Perlukah Mengubah Nama Bisnis?

Nama adalah salah satu hal yang harus dipersiapkan sebelum Anda mulai membangun suatu bisnis dengan beberapa alasan khusus. Dengan adanya nama tersebut, maka orang lain akan mengenal bisnis yang Anda miliki dan membedakan dari bisnis yang lain. Ada kalanya orang mengubah nama dari suatu bisnis. Namun, apakah mengubah nama bisnis adalah suatu kewajiban?

Jawabannya bisa iya dan bisa tidak. Penggantian nama untuk suatu usaha harus dikondisikan dengan situasi dan apa yang sedang terjadi saat itu. Agak aneh bukan mengganti nama kala nama bisnis tersebut sudah melejit dan sebagian besar orang cenderung mengenal nama tersebut dibandingkan yang baru?

mengubah nama bisnisAda beberapa yang mengubah nama bisnis karena nama tersebut dinilai tidak bisa membawa keberuntungan atau bisa dikatakan nama bisnis tersebut membawa sial.

Oops! We could not locate your form.

Sehingga agar bisnis berjalan dengan lebih baik. Sudah ada beberapa perusahaan yang mengganti namanya hingga yang seperti sekarang dikenal. Sebut saja thefacebook yang saat ini lebih dikenal dengan nama Facebook. Media sosial ini sukses menjadi salah satu platform medsos terbesar di dunia.

Lantas, Kenapa Mengubah Nama Bisnis?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, terdapat alasan tertentu suatu perusahaan mengubah nama bisnis. Salah satunya adalah untuk mendapatkan tempat di persaingan usaha yang semakin lama semakin sengit. Setidaknya terdapat 7 alasan suatu perusahaan mengubah nama bisnis. 7 alasan tersebut yaitu:

Memiliki Potensi Merugikan Merk

Misalnya Kentucky Fried Chicken atau yang sekarang lebih dikenal dengan nama KFC.

mengubah nama bisnisDi Amerika sendiri, fried atau goreng memberikan kesan yang kurang baik apalagi dengan makanan cepat saji tersebut kadar kolesterol semakin naik. Sehingga untuk menghindari konotasi negative tersebut, akhirnya nama perusahaan makanan tersebut lebih menggunakan nama KFC.

Terkait dengan Asosiasi Merk

Maksudnya adalah dengan merk tersebut, persepsi yang ditangkap oleh konsumen berbeda sehingga bisa merugikan nilai dari merk tersebut. Misalnya merk yang diusung memiliki citra yang lemah dan salah satu penyebabnya adalah adanya publikasi negative. Mengubah nama bisnis ini bisa menjadi solusi dengan harapan dapat menjadi kesempatan kedua dan agar lebih sukses.

Perbedaan Nilai Tambah Antar Merk Perusahaan

Alasan yang ketiga ini disebabkan karena suatu perusahaan memiliki produk yang lebih global dibandingkan dengan perusahaan itu sendiri. Sehingga agar lebih bisa mendongkrak popularitas dan memperluas jangkauan pasar maka merk tersebut diubah menjadi nama yang lebih umum atau lebih global.

Nama Merk yang Kurang Berpeluang untuk Eksistensi Produk

Maksudnya adalah bisa saja perusahaan tersebut memiliki merk tertentu namun, untuk dipergunakan ke produk lain membuat merk harus diganti.

mengubah nama bisnisMisalnya saja untuk United Aircraft yang namanya dirubah menjadi United Technologies sehingga nama tersebut bisa lebih dikembangkan, seperti untuk anak perusahaannya.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Terkait dengan Bahasa dan Cara Melafalkan

Bisa saja nama perusahaan tersebut memiliki nama yang bagus dan arti yang indah. Akan tetapi, ketika dibaca atau diucapkan, nama tersebut susah untuk dilafalkan, terutama untuk orang yang baru mengenal merk atau nama perusahaan tersebut. Misalnya Allegheny Airlines yang ada di Amerika yang kemudian mengganti nama menjadi US Air.

Merger, Akuisisi ataupun Aliansi

Bukan hal yang baru jika suatu perusahaan kemudian mengubah nama bisnis karena sudah bergabung dengan perusahaan yang lain. Misalnya perusahaan Margin Union yang berasal dari Belanda dengan Lever Brothers yang berasal dari Inggris.

Kedua perusahaan tersebut bergabung dan kemudian di tahun 1929 namanya berubah menjadi Unilever. Inilah yang membuat perubahan memang harus terjadi dan berbeda dengan brand awalnya.

Adanya Masalah Hukum terkait Merk

Bukan sekali dua kali nama suatu perusahaan bermasalah hukum. Misalnya karena sudah ada perusahaan lain yang sudah mengambil nama tersebut ataupun karena nama perusahaan bermasalah di suatu daerah.

Ciri Nama Bisnis yang Baik

Jika Anda benar-benar ingin mengubah nama bisnis Anda agar lebih dikenal oleh pasar ataupun untuk tujuan tertentu, misalnya setelah akuisisi, maka ada 5 ciri nama yang baik yang bisa dipertimbangkan:

  • Mudah diingat agar orang yang melihat merk atau nama perusahaan langsung ingat dengan nama tersebut.
  • Mudah untuk dilafalkan. Sadar atau tidak pelafalan dari suatu nama dapat memberikan kesan tertentu. Misalnya Yahoo yang pengucapannya adalah yahu. Mudah untuk dilafalkan dan pelafalannya hanya 2 suku kata sehingga orang tidak akan kesusahan untuk membacanya.
  • Bisa dijadikan brand. Jika nama perusahaan dapat menjadi nama merk, Anda akan lebih mudah untuk mendongkrak popularitas merk dan bisnis dalam waktu yang sama. sehingga bisa lebih hemat waktu dan tenaga.
  • Tidak lebih dari 2 suku kata. Hal ini tidak menjadi patokan namun, akan lebih mudah jika nama bisnis Anda hanya memiliki 2 suku kata.
  • Dapat diterima di beragam budaya. Akan mendapatkan penolakan yang keras ketika nama brand tersebut bersangkutan dengan budaya di tempat tertentu dan akan susah berkembang. Misalnya brand pakaian dalam milik Kim Kardashian yang dinamai Kimono. Nama ini tentunya sangat ditentang terutama oleh orang Jepang karena kimono adalah pakaian tradisional khas Jepang. Akhirnya, Kim mengubah nama merk bajunya karena penolakan tersebut.

Perubahan Nama PT sesuai Hukum

Jika Anda memiliki PT ataupun perusahaan apapun, Anda tetap bisa untuk mengubah nama bisnis. Namun, ada peraturannya tersendiri yang mengatur mengenai hal tersebut. Misalnya untuk Perseroan Terbatas (PT) untuk mengubah nama, terdapat syarat berikut:

  • Perubahan nama adalah bentuk dari perubahan anggaran dasar sehingga harus lewat RUPS.
  • RUPS untuk mengubah anggaran dasar bisa dilangsungkan jika pada rapat tersebut terdapat setidaknya 2/3 dari bagian jumlah seluruh saham. Keputusan akan dianggap sah jika disetujui minimal 2/3 dari jumlah suara yang ada kecuali untuk anggaran dasar yang menentukan kuorum kehadiran dan atau ketentuan mengenai pengambilan putusan RUPS yang lebih besar.
  • Perubahan untuk anggaran dasar yang berupa nama perseroan harus memperoleh persetujuan dari Menhuham (menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia) dan dimuat atau dinyatakan dalam akta notaris yang ditulis dalam bahasa Indonesia.
  • Permohonan persetujuan untuk perubahan anggaran dasar yang diajukan ke menteri, maksimal 30 hari sejak tanggal akta notaris yang isinya mengenai permohonan persetujuan tersebut.

Hal yang harus diingat adalah mengubah nama bisnis tidak hanya butuh waktu yang lama namun juga biaya yang tidak sedikit. Sehingga perlu ada pengkajian tersendiri dan pengajuan anggaran.

mengubah nama bisnisAgar lebih mudah untuk mengajukan anggaran, lebih baik Anda menggunakan JojoExpense yang tidak hanya dilengkapi dengan kemudahan reimburse secara online, kemudahan transfer secara langsung dan real time namun juga mobile approval.

Fitur JojoExpense yang Bisa Mempermudah Perubahan Nama Bisnis

Dengan fitur tersebut Anda akan lebih mudah untuk mengajukan pengajuan dana seperti untuk mengubah nama bisnis tanpa perlu ribet.

Untuk mencoba langsung kemudahan JojoExpense, kunjungi https://jojonomic.com/produk/jojoexpense-reimburse-online/ dan nikmati versi gratisnya. Selamat mencoba!