Mengenal Contoh Market Leader dan Strateginya

proses payrollApa itu pemimpin pasar dan adakah contoh market leader serta strateginya dalam menguasai pasar? Pemimpin pasar adalah perusahaan dengan pangsa pasar terbesar dalam industri yang sering dapat menggunakan dominasinya untuk mempengaruhi lanskap kompetitif dan arah yang diambil pasar. Seorang pemimpin pasar biasanya menikmati pangsa pasar terbesar atau persentase terbesar dari total penjualan di pasar tertentu. Ini mungkin melampaui pesaingnya menurut metrik lain juga, termasuk loyalitas merek, nilai yang dirasakan, cakupan distribusi, citra, harga, pengeluaran promosi, dan keuntungan.

Perusahaan semacam itu mungkin yang pertama mengembangkan produk atau layanan, yang memungkinkannya mengatur pesanan, menentukan karakteristik produk yang ideal, dan dianggap oleh pasar sebagai merek yang diasosiasikan dengan pilihan konsumen.

Seorang pemimpin pasar biasanya memegang pangsa pasar terbesar dalam industri tertentu. Pemimpin pasar mungkin juga yang pertama mengembangkan produk atau layanan tertentu. Apple dan Amazon adalah contoh market leader.

Bagaimana Contoh Market Leader Bekerja?

Sebuah perusahaan dapat memantapkan dirinya sebagai pemimpin pasar dengan menjadi yang pertama menawarkan produk atau layanan. Produk atau layanan harus cukup baru untuk menarik basis konsumen dan kemudian perusahaan harus tetap berada di atas preferensi konsumen untuk mempertahankan kepemimpinan.

Jika sebuah perusahaan memasuki pasar sebagai pesaing penggerak pertama, ia dapat secara agresif memasarkan versi produknya sendiri dengan fitur yang berbeda. Pesaing yang mencari status kepemimpinan pasar dapat berinvestasi besar-besaran dalam riset pasar dan pengembangan produk, dan kemudian menggunakan informasi konsumen untuk mengembangkan atribut yang meningkatkan produk yang ada.

Pemimpin pasar mungkin dapat memanfaatkan skala ekonomi untuk mengendalikan harga pasar. Konsumen mempercayai pemimpin pasar dan akan memilih untuk meminimalkan risiko dengan membeli dari pemimpin pasar. Pemimpin pasar memiliki kesadaran terperinci tentang pengambil keputusan pembelian di basis pelanggan mereka, dan memanfaatkan iklan agresif untuk memanfaatkan pengetahuan itu sambil memperkuat merek mereka. Pemimpin pasar menarik mitra pengembangan berkualitas tinggi dan kemungkinan besar inovatif dalam mengadopsi teknologi dan proses yang akan membantu mereka terus mengungguli pesaing mereka.

Contoh Market Leader

Mempertahankan pangsa pasar yang dominan mengharuskan perusahaan untuk tidak hanya mempertahankan pelanggan yang sudah ada dengan membangun loyalitas merek tetapi juga menarik pelanggan baru yang mungkin tidak terbiasa dengan produk atau layanan. Perusahaan juga dapat menarik pelanggan pesaing dengan mencari tahu kombinasi ideal kualitas dan harga. Di era internet modern ini, mudah untuk mengidentifikasi pemimpin pasar yang berorientasi pada konsumen, seperti Apple, Google, Amazon, dan Facebook. Dalam barang modal, Boeing dan Caterpillar adalah dua contohnya.

Pemimpin pasar harus berhati-hati dalam hal bagaimana mereka menggunakan dan memperoleh pangsa pasar mereka. Jika sebuah perusahaan menjadi terlalu dominan di pasar atau jika tampaknya menyalahgunakan posisinya, itu dapat menjadi subjek tuntutan hukum anti-trust. Microsoft pernah menjadi incaran regulator, misalnya. Juga, dari sudut pandang investor, pemimpin pasar belum tentu yang paling menguntungkan. Meskipun memiliki pangsa pasar paling besar, bisa jadi total pengeluaran perusahaan, termasuk R&D produk, biaya produksi, biaya pemasaran, dll., terlalu tinggi untuk membuat perusahaan menjadi yang paling menguntungkan di antara para pesaingnya.

Definisi ‘Pemimpin Pasar’

Pemimpin pasar dapat berupa produk, merek, perusahaan, organisasi, nama grup yang memiliki persentase tertinggi dari total pendapatan penjualan di pasar tertentu. Pemimpin pasar mendominasi pasar dengan mempengaruhi loyalitas pelanggan terhadapnya, distribusi, harga, dll.

Contoh market leader dapat dikaitkan dengan perusahaan yang memiliki pangsa pasar terbesar dalam industri tertentu. Istilah ini juga dapat dianggap berasal dari perusahaan yang memiliki margin profitabilitas tertinggi juga. Pangsa pasar dihitung dengan membagi volume barang yang dijual oleh perusahaan tertentu dengan jumlah total unit di pasar. Kepemimpinan pasar sebagai sebuah konsep memegang banyak relevansi di era internet karena selama beberapa waktu kita telah melihat sejumlah besar perusahaan menjadi pemimpin pasar.

Pemimpin pasar sering menikmati keuntungan penggerak pertama di pasar baru. Mari kita lihat beberapa contoh pemimpin pasar di ruang digital. Microsoft adalah perusahaan pertama yang meluncurkan sistem operasi (Windows) dan browser web (Internet Explorer) di pasar. Apple sebagai perusahaan pertama yang memperkenalkan konsep perangkat media portabel di mana musik dapat disimpan di drive, ipod. Kepemimpinan pasar bukan tentang penjualan dan dominasi tetapi lebih tentang seberapa relevan produk itu bagi audiens.

Apple menghasilkan lebih banyak pendapatan dengan menjual iPod dibandingkan dengan produsen lain yang menjual pemutar MP3. Ini semua tentang ide-ide inovatif yang akan membantu perusahaan untuk terhubung dengan audiens yang relevan. Perusahaan mencoba untuk memperkenalkan produk-produk tersebut di pasar yang dapat menambah nilai bagi pelanggan. Pemimpin pasar sering mengungkap produk yang dapat mendefinisikan kembali pengalaman pelanggan dalam hal kualitas produk, umur panjang, kemudahan pengoperasian produk itu, dll.

Strategi pemimpin pasar menguasai market

Contoh Market Leader

Di dunia saat ini, terjadi peningkatan baik jumlah produk maupun jumlah pesaing di pasar. Tentu semua orang ingin menjadi yang terdepan dalam persaingan. Tapi apakah semua orang sukses? Tentu saja tidak. Setiap pasar akan memiliki satu pemimpin pasar tunggal dan bukan beberapa pemimpin pasar!!! Jadi, apa yang dilakukan pemimpin pasar dengan benar untuk menangkis pesaing mereka? Kami melihat beberapa strategi yang umum untuk setiap pemimpin pasar

1) Mencakup pasar secara global dan lokal

Lihatlah perusahaan seperti Coca Cola, microsoft, LG dan lain-lain yang merupakan pemimpin pasar dalam kategori masing-masing. Anda akan menemukan bahwa masing-masing perusahaan ini memiliki produk yang tersebar luas dan dikenal di seluruh dunia. Namun, strategi pemasaran masing-masing produk ini disesuaikan dengan pasar yang mereka layani.

Jadi jika Anda memiliki bisnis yang memiliki banyak pesaing, penting bagi Anda untuk melihat perluasan pasar bersama dengan lokalisasi. Jangan mundur dari pasar global, tetapi yang lebih penting, saat melayani pasar global, jangan lupakan tanah kelahiran Anda. Statistik pendukung sederhana untuk pernyataan ini adalah bahwa setiap negara berkembang, setelah menjelajahi pasar global, sekarang melihat pasar pedesaan mereka sendiri yang akan memberikan peluang pertumbuhan maksimum.

2) Perluas pasar dengan Cerdas

Memperluas hanya demi pertumbuhan bisa menjadi bencana. Semua ahli strategi tahu bahwa mengawasi arus kas bisnis adalah hal terpenting bagi pertumbuhan organisasi. Jika modal kerja Anda digunakan untuk ekspansi, ini akan mempengaruhi bahkan unit bisnis yang benar-benar menunjukkan pertumbuhan sehingga menyebabkan Anda mengurangi rencana penting.

Ekspansi diperlukan untuk bisnis yang baik tetapi tidak boleh dengan biaya modal kerja atau arus kas yang tidak seimbang karena keduanya dapat mempengaruhi kelangsungan hidup Anda.

3) Kontrol biaya

Perhatikan baik-baik rekening perusahaan yang baik dan Anda akan menemukan cara yang diterapkan untuk mengelola biaya. Ada satu persamaan dasar untuk keuntungan. Pendapatan dikurangi Pengeluaran sama dengan keuntungan. Jadi jika Anda mengurangi biaya Anda, pengeluaran Anda secara otomatis turun sehingga meningkatkan keuntungan secara keseluruhan. Yang penting di sini adalah mengetahui apa saja komponen utama dalam penetapan biaya Anda. Misalnya di perusahaan berbasis produk, Transportasi, Sewa, Tenaga Kerja, margin distribusi, dll adalah beberapa biaya yang lebih mahal daripada bahan baku yang akan digunakan dalam pembuatan suatu produk. Oleh karena itu mengetahui setiap komponen penetapan biaya sangat penting.

Contoh sempurna tentang pentingnya pengendalian biaya dapat dilihat selama penurunan ekonomi. Setiap kali sebuah perusahaan menghadapi lingkungan ekonomi yang sulit, perlu tahu di mana ia dapat mengendalikan biaya sehingga membatasi pengeluaran. Hal ini dapat dilakukan dengan perubahan mendasar pada bahan baku, mengikat dengan pengangkut berbiaya rendah, mengangkut dalam jumlah besar, mengurangi tenaga kerja dan akhirnya mengurangi tenaga terampil.

Ini adalah beberapa metode yang digunakan oleh perusahaan untuk mengendalikan biaya selama masa-masa sulit. Namun, jika metode yang tepat diterapkan selama masa-masa baik, perusahaan akan memiliki lebih banyak margin dan kantong yang lebih dalam untuk menghapus masa-masa buruk daripada mengambil tindakan drastis.

4) Menerapkan rencana pemasaran yang baik

Inti dari mengalahkan pesaing Anda adalah memiliki posisi unik Anda sendiri di benak konsumen. Posisi ini harus sangat menarik dan menguntungkan. Hanya dengan begitu Anda akan mendapatkan keuntungan dari waktu ke waktu. Perlu ada implementasi yang tepat dari rencana pemasaran. Apa yang harus menjadi pesan perusahaan?

Bagaimana mengubah pesan dari waktu ke waktu untuk membawa lebih banyak pelanggan ke merek Anda? Bagaimana mengubah pemasaran untuk memperluas dan mendapatkan lebih banyak pangsa pasar? Apa yang seharusnya menjadi sarana komunikasi pemasaran? Bagaimana dan dalam urutan apa rencana itu perlu dilaksanakan? Ini adalah beberapa pertanyaan yang harus dijawab oleh rencana pemasaran Anda secara menyeluruh.

Pada titik waktu ini sangat penting untuk mengambil pesaing sebagai kerangka acuan dan memiliki rencana pemasaran yang lebih baik dari pesaing dan membantu Anda dalam mencapai angka yang Anda targetkan. Cara terbaik untuk menerapkan rencana pemasaran yang baik adalah dengan melakukan analisis persaingan yang tepat dan melihat posisi Anda di pasar saat ini. Anda tidak boleh menantang pesaing teratas di awal. Tapi Anda pasti bisa menyingkirkan setiap pesaing satu per satu dengan menerapkan rencana pemasaran yang kuat dan berpegang teguh pada strategi ini. Dalam hal ini, implementasi yang tepat dari rencana pemasaran adalah kunci keberhasilan pemasaran.

Nah agar karyawan sales Anda bersemangat dalam bekerja dan tidak cepat bosan dalam bekerja, perusahaan sebaiknya menggunakan aplikasi HRIS JojoTimes dari Jojonomic. Aplikasi ini dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan kinerja karyawan, meningkatkan efisiensi bekerja dan memonitor aktivitas karyawan baik di dalam maupun luar perusahaan.

Ada beragam fitur unggulan yang disematkan pada aplikasi HRIS JojoTimes, di antaranya Mobile Check In & Check Out, Accurate GPS Location via Geotagging, Biometric Face Recognition dan lainnya. Tentunya, fitur-fitur unggulan tersebut dapat membantu perusahaan untuk mencapai perkembangan yang signifikan.

Yuk gunakan aplikasi HRIS JojoTimes dari Jojonomic sekarang juga! Dapatkan gratis demo 14 hari dengan cara klik di sini.