Mengenal Technical Writer Adalah Teknis Keterampilan Menulis

ui design

Technical Writer adalah penulis menggunakan keterampilan menulis dan komunikasi mereka untuk membuat informasi yang kompleks lebih mudah dicerna.

Mereka sangat penting untuk menjalankan bisnis yang berfokus pada teknologi dan dapat membantu perusahaan lebih memahami kinerja mereka dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Apakah Kamu ingin menjadi technical writer adalah? Kami telah menyusun panduan ini untuk memperjelas apa itu penulis teknis.

Kamu akan mengetahui apa yang mereka lakukan, bagaimana mereka melakukannya dan belajar di mana Kamu dapat menemukan peluang kerja penulisan teknis hari ini.

Apa itu Penulis Teknis?

technical writer adalah adalah penulis profesional yang mengomunikasikan informasi yang kompleks. Jadi apa sebenarnya yang dilakukan seorang penulis teknis?

Mereka membuat dokumentasi teknis yang mencakup hal-hal seperti manual instruksi, manual pengguna, artikel jurnal, panduan referensi cepat, dan kertas putih. Mereka juga dapat membuat jenis konten yang lebih umum termasuk posting media sosial, siaran pers, dan halaman web.

Pada dasarnya,technical writer adalah memecah produk teknis yang kompleks menjadi panduan yang mudah dipahami yang membantu pengguna akhir memahami cara menggunakan produk dan layanan. Mereka adalah ahli materi pelajaran yang sering memiliki latar belakang pendidikan di bidang teknis termasuk teknik, ilmu komputer, teknologi informasi, dan pengembangan informasi.

technical writer adalah

Tujuan Penulisan Teknis

Komunikator teknis berusaha untuk membuat dokumen yang membantu individu memahami bagaimana menggunakan teknologi tertentu. Mereka mungkin menulis untuk audiens target untuk bisnis B2C atau mereka dapat menulis dokumen internal bagi karyawan untuk menggunakan atau membuat produk. Mereka juga dapat menggunakan keahlian menulis mereka untuk membuat laporan teknis untuk memperbarui eksekutif C-Suite mencerna kinerja perusahaan. Menurut Society for Technical Communication , sebagian besar penulisan teknis digunakan untuk tujuan internal daripada menargetkan audiens konsumen.

technical writer adalah

Proses Umum Untuk Penulis Teknis

Selama bertahun-tahun, penulisan teknis telah mengalami perubahan dramatis. Saat ini, penulisan teknis melibatkan pembuatan informasi teknis sebagai bagian dari rencana pengelolaan konten yang lebih besar.

Penulis teknis bekerja sama dengan anggota tim termasuk desainer grafis, penulis konten, spesialis dokumen, dan pakar industri untuk membuat dokumen teknis.

Mereka juga dapat bekerja dengan sesama penulis untuk mengembangkan keterampilan menulis bisnis mereka tergantung pada proyek dan jenis dokumen.

Untuk sebagian besar proyek, penulis teknis menggunakan langkah-langkah berikut:

  1. Lakukan analisis audiens dan identifikasi kebutuhan khusus apa pun
  2. Merencanakan dan menguraikan ruang lingkup proyek termasuk mengikat anggota tim tambahan sesuai kebutuhan.
  3. Riset topik, mendapatkan sampel produk, desain dokumen, dan penulisan konten teknis
  4. Menguji dan meninjau komunikasi teknis
  5. Pengiriman dan revisi kedua jika perlu
  6. Putuskan apakah dokumen harus diarsipkan, direvisi, atau dimusnahkan.

Prospek Pekerjaan Untuk Penulis Teknis

Penulisan teknis tetap menjadi industri yang semakin umum dan di mana penulis profesional sangat dicari.

Keterampilan para penulis ini jauh melampaui ejaan dan tata bahasa yang baik. Para penulis ini dituntut untuk memiliki pengetahuan teknis yang luas yang tidak dimiliki oleh para penulis biasa.

Mereka juga harus memiliki keterampilan menulis yang sangat baik dan kemampuan untuk berkoordinasi dengan anggota staf teknis lainnya. Dengan demikian, prospek pekerjaan untuk penulis teknis tetap positif.

Ada juga peningkatan kebutuhan akan pekerja lepas termasuk penulis teknis dan penulis medis karena semakin banyak bisnis yang membangun kehadiran online.

Lingkungan kerja biasanya digerakkan oleh diri sendiri dan banyak penulis teknis dapat memilih untuk bekerja dari rumah atau kantor.

technical writer adalah

Di mana Menemukan Pekerjaan Penulisan Teknis

Ada berbagai cara untuk menemukan pekerjaan penulis teknis yang sesuai dengan keterampilan teknis Kamu. Salah satu tempat pertama Kamu dapat memulai pencarian Kamu adalah di koran lokal. Perusahaan sering mengiklankan peluang kerja di surat kabar harian dan di papan di luar pusat komunitas.

Kamu juga dapat menggunakan berbagai situs web untuk bantuan online saat mencari pekerjaan penulisan teknis. Papan pekerjaan klasik seperti Memang mencantumkan ratusan pekerjaan menulis yang dapat Kamu pilih. Beberapa mengharuskan Kamu untuk bekerja dari lokasi kantor tertentu sementara yang lain mengizinkan pekerjaan jarak jauh, jadi pastikan untuk memeriksa deskripsi pekerjaan untuk detailnya.

Jika Kamu mencari pekerjaan menulis teknis khusus jarak jauh, lihat situs seperti Guru dan FlexJobs . Situs-situs ini dapat membantu Kamu menemukan peluang penuh waktu dan paruh waktu untuk komunikator teknis. Kamu juga dapat menggunakan papan pekerjaan ini untuk menyaring peluang ke posisi berdasarkan pengalaman pengguna atau proyek dokumentasi teknis internal.

Situs hebat lainnya untuk pekerjaan penulisan teknis jarak jauh atau lepas adalah Upwork . Situs ini memiliki filter yang memungkinkan Kamu untuk menelusuri berdasarkan bidang subjek atau jabatan tertentu. Kamu juga dapat mempersempitnya ke keterampilan tertentu seperti keakraban dengan Microsoft atau Apple. Bagian terbaik tentang pasar ini adalah pembayaran dilakukan melalui platform sehingga Kamu tidak perlu khawatir akan scammed.

Menjadi Penulis Teknis

Kamu juga dapat menggunakan agen untuk menemukan pekerjaan penulisan teknis. Di The Writer Finder , kami selalu mencari penulis teknis tingkat pemula dan berpengalaman. Daftar untuk bergabung dengan database penulis kami dan kami akan menghubungi Kamu ketika peluang baru muncul. Itu berarti Kamu tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam menyisir daftar pekerjaan.

Penulisan teknis adalah karir profesional yang menjanjikan yang penting untuk bisnis. Jika Kamu menjadi penulis teknis, Kamu akan membantu orang memahami cara menggunakan produk teknologi dan meningkatkan kinerja bisnis dengan memberikan laporan berharga kepada pembuat keputusan.

Apa Bedanya dengan Jenis Tulisan Lainnya?

Saya memiliki banyak pekerjaan yang berbeda di mana saya telah menulis banyak hal yang berbeda: proposal, laporan, siaran pers, dan trik pemasaran. Dokumentasi yang saya tulis sebagai penulis teknis sangat berbeda dari semua jenis tulisan lainnya.

Pertama, dokumentasi teknis seringkali sangat terfokus pada langkah-langkah dan proses, dan diorganisir dengan susah payah. Perhatian terhadap detail dan pengaturan ini memudahkan Kamu untuk mengetahui apa yang perlu Kamu lakukan, lakukan, dan lanjutkan hari Kamu. Tujuan utama dari dokumen teknis adalah untuk membantu Kamu mempelajari apa yang perlu Kamu ketahui.

Kedua, dokumentasi teknis biasanya sangat langsung. Kamu tidak akan menemukan kesulitan tambahan dalam sistem bantuan online (walaupun penulis teknis suka menggunakan contoh untuk mengilustrasikan konsep). Alih-alih, kami langsung ke intinya dan memberi tahu Kamu apa yang perlu Kamu ketahui dan semua peringatan dan peringatan yang akan membantu Kamu di sepanjang jalan.

Ketiga, meskipun bersifat langsung, dokumentasi teknisnya juga sangat detail. Meskipun laporan atau proposal mungkin memberikan “ikhtisar 30.000 kaki” dari suatu topik, itu tidak memadai dalam dokumentasi teknis.

Bagi seorang penulis teknis, semakin banyak informasi dalam dokumen Kamu, semakin baik. Dengan mengetahui segala sesuatu tentang produk kami dan menjelaskan semua yang kami bisa, kami membantu pembaca kami memahami produk dan belajar menggunakannya dengan benar.

Bayangkan jika buku panduan pesawat hanya memberikan gambaran singkat tentang cara mengoperasikan pesawat terbang?

Penutup

Jojo Times

Onboarding sendiri merupakan hal penting yang harus dilakukan perusahaan terutama untuk para karyawan baru. Karena dengan proses onboarding yang baik kaan menjadikan karyawan yang potensial dan berkualitas kedepannya. Salah satu yang dapat anda lakukan untuk memantau karyawan baru adalah menggunakan sistem absensi dari Jojo Times

Jojo Times merupakan aplikasi absensi online yang berbasis cloud sehingga sangat cocok sekali untuk digunakan pada perusahaan. Perangkat lunak yang satu ini mempermudah Anda dalam memantau absensi karyawan secara realtime kapan dan dimanapun.