal ini tentunya bukanlah hal yang menyenangkan. Namun istilah ini berkaitan dengan seluruh masalah yang terjadi di tengah masyarakat dna bisa berimbas ke orang lain. Istilah masalah sosial ini bisa didefinisikan sebagai berbagai macam permasalahan yang muncul di tengah masyarakat dan berhubungan erat dengan berbagai nilai sosial serta lembaga kemasyarakatan.

Sebenarnya masalah seperti ini sudah timbul sejak dulu. Namun rupanya di masa modern seperti sekarang ini masalah sosial semakin banyak jumlahnya dan juga bentuknya semakih berkembang. Hal ini tentu saja dapat membawa dampak buruk bagi masayarakat. saat mengetahui hal ini masayarakat bisa saja merasa gelisah dan bahkan takut serta merasa tidak nyaman.

Ciri Masalah Sosial

Pelanggaran norma

Suatu hal yang disebut bagian dari masalah sosial umumnya berkaitan dengan perilaku yang melanggar norma. Sebab pada dasarnya segala sesuatu yang bertentangan dengan norma serta bertentangan dengan aturan atau kebijakan yang berlaku bisa mengganggu kenyamanan hidup masyarakat.

Disintegrasi kehidupan

Selain melanggar norma rupanya suatu permasalahan sosial disebut timbul jika individu atau kelompok melakukan suatu perbuatan yang menyebabkan terjadinya disintegrasi kehidupan. Tentunya hal ini tidak diinginkan oleh masyarakat. Sebab adanya disintegrasi dalam kehidupan masyarakat bisa memberikan dampak yang cukup buruk.

Kegelisahan di tengah masyarakat

Suatu hal juga bisa disebuat sebagai permasalahan sosial jika memang telah memunculkan rasa gelisah pada banyak orang. Jadi apa yang dilakukan oleh seorang individu atau suatu kelompok dalam hal ini bisa mengakibatkan rasa takut pada individu dan kelompok lainnya. Maka masyarakat bisa hidup dalam kegelisahaan sehingga tidak mendapatkan kebahagiaan.

Faktor Penyebab Masalah Sosial

Faktor ekonomi

Salah satu faktor yang menyebabkan timbulnya masalah sosial adalah faktor ekonomi, ini berkaitan dengan ketimpangan pendapatan dan juga ketidakmerataan pembangunan serta ketidakmerataan akses yang bsia dilakukan setiap orang.

Faktor budaya

Faktor budaya ini lebih menekankan adnaya perilaku yang timbul secara menyimpang karena pelaku terpengaruh oleh kebiasaan buruk orang lain. Terlebih lagi di zaman globalisasi yang bisa memberikan beberapa hal negatif kepada remaja.

Faktor biologis

Ini pada dasarnya berkaitan dengan kondisi fisik manusia yang bisa meresahkan warga lainnya.

Faktor psikologis

Hal terakhir yang menjadi faktor pemicu timbulnya permasalahan sosial adalah faktorpsikologis. Umumnya hal ini berkaitan dengan gangguan psikologis pada beberapa orang. Gangguan psikologis yang dialami oleh seseorang dalam hal ini bsia mengakibatkan rasa takurt pada orang lain sehingga hal ini menjadi suatu masalah.

Jenis Masalah Sosial

Kemiskinan

Kemiskinan hingga saat ini masih saja menjadi suatu hal yang meanda warga negara dan belum bisa diatasi. Masalah ini seolah tidak dapat diselesaikan secara tuntas. Kemiskinan sendiri terjadi karena berbagai macam faktor. Misalnya karena banyaknya jumlah penduduk dehingga kesempatan rakyat untuk bisa menikmati pekerjaan semakin terbatas. Maka penghasilan yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup tidak ada.

Orang yang miskin pada dasarnya tidak memiliki tabungan dan juga tidak memiliki penghasilan.Selain itu mereka tidak memiliki akses untuk bisa mendapatkan uang. Sehingga akhirnya memilih berhutang dan justru terjerat di dalamnya.

Pengangguran

Pengangguran juga menjadi salah satu jenis masalah sosial yang harus diatasi oleh pemerintah. Umumnya pengangguran terjadi karena keterbatasan lapangan kerja. Orang yang tidak mendapatkan kesempatan kerja akan berdiam diri saja dan tidak memperoleh pendapatan. Orang yang seperti inilah yang disebut dengan pengangguran.

Sebenarnya banyak hal yang membuat seseorang menganggur atau tidak bekerja. Misalnya karena tidak memperoleh pekerjaan atau mungkin karena cacat atau mungkin karena menderita penyakit tertentu.

Istilah pengangguran ini umumnya diberikan pada orang dengan usia produktif yang tidak bekerja. Maka jika anak-anak dan lansia tidak bekerja tentunya tidak bisa disebut dengan istilah ini.

Kriminalitas

Kriminalitas juga menjadi salah satu jenis masalah sosial yang mungkin paling berbahaya. Sebab tindakan kriminal umumnya merugikan orang lain. Tindakan ini umumnya berhubungan dengan perilaku yang bisa membuat orang lain menjadi menderita dan bahkan meninggal. Maka dari itu segala macam tindakan kriminal haruslah diatasi.

Caranya adalah dengan pemberian sansi kepada para pelaku tindaka kriminal agar para pelakubisa jera dan tidak mengulanginya lagi. Kriminalitas sekarang ini terjadi karena berbagai macam tekanan hidup yang harus dihadapi oleh seseorang. Tekanan hidup ini bisa saja mengganggu mental seseorang sehingga orang tersebut pada akhirnya melakukan tindakan kriminalitas.

Kenakalan remaja

Kenakalan remaja saat ini juga semakin merebak termasuk di negara ini. Hal ini sebenarnya sangatlah diprihatinkan sebab remaja yang seharusnya belajardan berprestasi ternyata malah melakukan perilaku yang menyimpang. Beberapa contoh nyata dari kenakalan remaja antara lain seperti bullying dan tawuran atau juga bisa tindakan kriminalitas yang dilakukan oleh pelajar serta pencurian dan sebagainya.

Kenakalan remaja yang saat ini juga menjadi sorotan publik adalah pelecehan seksual hingga penggunan obat terlarang dan merokok. Semua bentuk kenakalan remaja ini sangat disayangkan dan tentu saja sangat meresahkan warga. Oleh karena itu hal ini perlu diatasi sesegera mungkin.

Mengatasi Masalah Sosial

Masalah sosial umumnya terjadi di seluruh negara. Di tiap wilayah bisa saja timbul hal ini sehingga masyarakat yang ada di lingkungan wilayah tersebut menjadi terganggu. Oleh karena itu segala bentuk dan jenis masalah sosial perlu untuk diatasi. Hal ini tentu saja membutuhkan peran langsung dair pihak pemerintahan misalnya dengan memaksimalkan kinerja aparat keamanan serta kinerja hukum. Namun upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam mengatasi kondisi ini juga perlu mendapat dukungan dari masyarakat.

Kesimpulan

Ada banyak hal yang sekiranya bisa dilakukan di tengah masyarakat untuk mengatasi masalah sosial. Misalnya dengan memperbanyak aktivitas di rumah ibadah sehingga kegiatan memperdalam iman bisa dilakukan. Dengan adnaya kerja sama dari pemerintah dan masyarakat maka masa sosial diharapkan dapat ditekan.

Seperti juga saat ingin mengatasi masalah payroll yang terjadi di dalam perusahaan. Sebaiknya pilih aplikasi yang memadai, contohnya yaitu dengan menggunakan JojoPayroll. Berkat aplikasi tersebut tentu perusahaan lebih mudah dalam membayarkan payroll bulanan kepada karyawan secara akurat dan juga otomatis maupun sistematis.

Semua didukung oleh fitur-fitur menarik yang menjadi andalan dari JojoPayroll. Di antaranya yaitu fitur-fitur seperti sistem payroll yang terkalkulasi dengan otomatis dengan slip gaji yang dikeluarkan secara otomatis, sistem penggajian terhitung otomatis dengan slip gaji yang dihasilkan secara otomatis, maupun fitur integrasi yang mudah ke sistem HRIS saat ini dan Basis Data Komprehensif untuk Analisis.

Oleh sebab itu segera beralih menggunakan aplikasi payroll dari Jojonomic ini. Dapatkan coba gratis selama 14 hari di perusahaan Anda dan rasakan seluruh fitur maupun manfaatnya sekarang juga.