Sebuah Strategi Mempertahankan Kepuasan Pelanggan

Pelanggan adalah satu hal yang bisa membuat bisnis menjadi sukses. Dan kepuasan pelanggan adalah salah satu aset penting yang harus dipunyai dalam menjalankan sebuah bisnis. Meskipun memang hal yang cukup enteng, namun kedua hal tersebut sangat penting dan menjadi kunci utama dalam meningkatkan penjualan dan meraih keuntungan. Sehingga mempertahankan kepuasan pelanggan adalah hal yang wajib.

Pengaruh kepuasan pelanggan terhadap bisnis

Tanpa pelanggan, bisnis tidak akan bisa sukses. Oleh karena itu, seorang pelaku bisnis harus bisa menarik sebanyak mungkin pelanggan karena semakin banyak pelanggan, maka semakin banyak pula keuntungan yang didapat dan bisnis anda bisa semakin berkembang.

Namun, ketika sebuah bisnis sudah memiliki pelanggan atau konsumen yang cukup besar dan luas, anda harus berupaya dan memperjuangkan loyalitas dan kepuasan mereka.

Kepuasan pelanggan sangat berpengaruh besar terhadap keberlangsungan sebuah bisnis, baik bisnis di bidang barang maupun bisnis di bidang jasa. Banyak perusahaan berlomba-lomba untuk membuat inovasi bisnis barang dan jasa, mempromosikan, dan mempertahankan kepuasan serta loyalitas pelanggan dengan tujuan untuk memperluas jaringan bisnis.

Puas atau tidaknya para pelanggan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan, pasti akan berimbas kepada perkembangan bisnis. Karena jika mereka puas, mereka pasti akan melakukan pembelian ulang di masa-masa yang akan datang, ataupun merekomendasikan kepada teman atau kerabatnya tentang bisnis anda. Begitu juga sebaliknya. Jika mereka kecewa dengan service yang anda berikan, maka tidak menutup kemungkinan mereka akan kapok untuk melakukan pembelian kembali di bisnis anda.

Strategi Mempertahankan Kepuasan Pelanggan

Nah setelah mengetahui tentang pentingnya kepuasan pelanggan terhadap sebuah bisnis, lalu bagaimana cara menjaga kepuasan dan loyalitas mereka? Karena hal ini sangat berkaitan dengan kelangsungan bisnis agar bisnis yang anda jalankan bertahan dalam jangka waktu yang lama. Berikut ini beberapa tips jitu mempertahankan kepuasan dan loyalitas pelanggan dari bisnis yang anda jalankan :

1. Tingkatkan produk dengan memberikan nilai tambah pada produk

Kualitas produk atau layanan jasa yang ditawarkan adalah hal utama yang harus diperhatikan. Semakin baik kualitas produk atau layanan jasa yang anda berikan kepada pelanggan dan calon pelanggan, maka akan menarik perhatian pelanggan untuk terus membeli atau menggunakan jasa bisnis anda.

Jika produk atau jasa anda belum maksimal, anda harus meningkatkannya. Dan jika sudah baik, maka anda perlu mempertahankannya. Namun mempertahankan saja tidaklah cukup. Karena bisa jadi banyak pelaku bisnis lain yang menawarkan barang atau jasa seperti yang anda tawarkan. Sehingga supaya mempunyai kelebihan, anda perlu meningkatkan nilai tambah dari produk atau jasa yang anda tawarkan.

Nilai merupakan kualitas sebuah produk yang dikaitkan dengan harganya. Jika produk yang anda tawarkan memiliki fungsi yang lebih baik, bertahan lebih lama, atau berharga lebih murah dari ekspektasinya, ataupun terdapat suatu hal yang tidak terpikirkan olehnya, maka pelanggan akan merasa senang.

Beberapa cara untuk meningkatkan nilai tambah pelanggan bisa dengan beberapa cara, yaitu :

  • Pengemasan. Sebisa mungkin kemas produk anda menjadi semenarik mungkin sehingga konsumen akan tertarik untuk melakukan pembelian. Contohnya, jika target pasar adalah anak muda milenial, kemaslah produk anda dengan packaging dengan bentuk yang minimalis namun tetap chic atau lucu, atau dengan penambahan tulisan-tulisan dan sebagainya.
  • Tawarkanlah garansi. Garansi tersebut bisa dalam jangka panjang atau garansi seumur hidup jika memungkinkan. Karena garansi bisa menjadi daya tarik tersendiri dari konsumen.
  • Dan juga pastikan mendapatkan produk yang paling baik dan sesuai dengan kebutuhan mereka.

2. Tawarkan promo-promo yang menarik

Biasanya, beberapa toko atau pusat perbelanjaan selalu ramai di waktu-waktu tertentu karena apa? Karena disana ada diskon-diskon dan promo-promo. Dan hal itu cukup bisa menggaet konsumen dan pelanggan tetap.

Promo tidak hanya dengan diskon, namun juga dengan tawaran lain seperti kartu keanggotaan. Karena dengan kartu keanggotaan, pelanggan akan mendapatkan berbagai keuntungan seperti diskon atau poin. Tawaran seperti itu perlu untuk diadakan dengan tujuan menjaga loyalitas pelanggan. Dan pastinya hal itu tidak akan merugikan bisnis anda jika diimbangi dengan perhitungan yang pas.

Tidak hanya promo, anda juga bisa membangun sebuah program yang bisa menggaet lebih banyak pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama. Salah satunya seperti membuka program reseller, dropshipper, ataupun affiliate. Karena dengan hal itu tidak hanya anda yang akan kebanjiran keuntungan, namun pelanggan tetap anda yang bergabung dengan program tersebut bisa mendapatkan keuntungan pula. Hal itu pasti bisa meningkatkan kepuasan dan loyalitas.

3. Bangun hubungan yang baik dengan pelanggan

Tidak ada salahnya jika anda terus berkomunikasi dengan pelanggan. Karena membangun hubungan dengan pelanggan adalah salah satu strategi yang sangat jitu agar pelanggan tetap loyal terhadap bisnis anda. Perlakukan pelanggan tidak hanya sebagai pelanggan, namun juga perlakukan seperti halnya orang terdekat, seperti layaknya kerabat ataupun keluarga.

Beberapa cara yang bisa anda lakukan adalah misalkan mengirimkan ucapat selamat atau terimakasih atas pembelian produk, mengucapkan ulang tahun, mengucapkan selamat hari raya, dan sebagainya melalui sosial media, email, ataupun pesan singkat. Perhatian-perhatian seperti itu akan menambah kepuasan konsumen sehingga akan membentuk loyalitas pelanggan.

4. Berikan pelayanan yang cepat dan selalu prioritaskan kenyamanan pelanggan

Berikan layanan yang baik kepada pelanggan. satu hal yang paling berhubungan dengan layanan pelanggan adalah karyawan. Sehingga supaya bisa memberikan kualitas terbaik pada layanan bisnis anda, tentunya kinerja dari karyawan juga harus maksimal. Kinerja tersebut bisa dengan sikap yang baik, attitude yang baik, yang bisa menambah nilai plus dari bisnis anda.

Tidak hanya itu, berikanlah layanan yang cepat dan mudah sehingga pelanggan akan lebih senang. Supaya bisa memberikan layanan-layanan tersebut, bisa melakukan beberapa cara seperti :

  • Layani pelanggan dengan cepat melalui penyediaan karyawan yang memadai.
  • Tawarkanlah pengiriman produk atau sediakan pelayanan di tempat. Karena beberapa orang lebih memilih menunggu di rumah dan barang langsung sampai dibanding harus keluar rumahnya.
  • Tawarkanlah penanganan transaksi secara efisien. Jika dalam hal tertentu dibutuhkan untuk mengisi formulir, perilahkanlah mereka untuk mengisi yang diperlukan saja.
  • Lakukanlah perdagangan ulang atau tukar lama jika menghendaki.
  • Tawarkanlah untuk mengurusi rincian-rincian tambahan seperti asuransi, garansi, dan sebagainya.
  • Efisienkanlah situs web, e-commerce, toko online, ataupun penanganan penerimaan telepon.

5. Lakukanlah follow up pasca penjualan.

Ketika melakukan penjualan, pasti memiliki data tentang pembelinya. Anda bisa melakukan follow-up dengan menanyakan tingkat kepuasan mereka terhadap produk atau jasa yang diberikan.Untuk mempertahankan loyalitasnya, anda bisa mencoba untuk melakukan follow up pasca pembelian pertama. Memang hal ini sangat mudah namun masih belum banyak yang melakukannya, karena mereka cenderung mencari konsumen baru, bukan mempertahankan pelanggannya.

Kesimpulan

Kepuasan pelanggan adalah sebuah aset yang berharga dalam bisnis. Karena ketika kepuasan pelanggan naik, maka mereka akan selalu membeli produk atau jasa kita, atau bahkan merekomendasikannya. Sehingga bisnis anda bisa berjalan dengan lancar.

Jika bisnis anda sukses, jangan lupa untuk selalu memantau anggaran bisnis anda. Karena anggaran juga merupakan suatu hal yang sangat penting. Ada cara mudah untuk mengelola keuangan perusahaan, yaitu dengan Jojo Expense.

Jojo Expense merupakan sebuah software yang dapat diandalkan dalam mengelola pengeluaran perusahaan, mengontrol anggaran hingga memudahkan proses pengajuan reimbursement karena dapat dilakukan secara online tanpa harus mengisi berkas-berkas. Dengan aplikasi ini, seluruh manajemen perusahaan dapat dilakukan dengan cara yang lebih praktis dan efisien.

Tertarik untuk mencobanya? Yuk segera gunakan Jojo Expense, dan rasakan kemudahan dalam pengelolaan keuangan bisnis anda.