Mengenal Apa itu Scrum Master dalam project management

Mengenal Apa itu Scrum Master

Apa itu scrum master? Mungkin masih sedikit orang yang mengenal istilah ini. Namun, jika Anda adalah orang yang sering berkecimpung dalam dunia IT, tentunya istilah scrum master sudah tidak lagi asing didengar.

Scrum merupakan kerangka kerja yang banyak digunakan dalam pengembangan proyek khususnya software. Metode ini pada umumnya juga dapat digunakan untuk pengembangan produk yang bersifat kompleks.

Untuk menjalankan kerangka kerja yang dimaksud, terdapat pembagian peran-peran di dalamnya. Salah satu peran tersebut adalah scrum master.

Nah, di bawah ini, kami akan mengulas secara mendalam tentang scrum master. Yuk, simak penjelasan selengkapnya dengan saksama.

Apa itu Scrum?

Sebelum tahu lebih jauh tentang scrum master, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu apa itu scrum. Scrum, secara sederhana, dapat diartikan sebagai kerangka kerja yang digunakan dalam memecahkan masalah yang bersifat kompleks.

Dalam menjalankan perannya, scrum menggunakan pendekatan metode agile. Metode tersebut mengacu pada nilai dan prinsip yang telah ada dalam Agile Manifesto.  Nilai dan prinsip tersebut mencakup unsur-unsur kolaborasi, pengorganisasian yang dijalankan sendiri oleh anggota tim dan tim lintas fungsi.

Dalam usaha menjalankan kerangka kerja yang disebut scrum, perlu adanya penunjukan peran-peran tertentu untuk memaksimalkan prosesnya. Peran tersebut di antaranya adalah project manager, product owner dan scrum master.

Apa itu Scrum Master?

Setelah tahu apa itu scrum, sekarang Anda juga harus tahu apa itu scrum master. Scrum master adalah orang yang ahli dan memiliki pemahaman terkait metode serta cara kerja scrum dalam project management.

Orang pada posisi ini memiliki tanggung jawab penuh untuk memberikan pengetahuan kepada setiap orang yang menggunakan metode ini guna memahami scrum secara menyeluruh. Scrum master juga dituntut agar senantiasa memberikan pemahaman terkait nilai scrum, yakni commitment, courage, focus, openness dan respect.

Jika dilihat dari nilai dan peran yang diemban, bisa dibilang scrum master merupakan pemimpin dalam sebuah pengembangan proyek. Namun, seorang scrum master berbeda dengan seorang project manager yang berfokus pada bagaimana proyek berjalan sesuai perencanaan waktu dan biaya.

Dalam prosesnya, scrum master lebih memfokuskan bagaimana tim dapat menjalankan kinerjanya dari hari ke hari dalam menyelesaikan pengembagan proyek, sesuai dengan paradigma metode scrum.

Peran yang Dimiliki Scrum Master

Selanjutnya, Anda juga perlu mengetahui apa peran yang dimiliki dan harus dijalankan oleh seorang scrum master. Di antaranya sebagai berikut:

  • Memberikan coaching atau mentoring terhadap anggota tim untuk dapat menjalankan aktivitas dengan baik sesuai tanggung jawab yang diemban.
  • Memberikan fasilitas diskusi, pembuatan keputusan dan resolusi konflik dalam sebuah tim jika dibutuhkan.
  • Memastikan bahwa semua anggota tim memahami prinsip agile dengan baik serta kaitannya dengan unsur-unsur scrum.
  • Meningkatkan efisiensi kerja antar anggota dalam tim dan mengoptimalkan kolaborasi yang terjalin antar tim.

Kemampuan yang Harus Dimiliki Scrum Master

Mengemban peran dan tanggung jawab sebagai seorang scrum master tentu bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan beberapa keterampilan yang harus dikembangkan agar dapat berkarier secara profesional pada posisi ini.

Di bawah ini adalah beberapa keterampilan yang dibutuhkan scrum master yang handal dan profesional.

1. Komunikasi

Kemampuan ini akan memudahkan dalam memberikan mentoring kepada anggota tim. Sebagai seorang coach atau mentor yang baik, sebaiknya Anda memliki skill komunikasi yang bagus sehingga terbangun komunikasi yang apik.

Dengan kemampuan komunikasi baik, tentu akan memudahkan para anggota memahami apa yang Anda sampaikan. Hal itu akan berdampak pada hasil kerja anggota tim.

2. Kemampuan Perencanaan dan Forecasting yang Baik

Sebagai pengemban tanggug jawab terhadap kelancaran pengerjaan proyek dengan metode scrum, Anda harus pandai dalam membuat perencanaan dan prediksi kemungkinan yang bisa saja terjadi ke depannya.

Berbagai tantangan dan juga risiko bisa hadir begitu saja. Oleh karena itu, posisi sebagai scrum master harus dapat memitigasi risiko dan tantangan tersebut. Sehingga, dalam menjalankan sebuah proyek, tim dapat meminimalisir risiko atau kerugian yang mungkin saja terjadi.

3. Mampu Berpikir Kritis

Tantangan yang tidak dapat diprediksi dengan pasti mengharuskan Anda untuk mampu berpikir kritis dan adaptif. Dengan kemampuan berpikir kritis diharapkan Anda mampu mengelola tim agar siap mengahadapi dan mencari solusi masalah yang tepat.

Semakin kritis menyikapi permasalahan, bisa dipastikan semakin mudah juga Anda menemukan solusi dari permasalah kompleks yang kerap terjadi dalam pengerjaan proyek.

4. Mengerti Tentang Agile dan Apa itu Scrum

Skill utama yang wajib dimiliki seorang scrum master adalah memahami konsep agile dan scrum. Kedua konsep tersebut merupakan unsur penting dalam menjalankan pengembangan proyek secara efektif dan efisien.

apa itu scrum master

Dari kedua konsep ini pula, Anda dapat tahu secara pasti nilai dan prinsip apa yang patut Anda gunakan dalam mendampingi anggota tim Anda.

Apa Bedanya Scrum Master dan Project Manager?

Masihkah Anda bingug dengan apa itu scrum master? Sama nggak sih dengan project manager? Faktanya ada beberapa perusahaan yang mungkin masih menilai bahwa scrum master dengan project manager itu sama. Tapi, meskipun peran dan kedudukannya sama, kedua posisi ini memiliki perbedaan yang mendasar lho.

Seorang project manager dalam tugasnya tidak terlalu terlibat secara langsung dalam proses keseharian kerja suatu tim. Seorang project manager lebih berperan sebagai pengawas dan pengambil keputusan berdasarkan gambaran umum sebuah proyek.

Hal tersebut merupakan tanggung jawab seorang project manager yang mana mereka harus selalu memastikan bahwa proyek telah berjalan dengan baik dan sesuai harapan. Pengerjaan proyek pun harus dipastikan sesuai dengan waktu dn bujet yang telah ditetapkan di awal.

Lain halnya dengan scrum master, ia memfokuskan diri pada pengembangan anggota tim dalam melaksanakan pengerjaan suatu proyek. Hal ini-lah yang melatarbelakangi seorang scrum master mimiliki tanggung jawab dan peran dalam pemberian coaching serta mentoring pada para anggota tim.

Hal lain yang dapat membedakan antara scrum master dengan project manager adalah lingkup penyelesaian masalah. Scrum master bertanggung jawab dalam penyelesaian masalah internal tim, seperti masalah produktivitas anggota, kendala yang dialami anggota dan lain sebagainya. Sedangkan project manager lebih fokus dalam menyelesaikan masalah eksternal, seperti penganggaran, alokasi waktu dan membuat negosiasi dengan para pemangku kebijakan terhadap keberlanjutan proyek yang sedang dikerjakan.

Itulah pembahasan tentang apa itu scrum master dan hal-hal yang berkaitan dengannya. Selanjutnya, Anda juga perlu mengetahui apa itu aplikasi JojoTimes.

apa itu scrum master

Aplikasi JojoTimes adalah aplikasi yang bisa membantu perusahaan dalam meningkatkan kinerja tim. Perusahaan juga bisa memantau kerja karyawannya baik di dalam maupun luar kantor. Silengkapi fitur unggulan seperti mobile check in & check out, accurate GPS location via Geotagging, biometric face recognition, aplikasi JojoTimes juga dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan produktivitas.

Yuk gunakan aplikasi JojoTimes sekarang juga! Dapatkan demo gratis 14 hari dengan cara klik di sini.