Membuat Vlog : Mulai dari Ide, Peralatan dan Editing yang Mumpuni

Membuat Vlog

Membuat Vlog ini juga terinspirasi dari trend blog sebelumnya di dunia internet. Banyak orang menjadi sangat terkenal dan kaya melalui blog dan vlog. Banyak orang bahkan menggunakan kegiatan ini sebagai sumber penghasilan utama untuk pekerjaan dan sebagian orang. Nyatanya, banyak siswa SD yang bercita-cita menjadi vlogger atau youtuber saat ini.

Sejak 2013, Youtube telah mampu menyediakan layanan upload video ke banyak penonton melalui adsense. Sejak itu, banyak orang telah mengunggah berbagai jenis video ke platform YouTube untuk hobi atau mencari penghasilan. Jadi kalaupun ada pengguna perekam video yang malah meraup milyaran rupiah dari video YouTube-nya, jangan heran. Lalu, bagaimana cara membuat video blog yang menarik untuk pemula? Bingung mencari kartu kredit terbaik? Perhatian ada solusinya!

Buat blog atau Vlog?

Membuat Vlog

Bagaimana memilih antara blog video dan artikel tradisional? Mengapa saya harus memilih salah satu dari keduanya? Menggabungkan teks, gambar, dan postingan video dapat memberi Anda lebih banyak fleksibilitas dalam menyajikan konten, menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik, dan memperluas cakupan.

Untuk ini, Anda memerlukan situs web untuk mempublikasikan semua konten. Jika Anda masih belum yakin platform mana yang akan digunakan untuk video blogging, maka YouTube pasti pilihan Anda. Setiap tahun, ribuan bintang YouTube di seluruh dunia mendapat untung besar dari iklan di saluran mereka. YouTube telah menjadi situs video paling populer.

YouTube memberi Anda akses langsung ke penonton global. Halaman Facebook dapat menggantikan video dan dapat memberikan liputan tambahan. Tidak seperti YouTube, Facebook akan secara otomatis memutar video di umpan berita dan secara otomatis menghitung jumlah penayangan lengkap setelah diputar selama 3 detik.

Ide perencanaan Membuat Vlog

Hal pertama yang harus dilakukan adalah merencanakan ide konten video. Tuliskan konsep yang Anda hasilkan, lalu uraikan ide yang paling menarik dan unik. Anda juga bisa membuat blog video dialisis yang hanya merekam aktivitas sehari-hari.

Namun perlu dipastikan bahwa dari segi alur setiap video atau kreativitas selama penyuntingan, video yang dihasilkan memiliki beberapa poin yang menarik. Ide di sini juga disertakan saat menentukan nama saluran YouTube. Anda bisa menggunakan nama sendiri atau nama lain yang mudah diingat dan unik agar lebih mudah diingat oleh audiens.

Peralatan Membuat Vlog

Setelah menentukan ide dan menulisnya sebagai referensi, langkah selanjutnya adalah menyiapkan peralatan. Mungkin banyak yang beranggapan bahwa membuat vlog membutuhkan banyak peralatan, padahal sebenarnya tidak demikian. Di zaman sekarang ini, Anda dapat membuat blog video hanya dengan ponsel Anda.

Harap dicatat bahwa kamera ponsel harus berkualitas baik. Untuk mendapatkan kualitas video yang lebih baik, Anda harus menambahkan beberapa alat seperti tripod, stabilizer dan telepon lain untuk menjadikannya perekam suara atau mikrofon. Jika Anda ingin membuat video yang lebih baik bekerja dalam resolusi tinggi, gunakan kamera. Pilih peralatan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Membuat Vlog dengan Ambil gambar, edit dan unggah video

Membuat Vlog

Saat mengambil foto, harap perhatikan cahaya yang memadai, sudut pemotretan, dan efek fotografi dasar lainnya. Hal-hal kecil ini akan membuat video Anda terlihat lebih elegan dan menarik. Saat mengedit, Anda dapat menggunakan berbagai perangkat lunak yang mudah digunakan selama perekaman, seperti Camtasia untuk sistem operasi Windows dan Screenflow untuk sistem operasi Mac.

Dalam proses pengeditan, aplikasi yang ramah dan mudah digunakan adalah contoh MovieMaker untuk Windows atau iMovie untuk Mac. Agar lebih baik dalam proses editing, Anda bisa menggunakan berbagai aplikasi lain, salah satunya adalah Adobe After Effects yang bisa digunakan untuk mengedit green screen, dll.

Bagi yang menggunakan ponsel untuk video blogging, Anda masih bisa menggunakan berbagai aplikasi tambahan dalam mengedit video. Misalnya, PowerDirector, pembuat profil, editor video, dll. Anda bisa menemukan aplikasi ini di playstore atau appstore. Sebaiknya saat mengedit, pertimbangkan komposisi konten, kreativitas penggunaan efek, dan durasi video.

Setelah mengedit video, unggah ke akun saluran YouTube Anda dan pilih judul, deskripsi video dan gambar ikon video (thumbnail) untuk menarik perhatian. Memberikan tag spesifik juga dapat sangat membantu calon penonton menemukan video Anda.

Membuat Vlog Video promosi

Sebagai permulaan, sulit untuk menarik penonton video Anda. Oleh karena itu, yang terbaik adalah meminta bantuan dan mempromosikan video Anda melalui media sosial (mulai dari Facebook, Twitter, dan Instagram) atau secara pribadi dari orang-orang terdekat Anda. Dengan cara ini, video dapat disebarluaskan di awal, dan akhirnya muncul di berbagai saran video lainnya.

Tujuan pembuatan Vlog

Membuat Vlog

Tujuannya adalah salah satu hal terpenting yang harus Anda tentukan sejak awal saat ingin menjadi vlogger. Sekadar kepuasan pribadi, sekedar hobi, tetap ingin menghasilkan uang dari video blog. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada performa pembuatan video blog.

Misalnya, jika hanya untuk hiburan, Anda dapat mengupload video kapan saja, dan tema video dapat diubah sesuai kebutuhan. Menghasilkan uang itu berbeda, jadi Anda harus punya konsep yang jelas. Dari pemilihan konten, pengeditan hingga awal pemutaran video yang dijadwalkan di saluran YouTube.

Platform Youtube sendiri memiliki algoritme yang dapat secara konsisten mempromosikan video yang diunggah dalam kurun waktu tertentu. Jika memang memiliki niat yang tinggi, Anda bisa merekam dan mengedit beberapa stok video terlebih dahulu, lalu menguploadnya setiap hari. Dengan cara ini, algoritme Youtube sendiri akan membuat video Anda lebih mudah ditemukan.

Kesimpulan

Kuncinya adalah kreativitas, ketekunan dan kerja keras. Menjadi perekam video yang dikenal banyak orang, dan video ditonton oleh ribuan orang. Kemudian, Anda perlu melakukan upaya yang berharga. Semuanya harus dimulai sedikit demi sedikit untuk akhirnya menjadi lebih besar.

Selain itu, kreativitas akan memegang peranan penting di dalamnya. Anda harus kreatif dalam menentukan peran dan tema video, dan saat ini Anda ingin mengamati preferensi pengguna Youtube (yang saat ini sedang booming). Bekerja keras untuk menjadi vlogger yang sukses.

JojoExpense Membantu Anda Mengelola Pengeluaran Perusahaan dengan Lebih Efisien dan Hemat Waktu. Kelola data pelanggan dengan lebih mudah. Dengan JojoExpense, Anda dapat dengan mudah mengakses status keuangan perusahaan kapan pun, di mana pun.

Apakah Anda ingin mengajukan permintaan pengembalian dana atau mengizinkan penarikan uang tunai, Anda dapat melakukannya melalui ponsel Anda. Anda dapat mengirimkan permintaan Anda secara langsung, atau Anda dapat menyimpannya untuk digunakan nanti, misalnya, jika Anda ingin memeriksa kembali aplikasi Anda. Itu semua tergantung Anda-Anda bertanggung jawab atas pengelolaan keuangan Anda sendiri.

Saat Anda duduk di meja kerja, Anda dapat sepenuhnya fokus pada tugas-tugas penting dan menyerahkan manajemen manual ke proses otomatis. Yuk pakai aplikasi expense management dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari!