Mengenal Lebih Jauh Tentang Software Point Of Sales

Software Point Of Sales – Sebelumnya, pernahkah Anda bayangkan jika sebuah toko retail mengatur seluruh alur keuangan dan persediaan produk dengan ratusan hingga ribuan cabang toko di Indonesia? Jika dibayangkan tentu Anda tidak akan mengira bahwa mereka memiliki akuntan khusus yang saling bertemu dan melaporkan masing-masing keuangan toko.

Bagaimana tidak, toko retail dengan penjualan produk tentu memiliki satu jaringan khusus. yang bertugas mengurusi bagian alur keuangan serta mengontrol stock produk yang tersedia hingga semuanya dapat termonitor dengan jelas.

Untuk itu, software point of sales merupakan aplikasi yang digunakan untuk mendukung transaksi jual beli di toko-toko retail. sehingga semua transaksi dapat terpantau dengan jelas. Di Indonesia ini sendiri, penggunaan point of sales sudah lumrah ditemukan karena efisiensinya. Mungkin sebagian orang belum mengenal apa itu software pointof sales, untuk itu mari simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Software Point Of Sales?

Point of sales merupakan sebuah software atau singkatnya adalah aplikasi kasir yang digunakan untuk mendukung transaksi langsung dengan penjual di berbagai toko retail. Software point of sales juga bisa diartikan sebagai sebuah perpaduan antara tempat kasir dengan mesin kasir. sehingga pada titik inilah transaksi penjualan sebuah produk dapat berakhir.

Aplikasi software point of sales hadir sebagai langkah efisiensi dalam menangani penjualan produk kepada konsumen. Mungkin dahulu toko retail hanya menggunakan kalkulator manual atau komputer dengan software yang belum terintegrasi. namun sekarang point of sales hadir sebagai innovator untuk menjawab pertumbuhan toko retail yang terus bertambah.

Intinya, point of sales merupakan tempat pembayaran konsumen dalam membeli sebuah produk. Biasanya, point of sales berbentu mesin, tablet, mesin EDC atau smartphone dan perangkat lainnya yang dapat digunakan untuk bertransaksi di toko atau istilah simpelnya adalah mesin kasir.

Pada awaknya, point of sales berfungsi untuk membantu dan memudahkan pemilik bisnis dalam menjalankan transaksi. Dimana keunggulan dari point of sales ini adalah dapat menghitung secara cepat, menyimpan uang dan mencetak invoice struk bagi para pelanggan.

Seiring berkembangnya teknologi, fitur point of sales pun terus bertambah. Point of sales berevolusi menjadi tempat penyimpanan data customer, menghitung laba rugi dan merekap laporan penjualan. Sehingga saat ini point of sales bukanlah sekedar mesin kasir lagi melainkan sudah memanfaatkan internet dengan berbagai fitur yang membantu para pemilik usaha.

Pentingnya Software Point Of Sales

Software point of sales

Mungkin sebagian orang masih bertanya-tanya seberapa penting software ini dalam suatu bisnis? Apakah jika tanpa menggunakan software ini maka sistem transaksi akan lumpuh? Jawabannya tidak juga, namun jika Anda masih menggunakan sistem transaksi manual dalam proses jual beli tanpa menggunakan software point of sales maka kegiatan operasional Anda tidak akan efektif.

Selain itu, jika usaha Anda tidak ikut berkembang sesuai dengan perkembangan era digital, maka toko Anda akan sulit berkembang mengikuti zaman. Terlebih jika Anda memiliki kompetitor yang serupa dengan toko besar dan jumlah produk yang lebih banyak. Bayangkan jika demikian tanpa bantuan software point of sales maka Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk mencatat semuanya secara manual baik dari stock report, sampai catatan per transaksinya. Hal ini tidak bisa Anda lakukan dengan cepat bukan? Untuk itu, pentingnya sistem point of sales ini akan menyingkat waktu Anda dalam bekerja.

Manfaat Software Point Of Sales

Berikut merupakan beberapa manfaat point of sales secara umum yaitu:

  • Akan mendata secara detail setiap transaksi yang terjadi pada setiap cabang retail yang telah dikonfigurasikan sebelumnya. Selain itu point of sales juga akan menyediakan laporan ringkasan dalam satu period eke periode lain pada saat dibutuhkan kembali.
  • Dpaat melakukan pengecekan stock barang produksi secara otomatis sehingga dapat mengurangi kecurangan pegawai karena stock diawasi secara otomatis.
  • Mampu memberikan laporan secara real time sesuai dengan keadaan di lapangan.
  • Mempersingkat proses transaksi dengan konsumen
  • Dapat mempermudah pekerjaan jika Anda ingin mengganti suatu harga produk, karena Anda hanya perlu masuk ke kategori barang tersebut kemudian point of sales akan memberikan datanya ke seluruh terminal toko retail pada cabang yang ada.

Keunggulan Software Point Of Sales

Banyak keunggulan dari software pont of sales. Adapun keunggulan dari sisi pemilik usaha yaitu:

  • Mampu menyimpan harga barang dengan baik
  • Mencatat pendapatan, laba dan pengeluaran
  • Mencatat barang yang keluar dan masuk secara otomatis
  • Menghemat budget dalam merekrut tim khusus

Namun, jika dilihat dari sisi konsumen, apa saja manfaat dari software point of sales? Berikut diantaranya:

Mempermudah Pesanan

Software point of sales

Pernahkah Anda mendatangi sebuah toko yang pemesanannya menggunakan tablet untuk memesan produknya? Nah, teknologi tersebut dinamakan sistem point of sales. Dengan adanya sistem point of sales ini maka konsumen akan mudah memilih, membayar dan menambah pesanan tanpa harus repot-repot datang ke mesin kasir atau memanggil pramusaji. Jadi, setelah memesan konsumen hanya perlu duduk dan menunggu sampai makanannya datang.

Fleksibel

Dengan menggunakan sistem point of sales maka suatu usaha tidak akan terpaku lagi dengan metod epembayaran saja. Hal ini membuat pelanggan merasa lebih fleksibel untuk menggunakan berbagai cara pembayaran sesuai dengan kondisinya.

Lebih Baik Mana? Sistem Point Of Sales atau Sistem Tradisional

Software point of sales

Semakin canggihnya teknologi, pada akhirnya sistem point of sales akhirnya memiliki fitur cloud atau data terhibung dengan internet. Fitur ini dapat diasosiasikan dengan penyimpanan data dalam bentuk digital yang sudah pasti aman.

Fungsi lainnya adalah untuk melakukan back up data dari hard disk internal komputer Anda. Lantas lebih baik mana? Sistem POS atau sistem tradisional?

Sudah jelas lebih baik menggunakan sistem software point of sales, mengapa? Karen adengan point of sales maka akan aman dari risiko kehilangan data. Selain itu, dengan menggunakan POS maka Anda tidak perlu membayar maintenance karena Anda sudah biaya berlangganan yang dibayarkan per bulan atau per tahunnya.

Melalui informasi di atas maka dapat kita ambil kesimpulan bahwa penggunaan software yang mudah dan sederhana memang cukup diperlukan. Demikian halnya menggunakan software sales yang tepat supaya perusahaan bisa memantau secara tepat dan cepat. Nah, hal ini sama pula dengan keuangan perusahaan yang membutuhkan pantauan akurat. Salah-salah perusahaan bisa merugi karena tidak memantau apa saja pengeluaran dan reimburse perusahaan sepenuhnya. Karena itu, jika ingin sistem keuangan perusahaan berjalan lebih baik, pertimbangkan untuk menggunakan JojoExpense.

Dalam JojoExpense, ada banyak fitur yang menarik untuk bisa membantu mengatur dan memantau keuangan perusahaan sepenuhnya. Misalnya saja sebagai berikut:

  • Mobile Approval
  • Budget Controlling
  • Cash Advanced
  • Auto Reimbursement
  • Real Time Direct transfer
  • Dan lain sebagainya

Yuk coba gratis JojoExpense sekarang juga!