Mengenal Software HRIS Industry Tambang

Software HRIS Industry Tambang merupakan singkatan dari Human Resources Information System dimana HRIS ini merupakan suatu sistem yang dibutuhkan suatu perusahaan untuk mengelola karyawan. Saat ini Human Resource Information System atau HRIS memiliki peran yang sangat penting. Bagaimana tidak, penggunaan HRIS dalam perusahaan ini dapat membantu divisi HR untuk dapat mengelola karyawan dengan efisien.

Seperti yang telah diketahui, bahwa karyawan merupakan aset terbesar yang dimiliki perusahaan. Karyawanlah yang memiliki kompeten dan loyalitas tinggi sampai akhirnya dapat meningkatkan performa perusahaan tempat mereka bekerja. Untuk itu, manajemen perusahaan yang bagus sangatlah diperlukan bagi perusahaan untuk mengelola karyawan. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengelola karyawan adalah dengan cara membentuk divisi Human Resource Management (HRM).

Dibentuknya divisi HRM memiliki manfaat untuk menarik karyawan yang berkompeten untuk menjadi bagian dari perusahaan, meningkatkan kepuasan karyawan serta menurunkan tingkat turnover karyawan. Tugas HRM tidak lepas dari fungsi administrasi saja melainkan yang berhubungan dengan karyawan seperti penggajian karyawan, cuti karyawan, dan lain sebagainya.

Bagi perusahaan dengan skala kecil, mungkin pengelolaan HR ini dianggap suatu hal yang mudah karena jumlah karyawan yang relative masih sedikit. Namun, bagi perusahaan dengan skala besar mungkin pengelolaan HR ini memakan banyak waktu.

Seiring berkembangnya teknologi, saat ini cara kerja divisi HR dalam mengelola perusahaan dan administrasi karyawan sudah terdapat banyak perubahan dan sudah dapat dikerjakan dengan bantuan sistem. Berikut penjelasan lengkapnya.

Apa Itu HRIS ?

HRIS (Human Resources Information System) adalah suatu perangkat lunak atau software yang dapat digunakan untuk melakukan suatu pekerjaan yang berhubungan dengan penginputan, pelacakan, dan rekapitulasi data serta informasi dalam bidang HR.

Human Resource Information System memiliki fitur diantaranya adalah dapat digunakan pada divisi keuangan, akuntansi, hingga dapat digunakan oleh pihak manajemen. Mengingat bahwa administrasi karyawan itu sendiri tidak hanya dipegang oleh divisi HRD saja, maka dari itu sistem HRIS akan diberlakukan sistem yang sama untuk semua karyawan di beberapa bidang mulai pada saat karyawan pertama kali masuk maka perlu memasukkan data pribadi yang akan tersimpan pada database perusahaan.

Pentingnya HRIS Untuk Perusahaan

Software HRIS Industry Tambang

HRIS (Human Resource Information System) dinilai sangat penting oleh perusahaan mengingat HRIS ini memudahkan berbagi informasi dan menunjang peforma perusahaan. Bahkan saat ini didukung oleh aplikasi atau software yang membuat segala prosesnya menjadi lebih otomatis dan digital. Pada umumnya, Human Resource Information System terdiri dari beberapa fungsi seperti:

  • Database,
  • Rekrutmen,
  • Training,
  • Human resources reporting
  • Management

Kegiatan HRIS dengan menggunakan sistem akan lebih aman dibandingkan dengan menggunakan cara manual. Perlu diketahui bahwa file yang tersimpan secara manual akan lebih mudah dilakukan kecurangan dan lain sebagainya oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dibandingkan dengan menggunakan sistem. Penggunaan sistem HRIS secara online dapat memungkinkan data tersebut bersifat personal dan hanya dapat diakses oleh yang berwenang. Adapun peran HRIS dalam sebuah perusahaan yaitu:

Fleksibel

Dengan bantuan Aplikasi HRIS maka data dapat diakses kapan saja dan dimana saja sehingga Anda sebagai pemilik perusahaan atau HR dapat mengontrol dan memeriksa dengan fleksibel dan leluasa.

Membantu Mengambil Keputusan

Sistem informasi terkait SDM yang baik dapat memberikan informasi yang tepat dan cepat karena sifatnya otomatis sehingga HR dapat mengakses informasi tersebut dalam pengambilan sebuah keputusan.

Perkerjaan berulang dapat diotomatisasi

Pekerjaan yang berulang seperti perekapan absen, pendistribusian gaji, perhitungan pajak, payroll dan lain sebagainya dapat dilakukan secara otomatis sehingga membuat pekerjaan menjadi lebih cepat dan praktis.

Mempermudah Dalam Mengontrol Kinerja Karyawan

Dalam HRIS terdapat sistem penilaian kinerja yang dapat digunakan untuk mengontrol kinerja pegawai serta membandingkan kinerja tersebut dengan target yang diharapkan.

Biaya Operasional Yang Relatif Kecil

Dengan sistem HRIS maka biaya operasional dapat ditangguhkan ke dalam biaya lain seperti penggunaan kertas dan lain sebagainya akan berkurang secara drastic.

Memudahkan Proses Penerimaan Karyawan Baru

Dalam sistem HRIS dapat menunjukkan beragam kriteria yang dibutuhkan untuk penerimaan karyawan baru sehingga akan memudahkan pihak HR untuk proses pemilihan pegawai sampai dengan penempatannya di organisasi perusahaan.

Mengurangi Human Error

Dengan bantuan Aplikasi HRIS maka kesalahan perhitungan yang sering terjadi saat dilakukan secara manual dapat diminimalisasi.

Software HRIS Industry Tambang

Software HRIS Industry Tambang

Salah satu software HRIS yang dapat digunakan untuk industry tambang yaitu adalah Software Pertambangan Mitrais. Mirais sangatlah berpengalaman dalam menyediakan software dengan kompleks, terencana dan desain tambang yang strategis. Selain itu, software ini juga dapat melakukan pelaporan manajemen tambang bagi perusahaan-perusahaan tambang di Indonesia. Software ini dapat membantu mengelola operasional tambang untuk meningkatkan ke efektivitas dan efisiensi.

Software pertambangan terdiri atas manajemen perusahaan, manajemen suku cadang dan penjadwalan yang bersangkutan. Untuk itu, cara-cara efektif untuk mengoptimalkan operasional baik itu di kantor pusat atau di lokasi tambang sehingga dapat meningkatkan kualitas dengan mengidentifikasikan masalah yang mungkin timbul.

Fitur Mitrais

Software HRIS Industry Tambang

Adapun fitur yang didapat dari mitrais diantaranya sebagai berikut:

Ellipse

Dengan menggunakan aplikasi ini maka artinya Anda sudah terintegrasi. Akan tetapi, modular sepenuhnya dirancang untuk memastikan kebutuhan perusahaan besar dapat terpenuhi, sehingga ellipse ini menawarkan fungsi terluas dipasar Enterprise Asset Management saat ini.

LinkOne

LinkOne merupakan perangkat lunak manajemen suku cadang yang mampu memberikan informasi yang benar dan tepat waktu ke jaringan besar pada dealer dan operator.

Spry Scheduler

Spry Scheduler dari mitrais ini merupakan software untuk penjadwalan tambang lengkap yang terintegrasi dengan alat simulasi haulage yang dapat terpercaya.

Mcat dan Katalogisasi

Mcat merupakan alat pembersih katalog yang dapat menyederhanakan proses pengelolaan suku cadang dan bahan MRO. Dimana Mcat ini akan mengakomodasi banyak proyek dengan data master MRO yang terpisah, kemampuan dalam standarisasi, mengoptimalkan suku cadang, perawatan, dan mengurangi biaya.

Layanan Yang Disediakan Mitrais

Adapun layanan yang disediakan oleh mitrais yaitu:

System Impelementation and Support

Mampu mengimplementasikan solusi perangkat lunak yang mendukung bisnis dan operasi industry pertambangan.

Consulting

Membantu mengidentifikasi praktik terbaik dan membantu menyelaraskannya.

Training

Menyediakan pelatihan dan bimbingan kepada manajemen tingkat menengah hingga senior.

Mine Technical Service

JojoTimes yang merupakan software HR dari Jojonomic dengan basis seperti HRIS untuk mengelola data karyawan perusahaan lebih maksimal. Denggan software tersebut diharapkan bisa memberikan manfaat serupa dengan penggunaan HRIS seperti misalnya:

  • Efektifitas dan efisiensi kerja karyawan HRD dalam mengelola data karyawan baik yang umum maupun bersifat rahasia.
  • Sistem yang lebih terpadu dan mudah diakses bagi anggota HRD dalam melakukan segala tindakan administrasi berkaitan dengan karyawan.
  • Kemampuan tersambung dengan sistem penggajian dan sistem cuti karyawan.
  • Kemudahan input data karyawan tambahan serta faktor lain yang diperlukan.
Cara cegah fraud absensi

Tentunya manfaat di atas dapat diraih dengan mudah berkat adanya fitur-fitur menarik pada JojoTimes berikut ini:

  • Monitor Team Location via Geotagging.
  • Fingerprint Feature.
  • Check In & Check Out Monitoring.
  • Multiple clock-in and clock-out.
  • Leave Management.

coba gratis JojoTimes di perusahaan Anda.