Membuat Artikel : Cara, Langkah Penulisan, dan Jenis-jenisnya

membuat artikel

Akhir-akhir ini masyarakat pasti sudah tidak asing lagi dengan tulisan atau review yang tersebar di berbagai media dan sosial media. Sekalipun kebenaran tidak sejalan dengan fakta, banyak orang tertarik untuk membaca dan menyebarkannya seta mencari tahu cara Membuat Artikel.

Artikel itu sendiri merupakan esai singkat, berkisar 300 hingga 1.000 kata, membahas topik tertentu yang dirancang untuk menyampaikan gagasan tentang realitas, baik berupa fakta, konsep, maupun opini tertentu. Menulis artikel itu mudah bagi sebagian orang.

Ia hanya perlu menuangkan konten ke dalam pikirannya di artikel untuk menjadi artikel. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian orang sulit untuk menulis artikel. Adapun kemampuannya tetapi tidak menarik, tidak ada kata-kata dan tidak kaya informasi.

Jadi, menurut Anda, mengapa artikel scam selalu menarik? Sekalipun berita tersebut adalah berita palsu, mengapa orang masih membaca dan membagikan berita? Alasannya adalah para scammer mengetahui kebutuhan publik, mengobrol, dan membenci hal-hal.

Contoh: Orang-orang sibuk dengan asap, sehingga artikel scam seolah-olah membawa hujan buatan dengan cara mengeringkan air asin. Nah, jika ingin menulis artikel yang menarik, silahkan tulis sesuatu yang bermanfaat untuk masyarakat, atau tentang fenomena yang sedang ramai diperbincangkan masyarakat.

Cara Membuat Artikel

membuat artikel

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat menulis artikel adalah:

Elemen 5W + 1H

  • -Apa: Apa masalahnya
  • -Lokasi: Dimana lokasinya
  • -Kapan kapan
  • -Siapa: siapa yang bercerita, atau siapa yang menceritakan
  • -Alasan: mengapa masalah terjadi
  • -Bagaimana: Bagaimana masalah itu muncul, atau bagaimana mengatasinya.

Menurut fakta

Artikel tersebut memang memuat dua bagian yaitu fiksi dan non fiksi. Dalam esai non fiksi, tentunya Anda harus membuat esai yang faktual. Bagaimana Anda tahu jika ini benar, silakan cek dan periksa dari berbagai sumber sehingga Anda bisa mendapatkan artikel yang mencakup kedua sisi. Nah, pentingnya menyajikan sesuatu berdasarkan fakta karena undang-undang kita saat ini sangat ketat dengan undang-undang ITE, yang akan memenjarakan orang-orang yang menulis berita palsu atau lelucon.

Jangan menyinggung individu atau kelompok

Setiap orang dapat menulis dengan bebas dan melakukan apapun yang mereka inginkan. Tetapi tulislah sesuatu yang bermanfaat, bukan hanya gagasan untuk menyudutkan seseorang atau kelompok. Selain menyebabkan kecelakaan pada musuh, Anda juga dapat melanggar hukum dan menghadapi pihak berwajib.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Langkah-langkah Membuat Artikel

membuat artikel

Untuk pemula, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu langkah-langkah berikut untuk menulis artikel yang mungkin berguna bagi Anda.

  1. Tentukan tema. Topik tulisan Anda harus spesifik. Semakin tinggi tingkat kekhususannya, semakin menarik minat membaca. Tetapkan tujuan menulis. Sebagian besar artikel, terutama pada artikel deskriptif dan naratif, tidak secara jelas menunjukkan tujuan penulisan, tetapi secara tersirat menyatakan maksudnya.
  2. Mengajukan gagasan atau pertanyaan utama. Nah, ini bisa menggunakan garis besar setiap paragraf atau garis besar ide utama. Jadi, misalnya Anda ingin mendeskripsikan masalah di paragraf pertama, contoh masalah di paragraf kedua, alasan di paragraf ketiga, dampak di paragraf keempat, dan solusi di paragraf kelima.
  3. Menarik kesimpulan. Kesimpulannya mudah. Jika logika atau alur artikel Anda benar, Anda bisa melakukannya dengan baik.

Jenis dalam Membuat Artikel

membuat artikel

Artikel naratif

Tujuan artikel jenis ini adalah untuk mendeskripsikan satu atau lebih situasi dalam istilah urutan waktu atau urutan peristiwa. Artikel naratif bisa berupa cerita (fiksi, cerpen, kartun, dongeng, film, drama, dsb.), dan harus ada representasi di dalam artikel naratif tersebut, sama seperti cerita pada umumnya.

Karakter tersebut digambarkan sebagai karakter yang bergumul dengan masalah dan konflik dengan kehidupan. Dia mencoba memenangkan pertarungan ini. Adanya konflik kehidupan membuat jenis tulisan ini menarik minat baca. Karena jika tidak ada konflik, penuturannya akan membosankan. Contoh artikel naratif:

Saat musim hujan tiba, sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan agar tidak menyebabkan berkembang biaknya nyamuk penyebab demam berdarah. Cara menjaga kebersihan lingkungan adalah dengan memulainya di dalam ruangan. Tutup semua ember penyimpan air dan tiriskan semua genangan air di rumah kita. Periksa semua ruangan di rumah tempat jentik nyamuk bisa berkembang biak.

Kemudian di ruangan lain yang gelap dan lembab. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk dapat membersihkan genangan air di bak mandi, genangan air yang digunakan untuk mencuci piring dan air dalam akuarium jika Anda memiliki akuarium hias di rumah Anda. Selain itu, makanan bekas juga dapat menarik perhatian nyamuk.

Semoga cara sederhana ini dapat membantu mengurangi pesatnya populasi nyamuk saat musim hujan dan menurunkan risiko demam berdarah akibat gigitan nyamuk Aedes aegypti. Selain itu, rumah yang bersih dan rapi juga menambah kenyamanan penghuninya.

Deskripsi artikel

Esai deskriptif adalah esai yang dirancang untuk menulis deskripsi faktual sehingga pembaca dapat membayangkannya di benak mereka. Saya lebih suka menyebutnya artikel gambar. Karena 100% artikel ini berisi deskripsi situasi, peristiwa, dan peristiwa. Contoh deskripsi artikel:

Tips memilih ikan segar

Ikan merupakan bahan pangan dengan kandungan gizi yang tinggi. Dari anak-anak hingga orang dewasa, sangat disarankan untuk menambahkan ikan ke dalam makanan. Namun, jika kita memilih ikan yang salah, kita mungkin tidak dapat memperoleh nutrisi ini.

Ikan yang baik dapat dikenali dari beberapa karakteristik. Mata ikan segar akan tampak bening, melotot atau melotot. Jika ikan masih segar maka mata akan terlihat seperti ikan yang masih hidup. Ikan segar g juga berwarna merah tua dan cerah. Jika kita mencium bau g, baunya akan segar seperti ikan segar. Jika ikan tidak segar, baunya tidak enak.

Ciri khas lain dari ikan segar adalah apabila dagingnya kita peras maka rasanya akan sangat keras, sedangkan ikan yang busuk sangat empuk dan mudah hancur. Memperhatikan kondisi ikan berarti memperhatikan asupan nutrisi yang akan dikonsumsi.

Artikel Expo

Artikel jenis ini adalah artikel yang dirancang untuk mendeskripsikan subjek. Ini bisa berupa definisi konsep, deskripsi fungsi, bagian dan tujuan. Ini juga bisa menjadi langkah, metode, atau proses melakukan sesuatu. Keunikan artikel ini adalah menampilkan poin, urutan angka, langkah demi langkah, definisi penjajaran, dll. Terkadang artikel semacam itu berisi opini pribadi, terkadang tidak. Contoh artikel expo :

Kebersihan dan kerapihan lingkungan sekolah merupakan salah satu faktor penting dalam upaya menciptakan suasana yang nyaman bagi seluruh warga sekolah dan lingkungan sekitarnya. Tentunya setiap sekolah telah berupaya untuk menciptakan lingkungan yang bersih dengan mengajari siswa untuk menjaga kebersihannya.

Untuk menarik minat warga sekolah, khususnya siswa, diadakan lomba bersih-bersih ruang kelas dan taman sekolah secara berkala dan berkelanjutan. Banyak cara dan langkah yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah, antara lain: membuang sampah, mengganti papan tulis, membersihkan ruang kelas, membersihkan ruang kelas, dan merawat taman sekolah agar terlihat lebih indah.

Guna memperkuat langkah kedisiplinan dan rasa tanggung jawab siswa dalam menjaga lingkungan sekolah, biasanya dilakukan piket di setiap kelas setiap hari agar perputaran tetap bersih. Piket biasanya melakukan tugas membersihkan kelas, membersihkan papan tulis, membersihkan jendela dan menyiapkan alat tulis guru.

Pada hari Jumat atau Sabtu, sekolah biasanya mempunyai rencana untuk kegiatan bersih-bersih secara menyeluruh. Usai kelas satu, seluruh anggota kelas dan warga sekolah lainnya akan melakukan bakti sosial untuk membersihkan lingkungan sekolah. Selain untuk meningkatkan kualitas kebersihan sekolah, salah satu manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan rutin ini adalah semakin mendekatkan hubungan siswa dengan guru dan antara guru dengan siswa.

Kebersihan dan kerapihan lingkungan sekolah tidak terlepas dari kehidupan sekolah. Ini bahkan menjadi faktor penting dalam mencapai proses pengajaran yang nyaman dan menyenangkan. Kebersihan lingkungan sekolah juga dapat menjamin kebersihan dan kesehatan seseorang. Oleh karena itu kebersihan merupakan ikhtiar manusia, agar lingkungan tetap sehat dan terus terjaga.

Kesimpulan Membuat Artikel

Ini adalah gambaran umum tentang bagaimana menulis artikel, jenis dan contoh. Semoga bermanfaat.

JojoExpense Membantu Anda Mengelola Pengeluaran Perusahaan dengan Lebih Efisien dan Hemat Waktu. Mengelola Data Klien Menjadi Lebih Mudah, JojoExpense memberi Anda akses mudah menuju keuangan perusahaan Anda tidak peduli tempat dan waktu.
 
Baik Anda mau mengajukan request reimbursement atau mengizinkan cash advance, semua dapat dilakukan melalui telepon genggam Anda. Anda dapat mengajukan request Anda secara langsung atau simpan untuk nanti, misalnya Anda ingin cek ulang aplikasi Anda. Semuanya tergantung Anda yang berkuasa soal manajemen finansial Anda sendiri.
 
Ketika Anda sudah duduk di meja Anda, Anda bisa fokus sepenuhnya pada tugas-tugas penting dan serahkan manajemen sampingan pada proses otomatis. Yuk pakai aplikasi expense management dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari!