Mengenal Supermarket HRIS Software Dan Keuntungannya

Supermarket HRIS Software – HRIS (Human Resources Information System) merupakan suatu sistem yang dibutuhkan perusahaan untuk mengelola karyawan. Human Resource Information System atau HRIS saat ini berperan sangat penting. Bagaimana tidak, penggunaan Human Resource Information System  dalam perusahaan dapat membantu divisi HR untuk mengelola karyawan dengan efisien.

Seperti yang tekah diketahui, karyawan merupakan aset terbesar yang dimiliki oleh perusahaan. Merekalah yang memiliki kompeten serta loyalitas tinggi sehingga dapat meningkatkan performa perusahaan. Untuk itu, manajemen yang bagus sangat diperlukan perusahaan untuk mengelola karyawan. Adapun salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membentuk divisi Human Resource Management (HRM).

Manfaat dibentuknya divisi HR<M adalah untuk menarik karyawan yang berkompeten untuk menjadi bagian dari perusahaan, meningkatkan kepuasan karyawan dan menurunkan tingkat turnover karyawan itu sendiri. Tidak hanya itu saja, tugas HRM dalam sebuah perusahaan juga tidak lepas dari fungsi administrasi yang berhubungan dengan karyawan seperti absensi, penggajian karyawan, cuti karyawan, dan lain sebagainya. Semua sudah terlihat mudah namun ternyata hal ini dapat menyita waktu yang cukup banyak.

Bagi perusahaan kecil mungkin pengelolaan HR dianggap mudah karena jumlah karyawan yang relative masih sedikit. Namun, bagi perusahaan besar mungkin pengelolaan HR ini dapat memakan waktu banyak.

Untuk itu, seiring dengan berkembangnya teknologi, kini cara kerja divisi HR dalam mengelola perusahaan dan administrasi karyawan sudah banyak berubah dan dikerjakan dengan bantuan sistem. Berikut penjelasan lengkapnya.

Apa Itu HRIS ?

HRIS (Human Resources Information System) merupakan sebuah perangkat lunak atau software yang dapat digunakan untuk melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan penginputan, pelacakan, dan rekapitulasi berbagai data dan informasi dalam bidang HR.

Adapun fitur yang terdapat pada Human Resource Information System adalah dapat digunakan pada divisi keuangan, akuntansi, hingga pihak manajemen. Hal ini dikarenakan administrasi karyawan itu sendiri tidak hanya dipegang oleh divisi HRD saja sehingga sistem HRIS akan diberlakukan sistem yang sama untuk semua karyawan di beberapa bidang seperti saat karyawan pertama kali masuk maka perlu memasukkan data pribadi yang akan tersimpan pada database perusahaan.

Pentingnya HRIS Untuk Perusahaan

Supermarket HRIS Software

HRIS (Human Resource Information System) saat ini didukung oleh aplikasi atau software yang membuat segala prosesnya menjadi lebih otomatis dan digital. HRIS sangat dibutuhkan oleh  perusahaan di semua jenis bidang perusahaan karena akan lebih mudah untuk berbagi informasi yang dapat menunjang performa dari perusahaan tersebut.

Biasanya, Human Resource Information System mencakup beberapa fungsi seperti:

  • Database,
  • Rekrutmen,
  • Training,
  • Human resources reporting
  • Management

Kegiatan HRIS menggunakan sistem akan lebih aman dibandingkan dengan manual. Hal ini dikarenakan file yang tersimpan secara manual akan lebih mudah dilakukan kecurangan atau lain sebagainya oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Sementara penggunaan sistem HRIS secara online dapat sistem otorisasi yang memungkinkan data tersebut bersifat personal dan hanya dapat diakses oleh yang berwenang. Adapun peran HRIS yaitu:

Perkerjaan berulang dapat diotomatisasi

Pekerjaan yang berulang seperti perekapan absen, pendistribusian gaji, perhitungan pajak, payroll dan lain sebagainya dapat dilakukan secara otomatis sehingga membuat pekerjaan menjadi lebih cepat dan praktis.

Mempermudah Mengontrol Kinerja Karyawan

Dalam HRIS terdapat sistem penilaian kinerja yang dapat digunakan untuk mengontrol kinerja pegawai serta membandingkan kinerja tersebut dengan target yang diharapkan.

Biaya Operasional Yang Relatif Kecil

Dengan sistem HRIS maka biaya operasional dapat ditangguhkan ke dalam biaya lain seperti penggunaan kertas dan lain sebagainya akan berkurang secara drastic.

Memudahkan Proses Penerimaan Karyawan Baru

Dalam HRIS dapat menunjukkan criteria yang dibutuhkan untuk penerimaan karyawan baru sehingga akan memudahkan pihak HR untuk proses pemilihan pegawai sampai dengan penempatannya di organisasi perusahaan.

Membantu Mengambil Keputusan

Sistem informasi terkait SDM yang baik dapat memberikan informasi yang tepat dan cepat karena sifatnya otomatis sehingga HR dapat mengakses informasi tersebut dalam pengambilan sebuah keputusan.

Mengurangi Human Error

Dengan bantuan Aplikasi HRIS maka kesalahan perhitungan yang sering terjadi saat dilakukan secara manual dapat diminimalisasi.

Fleksibel

Dengan bantuan Aplikasi HRIS maka data dapat diakses kapan saja dan dimana saja sehingga Anda sebagai pemilik perusahaan atau HR dapat mengontrol dan memeriksa dengan fleksibel dan leluasa.

Supermarket HRIS Software

Supermarket HRIS Software

Seiring berkembangnya teknologi, semuanya serba dilakukan secara digital. Bagi Anda yang memiliki supermarket dan susah berkembang karena semua dilakukan secara online maka Anda bisa mencoba menggunakan supermarket HRIS software.

Program supermarket software ini menjadi solusi untuk membantu Anda sebagai pemilik usaha untuk mengelola supermarket Anda dengan mudah, praktis dan efisien.

Dengan supermarket HRIS software maka hal ini akan memaksimalkan profit keuntungan dan menghasilkan laba yang besar. Software supermarket dapat menjaga ketersediaan stok yang dapat mengoptimalkan omzet gerai Anda. Sehingga data yang diinput akan sangat terjaga dan juga aman, sehingga meminimalkan masalah kehilangan data yang penting, menghasilkan laporan mengenai stock barang yang lebih akurat. Semua laporan yang ada nantinya dapat di-export ke file Excel untuk memudahkan pekerjaan.

Supermarket Software  merupakan sebuah program atau software aplikasi yang dirancang khusus untuk menangani proses yang terjadi dalam sebuah industri retail seperti minimarket, supermarket, toko kelontong, dan lain sebagainya. Aplikasi ini membantu dalam urusan perusahaan seperti manajemen pembelian, penjualan, supplier, pelanggan, hutang piutang dan lain sebagainya. Adapun output dari program kasir ini adalah informasi yang dapat dijadikan pijakan dalam pengembangan industri retail yang lebih baik.

Keuntungan Supermarket HRIS Software

Supermarket HRIS Software

Mengapa lebih baik menggunakan supermarket HRIS software, berikut keuntungannya:

Laporan Akurat dan real time

Menyadari bahwa usaha retail memiliki jadwal bisnis yang padat. Namun dengan menggunakan program software ini, maka supermarket, minimarket dan toko Anda akan selalu mendapat laporan dimanapun Anda berada karena selalu ada fasilitas email laporan secara otomatis.

Mengurangi tingkat kecurangan

Dengan pembukuan transaksi yang rapi akan menghentikan niat karyawan yang hendak melakukan kecurangan. Memang tidak sepenuhnya menghentikan kecurangan di perusahaan namun hal ini setidaknya dapat dikurangi.

Memaksimalkan daya karyawan dengan penggunaan software semacam HRIS memang sangat penting dalam usaha efisiensi karyawan. Demikian halnya bila menggunakan software lain yang hampir serupa. Ada banyak yang memiliki dasar penggunaan seperti sistem yang dikemukakan oleh HRIS. Misalnya saja menggunakan JojoTimes yang merupakan software HR dari Jojonomic dengan basis seperti HRIS untuk mengelola data karyawan perusahaan lebih maksimal. Denggan software tersebut diharapkan bisa memberikan manfaat serupa dengan penggunaan HRIS seperti misalnya:

  • Efektifitas dan efisiensi kerja karyawan HRD dalam mengelola data karyawan baik yang umum maupun bersifat rahasia.
  • Sistem yang lebih terpadu dan mudah diakses bagi anggota HRD dalam melakukan segala tindakan administrasi berkaitan dengan karyawan.
  • Kemampuan tersambung dengan sistem penggajian dan sistem cuti karyawan.
  • Kemudahan input data karyawan tambahan serta faktor lain yang diperlukan.

Tentunya manfaat di atas dapat diraih dengan mudah berkat adanya fitur-fitur menarik pada JojoTimes berikut ini:

  • Monitor Team Location via Geotagging.
  • Fingerprint Feature.
  • Check In & Check Out Monitoring.
  • Multiple clock-in and clock-out.
  • Leave Management.

Dengan fitur dan manfaat di atas, tentu saja tidak perlu ragu lagi untuk memutuskan. Segera saja lakukan coba gratis JojoTimes di perusahaan Anda. Lihat sendiri bagaimana software ini bekerja secara maksimal untuk membantu akses informasi data karyawan yang lebih baik. Biarkan database yang bekerja lebih efektif dan lebih efisien.