Cara Membangun Kredibilitas Bisnis dan Peran Pentingnya

Membangun Kredibilitas Bisnis

Membangun kredibilitas bisnis menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh para pelaku usaha. Pasalnya, salah satu faktor sebuah brand atau produk dapat diterima baik oleh masyarakat adalah melalui kredibilitas bisnisnya. Entah itu berkaitan dengan profil pemilik, profil perusahaan, komposisi (jika produk yang dijual untuk dikonsumsi) hingga apapun yang berkaitan dengan bisnis atau usaha tersebut.

Jika Anda merintis sebuah usaha tanpa memperdulikan kredibilitasnya, maka dapat dipastikan produk atau brand yang Anda bangun akan kalah saing dengan kompetitor yang ada. Untuk itu, demi membangun kepercayaan pelanggan, penting bagi Anda membangun citra baik melalui berbagai hal yang dapat dilakukan.

Nah, bagi Anda yang bingung bagaimana cara membangun kredibilitas bisnis, tak perlu khawatir. Karena pada artikel kali ini, Jojonomic akan memberikan Anda informasi terkait hal tersebut. Mulai dari cara yang bisa dilakukan tanpa merogoh uang sedikit pun alias secara gratis hingga beragam cara membangun kredibilitas bisnis yang berbayar. Penasaran, kan? Simak lengkap artikel berikut ini, ya!

Cara Membangun Kredibilitas Bisnis yang Bisa Anda Lakukan

1. Membangun citra lewat sosial media

Bangun citra lewat sosial media

Di era yang serba digital seperti saat ini, sosial media menjadi salah satu  platform yang potensial untuk membangun kredibilitas sebuah bisnis. Seperti yang kita tahu, hampir semua orang kini memiliki akun sosial medianya sendiri. Mulai dari Facebook, Instagram, Twitter hingga yang belakangan cukup ramai digunakan adalah TikTok.

Anda bisa memulai membangun kredibilitas bisnis lewat pembuatan konten yang terstruktur di berbagai platform tersebut. Contoh saja jika Anda menggunakan Instagram, maka bisa dengan membuat konten informatif mengenai brand atau produk yang Anda pasarkan. Lengkap dengan foto yang menarik agar lebih memikat calon konsumen serta menandakan bahwa bisnis Anda cukup profesional.

Sedangkan jika menggunakan TikTok, Anda bisa memulainya dengan membuat video-video menarik yang berpotensi viral. Seperti Anda merekam seluruh proses pembuatan produk hingga siap untuk dipasarkan. Selain dapat menarik perhatian calon konsumen, video produksi seperti ini juga akan meningkatkan kredibilitas usaha Anda secara tidak langsung.

2. Buat website atau blog khusus untuk bisnis Anda

Website

Selain melalui sosial media, Anda juga bisa membangun kredibilitas bisnis lewat situs web atau blog resmi yang berisi informasi khusus terkait perusahaan, brand maupun produk Anda. Dengan demikian, orang-orang yang ingin mencari tahu lebih jauh mengenai brand atau produk Anda dapat dengan mudah menemukannya lewat internet.

Selain itu, untuk menunjang kredibilitas website yang Anda buat khusus untuk bisnis tersebut. Pastikan Anda menggunakan domain yang profesional alias bukan yang gratisan. Selanjutnya, Anda bisa memproduksi konten yang diunggah secara berkala ke situs tersebut. Mulai dari foto, video hingga artikel yang bersifat informatif.

3. Lampirkan testimoni atau ulasan pelanggan

Testimoni Pelanggan

Untuk memperkuat kredibilitas bisnis yang Anda jalankan, pastikan Anda juga merespon setiap ulasan atau testimoni yang diberikan pelanggan. Kemudian jadikanlah testimoni tersebut sebagai konten untuk sosial media atau dipasang dalam website agar dapat terlihat oleh banyak orang.

Menurut sebuah data riset yang dilakukan oleh Zendesk menunjukkan bahwa 90 persen konsumen membeli produk berdasarkan pertimbangan review atau ulasan dari pelanggan lain. Artinya, semakin banyak testimoni dari pelanggan yang Anda tunjukkan, maka semakin besar pula calon konsumen tersebut tertarik dan melakukan pembelian pada produk yang Anda tawarkan.

So, jangan anggap remeh peran dari testimoni pelanggan, ya!

4. Cantumkan informasi lengkap mengenai perusahaan dan latar belakangnya

Company profile

Poin yang satu ini cocok dipasang jika Anda memiliki website atau blog khusus untuk bisnis. Anda bisa mencantumkan informasi mengenai profil perusahaan, latar belakang berdirinya hingga visi misi perusahaan. Selain itu, dalam website tersebut juga dapat ditambahkan info mengenai alamat kantor atau perusahaan, surel maupun nomor telepon yang dapat dihubungi untuk kontak pelanggan.

Semakin lengkap informasi yang tercantum, maka semakin tinggi pula value kredibilitas yang akan Anda dapatkan dari pelanggan. Orang-orang pun tak perlu ragu lagi membeli produk barang atau jasa dari brand Anda.

5. Mengajak kerja sama pihak yang berpengaruh dan terpercaya

Influencer

Era digital memberikan Anda kemudahan untuk membangun relasi dengan berbagai pihak. Nah, manfaatkan kemudahan ini untuk membangun jaringan dengan influencer ataupun partner bisnis yang sudah terpercaya. Dengan demikian, produk maupun brand Anda pun akan ikut dipercayai oleh pengikut mereka.

Anda bisa meng-endorse influencer yang memiliki banyak pengikut ataupun memintanya sebagai brand ambassador Anda. Untuk partner bisnis, Anda bisa mengajak beberapa brand atau perusahaan yang masih saling berkaitan untuk diajak berkolaborasi dalam memproduksi sebuah produk baru.

Pentingnya Membangun Kredibilitas Bisnis

Pentingnya Membangun kredibilitas bisnis

Nah, setelah mengetahui cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun kredibilitas bisnis. Selanjutnya, Anda juga perlu mengetahui manfaat atau pentingnya kredibilitas bisnis tersebut. 

Dalam prakteknya, membangun kredibilitas akan membuat produk atau brand Anda lebih dikenal dan dipercayai oleh masyarakat. Dengan demikian, peluang atau potensi orang untuk melakukan pembelian terhadap produk yang Anda tawarkan pun jauh lebih besar.

Misalnya, jika bisnis Anda bergerak di bidang kuliner. Dengan kredibilitas usaha yang cukup baik, orang pun tak akan ragu untuk membeli produk makanan Anda. Karena mereka sudah mengetahui bahwa Anda menggunakan produk-produk berkualitas serta terjamin kebersihannya.

Selain itu, kredibilitas tak akan ada artinya jika Anda tidak memberikan pelayanan yang maksimal. Pelayanan yang dimaksud di sini mencakup cara Anda menghadapi pelanggan maupun kualitas produk yang Anda jual.

Untuk itu, keduanya harus berjalan dengan seimbang. Pelanggan yang puas dengan pelayanan yang Anda berikan, tak akan sungkan untuk menceritakan pengalamannya berbelanja di toko Anda pada orang lain. Hal ini akan memicu terjadinya transaksi pembelian baru berdasarkan testimoni pelanggan yang puas tersebut. Dalam dunia pemasaran, istilah ini disebut dengan word of mouth atau promosi dari mulut ke mulut.

Dengan demikian, trafik penjualan Anda pun akan jauh lebih baik dan meningkat dari waktu ke waktu. Yang terpenting setelah Anda berhasil membangun kredibilitas bisnis adalah mempertahankan atau konsisten terhadap pelayanan dan kualitas produk yang Anda jual.

Kesimpulan

Itulah tadi informasi singkat mengenai cara membangun kredibilitas bisnis. Dengan mengikuti kiat-kiat di atas, harapannya Anda dapat memiliki kredibilitas bisnis yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Semakin brand dan produk Anda dipercaya oleh pelanggan, semakin besar keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Hal ini pun akan menarik minat para investor atau pemilik modal untuk menyuntikkan dananya pada bisnis yang sedang Anda jalankan.

Nah, jika Anda tertarik untuk menarik atensi para investor. Maka hal yang tak boleh dilupakan adalah manajemen keuangan perusahaan Anda. Pastikan arus kas dalam usaha Anda tersebut menunjukkan indikasi yang positif. Selain itu, pastikan seluruh transaksi keluar dan masuk tercatat dengan baik agar dapat dilakukan tracking atau pelacakan jika terdapat hal yang mencurigakan.

Di era modern seperti saat ini ada begitu banyak aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mempermudah pengelolaan keuangan perusahaan. Salah satunya ialah Jojo Expense, yang dapat Anda gunakan untuk membantu mengontrol anggaran usaha di mana saja.

Jojo Expense memiliki banyak fitur yang dapat memudahkan Anda dalam me-manage pengeluaran perusahaan dan meningkatkan efisiensinya hingga 76%. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan Intelligence OCR dan Real-Time Geotagging yang dapat menghindarkan Anda dari terjadinya potensi fraud atau penipuan keuangan dalam bisnis.

Karyawan Anda pun juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk memudahkan pengajuan reimbursement secara online di mana pun dan kapan pun. Sehingga, mereka bisa menghemat lebih banyak waktu dan menggunakannya untuk melakukan hal yang lebih produktif bagi perusahaan. Menarik, kan?

So, tunggu apa lagi? Coba gratis Jojo Expense sekarang juga dan nikmati trialnya selama 14 hari ke depan. Jika dirasa bermanfaat, Anda bisa memperpanjang masa penggunaan Jojo Expense kapan pun!