Mengenal Metode Kakeibo, Cara Atur Keuangan ala Jepang

Mengenal Metode Kakeibo, Cara Atur Keuangan ala Jepang

Merasa sulit mengatur keuangan? Coba terapkan metode kakeibo untuk solusi manajemen finansial Anda. Metode ini bisa Anda terapkan agar keuangan terkelola dengan baik. Meski kebiasan boros sulit untuk dihilangkan, namun dengan displin melakukan metode ini, Anda akan bisa mengatur keuangan Anda dengan bijak.

Nah, berikut ini akan dibahas tentang metode Kakeibo sebagai cara dalam mengatur keuangan ala Jepang.

Mengenal Lebih Dekat Metode Kakeibo

Sejak tahun 1904, metode Kakeibo telah banyak digunakan oleh orang Jepang. Mereka menggunakan metode ini sebagai cara dalam mengatur pemasukan dan pengeluaran keuangan.

Di tahun 2017, Fumiko Chiba merilis bukunya dengan judul “Kakeibo: The Japanese Art of Saving Money”. Semenjak itu, metode ini mulai menjadi perbincangan banyak orang. Dalam buku tersebut dituliskan bahwa metode Kakeibo merupakan cara mengelola uang yang sangat efektif. Kakeibo bisa menjadikan kondisi keuangan tetap aman dan dapat dikontrol dengan baik.

Sebelum memutuskan menggunakan metode ini, Anda harus terlebih dahulu menjawab pertanyaan dasar yang wajib dijawab, yaitu berapa uang yang Anda miliki? berapa uang yang akan dibelanjakan? berapa uang sebenarnya yang digunakan untuk belanja? Bagaimana cara melakukan perbaikan keuangan?

Cobalah buat jawaban berdasarkan pengalaman Anda sendiri, sebisa mungkin buatlah jawaban serinci mungkin.

Cara Mengatur Keuangan dengan Metode Kakeibo

Berikut ini kami paparkan cara mengatur keuangan dengan metode Kakeibo. Simak dengan saksama!

1. Buat Catatan Pemasukan dengan Rinci

Pada metode ini, yang harus Anda lakukan pertama kali adalah membuat catatan secara rinci seluruh pemasukan yang Anda dapatkan. Pemasukan tersebut dapat bersumber dari gaji rutin bulanan, pekerjaan sampingan, keuntungan usaha dan lain sebagainya.

Dengan membuat catatan pemasukan utama dan tambahan, Anda dapat mengetahui secara detail total pendapatan yang Anda dapatkan setiap bulannya.

metode kakeibo

Hal tersebut akan membantu Anda mengatur keuangan secara efektif dan efisien. Lakukan cara ini secara konsisten dan teratur sehingga pemasukan dan pengeluaran dapat terdokumentasi dengan baik.

2. Tetapkan Anggaran Pengeluaran Bulanan

Setelah tahu berapa jumlah pendapatan total yang Anda miliki, kini Anda perlu untuk membuat daftar pengeluaran dalam satu bulan. Pengeluaran dalam satu bulan bisa berupa biaya sewa rumah, cicilan KPR, biaya air dan listrik, tagihan kartu kredit, kebutuhan makan, biaya transportasi dan lain sebagainya.

Anda dapat menambahkan pos gaya hidup dan hiburan. Pos ini harus dibedakan dengan pos bulanan yang lain agar keuangan terbagi secara rinci. Agar keuangan Anda terkelola dengan baik, Anda juga dapat menambahkan pos tabungan dan investasi.

3. Buat Anggaran Pengeluaran Tahunan

Selain pengeluaran harian atau bulanan, Anda juga harus membuat catatan pengeluaran tahunan. Adapun bentuk pengeluaran tahunan antara lain perpanjangan pajak rumah, pajak kendaraan bermotor, perawatan rumah, atau resolusi lain yang ingin Anda capai pada tahun tersebut.

Dengan membuat pengeluaran tahunan, Anda tidak akan merasa terbebani terlalu berat karena sebelumnya Anda sudah menyiapkannya dalam waktu satu tahun. Anda juga dapat lebih mudah mencapai apa yang Anda inginkan karena dapat menyimpan uang dalam jangka waktu yang lebih lama sesuai ekspektasi pada tahun tersebut.

4. Sediakan Amplop Sebagai Keunikan Metode Kakeibo

Hal yang menarik dan unik dari metode Kakeibo ini adalah pengalokasian uang yang sudah direncanakan dan yang akan digunakan dimasukkan dalam amplop yang sudah disediakan sebelumnya.

metode kakeibo

Setiap amplop diberi label nama sesuai kebutuhan yang direncanakan. Dengan cara seperti ini Anda akan lebih mudah mengontrol dan mengambil uang yang sudah Anda sisihkan. Pemisahan amplop pengeluaran bertujuan agar uang yang disisihkan dapat tersegmentasi sesuai kebutuhan sehingga tidak tercampur. Hal tersebut juga bisa dilakukan untuk mengingatkan Anda agar konsisten menabung.

5. Dokumentasikan Setiap Pengeluaran

Pengeluaran yang terjadi setiap harinya harus dicatat dengan sebenar-benarnya. Misal, hari ini Anda mengeluarkan uang untuk kebutuhan makan sebesar Rp 50 ribu atau membeli peralatan sekolah sebesar Rp 100 ribu, bahkan biaya parkir motor Rp 2 ribu juga harus dimasukkan dalam catatan pengeluaran.

Mungkin terlihat sedikit ribet, namun dengan membuat catatan yang sebenarnya, Anda dapat mengetahui ke mana saja uang Anda mengalir. Dengan cara ini, Anda juga dapat lebih mudah menyesuaikan anggaran keuangan pada bulan berikutnya.

6. Cek Budget dengan Pengeluaran

Setelah melakukan pencatatan pengeluaran sebenarnya, maka Anda akan tahu apakah budget yang Anda miliki sesuai dengan pengeluaran yang harus Anda penuhi pada bulan berikutnya.

Tahap ini sangat penting untuk dilakukan, terutama untuk mengecek kembali budget dan pengeluaran sebenarnya agar dapat menjaga kedisiplinan Anda dalam menggunakan uang.

Lakukan evaluasi dengan mengecek pos mana saja yang sesuai dan tidak sesuai, kemudian lakukanlah perbaikan di bulan berikutnya.

Keuntungan Mengatur Keuangan Menggunakan Metode Kakeibo

Setidaknya ada tiga keuntungan yang Anda dapatkan jika menerapkan metode Kakeibo. Di antaranya sebagai berikut:

1. Mampu Mendorong Kebiasaan Menabung

Metode Kakeibo akan mengarahkan Anda untuk membuat pos-pos keuangan sesuai kebutuhan. Dengan membuat kategori pendapatan ke dalam beberapa pos maka Anda bisa menentukan uang pengeluaran rutin dan sisa uang yang dapat digunakan kebutuhan lainnya.

Anda dapat mengetahui berapa dana yang tersisa yang tidak termasuk dana hiburan dan kebutuhan rutin. Masukkan dana tersebut ke dalam pos tabungan Anda. Hal ini akan mendisiplinkan Anda agar konsisten dalam menabung.

2. Mempraktikkan Mindful Awareness

Dengan metode Kakeibo, Anda dapat belajar mempraktikkan teknik mindful awareness dengan menentukan skala prioritas dalam membuat alokasi keuangan.

metode kakeibo

Dengan teknik mindful awareness akan membantu Anda lebih bijak melihat berbagai pengeluaran Anda. Anda bisa menentukan mana pengeluaran yang benar-benar prioritas dan mana yang hanya pemuas hasrat konsumtif.

3. Dapat Mengurangi Ketagihan Gawai

Meskipun terlihat konservatif, namun metode ini dapat membantu Anda mengurangi kecanduan terhadap gawai. Cara mengatur uang dengan metode Kakeibo hanya membutuhkan kertas dan alat tulis untuk mengatur keuangan yang sebenarnya.

Pencatatan pendapatan dan pengeluaran dapat Anda lakukan dengan mencatatnya secara langsung pada media yang sederhana tersebut. Anda juga tak perlu repot mencari media penyimpanan karena Anda bisa menggunakan media amplop untuk pos-pos keuangan yang telah Anda rencanakan.

Metode Kakeibo memang terbilang sederhana namun terbukti efektif dalam mengatur keuangan. Yuk kita terapkan metode ini mulai hari ini!

Menerapkan metode Kakeibo sama pentingnya dengan menggunakan aplikasi JojoExpense dari Jojonomic. Dengan fitur unggulan yang tersedia seperti catat pengeluaran otomatis, pengumpulan data otomatis, approval di mana pun dan lainnya, aplikasi JojoExpense dapat membantu Anda dalam mengelola pemasukan dan pengeluaran secara efektif dan cepat. Anda pun bisa lebih menghemat waktu dalam pengelolaan keuangan karena JojoExpense (dalam prosesnya) berjalan secara otomatis.

Yuk gunakaan aplikasi JojoExpense dari Jojonomic sekarang juga! Dapatkan gratis demo 14 hari dengan cara klik di sini!