Mau Buka Usaha Rumahan? Ini Dia 5 Contoh Peluangnya!

Kamu berniat mau menjalankan usaha rumahan di tahun 2019 ini? Usaha rumahan banyak dipilih orang sebagai tambahan pekerjaan atau bahkan pekerjaan utama yang menjanjikan lho. Tidak harus selalu dengan modal yang besar, pada dasarnya banyak bisnis rumahan yang bisa dimulai dengan modal yang kecil tapi membawa keuntungan yang fantastis.

Oops! We could not locate your form.

Nah, mau tahu beberapa peluang bisnis rumahan dengan modal kecil yang bisa kamu jadikan sebagai pertimbangan? Yuk, cek beberapa contohnya dibawah ini!

Contoh Peluang Usaha Rumahan

Ketika kita mau membuka atau membuat sebuah bisnis rumahan, biasanya modal adalah salah satu faktor yang sangat penting, baik itu modal materil maupun modal non materil. Tapi, ada beberapa contoh peluang bisnis rumahan dengan modal yang cukup terjangkau dan mendatangkan keuntungan yang besar. Kira-kira apa saja ya contoh bisnisnya?

Jasa Laundry Kiloan

Jaman sekarang ini banyak orang suka hal yang praktis, terutama bagi mereka yang sibuk bekerja. Karena itu, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan cara membuka usaha laundry kiloan. Apalagi kalau kamu berada di daerah kompleks karyawan atau daerah kampus. Usaha laundry kamu bisa berkembang pesat, lho.

Modal apa saja yang kamu butuhkan?

  • Mesin cuci + pengering 1 unit sekitar Rp 2.500.000,-
  • Timbangan sekitar Rp 150.000,-
  • Sabun sekitar Rp 450.000,-
  • Setrika pakaian sekitar Rp 500.000,-
  • Biaya tidak terduga lainnya sekitar Rp 600.000,-

Dengan usaha jasa laundry ini, kamu bisa mendapatkan omset sekitar 6 hingga 7 ribu rupiah per KG, tergantung lokasi kamu. Kalau sehari kamu bisa menerima pesanan sebesar 30 Kg, berarti dalam sebulan kamu bisa mendapatkan pendapatan kotor sebesar 30 x 7000 x 30 = 6.300.000.

Usaha laundry kamu bisa sukses dengan melakukan beberapa hal, seperti memberikan diskon bagi pelanggan setia kamu, pelayanan yang ramah, pekerjaan tepat dan cepat serta cucian yang bersih, dan promosi dengan teknik yang inovatif.

Tapi, jangan lupa kamu harus melihat kondisi lingkungan terlebih dahulu ya. Lakukan analisa secara matang apakah lokasi kamu layak untuk dibuka usaha laundry atau tidak agar bisa mendapat banyak pelanggan.

Menjadi Dropshipper

Usaha rumahan yang lagi trend satu ini bisa dibilang hanya membutuhkan modal yang relatif minim. Kamu juga bisa  menjalankan usaha ini sebagai sampingan dari rumah, lho. Tidak perlu waktu penuh seharian, cukup dengan memanfaatkan waktu luang yang ada.

Estimasi modal yang kamu perlukan:

  • Smartphone atau laptop = 2 jutaan
  • Koneksi internet 30 GB Perbulan = 200 an Ribu

Misalnya, kamu mampu menjual 1 produk perhari karena masih pemula. Kalau selisih harga antara suplier dan harga jual sebesar 50 ribu, maka kamu  bisa mendapatkan profit perbulan sebesar 1 x 30 x 50.000 = Rp 1.500.000.

Nah, bisnis dropshipper merupakan bisnis menjual produk orang lain tanpa harus memiliki stok barang. Jadi,  kamu hanya sebagai perantara saja. Setelah kamu berhasil mendapatkan order, selanjutnya proses pengiriman akan dilakukan oleh supplier. Mudah, kan?

Pertama-tama, kamu harus mencari jenis produk yang mau kamu jual. Lalu, cari supplier di e-commerce yang ada di Indonesia, dan promosikan lewat media sosial, blog pribadi atau forum online. Jangan lupa untuk menerapkan strategi promosi yang kamu anggap ampuh untuk mendapatkan pelanggan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Modal usaha rumahan yang satu ini yaitu internet dan smarthpone atau laptop. Tidak membutuhkan ruko besar, cukup dengan perangkat tersebut, kamu bisa menjalankan usaha rumahan ini.

Usaha Katering Harian

Usaha kuliner ini bisa dibilang tidak akan pernah ada matinya, dan bahkan akan semakin meningkat pesat kalau kamu tinggal di daerah padat penduduknya. Kamu bisa menjalankan usaha warung makan ini dari rumah juga.

Sebenarnya, dengan modal Rp 5.000.000 saja sudah cukup untuk menjalankan bisnis ini, lho. Omset yang kamu dapatkan juga terbilang tinggi.

Contohnya:

  • Order masuk 50 porsi dengan harga Rp20.000 ribu rupiah per porsi.
  • Maka estimasi keuntungan Rp20.000 x 50 porsi= Rp1.000.000
  • Modal estimasi 50 porsi= Rp500.000

Nah, kalau sehari saja kamu bisa mendapatkan pelanggan sebanyak itu, maka potensi penghasilan sebulan bisa mencapai Rp500.000 dikalikan 30 hari = Rp 15.000.000,-

Untuk bisa sukses membuka catering atau warung makan, pastikan kamu menjaga rasa dan kualitas makanan tetap enak dan menjaga kebersihan warung makan dan terlihat rapi. Jangan lupa juga untuk selalu ramah dan murah senyum kepada para pelanggan kamu dan bahkan kamu bisa memberikan diskon khusus bagi pelanggan yang setia membeli masakan kamu.

Karyawan atau mahasiswa kampus biasanya sangat sibuk, mereka tidak sempat memasak makanan mereka sendiri, sehingga biasanya mereka mencari jasa ketering. Karena itu, kamu sangat bisa untuk mempromosikan jasa catering kamu kepada mereka. Pasti banyak yang tertarik, kan?

Bisnis Affiliate Marketing

Bisnis affiliate marketing ini merupakan bisnis yang bisa mendatangkan pasive income lho. Apalagi teknologi sekarang ini sudah sangat mendukung usaha ini.

Affiliate marketing merupakan bisnis berbasis komisi. Kalau kamu berhasil menjual produk, maka kamu bisa mendapatkan komisi dari supplier. Modal yang kamu butuhkan hampir sama dengan  model bisnis dropshipper, atau kamu tidak perlu modal besar. Cukup memiliki laptop atau smartphone dan koneksi internet.

Tapi supaya lebih maksimal, kamu bisa membangun website spesial untuk kamu jadikan media promosi affiliate sehingga banyak orang di dalam dan luar kota yang bisa melihat dan bisa tertarik untuk membeli barang yang kamu tawarkan.

Jual Pulsa dan Paket Internet

Penggunaan smartphone telah menjadi bagian dari gaya hidup masa kini. Hampir semua lapisan masyarakat memiliki ponsel pintar untuk kegiatan sehari hari.

Karena itu, peluang usaha rumahan counter pulsa bisa membawa keuntungan, karena pastinya banyak orang yang membutuhkan pulsa dan paket internet sehari-hari dalam kehidupan mereka, kan?

Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha pulsa ini  terbilang sangat kecil yaitu sekitar Rp 500.000,- saja. Modal tersebut digunakan untuk deposit awal pulsa kamu. Kamu juga bisa memulai usaha ini hanya dengan sebuah etalase kecil dan juga spanduk sederhana saja, sehingga orang-orang bisa melihat dan mendatangi rumah saat mereka membutuhkan pulsa dan paket internet.

Bukan hanya pulsa saja, kamu juga bisa saja menjual paket internet, aksesoris bahkan hingga service handphone ringan. Sangat menarik, kan?

Ada berbagai pilihan ide peluang usaha rumahan yang bisa kamu pilih. Apalagi ditambah dengan kemajuan teknologi internet, jumlah peluang usaha yang ada juga semakin bertambah banyak.

Kamu sudah tahu belum kalau sekarang kamu juga bisa membuat semua pelaporan keuangan usaha kamu dengan mudah dan cepat dengan menggunakan internet? Semuanya bisa dilakukan dengan aplikasi Jojo Expense yang secara otomatis dan akurat membantu urusan laporan keuangan kamu dan bisa kamu pantau lewat gadget kamu, jadi hemat kertas dan hemat waktu juga! Tertarik untuk mencoba aplikasi dari Jojonomic ini?