Membuat Standar Operasional Prosedur Restoran Terbaik

mindset bisnis

Membuat Standar Operasional Prosedur Restoran Terbaik — Setiap bisnis baik kecil maupun besar, berapa pun jumlah karyawannya, perlu mempunyai sebuah panduan dalam menjalankan tugas dan fungsi setiap unit atau tingkatan kerja. Biasanya hal tersebut kita kenal dengan SOP (Standar Operasional Prosedur), dan tentu setiap bisnis punya standar operasional yang berbeda-beda, salah satunya bisnis restoran yang berkaitan erat dengan pelayanan.

Cara membuat standar operasional prosedur restoran dibuat harus memperhatikan keamanan dan kenyamanan pada pengunjung. Dengan adanya SOP, kamu akan membuat para karyawan tidak kebingunagan bagaimana cara memberikan pelayanan yang baik pada tamu.

Jika kamu masih bingung bagaimana cara membuat SOP yang sesuai untuk restoran kamu. Tenang saja, artikel ini akan membantu kamu memberikan gambaran tentang hal-hal apa saja yang perlu kamu perhatikan dalam membuat Standar Operasional Prosedur restoran. Yuk, disimak artikel berikut ini dengan seksama!

Pengertian SOP

See the source image

Membuat Standar Operasional Prosedur Restoran Terbaik — SOP adalah salah satu aspek penting dalam mengontrol kualitas, baik untuk barang maupun jasa. SOP diciptakan untuk memastikan tenaga kerja dapat melaksanakan tugasnya secara terkoordinasi, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan meminimalisir risiko kesalahan yang mungkin terjadi. Standard Operational Procedure yang memiliki pengertian yaitu dokumen yang berisikan prosedur yang harus dilakukan atau diselesaikan oleh para tenaga kerja untuk menghasilkan hasil kerja yang sistematis dan maksimal dari awal sampai akhir.

Siapa yang Menyusun SOP?

See the source image

SOP biasanya disusun dan dibuat oleh tim khusus dari perusahaan yang terdiri dari managerial level, seperti marketing manager, financial manager, HR manager, dan lain-lain. Namun, ada juga beberapa perusahaan yang lebih memilih untuk melibatkan tenaga tim eksternal, seperti konsultan SOP dalam membuat SOP. 

Manfaat SOP 

See the source image

SOP memiliki banyak manfaat yang dapat membantu dan meningkatkan kualitas restoran kamu, simak berikut ini :

  1. Standarisasi
    • Adanya standarisasi pekerjaan dan tanggung jawab, dapat meminimalisir kesalahan yang kemungkinan terjadi. Service dan taste pada sebuah restoran menjadi salah satu indikator kepuasan konsumen, sehingga dengan adanya ini, restoran kamu akan memiliki peluang yang lebih besar untuk memperoleh penilaian bintang lima dari konsumen.
  2. Staf menjadi mandiri
    • Staf cenderung dapat bekerja secara mandiri tanpa banyak melibatkan manajer atau atasan, karena semuanya sudah diatur dalam SOP.
  3. Meningkatkan rasa tanggung jawab
    • Di dalamnya secara spesifik dijelaskan mengenai job description, apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan, serta apa saja yang menjadi tanggung jawab seorang staf di restoran. Sehingga, staf restoran dengan sadar menyadari tanggung jawabnya masing-masing.
  4. Ukuran standar kerja
    • Terdapat ukuran standar kerja minimal yang dijelaskan secara detail, sehingga akan mempermudah evaluasi kinerja karena adanya indikator yang jelas.
  5. Ide topik pelatihan
    • SOP mempermudah manajer dalam menilai kinerja dan kesalahan-kesalahan staf. Sehingga, kedepannya dapat menjadi ide pelatihan untuk meminimalisir kesalahan yang sering terjadi. 
  6. Menjadi pedoman
    • Sudah jelas bahwa sebuah SOP dapat menjadi pedoman dan gambaran bagi staf dalam menjalankan tugasnya sehari-hari.
  7. Membantu analisis kesalahan 
    • Dengan adanya SOP, manajer dapat menganalisis kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh  stafnya. Kedepannya, seorang manajer dapat membuat strategi dan solusi untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang sering terjadi.
  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Mengapa Restoran Perlu Punya SOP?

Mungkin kamu masih bertanya, seberapa pentingkah SOP untuk bisnis restoran? Sederhananya seperti ini, besar atau kecil restoran yang sedang dijalankan, tentu kamu membutuhkan sebuah sistem yang terukur, terorganisir, dan terdokumentasi dengan baik. Di mana hal tersebut sesuai dengan prosedur yang kamu harapkan, bukan?

Nah, cara terbaik untuk itu semua adalah membuat standar operasional. Sehingga, kamu dan karyawanmu dapat lebih teratur dan mengerjakan apa yang telah tertuang dalam SOP restoran dengan baik. Selain itu, SOP juga mempermudah kamu dalam melakukan penilaian terhadap kinerja dan memberikan evaluasi untuk meningkatkan bisnis restoranmu.

Cara Membuat SOP

100+ Work Images [HD] | Download Free Images on Unsplash

Pembuatannya sendiri telah diatur dalam PERMENPAN PER/21/M-PAN/11/2008 dalam aturan tersebut disebutkan bahwa pembuatan SOP harus memenuhi prinsip-prinsip seperti kemudahan dan kejelasan, efisiensi dan efektivitas, keterukuran, keselarasan, berorientasi kepada pengguna, dinamis, kepatuhan terhadap hukum, dan kepastian hukum. Adapun cara-cara yang bisa digunakan untuk membuat SOP seperti anjuran PERMENPAN adalah berikut:

  1. Mengetahui Susunan Kerja, Paling awal, kamu harus mengetahui susunan kerja apa saja yang akan dibahas dalam SOP.
  2. Merencanakan Alur Proses, Dengan cara menentukan format, menyetujui format dan membuat template, menetapkan alur proses, menentukan bagaimana SOP tersebut akan diakses.
  3. Tulis, Bahas, Sosialisasikan, Setelah semua hal yang diperlukan siap, dan memeriksa tata letak kerja, kamu sudah bisa menulis SOP, membahasnya dengan pihak-pihak terkait dan melihat apakah sudah sesuai. Setelah dirasa sesuai kamu bisa mensosialisasikannya.
  4.  Adakan Pelatihan, Agar memastikan SOP bekerja sebagaimana yang diharapkan, tentu kamu perlu mengadakan pelatihan.
  5. Evaluasi, Setidaknya kamu perlu melakukan evaluasi yang telah kamu tetapkan apakah penerapannya masih relevan, apakah ada hal yang perlu diubah atau ditambahkan.

Bagaimana Membuat SOP Restoran?

Sebenarnya, SOP restoran tidak jauh berbeda dengan standar operasional pada umumnya. Yang membedakan hanyalah nilai atau sistem apa yang ingin kamu terapkan untuk bisnismu.

Misalnya, setiap kali karyawan kamu membuat burger di dapur, harus menggunakan bahan dasar seperti roti, burger, keju, selada, tomat, tiga acar, dan aioli di atas roti, itu adalah SOP. Tapi jika hal tersebut tidak didokumentasikan hal itu bukanlah SOP.

Dalam SOP restoran, hal yang perlu kamu buat adalah segala hal yang berkaitan dengan cara penyajian makanan sesuai standar kesehatan, pelayanan pelanggan, hingga prosedur pembayaran, dan semua hal yang dapat berpengaruh pada rasa puas pelanggan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Berikut ini, beberapa hal yang perlu kamu ketahui saat membuat standar operasional prosedur restoran kamu:

Standar Penyajian Makanan

Restoran adalah sebuah bisnis yang berkaitan langsung dengan konsumsi. Tentu hal yang harus kamu patuhi adalah tentang ketentuan dan undang-undang dari departemen kesehatan yang berlaku. 

Kamu harus punya sebuah SOP tertulis yang jelas tentang semua prosedur yang berdasarkan ketentuan yang diberlakukan oleh departemen kesehatan, dari mulai bahan baku makanan, memasak, penyajian, penyimpanan, hingga hal sanitasi. Kamu juga perlu memastikan bahwa hal itu terverifikasi, dan terpantau. 

Protokol Persiapan Memasak

Peraturannya mencakup pemanasan, pendinginan, pelebelan, kebersihan, segala hal yang mencakup mencegah bakteri dan penyakit pada bawaan makanan. Biasanya ketentuan ini telah tertulis oleh departemen kesehatan. Kamu dapat menggunakannya untuk mengembangkan SOP penanganan makanan. 

Seperti, departemen kesehatan kita telah mengatur tentang standar persyaratan sanitasi untuk restoran yang di dalamnya ada ketentuan mengenai tempat mencuci peralatan, di mana air untuk keperluan mencuci peralatan dilengkapi air panas dengan suhu 40C 80C dan air dingin yang bertekanan 15 psi (1,2 kg/cm2). Dari ketentuan tersebut, tentu kamu harus mempertimbangkan ini ketika membuat SOP restoran.

Bagaimana Membuat SOP untuk Pelayanan?

Tidak hanya membuat standar operasional dalam hal makanan, hal yang perlu diperhatikan juga adalah bagaimana membuat pengalaman bersantap yang menyenangkan bagi pelanggan. Selain itu, sebuah restoran juga harus memiliki protokol yang memastikan semua karyawan terkordinasi dengan baik.

Pengalaman bersantap direstoran tergantung pada semua hal yang ada di restoran, mulai dari dekorasi, pencahayaan, musik, dan suhu. Staf front-of-house harus memiliki sistem untuk mempertahankan masing-masing elemen ini, serta parameter untuk menyesuaikannya sesuai dengan perubahan kondisi dan keluhan pelanggan.

 SOP untuk Staf Front of House

Staf front-of-house juga bertanggung jawab untuk mengurus kebutuhan pelanggan. Ini termasuk tempat duduk mereka, menerima pesanan mereka, mengisi gelas air mereka, mengantarkan makanan mereka ketika sudah siap dan menindaklanjuti untuk memastikan bahwa makanan dan layanan memuaskan.

SOP untuk Staf Back of House 

Bagian ini bertanggung jawab untuk memesan dan menyimpan inventaris, menyiapkan bahan, melaksanakan pesanan, dan menjaga dapur tetap bersih sepanjang shift mereka dan juga hingga restoran tutup.

Manajer inventaris harus memelihara spreadsheet yang menunjukkan apa yang mereka miliki serta apa yang mereka butuhkan untuk memesan. Sistem penyimpanan harus menempatkan item yang sering digunakan di tempat yang paling mudah diakses dan memberikan ruang yang cukup untuk rotasi stok. Ia juga harus siap ketika bahan tersebut dibutuhkan. 

Kordinasi antara Front of House and Back of House

Staf dapur harus dapat bertanggu jawab untuk berbagai jenis tugas seperti menyiapkan sup atau hidangan penutup. Para juru masak juga harus tetap memastikan area mereka rapi dan bersih.

Restoran harus memiliki kordianasi yang baik antara mereka yang menjadi pramusaji dan juga staf dapur. Pramusaji harus mengirim pesanan secepat mungkin, Koki harus mampu menyelesaikan masakan sesuai dengan waktu pelayanan yang ditentukan untuk satu makanan dan kedua bagian ini harus punya bekerjasama dengan baik agar pelayanan memuaskan.

Kordinasi ini juga dibutuhkan ketika pelanggan memiliki ketentuan khusus terhadap makanan yang ia pesan, alergi misalnya. Ketika dihadapkan pada permasalahan tentang pesanan, mereka harus dapat menyelesaikannya secara efisien.

Masalah kordinasi kerap hadir karena sistem shifting. Seperti yang kita ketahui, sebuah restoran biasanya memiliki dua shift, pagi dan malam. Hal seperti inilah yang sangat sulit untuk mengotrolnya jika menggunakan absen konvensional biasa. Namun sekarang kamu tidak lagi perlu takut kordinasi kedua bagian penting di restoran kamu tidak berjalan baik. Karena sekarang sudah ada JojoTimes dari Jojonomic.

Dengan menggunakan JojoTimes, kamu dapat melakukan absensi secara online dan anti freud, tidak hanya dapat memantau karyawan yang berbeda shift, kamu juga dapat menghemat waktu ketika menyusun laporan kehadiran disetiap bulannya, dengan begitu kamu dapat mengefisiensikan kinerja tim hingga 100%.