Membangun Relasi : Pengertian, Langkah, dan Manfaatnya

membangun relasi

Salah satu cara untuk tetap dekat dengan orang lain adalah dengan berani dan terbuka pada diri sendiri, yaitu membangun relasi. Ketika salah satu pihak masih belum bisa terbuka, akan sangat sulit untuk membangun hubungan yang lebih baik. Selain membangun dan meningkatkan hubungan interpersonal, keterbukaan juga baik untuk mereka yang melakukan sesuatu.

Mengekspresikan dan mengungkapkan pikiran dan perasaannya merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Brene Brown menyebutnya kerapuhan dalam bukunya Daring Greatly. Untuk menjadi rentan (sulit menemukan padanan dalam bahasa Indonesia), kita bisa mulai membuka hati dan mengekspresikan diri dengan cara kita sendiri. Di situlah hubungan dan hubungan akan mulai terbentuk.

Pengertian Membangun Relasi

membangun relasi

Relasi yang kita kenal merupakan salah satu kebutuhan manusia sebagai manusia sosial yang nyata dalam kehidupan sehari-hari. Tentunya sebagai makhluk sosial, kita akan selalu membutuhkan bantuan lingkungan sekitar atau lingkungan tempat tinggal. Kita tidak dapat menyangkal bahwa kita harus menjalin hubungan dengan lingkungan kita.

Intinya, manusia memang membutuhkan bantuan orang lain. Jika ada satu orang, manusia tidak akan selamat. Oleh karena itu, ketika mengalami proses kehidupan dunia, perlu dibangun hubungan antar makhluk lain. Hidup di dunia ini memang tidak mudah.

Tentu saja setiap orang atau setiap orang memiliki setiap masalah dalam hidup, setiap orang memiliki hambatan, dan solusi harus segera ditemukan. Manusia membutuhkan segala macam bantuan dari orang-orang di sekitarnya, baik itu anggota keluarga, teman, atau bahkan teman terdekat.

Manusia akan selalu mencari bantuan dari orang lain sebagai makhluk sosial. Hubungan atau hubungan yang ada di antara makhluk hidup tidak selalu ada seperti itu. Tentunya, suatu hubungan yang baik membutuhkan berbagai proses untuk menjadikan hubungan atau relasi tersebut menjadi baik.

Pengenalan lebih lanjut diperlukan antar orang untuk mencegah kesalahpahaman antar orang. Misalnya, perkenalkan berbagai kepribadian dan kebiasaan setiap orang. Hubungan antar manusia dapat terjalin tidak hanya di sekitar tempat tinggal seseorang, tetapi juga di berbagai lingkungan.

Misalnya dalam lingkungan sekolah, dengan memperkenalkan karakter antara siswa dengan siswa atau antara guru dan guru, atau bahkan antara siswa dan guru, dapat terjalin hubungan yang baik. Contoh lain adalah bahwa dalam lingkungan pendidikan tinggi, setiap proses membutuhkan dan dapat membangun hubungan.

Ada banyak hubungan di tingkat universitas. Misalnya hubungan dengan mahasiswa di jurusan yang sama atau hubungan dengan anggota organisasi yang bersangkutan. Perlu ditekankan keterkaitan dalam hubungan antar anggota organisasi, agar anggota memiliki sudut pandang dalam memajukan organisasi, serta memiliki kesamaan visi dan misi.

Membangun relasi yang sehat

Di era teknologi ini, lebih mudah bagi setiap orang untuk terhubung dengan orang lain terlepas dari jarak dan waktu. Tentu saja, banyak hal positif yang bisa kita ambil. Sayangnya, seperti pisau bermata dua, Anda tahu bahwa banyak hal negatif bisa terjadi.

Banyak relasi yang ada tidak lain adalah relasi semu yang tidak ada di dunia digital. Banyak faktor yang membuat kita enggan berhubungan langsung dengan kenalan di dunia maya, misalnya karena kita takut tidak disukai oleh orang lain setelah bertatap muka.

Padahal, menjalin hubungan langsung dengan orang lain sangat penting untuk pengembangan diri Anda. Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa jika sistem saraf manusia terkait dengan kesehatan manusia lainnya, mereka dapat terhubung dengan baik. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk membangun hubungan yang sehat dengan orang-orang di sekitar Anda.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Langkah Membangun Relasi

membangun relasi

Ok .. Sekarang kita akan share cara membuka dalam tiga langkah. Untuk menjaga hubungan dekat dengan orang lain, Anda harus melakukan tiga langkah berikut.

Berbagi hal-hal yang pada dasarnya adalah data / informasi

Ini tahap paling dasar, saat bertemu orang lain biasanya sudah selesai. Berikut adalah contoh pernyataan dalam fase ini:

  • “Hobi saya adalah membaca buku dan kemudian pergi ke tempat-tempat baru.”
  • “Saya bekerja sebagai akuntan di PT. XYZ, dan saya penanggung jawab pembukuan mereka.”
  • “Film favorit saya adalah serial TV Ra La Dream.”

Seperti yang Anda lihat, contoh di atas adalah contoh Anda berbagi informasi tentang diri Anda. Ciri khas dari tahapan ini adalah Anda dapat menyelesaikan operasi ini tanpa banyak usaha karena datanya sudah ada. Anda hanya perlu berbicara. Pada tahap ini, ada sedikit risiko dalam mengungkapkan keinginan seseorang.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Bagikan opini

Level selanjutnya adalah saat Anda mulai bisa berbagi pendapat. Berikut ini adalah contoh dari pernyataan tersebut:

  • “Saya pikir sistem pendidikan sekolah ini perlu perbaikan karena …”
  • “Bagi saya, peserta ketiga harus menjadi juara karena …”
  • “Jika saya melihat lebih dekat, apa yang telah kami lakukan selama ini bagus karena …”

Contoh di atas adalah situasi di mana Anda dapat berbagi pandangan, opini, dan opini Anda. Untuk itu, Anda tentu membutuhkan proses berfikir dan analisis. Risiko mengekspresikan diri juga mulai muncul, apalagi jika ternyata lawan bicara tidak setuju dengan ucapan Anda.

Bagikan perasaan

Pada tahap ini, Anda dapat berbagi perasaan (terkait perasaan / emosi). Pada tahap ini, Anda sebenarnya bisa menyebut diri Anda sebagai kelompok rentan. Berikut ini contohnya:

  • “Pada akhirnya, saya benar-benar kecewa ketika saya tidak dipilih sebagai tim untuk bertahan.”
  • “Saat bos menyebut nama saya di upacara penghargaan, saya merasa sangat bangga”
  • “Saat aku melihat adikku, aku sering merasa cemburu”

Contoh di atas semuanya melibatkan hal-hal yang berhubungan dengan perasaan. Contoh ketiga adalah contoh nyata yang diberikan oleh salah satu siswa saya pada saat presentasi pengenalan diri. Oleh karena itu, dia dapat segera menghubungi teman lainnya.

Manfaat membangun relasi

membangun relasi

Di saat seperti ini, menjadi pintar saja tidak cukup untuk berhasil. Membangun hubungan yang baik dengan orang lain adalah yang terpenting bagi mereka yang ingin membangun masa depan mereka sendiri. Ini berlaku bagi mereka yang ingin menjadi karyawan atau pengusaha.

Dari segi akademis, dibandingkan dengan orang biasa, bagaimana nasib orang yang pintar secara akademis tetapi memiliki sedikit hubungan dengan orang lain? Ini adalah contoh kecil manfaat membangun hubungan. Relasi bisa didapat tidak hanya dari masyarakat, tapi juga dari lingkungan yang ada. Lantas, apa manfaat menjalin hubungan ini?

Dengan hubungan yang benar, banyak keinginan yang bisa terwujud.

Tentu saja setiap orang yang hidup di dunia ini ingin sukses dan terjamin secara finansial. Jika Anda membangun hubungan dengan orang yang tepat sejak awal, Anda dapat dengan mudah mencapai tujuan ini. Artinya, orang ini memiliki sesuatu untuk membantu Anda sukses. Misalnya, pemasar yang jeli mencari peluang tentu bisa memanfaatkan relasinya untuk menyediakan barang / jasa yang dijualnya. Ini adalah contoh kecil dari manfaat yang bisa didapat dari suatu hubungan.

Hubungan bisa membebaskan Anda dari masalah.

Percaya atau tidak, jika Anda memiliki hubungan dekat dengan seseorang, Anda bisa terbebas dari masalah keuangan. Mengingat hubungan baik Anda dengannya, hubungan Anda kemungkinan besar akan membantu Anda dengan senang hati. Atau, saat Anda membutuhkan pekerjaan, Anda bisa mendapatkan informasi tentang lowongan kerja yang tersedia dari kerabat.

Hubungan yang baik dengan teman lama akan membantu di masa depan.

Berteman bukan hanya tentang bertemu orang baru. Bahkan seorang teman yang sudah lama tidak bertemu dapat menjadi bagian dari suatu hubungan, dan dampak dari hubungan ini tidak boleh diremehkan. Anda tidak akan pernah tahu nasib masa depan seseorang. Bisa jadi teman Anda yang dulunya diremehkan karena keadaan keuangan kini telah menjadi orang yang sukses secara finansial. Oleh karena itu, menjaga pertemanan sangatlah penting, karena kamu tidak pernah tahu kapan kamu membutuhkan bantuan orang lain.

Hubungan bisa membuat pekerjaan berjalan lancar.

Kerja tim merupakan faktor penting dalam dunia kerja. Tidak dapat dipungkiri bahwa hubungan antara Anda dan kolega akan memengaruhi pekerjaan Anda. Karena berjalan dengan baik tergantung pada apakah hubungan antara Anda dan kolega Anda kuat. Fakta menunjukkan bahwa meskipun Anda sendirian, selama Anda tidak berpartisipasi dalam kerja tim, biasanya Anda akan menemukan kendala dalam pekerjaan Anda. Untuk ini, singkirkan diri Anda, atau visi Anda lebih baik, atau Anda lebih mampu. Sebenarnya, Anda tidak bisa hidup tanpa orang lain. Apakah kamu yang selama ini mengganggumu?

Hubungan interpersonal yang dapat membantu Anda memahami sepenuhnya sifat setiap orang.

Ini penting untuk dipahami, karena tidak semua orang toleran dan bijaksana. Ada juga banyak orang yang cuek dan sombong. Namun, ini tidak berarti Anda harus menghindari orang-orang seperti itu. Orang-orang seperti itu mungkin dianggap berbahaya. Padahal, di luar dugaan, hal tersebut justru bisa menguntungkan Anda dari pekerjaan dan bisnis yang Anda geluti. Pada dasarnya setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Namun, yang perlu Anda perhatikan di sini adalah bagaimana menghadapi sifat hubungan tersebut. Semakin banyak Anda berinteraksi dengan orang, semakin banyak pengalaman yang Anda miliki. Tentunya, Anda bisa belajar dan beradaptasi dengan berbagai karakteristik manusia.

Kesimpulan Membangun Relasi

Anda dapat menggunakan berbagai hubungan untuk memenuhi kebutuhan Anda. Namun, jangan lupa untuk membantu hubungan yang membutuhkan bantuan Anda. Karena percaya atau tidak, hal itu akan mempengaruhi Anda secara tidak langsung di kemudian hari. Jangan lupa berterima kasih dan hargai hubungan ini. Ini akan menjaga hubungan Anda dengannya tetap baik dan terjaga. Tentu hal ini bisa menguntungkan Anda di masa depan

Sama halnya untuk masa depan anda dalam mengelola keuangan, tinggalkan cara manual dan masuki era yang serba otomatis. Jojonomic menawarkan software terbaik dalam pengelolaan keuangan, yaitu JojoExpense.

Kelola data pelanggan dengan lebih mudah. Dengan JojoExpense, Anda dapat dengan mudah mengakses status keuangan perusahaan kapan pun, di mana pun. Apakah Anda ingin mengajukan permintaan pengembalian dana atau mengizinkan penarikan uang tunai, Anda dapat melakukannya melalui ponsel Anda.

Anda dapat mengirimkan permintaan Anda secara langsung, atau Anda dapat menyimpannya untuk digunakan nanti, misalnya, jika Anda ingin memeriksa kembali aplikasi Anda. Itu semua tergantung Anda-Anda bertanggung jawab atas pengelolaan keuangan Anda sendiri.

Saat Anda duduk di meja kerja, Anda dapat sepenuhnya fokus pada tugas-tugas penting dan menyerahkan manajemen manual ke proses otomatis. Yuk pakai aplikasi expense management dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari!