Tips Membuat Vlog yang Akan Menggait Jutaan Viewers

Tips Membuat Vlog yang Akan Menggait Jutaan Viewers – Youtube telah menjadi platform media sosial yang mengalami perkembangan yang luar biasa pesat saat ini. Konten video yang disajikan pun sangat beragam mulai dari musik, game, film, kuliner, fashion dan masih banyak lagi. Dan salah satu konten yang saat ini masih populer dan mengundang banyak viewers yaitu Vlog.

Vlog atau Video Log (Blog) ini, adalah sebuah konten kreatif atau dokumentasi berupa video, yang dibuat oleh seseorang atau banyak orang dengan tujuan memberikan informasi berupa opini/fakta ataupun hanya untuk sekedar berbagi.

Awalnya Vlog ini terkenal dengan video yang menampilkan keseharian atau kegiatan seseorang. Namun, saat ini, video vlog sudah memiliki genre yang sangat beragam. Tidak hanya keseharian seseorang saja yang bisa Anda ikuti, tetapi bermacam-macam informasi kini juga dapat Anda temukan dalam sebuah konten vlog.

Pada artikel kali ini Jojonomic akan, kupas tuntas secara dalam apa itu Vlog, mulai dari mengulas sejarahnya, jenisnya hingga tips untuk Anda yang baru ingin membuat vlog yang keren dan sukses. So simak terus artikel ini ya!

Sejarah Vlog

Vlog Pictures | Download Free Images on Unsplash

Kemunculan vlog yaitu pada saat tahun 2000, seorang bernama Adam Kontras mempublikasikan salah satu video pada situs blog miliknya. kemudian pada tahun yang sama, seseorang bernama Adrian Miles juga memposting sebuah video dan ia menamai videonya tersebut dengan sebutan video blog atau vlog.

Pada tahun 2004, Steve Garfield mengunggah video blog miliknya dan
akhirnya menjadi populer di luar negeri. Selanjutnya pada tahun 2005, vlog
menjadi sesuatu hal yang popular dikalangan masyarakat sehingga YouTube pada saat itu menjadi salah satu video website yang sering banyak dikunjungai kelima didunia.

Tema dalam Vlog yang Dapat Menjadi Inspirasi Anda

Vlog Pictures | Download Free Images on Unsplash

Berikut ini adalah jenis atau tema vlog yang dapat Anda coba untuk menggait banyak viewers:

Daily Vlog

Daily vlog inilah yang menjadi awal kepopuleran video blog hingga saat ini. Ini merupakan jenis vlog yang diproduksi oleh kreator hampir setiap hari. Dalam video ini, Anda bisa melihat ringkasan berbagai kegiatan yang dilakukan para kreator dalam sehari penuh, tergantung dari kegiatan kreator yang Anda ikuti. Jenis video blog ini cocok untuk Anda yang memiliki banyak kesibukan setiap harinya.

Beauty Vlog

Tema vlog ini menjadi salah satu yang populer dan dapat menggait banyak viewers dengan cepat, Buat Anda yang hobi makeup dan gemar koleksi produk-produk riasan wajah ataupun tubuh, ini recommended banget buat Amda untuk jadi seorang Beauty Vlogger. Anda bisa membuat vlog tentang tutorial makeupreview alat kosmetik super murah, perawatan wajah, ataupun memberikan tips kecantikan lainnya.

Travel Vlog

Untuk Anda yang punya hobi jalan-jalan baik itu ke pantai, gunung, dan juga tempat-tempat indah lainnya. Menjadi travel vlogger adalah pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin memulai nge-vlog. Anda bisa memberikan informasi tentang harga tiket murah, penginapan murah, alternatif kendaraan, ataupun surga-surga dunia yang belum banyak disaksikan mata. Anda juga bisa berbagi keindahan alam dari tempat-tempat yang Anda kunjungi.

Food Vlog

Untuk Anda yang hobi makan, masak-memasak dan rajin wara-wiri cari jajanan enak. Food vlogger menjadi pilihan terbaik untuk Anda. Food vlog biasanya mencakup beberapa jenis konten, seperti review makanan, review tempat makan, wisata kuliner, ataupun tutorial memasak. Menjadi food vlogger memiliki banyak kelebihan.

Selain bisa mencicipi berbagai makanan, suatu saat pasti akan mendapatkan tawaran dari berbagai pihak entah itu untuk mencoba makanan baru ataupun mereview sebuah tempat makan atau restoran. Di Indonesia sendiri, sudah ada beberapa food vlogger yang sudah populer seperti Moinblog, JWestBros, dan Gerry Girianza.

Cinematic Vlog

Untuk Anda yang mempunyai basic ataupun baru memulai belajar teknik videografi, tema vlog ini sangat tepat untuk Anda menjadi ajang unjuk gigi. Cinematic vlog ini menyuguhkan teknik pengambilan gambar dan juga editing yang ciamik. Di dunia video online Indonesia, gaya vlog seperti ini, dipopulerkan oleh Chandra Liow melalui beberapa vlognya. Dan untuk referensi, Anda juga bisa shot video tempat-tempat yang terlihat biasa saja menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi melalui teknik video cinematic yang Anda suguhkan.

Healthy Vlog

Buat Anda yang paham betul cara mengatur pola hidup sehat dan menjaga bentuk tubuh agar tetap ideal, tema vlog ini menjadi pilihan yang sangat pas untuk Anda, pasalnya Anda tidak hanya akan mendapatkan keuntungan dari adsense yang ada, tetapi juga informasi yang Anda suguhkan akan berdampak ke banyak orang untuk memulai hidup yang sehat dan juga teratur. Anda juga dapat berbagi tips mengatur pola makan sehat/diet, membentuk tubuh, makanan sehat, dan informasi kesehatan lainnya seperti olahraga dan fitness.

Tips Jitu Memulai Vlog

Vlogger Pictures | Download Free Images on Unsplash

Berikut beberapa tips yang dapat Anda adopsi untuk membuat vlog yang keren dan juga sukses:

Konsisten

Salah satu cara menjaga loyalitas penonton di channel YouTube Anda adalah dengan mengunggah vlog Anda secara konsisten. Hal ini akan membuat para penonton mengunjungi channel Anda secara berkala, bahkan akan berlanggangan di channel YouTube Anda untuk melihat sesuatu yang baru.

Memiki Ciri Khas

Jangan meniru gaya vlog orang lain. Anda bisa mengangkat konten video berdasarkan pengalaman, hobi dan juga bidang yang digeluti. Sebisa mungkin tidak memalsukan sesuatu, supaya vlog terasa lebih organik dan natural.

Pomosi di Berbagai Platform Media Sosial

Gunakan bantuan dari berbagai jaringan media sosial Anda lainnya untuk mempopulerkan channel Anda. Contohnya, untuk membagi satu video Anda di channel YouTube, sebarkan link-nya dengan bantuan Facebook, Twitter, atau cuplikan teaser di Instagram Anda, agar pengikut Anda di media sosial tertarik dan akhirnya mulai mengikuti vlog Anda di chanel youtube.

Vlog Mudah Ditemukan

Jika video Anda sudah bagus dan berkualitas, tetapi tidak gampang ditemukan orang lain, ya, tidak akan membantu Anda menggait viewers dengan jumlah yang tinggi. Untuk itu, gunakan sarana-sarana, seperti Google Trends, untuk mencari judul yang mudah ditemukan orang lain, atau Twitter Trends. Dengan begitu, orang lain mudah mengetahui vlog Anda. Dan agar vlog Anda tetap relevan dengan tren yang ada.

JojoExpense, pencatatan pengeluaran perusahaan dalam satu sentuhan

Jojo Expense merupakan sebuah aplikasi yang didesain khusus untuk memudahkan kinerja Anda dalam manajemen keuangan dan pengeluaran. Aplikasi ini efektif dalam meningkatkan efisiensi pekerjaan hingga 76 persen.

Jojo Expense

Selain itu, fitur pendukungnya pun cukup lengkap. Mulai dari Budget Controlling, Cash Advance, Reimbursement Online hingga Transfer Antar Bank secara Real Time. Tak hanya itu, Jojo Expense juga dilengkapi dengan teknologi mutakhir berupa Intelligence OCR dan Realtime Geotagging yang memungkinkan Anda dapat terhindar dari risiko fraud financial. Menarik, bukan?

So, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan Jojo Expense dan permudah cara Anda dalam mengelola keuangan perusahaan sekarang juga!