Pentingnya Memaksimalkan Public Relation dalam Perusahaan

Memaksimalkan Public Relation

Definisi Public Relation

Public Relation (PR) adalah sebuah usaha yang dilakukan baik secara individu ataupun kelompok yang dilakukan berkala serta terencana untuk mempertahankan dan membangun hubungan timbal balik yang terjadi antara suatu perusahaan dengan orang-orang yang berkaitan dengan perusahaan.

Dengan kata lain, dapat dikatakan bahwa public relation adalah sebuah proses, atau aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan atau individu secara berkala untuk menjalin komunikasi yang dilakukan antara perusahaan dengan lain yang masih ada kaitannya dengan perusahaan tersebut. Sebagai contoh adalah klien, mitra perusahaan, konsumen, investor dan pihak lain.. 

Dasar-dasar Public Relation

Public Relation sendiri adalah sebuah platform yang cukup penting agar orang-orang bisa mengetahui pencapaian yang telah dicapai oleh sebuah perusahaan. Cara agar orang-orang bisa mengetahui pencapaian apa yang telah dimiliki oleh perusahaan adalah dengan cara menyebarkan berita tentang hal tersebut.

Penyebaran berita ini bisa berupa interaksi, komunikasi ataupun hubungan antara perusahaan satu dengan yang lain. Agar public relations yang telah dibuat dapat diterima oleh banyak orang, perusahaan harus mulai mencari dan memaksimalkan taktik dari SEO (Search Engine Optimization), sehingga informasi yang telah dibuat dapat menduduki posisi teratas di mesin pencari seperti Google.

Memang harus diakui bahwa membangun citra positif adalah hal yang tidak mudah dilakukan oleh Public Relation. Selain itu memaksimalkan public relation juga bisa memerlukan waktu yang cukup lama untuk menciptakan konten yang menarik bagi website perusahaan. Selain itu, orang-orang yang bekerja di tim public relation juga harus bekerja ekstra keras agar konten serta informasi yang telah mereka buat diminati oleh masyarakat agar konsumen tidak beralih ke kompetitor yang ada.

Tujuan Memaksimalkan Public Relation

Tujuan Memaksimalkan Public Relation
  1. Untuk mengubah citra perusahaan di masyarakat dengan cara mengadakan kegiatan-kegiatan baru yang dilakukan oleh perusahaan tersebut.
  2. Meningkatkan kualitas para calon pegawai dari perusahaan
  3. Untuk menyebarkan dan mempromosikan pencapaian perusahaan kepada masyarakat luas dengan tujuan membangun kepercayaan dan meningkatkan kredibilitas perusahaan dimata masyarakat.
  4. Untuk menarik investor serta client yang akan bekerjasama atau melakukan investasi bersama dengan perusahaan dengan cara membangun kepercayaan mereka dengan berbagai kegiatan atau hal yang dilakukan oleh tim public relation

Peran Public Relation

Peran Public Relation

Peran dari public relation perusahaan dapat dibagi menjadi beberapa bagian. Pembagian tugas dan peran  public relation pada perusahaan satu dengan yang lain bisa saja berbeda tergantung dari kebutuhan perusahaan tersebut. Berikut ini adalah peran public relations dalam perusahaan, yaitu:

1. Membangun hubungan dalam internal perusahaan

Seorang public relation (PR) berperan membina hubungan internal perusahaan atau sering pula disebut internal public relations. Hubungan ini terdiri atas orang-orang dalam perusahaan memiliki tugas, hak, kewajiban dan pekerjaan tertentu. Public relation harus memiliki kemampuan untuk melakukan identifikasi terhadap berbagai hal yang dapat menimbulkan berbagai dampak negatif dalam perusahaan. Selain itu Public Relation juga harus bisa membangun hubungan baik dengan internal perusahaan agar berbagai kegiatan Public Relation yang berhubungan dengan banyak pihak dari perusahaan dapat berjalan dengan lancar.

2. Membangun hubungan dengan external perusahaan

Hampir sama dengan penjelasan diatas, hubungan antara Public Relation dengan pihak luar perusahaan pun harus terjalin dengan baik pula. 

Seorang profesional Public Relation harus mampu mengusahakan sikap dan gambaran publik atau client yang positif terhadap perusahaan, hal tersebut menjadi salah satu tanggung jawab dari Public Relation. Pihak luar ini bisa merupakan masyarakat (konsumen) maupun pihak lain yang bekerja sama dengan perusahaan seperti client dan investor.

3. Public Relation sebagai tenaga ahli perusahaan

Tenaga ahli yang disebutkan diatas berarti seorang public relation perusahaan diharapkan dapat memberikan solusi sebagai upaya penyelesaian masalah yang merupakan tugas dari public relation yang berkaitan dengan pihak dalam maupun luar perusahaan.

Public relation sebagai tenaga ahli dari perusahaan juga harus mampu menampilkan citra baik dan profesional dari perusahaan dalam menjalankan dan menyelesaikan berbagai tugas dan kegiatan yang dilakukannya.

4. Public relations sebagai fasilitator komunikasi

Seorang public relation dari perusahaan juga memiliki peran penting sebagai komunikator yang membantu pihak manajemen untuk mengetahui apa saja hal yang diinginkan dari dari perusahaan. Seorang public relation diharapkan mampu juga untuk menjelaskan berbagai hal yang berkaitan dengan keinginan serta harapan dari pihak publik ke pihak perusahaan. Dari komunikasi yang berjalan dua arah tersebut diharapkan bisa membangun dan menciptakan hubungan yang baik antara kedua belah pihak.

Tugas dan Fungsi Public Relation

Tugas Public Relation

1. Counseling

Bagi perusahaan, Public Relations (PR) juga merupakan salah satu tim dari perusahaan yang berhak dan bisa memberikan konseling atau rekomendasi, memberikan saran, serta mengarahkan pihak internal manajemen mengenai berbagai problem yang akan atau sedang dihadapi oleh perusahaan.

2. Research

Tujuan dari diadakannya research yang dilakukan oleh public relation adalah untuk membangun kepercayaan antara perusahaan dengan publik atau pihak luar perusahaan, hal ini dilakukan untuk mempengaruhi dan menyakinkan publik.

3. Media relations

Cara berkomunikasi yang dilakukan oleh perusahaan dengan publik selalu akan melibatkan pihak ketiga. Perusahaan, dalam hal ini Public Relation membutuhkan media sebagai sarana untuk menyampaikan pesan serta pendapat dari perusahaan. Karena hal tersebut, maka Public Relation bertugas sebagai penghubung antara perusahaan serta media yang melakukan kerjasama dengan perusahaan.

4. Public affairs

Public affairs merupakan salah satu fungsi Public Relations yang berkaitan dengan bagaimana membangun sebuah kerjasama lobbying dengan pemerintah dalam berbagai sektor. 

5. Issues management

Salah satu fungsi dari Public Relation adalah mengelola isu yang sedang berkembang di masyarakat yang berhubungan dengan perusahaan. Dalam hal ini, Public Relations harus mengidentifikasi serta mengevaluasi berbagai isu yang memiliki dampak terhadap perusahaan.

6. Special events

Dalam hal ini, Public Relations akan menyelenggarakan berbagai event-event khusus dengan tujuan agar publik tertarik dengan produk perusahaan maupun perusahan itu sendiri secara khusus. Public Relations dapat merencanakan serta membuat agenda acara yang sesuai dengan target market dari perusahaan.

7. Marketing communication

Selain hal-hal yang telah disebutkan diatas, Public Relations juga memiliki fungsi dalam marketing communication, yaitu untuk memadukan aktivitas pemasaran perusahaan dengan mengadakan kegiatan-kegiatan khusus dengan tujuan membangun brand awareness.

Dengan penjelasan-penjelasan yang telah disebutkan diatas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa Public Relation dalam perusahaan memanglah sangat penting. Karenanya dibutuhkan banyak usaha untuk memaksimalkan Public Relation dari sebuah perusahaan untuk menunjang berbagai kegiatan dalam perusahaan.

Public Relation perusahaan menunjang berbagai sektor kegiatan perusahaan, salah satunya adalah kegiatan promosi perusahaan. Bersama dengan JojoExpense, perusahaan tidak perlu khawatir dan bingung lagi dalam menentukan budgeting untuk kegiatan promosi yang dilakukan oleh tim Public Relation.

Memulai usaha, mengontrol budget marketing perusahaan serta berbagai kemudahan lain ditawarkan oleh JojoExpense dalam satu aplikasi digital yang tentunya profesional dan aman bagi perusahaan Anda.