Mengenal Lebih Jauh Apa itu After Sales Service

Mengenal Lebih Jauh Apa itu After Sales Service

Apa itu after sales? sebagai seorang pebisnis, Anda harus tahu dan cobalah untuk melakukan cara ini sebagai media yang cukup efektif dalam menjalin hubungan dengan para konsumen.

Di tengah persaingan bisnis yang kian ketat, after sales service merupakan alternatif pilihan yang tepat, yang digunakan sebagai layanan dari perusahaan Anda kepada para konsumen setelah terjadi pembelian produk beripa barang atau jasa yang Anda tawarkan.

Apa itu After Sales Service?

After sales service adalah sebuah proses yang dilakukan perusahaan untuk memastikan konsumen puas dengan produk atau layanan yang dijual. Cara ini dilakukan agar konsumen merasa puas dan secara tidak langsung melakukan rekomendasi produk atau layanan yang telah ia beli.

Meskipun tidak dapat dipastikan bahwa cara ini dapat memengaruhi penjualan secara signifikan, namun sudah semestinya sebagai pebisnis yang apik harus bisa menciptakan perasaan puas kepada konsumen. Hal ini dapat  menumbuhkan hubungan baik antara produsen dan konsumen.

Perlu diingat, bahwa hubungan baik yang terjalin tidak serta merta berbentuk pembelian ulang atau repeat order. Hubungan tersebut juga dapat muncul ketika konsumen memberikan rekomendasi penjualan kepada orang-orang di lingkungan sekitarnya.

Tips After Sales Service

Secara teknis, terdapat beberapa tips yang dapat Anda lakukan dalam proses after sales service. Untuk menerapkan layanan ini, dibutuhkan rencana strategis agar dapat meningkatkan penjualan sesuai dengan harapan.

Nah, coba lakukan tips afer sales service seperti yang dijelaskan di bawah ini!

1. Menghargai Konsumen yang Loyal

Hal sederhana yang dapat dilakukan untuk menghargai para konsumen yang setia adalah dengan mengucapkan terima kasih setelah transaksi selesai.

Etika after sales service yang baik akan membuat para pelanggan merasa dihargai. Tips ini dapat dilakukan dengan memberikan ucapan terima kasih secara langsung atau secara tidak langsung melalui email, telepon atau kartu ucapan.

2. Packaging Produk

Bagaimana membuat proses penjualan semakin berkesan? Ya, salah satu jawabannya adalah dengan membuat inovasi dalam hal pengemasan barang atau packaging.  Dengan packaging yang berkualitas baik, unik dan menarik akan menciptakan kesan yang baik pula terhadap produk.

Packaging produk yang baik pun akan memudahkan Anda dalam proses pengiriman yang lebih berkesan. Tips menggunakan packaging yang berkualitas dan menarik ini memiliki nilai investasi yang tidak terhitung.

Secara pengalaman konsumen, produk yang dikirim dengan kemasan yang menarik akan lebih menyenangkan pembeli, jika dibandingkan dengan produk dengan kemasan karton sederhana.

3. Pemberian Kupon dan Voucher

Bagi konsumen baru, tentu kepuasan dalam melakukan pembelian tidak serta merta muncul. Bisa jadi perasaan tidak puas muncul sebagai naluri ketika melakukan pembelian pertama.

Untuk mengobati perasaan tersebut, cobalah untuk membagikan kupon dan voucher yang menarik kepada mereka.

Dengan memberikan kupon dan voucher yang relevan akan memberikan pengaruh terhadap kepuasan konsumen. Kupon dan vouceher tersebut juga dapat digunakan sebagai bentuk ‘permintamaafan’ terhadap pelayanan atau produk yang mungkin sedikit tidak sesuai harapan.

Jadi, jangan ragu untuk sering-sering memberikan kupon dan voucher ya! Dengan begitu, para konsumen akan memberikan kesan baik dan tidak segan untuk melakukan repeat order.

4. Memberikan Garansi

Faktor penting dalam memberikan layanan after sales service adalah pemberian garansi. Anda dapat memberikan garansi sesuai dengan kualitas produk yang Anda jual.

Pemberian garansi dapat meningkatkan keyakinan konsumen terhadap produk yang konsumen beli. Konsumen juga akan merasa lebih percaya bahwa produk yang Anda jual dalam kondisi baik dan bebas dari kesalahan penggunaan material.

5. Menyediakan Layanan Perbaikan atau Pemeliharaan

Pemberian layanan after sales service juga dapat Anda lakukan dengan penyediaan layanan perbaikan atau pemeliharaan produk yang mengalami kerusakan bawaan.

Meskipun produk yang Anda tawarkan berkualitas baik, namun belum tentu semua produk sempurna, kan? Jadi, layanan ini dibutuhkan agar produk dapat berfungsi terus dan konsumen merasa nyaman dengan perusahaan Anda melalui layanan yang Anda berikan.

Pengaruh After Sales Service dalam Bisnis

Ada beberapa pengaruh after sales service yang bisa Anda dapat Anda rasakan dalam bisnis. Apa saja? Mari kita simak di bawah ini!

1. Mampu Menciptakan Loyalitas

Pengaruh pertama dari after sales service adalah mampu menciptakan loyalitas konsumen. Mengapa harus menciptakan loyalitas konsumen?

apa itu after sales

Di era bisnis digital seperti ini, persaingan bisnis sangatlah kompetitif, menciptakan konsumen loyal terhadap satu produk atau layanan amatlah sulit dan keras. Dengan adanya after sales service akan membantu Anda memiliki para konsumen yang memiliki loyalitas yang tinggi.

2. Meningkatkan Penjualan

Pengaruh besar lain dari after sales service adalah mampu meningkatkan penjualan produk bisnis Anda.

Dengan after sales service yang tepat dan berkesan kepada para konsumen, secara tidak langsung akan memengaruhi mereka dalam hal strategi pemasaran. Secara tidak langsung, mereka akan membuat rekomendasi produk Anda kepada orang lain. Mereka juga akan berantusias mengisi review pembelian sehingga dapat meningkatkan kualitas produk Anda.

3. Mendorong Perbaikan Produk

Perbaikan produk tidak hanya berbicara tentang kualitas produk. Lebih dari itu, perbaikan produk dapat dilakukan pada strategi penjualan, bentuk layanan dan lain sebagainya.

apa itu after sales

Dengan after sales service, Anda dapat meminta para konsumen untuk melakukan review pembelian secara apa adanya. Review tersebut dapat menggambarkan kelebihan dan kekurangan dari produk Anda.

Hal tersebut tentu akan berpengaruh terhadap peningkatan kualitas produk yang Anda miliki ke depannya.

4. Diferensiasi Produk

After sales service mampu memberikan perbedaan terhadap produk dan layanan yang Anda jual. Ketika pasar telah diisi oleh produk dengan kualifikasi serupa, Anda dapat menggunakan after sales service yang relevan agar tercipta diferensiasi.

Dengan adanya perbedaan yang menonjol, para konsumen akan selalu teringat pada produk Anda. Dan, produk Anda menjadi top of mind mereka. Sehingga secara tidak langsung akan mengarahkan mereka melalukan pembelian ulang atau repeat.

Sekarang Anda mengetahui apa itu after sales service berikut tips melakukan dan pengaruhnya terhadap bisnis. Dan, mulai sekarang rencanakanlah after sales service yang terbaik untuk bisnis Anda.

Menerapkan after sales service sama pentingnya dengan menggunakan aplikasi JojoExpense. Apa itu aplikasi JojoExpense?

Aplikasi JojoExpense adalah produk dari Jojonomic yang dapat membantu perusahaan dalam mengelola keuangan secara efektif dan efisien. Sejumlah fitur unggulan telah disematkan di dalam aplikasi ini, di antaranya budget controlling, cash advanced, mobile approval dan lainnya.

apa itu after sales

Dengan menggunakan aplikasi JojoExpense, perusahaan Anda dapat mengontrol anggaran yang tersedia dengan mudah, di mana dan kapan saja. Anda juga akan lebih menghemat waktu dalam melakukan proses controlling keuangan perusahaan. Nah, waktu yang berharga ini bisa Anda alokasikan kepada kegiatan-kegiatan lain yang bernilai produktif.

Yuk gunakan aplikasi JojoExpense sekarang juga! Dapatkan gratis demo 14 hari dengan cara klik di sini.