Mengapa manfaat motivasi kerja Begitu Penting di Tempat Kerja?

motivasi hidup

Motivasi kerja didefinisikan sebagai tingkat energi, komitmen, ketekunan, dan kreativitas yang dibawa oleh pekerja perusahaan ke dalam pekerjaan mereka pada manfaat motivasi kerja.

Tak perlu dikatakan bahwa motivasi kerja yang lebih tinggi mengarah pada keterlibatan dan produktivitas yang lebih baik. Tidak mengherankan, motivasi kerja telah menjadi salah satu prioritas utama bagi sebagian besar bisnis.

Mengapa Motivasi kerja Begitu Penting di Tempat Kerja?

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa motivasi kerja sangat terkait dengan keterlibatan karyawan . Selain itu, keterlibatan karyawan hampir selalu mengarah pada produktivitas yang lebih tinggi .

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika organisasi memberikan lebih banyak perhatian dan sumber daya ke dalam motivasi kerja.

Begini masalahnya: karyawan yang kurang terlibat cenderung kurang terhubung secara emosional dengan perusahaan mereka . Mereka tidak merasa bangga bekerja untuk perusahaan mereka, mereka tidak bertindak sebagai duta merek, dan mereka biasanya tidak berbagi nilai-nilai perusahaan.

Terlebih lagi, ketika karyawan tidak bahagia di tempat kerja atau merasa tidak terlibat , mereka tidak akan mencoba berinovasi atau mengambil pendekatan proaktif dalam mengembangkan bisnis karena mereka tidak merasa terlibat dalam bisnis. Tetapi Kamu perlu mengajak semua orang untuk membawa bisnis Kamu ke tingkat berikutnya.

15 Manfaat Motivasi kerja yang Tinggi

Tidak peduli seberapa besar atau kecil sebuah perusahaan, motivasi kerja selalu menjadi salah satu tujuan perusahaan terbesar. Berikut petunjuknya: semuanya bermuara pada budaya perusahaan (termasuk nilai-nilai) yang Kamu kembangkan.

Hal ini terutama berlaku di dunia di mana kaum Milenial menjadi bagian terbesar dari angkatan kerja saat ini. Kita semua menyadari betapa menuntutnya kaum Milenial, dan sebagian besar pemberi kerja menyadari harapan, permintaan, dan kebutuhan baru mereka .

Namun, pengusaha perlu belajar bagaimana menyesuaikan diri karena manfaat dari motivasi kerja yang tinggi sangat banyak.

Dibandingkan dengan karyawan yang tidak termotivasi, karyawan yang termotivasi :

1. Menangani ketidakpastian dengan lebih baik

Karena karyawan yang termotivasi jauh lebih terlibat, mereka juga lebih percaya diri dalam apa yang mereka lakukan. Akibatnya, mereka tahu bagaimana bereaksi dalam situasi sulit.

2. Apakah pemecah masalah yang lebih baik?

Keterampilan pemecahan masalah adalah sesuatu yang kebanyakan pengusaha cari pada karyawan mereka. Jika Kamu memiliki karyawan yang termotivasi, mereka juga akan bekerja lebih keras untuk memecahkan masalah dan tantangan.

3. Lebih inovatif dan kreatif

Ketika karyawan termotivasi dan terlibat, mereka memikirkan ide-ide inovatif yang dapat membantu mengoptimalkan kinerja bisnis.

4. Bersikap proaktif

Karyawan yang termotivasi secara proaktif mencari solusi baru untuk menghilangkan tantangan dan mencapai tujuan. Mereka tidak menunggu umpan balik dan mereka sering mengevaluasi pekerjaan mereka sendiri.

5. Lebih produktif

Lebih banyak motivasi dan keterlibatan sering kali menghasilkan lebih banyak produktivitas. Oleh karena itu, perusahaan dengan karyawan yang termotivasi seringkali lebih produktif daripada yang lain. Faktanya, penelitian Hay Group tentang motivasi kerja membuktikan bahwa kantor dengan karyawan yang terlibat 43% lebih produktif.

6. Memahami tujuan perusahaan dengan lebih baik

Karyawan yang termotivasi ingin memahami bagaimana pekerjaan mereka berkontribusi pada kesuksesan perusahaan secara keseluruhan. Oleh karena itu, mereka selalu ingin memahami apa misi, visi, dan tujuan perusahaan.

7. Bekerja untuk mencapai tujuan mereka sendiri

Memahami tujuan perusahaan, karyawan yang termotivasi sangat baik dalam memahami dan mencapai tujuan mereka sendiri.

8. Bekerja untuk mencapai tujuan perusahaan

Selain bekerja keras untuk mencapai tujuan mereka sendiri, karyawan yang termotivasi juga peduli untuk mencapai tujuan tim dan perusahaan.

9. Lebih berpusat pada pelanggan

Apakah Kamu berada dalam bisnis B2B atau B2C, karyawan yang lebih terlibat akan selalu peduli dengan kepuasan pelanggan Kamu.

10. Tetap bersama perusahaan lebih lama

Fluktuasi adalah salah satu masalah tenaga kerja terbesar. Bisnis dengan karyawan yang terlibat memiliki tingkat retensi karyawan 87% lebih tinggi .

11. Lebih mudah beradaptasi dan terbuka terhadap perubahan

Kelincahan adalah sesuatu yang ingin dicapai oleh setiap majikan. Karyawan dengan tingkat motivasi yang lebih tinggi lebih terbuka untuk berubah dan lebih cepat untuk cara kerja yang gesit.

12. Apakah pemain tim yang lebih baik?

Karena sebagian besar karyawan yang termotivasi didorong oleh tujuan dan sasaran perusahaan, mereka lebih cenderung menjadi pemain tim daripada pemain solo.

13. Berdampak baik pada karyawan lain

Karyawan yang tidak terlibat sering kali berdampak negatif pada orang lain. Selain itu, kenegatifan mereka dapat menciptakan budaya perusahaan yang tidak sehat.

14. Cenderung lebih sehat

Sebuah laporan tentang biaya keuangan pelepasan karyawan menunjukkan bahwa bisnis dengan keterlibatan karyawan yang rendah melaporkan 62% lebih banyak kecelakaan daripada mereka yang memiliki keterlibatan tinggi.

15. Apakah duta merek?

Karyawan yang termotivasi sering kali terhubung secara emosional dengan perusahaan mereka. Selanjutnya, karyawan yang terhubung secara emosional 3 kali lebih mungkin untuk menjadi duta. Mengubah karyawan Kamu menjadi duta dapat membantu Kamu meningkatkan kesadaran, penjualan, dan menarik bakat ke perusahaan Kamu.

Pentingnya Motivasi kerja

Ada beberapa alasan mengapa motivasi kerja itu penting. Terutama karena memungkinkan manajemen untuk memenuhi tujuan perusahaan. Tanpa tempat kerja yang termotivasi, perusahaan dapat ditempatkan pada posisi yang sangat berisiko.

Karyawan yang termotivasi dapat mengarah pada peningkatan produktivitas dan memungkinkan organisasi untuk mencapai tingkat output yang lebih tinggi. Bayangkan memiliki seorang karyawan yang tidak termotivasi di tempat kerja. Mereka mungkin akan menggunakan waktu di meja mereka untuk berselancar di internet untuk kesenangan pribadi atau bahkan mencari pekerjaan lain. Ini membuang-buang waktu dan sumber daya Kamu.

Perhatikan bahwa ini didasarkan pada satu karyawan. Coba bayangkan mayoritas karyawan Kamu melakukan hal yang sama. Ini bukan posisi yang diinginkan siapa pun.

Manfaat Karyawan yang Termotivasi

Motivasi kerja sangat penting bagi setiap perusahaan karena manfaat yang dibawanya bagi perusahaan. Manfaat meliputi:

  • Meningkatkan komitmen karyawan

Ketika karyawan termotivasi untuk bekerja, mereka umumnya akan memberikan upaya terbaik mereka dalam tugas-tugas yang diberikan kepada mereka.

  • Peningkatan kepuasan karyawan

Kepuasan karyawan merupakan hal yang penting bagi setiap perusahaan karena hal ini dapat mengarah pada pertumbuhan yang positif bagi perusahaan.

  • Pengembangan karyawan yang sedang berlangsung

Motivasi dapat memfasilitasi seorang pekerja mencapai tujuan pribadinya, dan dapat memfasilitasi pengembangan diri seorang individu. Setelah pekerja itu memenuhi beberapa tujuan awal, mereka menyadari hubungan yang jelas antara usaha dan hasil, yang selanjutnya akan memotivasi mereka untuk melanjutkan pada tingkat yang tinggi.

  • Peningkatan efisiensi karyawan

Tingkat efisiensi seorang karyawan tidak hanya didasarkan pada kemampuan atau kualifikasinya saja. Agar perusahaan mendapatkan hasil yang terbaik, seorang karyawan perlu memiliki keseimbangan yang baik antara kemampuan untuk melakukan tugas yang diberikan dan kemauan untuk mau melakukan tugas tersebut. Keseimbangan ini dapat mengarah pada peningkatan produktivitas dan peningkatan efisiensi.

Penutup

manfaat motivasi kerja

Onboarding sendiri merupakan hal penting yang harus dilakukan perusahaan terutama untuk para karyawan baru. Karena dengan proses onboarding yang baik kaan menjadikan karyawan yang potensial dan berkualitas kedepannya. Salah satu yang dapat anda lakukan untuk memantau karyawan baru adalah menggunakan sistem absensi dari Jojo Times

Jojo Times merupakan aplikasi absensi online yang berbasis cloud sehingga sangat cocok sekali untuk digunakan pada perusahaan. Perangkat lunak yang satu ini mempermudah Anda dalam memantau absensi karyawan secara realtime kapan dan dimanapun.