Mengenal SEO off Page

konsultan seo

SEO off page adalah langkah optimasi SEO yang dilakukan di luar konten atau website. Jika di SEO on page Anda hanya berkutat pada faktor-faktor SEO internal website, off page SEO menuntut Anda untuk mengoptimasinya dari faktor-faktor eksternal. Faktor eksternal yang dimaksud di sini adalah dari inbound link/backlink hingga share di media sosial.

5 Teknik Melakukan SEO Off page Halaman all - Kompasiana.com

Salah satu kesalahpahaman soal SEO ini yang paling umum adalah Off Page hanya membahas soal link building. Padahal off page SEO jauh lebih luas dari itu. Link building memang faktor terpenting dalam off page, tapi bukan satu-satunya.  Ada berbagai langkah optimasioff page SEO dan kami akan menjelaskannya masing-masing secara lengkap di bawah ini.

Off Page SEO itu Apa?

Mengenal Apa Itu SEO On Page dan SEO Off Page | Studio Web

Untuk Anda yang sering membuat artikel di suatu website atau memiliki website, pastinya sudah tidak asing lagi dengan SEO off page ya. Nah, SEO ini sebenarnya merupakan salah satu proses untuk mengoptimalisasi sebuah website yang dilakukan oleh pemilik website atau biasa disebut dengan webmaster, diluar dari money site (website utama). Hal tersebut biasanya seperti pengguaan suatu backlink menuju ke website utamanya dengan menggunakan keyword atau kata kunci. Sebagai contoh : Pasar Modal.

Apa Saja Manfaatnya?

Tutorial SEO: Apa Itu SEO Off Page? | OKEGUYS

Sebelum menampilkan hasil pada halaman pencarian, mesin pencari seperti Google melakukan peramban di berbagai halaman website. Nah, proses peramban ini tentunya memerlukan pengidentifikasian suatu konten lewat navigasi yang ada. Hal ini bertujuan agar kata kunci yang dimasukkan ke mesin pencari dapat langsung ditemukan kontennya.

Dengan melalui proses tersebut, Google pun akan melakukan pendataan di berbagai website yang memiliki hubungan dengan website lainnya dengan melalui suatu link. Setelah pendataan dilakukan, maka selanjutnya Google akan membuat tingkatan-tingkatan website sehingga memunculkan website yang sesuai dengan permintaan.

Website dengan kualitas yang tinggi, maka bisa dipastikan bahwa Google akan merekomendasikan website tersebut jika berkaitan dengan pencarian. Maka dari itulah suatu website dapat muncul di halaman pertama atau tingkatan paling atas di mesin pencari. Sehingga dengan demikian, teknik SEO sangat penting untuk sebuah website.

6 Cara Optimasi SEO Off Page

Off Page SEO: 19 Off-Page SEO Techniques In 2021

Di bawah ini ada 6 cara yang bisa dilakukan untuk optimasi SEO off page. Apa saja cara-caranya? Yuk simak penjelasan di bawah ini ya.

1. Link Building

Bicara soal SEO off page memang tidak pernah bisa lepas dari link building. Link building merupakan faktor terpenting dalam SEO off page. Mengapa link menjadi faktor terpenting dalam SEO off page?

Sebab Google menggunakan algoritma bernama Page Rank. Page Rank adalah algoritma yang menilai kuantitas dan kualitas backlink yang ada di sebuah website. Beberapa profesional SEO mengatakan Page Rank sudah kedaluwarsa. Namun, faktanya Google mengonfirmasi bahwa Page Rank masih menjadi faktor penilaian Google.

Laporan dari Ahrefs pun membuktikan ada hubungan kuat antara jumlah inbound link/backlink sebuah website terhadap performanya di hasil pencarian.

2. Listing Bisnis

Terdaftar di listing bisnis online juga akan membantu SEO off page Anda. Ada beberapa listing bisnis yang bisa Anda manfaatkan. Beberapa di antaranya adalah Trip Advisor, Zomato, dan GrabFood.

Trip Advisor adalah situs review yang menampung listing bisnis di bidang penginapan, tempat rekreasi, hingga restoran. Sedangkan GrabFood dan Zomato dikhususkan hanya untuk restoran.

GrabFood sebenarnya bukan situs review seperti Zomato. Akan tetapi, jika mendaftar sebagai merchant GrabFood, bisnis Anda akan mendapatkan satu halaman khusus di websitenya. Tentunya ini bisa bermanfaat untuk SEO off page Anda.

Untuk mendaftarkan bisnis Anda di ketiga layanan tersebut, Anda bisa membuka tautan berikut:

  • Listing Bisnis TripAdvisor
  • Listing Bisnis Zomato
  • Listing Bisnis GrabFood

3. Brand Mention di Media Online

Pengertian Media Online, Media Online Adalah Sarana Komunikasi melalui  Internet

Apakah penyebutan brand tanpa link ke website seperti di atas bisa berpengaruh terhadap SEO off page? Apakah Anda bisa mendapatkan keuntungan dari penyebutan nama tanpa link ke website?

Jika bicara soal keuntungan, tentu Anda tetap mendapatkan keuntungan ketika nama bisnis Anda disebutkan oleh media online. Dengan begitu, pembaca media online tersebut semakin familiar dengan website Anda.

Akan tetapi jika dilihat dari kacamata SEO off page, penyebutan nama tanpa link tidak terlalu memberikan efek besar. Sebab hal tersebut tidak bisa berkontribusi pada authority Anda maupun trafik.

Walaupun begitu, jangan kecewa dulu. Sebab dengan adanya brand mention, artinya media online tersebut sudah familiar dengan bisnis Anda. Anda bisa menghubungi media online tersebut dan meminta mereka untuk menambahkan link ke website Anda di artikel mereka.

4. Google Bisnisku

Google My Business: 6 Things You Need to Know

Google Bisnisku adalah layanan listing bisnis gratis dari Google. Siapa pun yang punya bisnis, bisa mendaftarkan bisnisnya di Google Bisnisku. Google Bisnisku ternyata bermanfaat untuk meningkatkan kualitas off page SEO Anda, terutama untuk SEO lokal.

Dengan mendaftar Google Bisnisku, bisnis Anda akan semakin mudah muncul di hasil pencarian lokal. Selain itu, bisnis Anda juga akan muncul di Google Maps. Ditambah lagi, bisnis Anda juga punya kesempatan semakin besar untuk muncul di kotak snack pack hasil pencarian Google.

5. Optimasi Seo Off Page dengan Revie

Review mengenai produk dan bisnis Anda juga punya pengaruh cukup penting terhadap SEO off page. Laporan dari Moz menunjukkan bahwa review menjadi faktor penting ketujuh pada SEO lokal.

Review yang dimaksud di sini tidak hanya dari review Google Bisnisku, tetapi juga dari situs-situs review lainnya. Semakin positif review yang diberikan, semakin besar pula perannya terhadap SEO off page website Anda.

Sayangnya, pelanggan seringkali malas untuk memberikan review produk. Untuk mengatasi hal itu, Anda bisa mengadakan giveaway agar pelanggan termotivasi menuliskan review produk Anda. Anda bisa mengarahkan mereka untuk review di blog masing-masing, di akun Google Bisnisku, atau di situs review tertentu.

6. Optimasi Seo Off Page dengan Share di Media Sosial

Google secara resmi menyatakan bahwa share di media sosial bukan termasuk faktor ranking dan tidak berpengaruh pada SEO secara langsung. Salah satu dugaan alasan share di media sosial tidak dimasukkan sebagai faktor ranking adalah terlalu mudah dimanipulasi. Anda bisa mendapatkan ribuan like dan share dengan harga terjangkau.

Lalu mengapa share di media sosial masih kami masukkan sebagai salah satu langkah SEO off page? Sebab share di media sosial yang asli (bukan dari hasil membeli) tetap punya pengaruh secara tidak langsung ke SEO off page.

Semakin banyak yang membagikan konten Anda di media sosial, semakin besar pula kemungkinan untuk menjangkau orang-orang untuk membaca konten Anda. Dengan begitu potensi konten Anda untuk dibicarakan, dibagikan kembali, atau bahkan dirujuk di website/blog/media online semakin besar. Oleh karena itu, share media sosial tetap penting untuk SEO off page meskipun tidak secara langsung.

Off Page SEO yaitu sebuah proses optimalisasi website yang di lakukan webmaster atau pemilik website di luar dari website utama (money site). Hal ini biasanya bisa berupa penggunaan backlink ke website utama dengan kata kunci Contohnya : Digital marketing.

Semua proses itu dilakukan dengan didahului dengan proses optimasi on page seo sehingga mendapatkan hasil yang di inginkan.

Untuk optimasi SEO off page juga bisa Anda lakukan dengan mengunakan konsultan SEO profesional.

Bagaimana Cara Kerja Seo Off Page?

Cara kerja untuk mengoptimasi off page seo yaitu  diluar dari website utama dengan memberikan baclink ke website utama anda . Nah, jenis backlink bisa anda gunakan untuk do-follow atau pun no-follow link.

Pada gambar ini, terdapat  beberapa jenis cara yang bisa anda lakukan agar dapat mengoptimalisasi off page seo sebuah website. Seperti blog post, video, review, press release, forum, social network dan lain sebagainya dengan mengedepankan link yang kamu punya.

Untuk  praktisi seo di indonesia maupun di luar negri selalu menggunakan jenis baclink PBN (Private Blog Network) agar dapat mengoptimasi website kata kunci yang mereka inginkan. Namun, cara ini tidak dianjurkan, tapi PBN terbukti sangat ampuh untuk mengoptimasi sebuah kata kunci.

Faktor Penting Optimasi Off Page

Kenali Beragam Cara SEO Baclink Checker dengan Tools Terbaik – Blog Khusus

Seperti penjelasan diatas, banyak para praktisi seo yang kurang memahami teknik natural dalam mengoptimasi off page SEO mereka. Beberapa tahun lalu, saya bahkan pernah membuat status facebook yang isinya kurang lebih begini.

Biasanya ketika membangun baclink sebanyak mungkin guna mendapatkan hasil maksimal yang mereka inginkan. Namun faktanya, kualitas baclink dan bagaimana kamu membangunnya (tertaut) adalah kunci utamanya.

Oleh karena itu, Metrix MOZ SEO untuk Domain Authority dan Page Authority adalah kunci utamanya. DA/PA yang baik dapat memberikan dampak yang besar pada hasil optimasi off page seo yang kamu lakukan. Baclink yang tertaut di website dengan memiliki otoritas yang baik bisa sangat kuat. Apa lagi, cara link tersebut tertaut dengan benar.

Mengapa Backlink Sangat Penting? 

Mengenal Baclink yang Membantu Meningkatkan Kualitas Website

Dalam mengoptimasinya maka akan memberikan dampak rating pada website anda di mesin pencari Google. Hal ini terjadi jika optimasi di lakukan dengan cara benar, maka anda akan merasakan dampak yang pesat dari penelusuran organik website kamu di search engine.

Bahkan Efek dari SEO ini yaitu sebuah kunci bagi artikel anda nantinya, yang Artinya, pemberian link balik (backlink) yang berotoritas tinggi dengan kata kunci yang kamu targetkan akan membuat posisi website kamu naik di kata kunci yang seharusnya. Namun bukan sembarangan cara membuat link. waktu dan caranya juga harus kamu pahami.

Tahukah kamu perbedaan off-page SEO dan on-page SEO? Yuk, simak perbedaan dari  off-page SEO dan on-page SEO agar anda dapat mengoptimalkan website anda dalam kolom pencaharian.

  1. Teknik SEO On-Page
    Optimalisasi halaman atau SEO On-Page adalah teknik optimalisasi yang dilakukan pada website anda dengan tujuan agar mesin pencari mengetahui jika website anda sudah sesuai dengan apa yang dicari oleh pengguna dengan kualitas yang baik. Sehingga, anda dapat mengoptimalisasi website anda agar terstruktur dan konten yang anda buat dapat bermanfaat bagi pengunjung agar pengunjung merasa betah.
  2. Teknik off page SEO
    Teknik ini memang bisa dikatakanberbanding terbalik dengan SEO On-Pageyang lebih dominan terhadap optimalisasi didalam halaman website itu sendiri muali dari penulisannya hnga formatnya, Teknik ini lebih ke arah memproses optimalisasi yang dilakukan dari luar, yaitu dengan mencari backlink serta mempromosikan website anda. Ketika anda dapat mengoptimalkan keduanya, maka website anda akan mendapatkan hasil yang baik juga.

Tips dan Trik Membangun Popularitas Website

Desain Situs Web Adalah Identitas Pribadi atau Perusahaan Jasa Pembuatan  Website Bekasi - Jasa Konsultan Internet Marketing Medan - Jasa Digital  Branding Pekanbaru Indonesia, Guru SEO Jakarta Bandung Tangerang | Seokage  | Firmahn | Zulfirman

Website yang populer tentu tidak datang begitu saja, karena diperlukan cara-cara tertentu. Nah, di bawah ini ada tips dan trik yang dapat Anda ikuti untuk membangun popularitas website.

1. Buatlah Konten yang Berkualitas

Sebaiknya Anda jangan hanya berfokus pada SEO saja dan seakan lupa dengan konten yang berkualitas. Faktanya konten yang berkualitas juga dapat meningkatkan jumlah pengunjung di suatu website sehingga websitepun akan populer.

Seperti yang diketahui bahwa sekarang ini banyak pengguna internet yang cerdas, sehingga mereka juga menginginkan konten yang berkualitas dan bermanfaat. Dengan konten yang berkualitas pastinya pengunjung pun akan kembali lagi ke website Anda untuk bisa mendapatkan konten-konten berkualitas lainnya.

2. Share Artikel ke Forum

Yang selanjutnya adalah dengan share artikel yang Anda punya ke berbagai forum yang berkaitan dengan konten artikel Anda. Dengan demikian, orang-orang akan melihat artikel yang Anda buat dan mengingatnya.

Banyak orang yang enggan menerapkan tips ini karena beranggapan dengan share artikel ke forum tidak berdampak apapun untuk meningkatkan jumlah pengunjung website. Padahal secara tidak langsung pengunjung website akan bertambah jika Anda melakukan share artikel ke forum. Selain itu, keuntungan lainnya adalah brand untuk website pun terbangun.

3. Pasang Iklan

Seperti yang diketahui bahwa iklan merupakan salah satu cara promosi terbaik yang bisa Anda lakukan agar orang-orang dapat mengenal website yang Anda miliki. Iklan PPC adalah yang paling tepat agar brand website bisa terbentuk dengan baik dan orang-orang pun berminat untuk mengunjungi website Anda.

4. Membangun Koneksi dengan Pembaca

Dan yang terakhir adalah dengan membangun koneksi yang baik dengan pembaca. Koneksi merupakan salah satu cara yang paling tepat untuk menjalin hubungan baik dengan rekan bisnis dan bahkan pengunjung website sekalipun. Selain itu, dengan membangun koneksi maka popularitas website pun akan terbentuk dengan sendirinya.

Bagaimana cara untuk membangun koneksi? Sebenarnya ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun koneksi tersebut, salah satunya dengan memberikan respon atau ucapan terimakasih kepada pembaca yang telah mengunjungi website Anda. Dan respon yang dimaksud ini dapat berupa hal-hal yang sederhana seperti membalas komentar, mengucapkan rasa terimakasih dan lain sebagainya. Meskipun sederhana, tapi tindakan tersebut secara tidak langsung akan berdampak besar untuk website Anda.

JojoTimes memungkinkan karyawan Anda masuk dan keluar dari mana saja. Dilengkapi dengan pengenalan wajah biometrik, lokasi GPS yang akurat dan deteksi identitas palsu, tidak perlu khawatir tentang penipuan dan bermain bohong.

Karyawan Anda dapat diminta untuk melaporkan kegiatan mereka ketika mereka bekerja dari jarak jauh.

Dengan cara ini Anda selalu dapat memastikan bahwa karyawan Anda benar-benar menggunakan jam kerja dengan seharusnya.

JojoTimes solusi untuk semua kebutuhan Mobile HR. Dengan JojoTimes Anda dapat memantau aktivitas karyawan remote, mendeteksi “late comers” dan “early leavers”, serta otomatisasi tugas administrasi HR.

Yuk pakai software HRIS dari Jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari.