Memahami Strategi Cost Focus yang Buat Appel Sukses Kuasai Dunia

cost focus

Dalam sebuah bisnis tentu ada strategi yang harus diterapkan agar bisnis tersebut bisa sukses mengahali pesaing. Pernahkah kamu bertanya-tanya, mengapa perusahaan Apple bisa begitu laris manis padahal pesaingan di dunia telpon pintar begitu ketat dengan begitu banyak nama perusahaan seperti Samsung? Apa rahasia mereka? Bagaimana dengan cost focus?

Itu semua karena tangan dingin Steve Jobs dalam menerapkan strategi cost focus yang diperkenalkan oleh seorang peneliti Michael Porter’s 1985 dalam bukunya ‘Competitive Advantage, Creating and Sustaining Superior Performance‘ selama bertahun-tahun sehingga Apple bisa seperti sekarang ini. Lalu seperti apa sebenarnya itu? Mari sama-sama kita bahas.

Apa itu Porter Strategi?

Di tahun 1776, Adam Smith sudah mempopulerkan tentang comparative advantage di mana suatu pihak akan mempunyai kemampuan dalam memproduksi barang dengan marginal cost yang lebih rendah dibandingkan pihak lain dan pihak tersebut harus fokus pada usaha tersebut dibandingkan usaha yang lain.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Namun menurut Porter, ada hal yang tidak berhasil Smith tangkap dalam konsepnya. Setelah melakukan penelitian, Porter memperkenalkan istilah baru dalam bisnis yang perlu juga diperhatikan, yaitu apa yang Porter sebut dengan konsep competitive advantage. Ia membaginya dalam empat strategi yang dapat dipilih oleh perusahaan, Porter percaya bahwa jika perusahaan harus punya strategi yang jelas untuk bisa mengalahi pesaing.

Empat strategi tersebut adalah:

  • Cost Leadership
  • Differentiation
  • Cost Focus
  • Differentiation Focus

Cost Focus Leadership

Perusahaan yang memilih menggunakan cost leadership sebagai strategi memiliki dua opsi (i) menetapkan harga produk dengan rata-rata yang ada di pasaran (ii) menerapkan harga di bawah pasar untuk meningkatkan share. Kedua opsi ini pada intinya adalah menjaga biaya yang dikeluarkan perusahaan serendah mungkin. Biasanya mereka menargetkan pada konsumen yang relatif mudah terpengaruhi oleh pergeseran harga atau menggunakan harga sebagai acuan pengambilan keputusan pembelian.

Perusahaan  supermarket Jerman seperti Aldi atau UK seperti Tesco  menerapkan strategi ini. Aldi dengan slogan ‘Like Brands, only cheaper’ memang ditujukan untuk menanamkan mindset bahwa kalau mau mencari produk dengan harga murah ya d isini.

Organisasi yang bisa menerapkan strategi ini dengan sukses bisa memiliki modal investasi yang besar, logistik yang efisien, dan biaya yang rendah dalam bahan baku dan tenaga kerja. Namun, sebelum memutuskan menggunakan strategi ini, perusahaan kamu harus punya keunggulan di sumber daya dan organisasi.

Strategi ini hanya efektif dijalankan jika perusahaan mempunyai keunggulan disumber daya seperti kuat akan modal, trampil pada rekayasa proses (process engineering), pengawasan yang ketat, mudah diproduksi, serta biaya distribusi dan promosi rendah.

Sedangkan dari sisi organisasi perusahaan harus memiliki kemampuan mengendalikan biaya dengan ketat, informasi pengendalian dengan baik, insentif berdasarkan hasil.

Differentation

Differentiation agak berbeda dengan cost leadership. Sesuai namanya, strategi ini mengharuskan produk yang dihasilkan memiliki perbedaan dengan produk yang ada di pasaran. Dengan strategi ini kamu menjadikan produkmu seekslusif mungkin, menjadikannya lebih menarik daripada produk sejenis yang ditawarkan para pesaing.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Keberhasilan strategi ini sangat tergantung sekali dengan penelitian dan pengembangan yang baik, inovasi dan kemampuan untuk menghadirkan produk berkualitas tinggi. Karena tidak bisa dibandingkan dengan produk sejenis, pemasaran pada produk strategi ini harus dilakukan dengan seefektif mungkin agar konsumen mengetahui manfaat dari produk.

Jika kamu menggunakan strategi ini, kamu harus bisa dengan cepat beradaptasi dengan pasar yang berubah-ubah jika tidak maka akan disalib oleh pesaing.

Perusahaan yang berhasil menggunakan strategi ini contohnya adalah Starbuck yang memiliki menu kopi dan suasana yang berbeda. Dengan coffe shop pada umumnya sehingga konsumen betah berlama-lama dan rela mengeluarkan harga yang cukup mahal.

Differentation Focus

Strategi ini hampir mirip dengan differntiation namun dalam strategi ini kamu harus menargetkan pasar khusus. Sedikit kompetitor, dan produk atau layanan yang kamu tawarkan punya keunikan.  Kamu sudah mengidentifikasi pasar yang lebih kecil untuk difokuskan sehingga dapat secara sefesifik menarik kebutuhan dan keinginan pasar ini. Strategi ini sering melibatkan royalitas merek yang kuat antar konsumen.

Agar strategi ini berhasil. Perusahaan harus terlebih dahulu mengidentifikasi bahwa kelompok konsumen memiliki kebutuhan yang berbeda dari populasi pasar yang lebih luas. Jika tidak ada variasi dalam kebutuhan, maka tidak ada dasar yang valid untuk diferensiasi. Selain itu, perusahaan juga harus memastikan bahwa pesaing lain belum memenuhi kebutuhan spesifik dan unik yang telah mereka identifikasi.

Cost Focus

Seperti yang sudah kita singgung di atas tentang kesuksesan Apple menggunakan strategi  cost focus. Cost focus sendiri digunakan untuk membangun keunggulan bersaing dalam suatu segmen pasar yang sempit. Konsumen yang ditargetkan pun tidak terpengaruh dengan harga dalam pengambilan keputusan.

Strategi ini akan menjadi lebih efektif jika konsumen membutuhkan suatu kekhasan tertentu yang tidak diminati oleh perusahaan pesaing.

Kesuksesan Apple dengan Strategi Cost Focus

Apple, sejak hadir di industri komputer memperoleh banyak keuntungan yang akhirnya menjadi ciri khas yang tidak bisa ditiru oleh Dell dan IBM sebagai pesaing mereka.

Kompetensi inti ini membuat komputer Appel berdiri dengan keunikannya di tengah raksasa industri komputer lainnya. Ini yang menopang Apple bahkan dalam pusaran perubahan industri yang begitu cepatnya.

Apple telah membangun strategi cost focus yang kuat bahkan cocok dengan tantangan dunia industri saat ini. 

Kompetensi yang dibuat Apple sendiri seperti:
  • Kreativitas: Apple mampu secara gesit dan inovatif dalam mengembangkan komputer dan perangkat lunak membedakannya membedakannya dengan pesaing lain. Ini membuat Apple berdiri sendiri di antara pesaing. Apple dianggap sebagai yang paling terdepan dalam hal revolusi yang mampu mengintegrasikan antara musik, gambar, dan animasi.
  • Apple dipandang sebagai produk terdepan setelah berhasil menciptakan iOs yang memaksa Microsoft untuk meminta registrasi untuk bisa masuk ke Macintosh.
  • Dengan memiliki desain Konoclastic (revolusioner) Apple tidak bisa ditiru oleh pesaing lain.

Walau kekuatan dan kemajuan Apple di atas. Dell, IBM, Microsoft menjadi ancaman untuk Apple. Bahkan Dell yang mampu melihat kelemahan Apple langsung bergerak dengan strategi penurunan biaya dan melakukan pendekatan langsung kepada pengguna komputer.

Namun tidak ada yang mampu menyalip Apple yang telah punya fokus produk pada para profesional. Dan memproduksi komputer yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan profesional yang tepat. Komputer yang dirancang untuk para profesional memiliki fungsi kompleks yang memenuhi persyaratan mereka saat ini.

Cara Menentukan Strategi Cost Focus Perusahaan

Strategi Michael porter adalah strategi  yang dapat digunakan oleh perusahaan mana pun untuk menjadi kompetitif. Secara umum, perusahaan ada dengan menyusun berbagai strategi untuk melebihi pesaing mereka.

Kemampuan untuk bersaing dengan kompetitor juga harus didukung dengan internal perusahaan yang baik, salah satunya dengan kepekaan kemajuan teknologi. Salah satunya dalam bidang HR yang telah banyak berkembang dengan semakin banyak. Aplikasi HR yang dapat memudahkan dan mendigitalisasi berbagai cara lama dengan lebih praktis dan mudah. 

Memahami strategi cost focus sebenarnya perlu dilakukan oleh para pebisnis. Sebab strategi jenis ini bisa saja menguntungkan bagi kelangsungan bisnis atau usaha yang sedang dijalankan. Pada dasarnya strategi dengan nama costfocus ini diterapkan dengan adanya tindakan membangun keunggulan suatu produkdalam bersaing di segmen pasar yang tergolong sempit.

Dengan kata lain keberadaan produk akan selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Bahkan masyarakat akan berusaha untuk bisa mendapatkannya tanpa memedulikan seberapa besar biaya yang dibutuhkan untuk bsia memperoleh produk tersebut. Jadi dalam hal ini konsumen yang menjadi target pasar bagi perusahaan tidak akan terpengaruh dengan harga produk yang berlaku di dalam mengambil keputusan mengenai pembelian produk.

Tujuan Strategi Cost Focus

Membangun keunggulan bersaing

Tentu saja berbagai strategi yang diciptakan oleh pebisnis dalam menjual produknya adalah berbeda. Perbedaan strategi inilah yang terkadang menjadi fokus dari tiap perusahaan dalam menjalankan sistem pemasaran produk. Salah satu strategi yang dikenal dalam dunia bisnis adalah cost focus. Strategi ini memiliki berbagai tujuan dan salah satunya adalah untuk membangun keunggulan bersaing.

Dengan adanya keunggulan produk yang diciptakan oleh perusahaan tersebut maka nantinya produk akan selalu dibutuhkan oleh konsumen. Bahkan tingkat kebutuhan konsumen pada produk tersebut selalu meningkat dan tidak dapat digantikan oleh produk lain. Maka keunggulan bersaing pada produk dalam hal ini telah tercipta.

Memenuhi kebutuhan konsumen

Jelas saja setiap produk yang dikeluarkan oleh perusahaan bertujuan untuk dapat memenuhi permintaan pasar. Yang dimaksud dengan pasar disini adalah target perusahaan yang akan mendapatkan tawaran produk. Untuk strategi cost focus sendiri umumnya pemenuhan kebutuhan ini dilakukan dengan lingkup konsumen yang mungkin bsia dibilang relatif lebih kecil. Namun walaupun lingkup konsumen lebih kecil rupanya tingkat kebutuhan konsumen pada produk bisa dibilang relatif tinggi.

Hal ini berkaitan dengan adanya kekhasan produk yang membuatnya dibutuhkan oleh konsumen. Bahkan bisa saja konsumen melakukan pembelian produk tanpa peduli dengan harga produk. Sekalipun bila harga produk naik ataupun relatif tinggi maka tetap saja konsumen akan membelinya. Hal ini tidak lain disebabkan oleh adnaya kebutuhan konsumen akan produk tersebut.

Memenuhi kebutuhan akan produk khusus

Sebuah produk yang ditawarkan di lingkup pasar yang relatif lebih kecil mungkin saja terjadi karena adanya kebutuhan konsumen yang besar akan produk tersebut. Biasanya perusahaan yang menerapkan strategi cost focus cenderung menciptakan produk dengan adanya suatu ciri khas yang mungkin saja sebelumnya idak pernah ada pada produk lain.

Kekhasan produk ini membuatnya menjaid produk khusus yang kemudian beredar di pasar. Maka sudah pasti konsumen akan menjadi bergantung pada produk karena kebutuhannya. Hal ini akhirnya membuat konsumen akan selalu membeli produk demi menutup kebutuhannya akan produk tersebut.

Syarat Penerapan Strategi Cost Focus

Besaran pasar yang cukup

Suatu produk sudah tentu dapat membantu perusahaan untuk bisa memperoleh pendapatan jika laris di pasaran. Untuk itu produk harus dipasarkan ke masyarakat sehingga pengenalan produk boleh masyarakat bisa terjadi. Namun untuk membuat produk laris maka sebaiknya tingkat besaran pasar yang menerima produk adalah cukup. Jadi besaran pasar tidak boleh terlalu rendah agar produk yang dipasarkan dalam lingkup konsumen yang relatif kecil ini bisa laris di pasaran. Untuk itu pengenalan produk pada kosumen perlu ditingaktkan agarkonsumen bisa paham benar mengenai kelebihan produk.

Potensi pertumbuhan baik

Dalam lingkup pasar yang relatif lebih kecil tentu saja produk yang dijual haruslah mampu memenuhi kebutuhan konsumen. Maka potensi pertumbuhan produk di pasar haruslah baik. Dengan adanya pertumbuhan yang baik maka produk bisa terus ada untuk dipasarkan. Hingga pemasaran produk ke pelanggan bisa terus berlangsung.

Pertumbuhan yang baik juga harus dijamin agar produk bisa terus berkembang sehingga bisa memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin hari semakin kompleks. Dengan berbagai inovasi dan perkembangan maka diharapkan agar produk nantinya bisa selalu memenuhi kebutuhan konsumen.

Tidak ada perhatian dari pesaing

Semakin berkurangnya pesain atau kompetitor bisnis maka pemasaran suatu produk bisa berlangsung dengan lebih cepat dan lebih baik. Sebuah produk yang tidak memiliki pesaing atau kompetitor tentunya dapat dipasarkan dengan lebih mudah. Artinya konsumen sudah pasti bisa menerima produk tersebut karena tidak ada produk lainnya.

Suatu produk bisa saja menjadi unggul jika memang kehadiran produk di pasaran tidak disertai dengan adanya produk pesaing atau kompetitor bisnis. Maka produk akan menjadi satu-satunya produk yang terus dibeli oleh konsumen karena memang adanya kebutuhan konsumen pada produk tersebut.

Adanya kekhasan produk

Produk yang memiliki kekhasan tertentu juga dapat dipasarkan dengan lebih mudah. Sebab kekhasan yanga da produk umumnya menjadi suatu ciri khusus dari produk yang membuat konsumen begitu membutuhkannya. Terlebih lagi bila apa yang khas pada produk tersebut tidaklah disaingi oleh produk lainnya. Maka produk yang diciptakan dan memiliki kekhasan tersbeut akan menjadi stau-satunya produk yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Untuk itu penciptaan produk dengan kreasi dan inovasi memang bsia menjadi suatu solusi bagi perusahaan startup yang ingin menerapkan stratgei cost focus.

Bergerak pada kelompok pasar tertentu

Tidak semua produk bisa dipasarkan kepada semua orang. Ada saja produk yang ternyata hanya dapat dipasarkan pada kelompok pasar tertentu. Misalnya saja obat yang dijual kepada orang sakit atau mungkin mobil mewah dijual di kalangan masyarakat kelas atas. Jadi suatu produk yang dikeluarkan oleh perusahaan haruslah bisa mencapai kebutuhan konsumen. Oleh karena itu penerapan cost focus sebenarnya sangat cocok untuk dilakukan pada kelompok kecil. Terutama pada kelompok pasar tertentu yang memang membutuhkan kehadiran produk.

Dapat memenuhi kebutuhan konsumen

Sesuai dengan tujuan dan fungsi dari penciptaan produk maka sebuah produk didistribusikan dengan maksud agar dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Terlebih lagi pada kondisi tertentu yang mengharuskan konsumen untuk mengonsumsi suatu produk tertentu. Maka kehadiran produk yang sedang dibutuhkan oleh konsumen pada kondisi tertentu sudah pasti akan lebih mudah diterima oleh konsumen. Maka untukperusahaan yang menerapkan strategi cost focus sebaiknya bisa terus menghasilkan produk yang memang dibutuhakna oleh konsumen sehingga produk bsia terus dikonsumsi.

Membangun Strategi Cost Focus

Memahami strategi cost focus sebenarnya cukuplah mudah. Pada awalnya pebisnis hanyalah tinggal menciptakan suatu produk yang sekiranya memiliki ciri khas. Lalu produk yang dijual secara bertahap akan menjadi penguasa market. Untuk itu diperlukan suatu tahapan dalam membangun cost focus. Dimulai dari adanya kreasi produk yang umumnya cenderung bersifat inovatif. Hingga ke proses promosi yang bertujuan untuk memperkenalkan produk ke masyarakat publik. Nantinya produk akan semakin dikenal oleh konsumen sehingga pembelian produk menjadi smeakin meningkat.

memahami strategi cost focus

Memahami Strategi Cost Focus Dalam Model Porter Generic Competitive

Bayangkan jika anda sedang berada di suatu bandara internasional dan terdapat dua slogan besar di depannya. Slogan tersebut menawarkan dua pilihan keuntungan yang sama – sama menggiurkan. Opsi pertama adalah memilih penerbangan yang murah namun apa adanya. Serta opsi kedua adalah memilih penerbangan dengan harga mahal namun memberikan layanan keselamatan serta kenyamanan super ekstra.

Jika anda berada di situasi tersebut, pilihan mana yang paling anda sukai?

Kedua pilihan memiliki peminatnya masing – masing. Pun, setiap kostumer memiliki keinginan yang berbeda – beda. Dimana setiap orang akan mempertimbangkan ‘tingkat’ spesifikasinya dan hal ini tidak bisa disalahkan.

Perumpamaan situasi di atas merupakan contoh dari salah satu strategi cost focus yang akan dibahas dalam ulasan berikut. Perlu dipahami bahwa dalam hal penerbangan sekalipun anda akan diberikan berbagai macam opsi atau pilihan yang sama – sama menggiurkan dimana dan kadnag sulit untuk dipertimbangkan.

Keuntungan – keuntungan yang diberikan antara satu maskapai penerbangan dengan maskapai penerbangan lainnya memang sengaja dibedakan. Hal ini untuk memberikan opsi menarik pelanggan dengan slogannya masing – masing.

Setiap perusahaan atau bisnis dalam hal apapun termasuk maskapai penerbangan akan memberikan upaya terbaiknya dalam menggaet pembeli dengan tingkat persaingan sengit di pasar market yang semakin sempit.

memahami strategi cost focus
Pembahasan di bawah ini akan berfokus pada deskripsi Michael Porter dalam penerapan strategi cost focus yang berada di dalamnya.

Dari penjelasan mengenai contoh kasus maskapai penerbangan sebelumnya, dapat dikatakan bahwa maskapai yang menawarkan penerbangan dengan biaya lebih murah memotong anggaran ‘pelayanan’ seminimum mungkin agar harga tiket yang diberikan terjangkau bagi kostumer.

Strategi tersebut diterapkan demi meraih pemasaran nilai yang besar dan memastikan pesawat akan selalu penuh sesuai dengan jadwal keberangkatan yang telah ditentukan. Hal tersebut merupakan cara agar tiket dapat terjual murah tanpa membuat perusahaan merugi karna potongan harga yang besar – besaran.

Sebaliknya pada maskapai penerbangan yang menjual ‘luxury’ serta pelayanan top class, mereka lebih mengedepankan pada upaya pelayanan yang diberikan sehingga mematok harga tiket yang lebih tinggi.

Di kesempatan lain, maskapai – maskapai yang lebih kecil biasanya hanya akan memfokuskan pelayanan penerbangan dengan jumalh rute yang terbatas, namun dikuasai sepenuhnya oleh maskapai tersebut. Dengan memanfaatkan pengetahun serta detail tentang rute yang akan dilalui oleh penumpang, maskapai tipe ini memberikan layanan yang baik dan murah hanya dengan ide rute maskapai yang mungkin bisa jauh lebih cepat atau lebih ringkas.

Cost focus mengacu pada organisasi atau perusahaan yang lebih mengedepankan atau mengembangkan keunggulan dibidang ‘pengurangan’ biaya dalam segmen pasar kecil. Dengan metode atau strategy cost focus diharapkan produk yang dijual dapat bersaing dengan merk lain yang sudah terkenal dipasaran yang harganya biasanya masih jauh lebih mahal.

Produk yang dijual dengan harga yang lebih murah meski memiliki pasar konsumen yang masih kecil akan lebih mudah diterima oleh sejumlah pelanggan dan cukup untuk membuat keuntungan bagi perusahaan.

memahami strategi cost focus

Menerapkan Strategy Cost Focus dalam kehidupan

Hati – hati dalam memilih atau menerapkan sebuah ide strategy focus. karena hal tersebut merupakan dasar dari setiap keputusan strategis lain yang akan dibuat selanjutnya. Alangkah lebih baik apabila perusahaan memikirkan dengan matang terlebih dahulu berbagai opsi strategy focus yang ada sebelum benar – benar terjun didalamnya. Akan lebih baik jika tidak hanya mengandalkan satu tipe focus strategy namun menggunakan gabungan dua atau tiga sekaligus sesuai dengan kemampuan perusahaan.

Perlu diketahui bahwa setiap strategi focus yang ditawarkan memiliki pasarnya masing – masing. Strategi tersebut dikatakan menarik bagi tipe orang yang berbeda – beda. Seperti halnya cost leadership yang membutuhkan tingkat kefokusan internal yang sangat rinci pada setiap prosses pelayanannya.

Sementara diferensiasi menuntut pendekatan yang kreatif serta out of the box dalam mengaet pembeli untuk mencari posisi marketnya masing – masing.

Jadi, ketika suatu perusahaan atau organisasi diharuskan memilih diantara keempat strategi yang ada, penting untuk mempertimbangkan tingkat kompetensi serta kekuatan dari organisasi atau perusahaan itu sendiri.

Mengaplikasikan Strategy Cost Focus

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan dalam menerapkan strategi cost focus dalam kehidupan sehari – hari, antara lain adalah :

  • Menanyakan kembali apakah strategi dasar dari perusahaan akan mempengaruhi keputusan yang diambil dalam pekerjaan atau tidak.
  • Dapatkah perusahaan atau organisasi mengurangi nilai penjualan barang atau produk dengan cara mengurangi jumlah pegawai yang berpengalaman dan menggantinya dengan sumber daya yang lebih murah namun kurang berpengalaman. Training bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan pekerja sehingga menjadikan perusahaan memiliki sumber daya manusia yang murah namun berkualitas.
  • Dapatkah perusahaan mengurangi biaya training yang akan dilakukan dengan cara pembagian langsung informasi melalui tahapan senioritas dalam suatu organisasi. Dimana pekerja yang lebih tua dan lebih berpengalaman mengajarkan langsung kepada para pekerja yang baru dan muda dalam meningkatkan skill yang mereka miliki. Hal ini tentu akan mengurangi biaya training dengan sangat cepat dan efektif.
  • Biaya – biaya lain yang harus diperhitungkan seperti biaya telekonferen atau pembelajaran melalui daring dan sebagainya.
  • Jika perusahaan atau organisasi bertujuan untuk meningkatkan pelayanan demi mendongkrak pasar, apakah perusahaan tersebut mampu untuk meningkatkan kualitas costumer service perusahaan itu sendiri. Dan apakah perkembangan yang akan dilakukan mampu diikuti oleh seluruh bagian perusahaan tanpa meningalkan seorangpun jauh di belakang?
  • Berapa tingkat pengetahuan serta kemampuan perusahaan atau organisasi dalam menambah nilai pasar dan mampu bersaing dengan competitor.
memahami strategi cost focus

Kesimpulan

Ulasan kali ini diharapkan mampu membantu anda dalam meningkatkan kemampuan yang anda miliki untuk selalu sukses dan berhasil dalam berkarir. Strategi cost focus hanyalah satu dari beberapa strategi sebuah perusahaan untuk mampu mengembangkan bisnisnya dan bersaing dengan competitor secara bersih.

Istilah cost focus itu sendiri menunjukkan spesifikasi dalam penerapan sebuah strategi. Dimana strategi cost focus lebih mengedepankan pengurangan nilai atau harga untuk mampu diterima oleh pasar. Serta mampu bersaing dengan para competitor yang ada.

Meski kelihatannya market strategi cost focus cukup sempit di awal, namun hal ini bukanlah suatu masalah yang ebsar apabila perusahaan telah menempati posisi tersendiri di market. Dengan menawarkan harga yang lebih murah tentu akan diminati oleh banyak orang sehingga menjadi pilihan pertama ketika menginginkan sesuatu.

Meski tidak selamanya orang atau pasar memilih barang slash produk yang berharga murah, namun barang atau produk yang memiliki harga dibawah competitor pasti mnemiliki marketnya masing – masing dan mampu bertahan. Ibarat kucing yang pasti lapar melihat ikan, strategi cost focus memang masih dimintasi banyak produsen – produsen besar termasuk merk – merk terkenal di Indonesia sendiri.

JojoExpense

Jojonomic sebagai salah satu aplikasi HR pionir dengan aplikasi JojoExpense dapat membantu bisnismu dalam hal reimbursment, dan cash advance. Menggunakan JojoExpense kamu dapat menefisiensikan pengeluaran hingga 76% sesuatu yang tidak kamu dapatkan dengan metode lama yang kerap membuat [erusahaan kamu kurang produktif. Tunggu apa lagi, demo tersedia gratis di sini!