Inovatif dan Kreatif Keuangan : Tips dan Trik Demi Kemajuan

Jika kita berbicara tentang inovatif, maka kita pun akan berbicara mengenai kreativitas. Kreativitas adalah sebuah pengaliran ide yang masih berada dalam pikiran Anda menjadi sesuatu yang bisa disebut “karya”. Kreativitas juga merupakan kemampuan melihat asosiasi ketika orang lain tidak bisa. Sehingga dari sebuah kreativitas akan membuahkan inovasi, sesuatu yang benar-benar berbeda. Entah itu menciptakan produk baru atau solusi untuk suatu masalah. Inovasi membutuhkan kreativitas karena seseorang harus mampu menghubungkan ide-ide abstrak dan fakta dengan skenario yang ada sebelum membuat sesuatu yang unik dan berbeda. Jadi, ada keterkaitan yang erat antara keduanya.

Semua orang bisa menjadi pribadi yang lebih kreatif dari biasanya. Sehingga bukan hanya orang-orang tertentu saja yang memiliki kreativitas dari ia terlahir ke dunia. Bahkan seseorang dapat menjadi kreatif dengan mengasah dirinya untuk terus belajar dan berpikir kreatif. Dengan begitu jika seseorang tidak terlahir menjadi orang yang kreatif maka dapat dengan sendirinya mengasah diri untuk menjadi pribadi yang kreatif dan inovatif.

“Sebenarnya, semua sudah ada dalam pikiran… Tapi saya bingung mau mulai darimana. Saya bukan orang yang kreatif!”

Anda pernah dalam situasi seperti di atas? Tenang saja, kebanyakan orang juga pernah mengalami hal tersebut.
Ketika sudah mendapat sebuah ide yang bagus, saat mengeksekusi dan menerjemahkannya ke dalam tulisan atau gambar selalu terhalang. Terlalu lama menatap layar komputer atau kertas kosong, akhirnya menjadi malas dan diri Anda mengatakan, “Ah sudahlah! Tidak jadi!”

Hal yang sangat disayangkan! Padahal seperti yang telah dijelaskan pada bagian tengah di paragraph pembuka, kreativitas bukan hanya sekedar bakat yang diturunkan tetapi berupa kemampuan yang dapat dipelajari. Ini merupakan fakta yang didasarkan oleh pendapat para psikolog. Dan seperti kemampuan lainnya, Anda bisa menjadi lebih baik jika Anda mempraktikkannya. Otak seperti otot yang perlu dikembangkan, dalam hal ini menggunakan latihan kognitif.

Apa Itu Inovatif Keuangan

Inovasi keuangan adalah proses menciptakan produk, layanan, atau proses keuangan baru.

Inovasi keuangan telah datang melalui kemajuan seiring waktu dalam instrumen keuangan dan sistem pembayaran yang digunakan dalam meminjamkan dan meminjam dana. Perubahan ini – yang mencakup pembaruan dalam teknologi, transfer risiko, dan perolehan kredit dan ekuitas – telah meningkatkan kredit yang tersedia bagi peminjam dan memberikan cara baru dan lebih murah kepada bank untuk meningkatkan modal ekuitas.

POIN PENTING

  • Inovasi keuangan mengacu pada proses menciptakan produk, layanan, atau proses keuangan atau investasi baru.
  • Perubahan ini dapat mencakup teknologi terkini, manajemen risiko, transfer risiko, kredit dan perolehan ekuitas, serta banyak inovasi lainnya.
  • Suatu inovasi keuangan terkini termasuk crowdfunding, teknologi perbankan seluler, dan teknologi pengiriman uang.
  • Inovasi bisnis adalah proses menciptakan cara baru atau lebih baik dalam menjalankan bisnis.
  • Adanya inovasi bisnis dapat mengambil berbagai bentuk, dari taktik pemasaran baru hingga alur kerja yang diubah, hingga produk baru.
  • OECD mendefinisikan empat jenis inovasi bisnis: inovasi produk, inovasi proses, inovasi pemasaran, dan inovasi organisasi.
  • Grup biasanya melacak inovasi nasional sebagai cara untuk mengukur ekonomi, pertumbuhan, dan masyarakat suatu negara secara keseluruhan.

Mengapa inovatif begitu penting?

Organisasi memiliki beberapa pilihan untuk meningkatkan daya saing: mereka dapat berjuang untuk kepemimpinan harga atau mengembangkan strategi diferensiasi. Dalam kedua kasus tersebut, inovasi itu penting.

  • Perusahaan yang memilih kepemimpinan harga harus mengamankan daya saing jangka panjang mereka dengan mengembangkan proses yang inovatif dan sangat efisien. Pengoptimalan proses dan peningkatan berkelanjutan dalam hal biaya penting bagi mereka.
  • Perusahaan yang mengupayakan strategi diferensiasi membutuhkan inovasi untuk mengembangkan fitur pembeda yang unik kepada pesaing mereka.
  • Banyak start-up meluncurkan aktivitasnya dengan mengembangkan produk atau layanan yang inovatif.

Oleh karena itu, inovasi berkelanjutan sangat penting bagi semua perusahaan. Perbedaan utama terletak pada fokus strategi inovasi, yang sangat bervariasi dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya.

Memahami Inovatif Keuangan

Inovasi keuangan adalah istilah umum dan dapat dipecah menjadi kategori tertentu berdasarkan pembaruan ke berbagai bidang sistem keuangan. Meskipun berikut ini bukan daftar yang lengkap, inovasi keuangan utama telah hadir dalam peningkatan modal ekuitas, pengiriman uang, dan perbankan seluler.

Sementara berinvestasi di perusahaan tahap awal dan pertumbuhan dulu disediakan untuk segelintir orang (umumnya investor institusional), infrastruktur baru telah memungkinkan investor ritel individu untuk berinvestasi dalam proyek yang mereka sukai dan / atau memiliki koneksi lain dengan jumlah kecil. Individu menerima saham perusahaan baru yang sepadan dengan jumlah yang mereka investasikan.

Dua platform populer untuk crowdfunding ekuitas adalah SeedInvest dan FundersClub. Selain itu, platform pinjaman mikro seperti LendingClub dan Prosper memungkinkan pembiayaan hutang crowdfunded. Dalam kelas aset ini, alih-alih memiliki bagian dari perusahaan, individu menjadi kreditor dan menerima pembayaran bunga reguler sampai pinjaman tersebut akhirnya lunas.

Pengiriman uang adalah bidang lain yang sedang diubah oleh inovasi keuangan. Pengiriman uang adalah dana yang dikirim kembali oleh ekspatriat ke negara asalnya melalui kawat, surat, atau transfer online. Mengingat volume transfer ini di seluruh dunia, pengiriman uang secara ekonomi signifikan bagi banyak negara yang menerimanya. Pada awal tahun 2000-an, Bank Dunia membuat database, di mana orang dapat membandingkan harga berbagai layanan transfer.

Terakhir, perbankan seluler telah membuat inovasi besar bagi pelanggan ritel. Saat ini, banyak bank seperti TD Bank menawarkan aplikasi komprehensif dengan opsi untuk menyetorkan cek, membayar barang dagangan, mentransfer uang ke teman, atau menemukan ATM secara instan. Penting bagi pelanggan untuk membuat koneksi yang aman sebelum masuk ke aplikasi mobile banking untuk menghindari informasi pribadinya disusupi.

Bagaimana Inovatif Bisnis Bekerja?

Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) menguraikan empat cara inovasi bisnis dapat terwujud: inovasi produk, inovasi proses, inovasi pemasaran, dan inovasi organisasi.

Inovasi produk

Mengacu pada produk baru atau produk yang ditingkatkan secara signifikan. Inovasi tersebut dapat mencakup membuat produk yang sama dengan komponen yang lebih baik atau produk baru yang lebih ramah pengguna.

Inovasi proses

Mengacu pada cara-cara baru suatu bisnis dapat memberikan produk atau layanannya. Ini dapat mencakup perubahan teknik, peralatan, atau perangkat lunak.

Inovasi pemasaran

Berkaitan dengan cara produk atau layanan ditampilkan kepada pelanggan. Ini termasuk kemasan baru atau kampanye iklan, tetapi juga termasuk perubahan harga

Inovasi organisasi

Mengacu pada perubahan gambaran besar yang dapat dilakukan bisnis untuk meningkatkan kinerja. Ini bisa berupa perubahan internal pada praktik bisnis atau perubahan eksternal pada hubungan bisnis dengan entitas lain.

Manfaat Inovatif Bisnis

Pada 2019, Northeastern University meringkas manfaat inovasi bisnis menjadi tiga konsep utama:

Pertumbuhan yang lebih baik: Tanpa fleksibilitas, Anda mungkin menghambat pertumbuhan bisnis Anda. Bisnis dengan modal yang cukup mungkin dapat membeli pesaing dan tumbuh dengan cara itu, tetapi bagi banyak bisnis, pertumbuhan mereka akan terbatas pada seberapa banyak mereka dapat berinovasi dan menemukan cara baru untuk menarik pelanggan dan menumbuhkan pangsa pasar mereka.

Relevansi yang lebih: Era digital telah mengantarkan era pertumbuhan dan perubahan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Sekitar 90% dari total data dunia dibuat dalam beberapa tahun terakhir, dan ratusan situs web lainnya bermunculan setiap menit. Mereka yang tidak dapat mengikuti perubahan kemungkinan akan tersingkir dalam lingkungan yang terus berkembang ini.

Membantu membedakan bisnis Anda: Inovasi berarti melakukan sesuatu secara berbeda dari yang telah dilakukan sebelumnya. Oleh karena itu, semakin banyak bisnis Anda berinovasi, semakin unik jadinya. Berdiri keluar dari kelompok membantu memastikan bahwa bisnis Anda dapat bertahan dari bisnis baru yang membanjiri pasar.

Melacak Inovatif Nasional

Sementara inovasi bisnis terjadi pada tingkat organisasi, beberapa kelompok melacak inovasi total di berbagai negara untuk membandingkan inovasi nasional.

Salah satu pelacak ini adalah Indeks Inovasi Global, yang diterbitkan bersama oleh Cornell University, INSEAD, dan Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia. 4 Metrik mencakup kualitas bisnis seperti R&D dan investasi modal, tetapi juga mencakup ukuran inovasi sosial yang lebih luas seperti lingkungan politik dan penyebaran pengetahuan.

Berikut 10 negara inovasi teratas, yang diukur oleh Global Innovation Index pada 2019:

  • Swiss
  • Swedia
  • Amerika Serikat
  • Belanda
  • Britania Raya
  • Finlandia
  • Denmark
  • Singapura
  • Jerman
  • Israel

Tentu saja, organisasi lain memiliki metrik yang berbeda untuk mengukur inovasi nasional. Itulah mengapa sangat membantu untuk membandingkan daftar yang dibuat oleh berbagai organisasi.

Berikut adalah 10 negara inovasi teratas, sebagaimana ditentukan pada awal tahun 2020 oleh Indeks Inovasi Bloomberg:

  • Jerman
  • Korea Selatan
  • Singapura
  • Swiss
  • Swedia
  • Israel
  • Finlandia
  • Denmark
  • Amerika Serikat
  • Perancis

Cara Menjadi Pribadi yang Inovatif

1. Berkumpul dengan Orang Kreatif

Cobalah untuk berteman dan berkawan dengan orang-orang yang kreatif, maka mereka akan membuka pikiran Anda untuk menjadi seperti mereka. Jangan malu atau sungkan untuk berkumpul dengan orang-orang kreatif. Sebab dengan Anda sering berkumpul dan saling bertukar ide maka akan semakin besar peluang untuk menjadi pribadi yang kreatif dan inovatif.

2. Belajar dari Orang Kreatif

Cobalah belajar dengan orang-orang yang kreatif, dari bagaimana cara mereka menemukan gagasan pikiran tersebut, atau hanya bertanya dan belajar bagaimana cara mereka membuat sesuatu. Anda bahkan tidak perlu bertanya, dengan melihat apa yang sedang mereka lakukan akan menemukan sesuatu yang berbeda.

3. Bergerak Aktif

Bagi orang yang kreatif, bergerak menjadi satu hal yang harus mereka lakukan. Maka tidak heran jika orang kreatif cenderung lebih banyak bergerak untuk menemukan ide baru bahkan beberapa inovasi terbaru. Untuk itu, jika Anda ingin menjadi pribadi yang kreatif dan inovatif janganlah malas untuk bergerak mencari sesuatu yang baru atau mencoba mengeluarkan sesuatu yang baru.

4. Tuangkan Semua Ide yang Dimiliki

Jangan pernah takut untuk menyalurkan ide-ide yang terdapat dalam pikiran Anda. Sebab orang kreatif akan lebih berani untuk menuangkan semua ide mereka dan mencobanya. Nah, jika Anda memiliki beragam ide dalam pikiran cobalah untuk menyalurkan ide tersebut. Siapa tahu dari sebuah ide akan menjadi sebuah peluang usaha yang terbaik.

5. Percaya Diri

Jadi seseorang yang memiliki rasa percaya diri akan hasil yang Anda hasilkan. Bagi orang-orang yang memiliki pribadi yang kreatif dan inovasi cenderung memiliki kepribadian percaya diri. Sebab, bagi mereka percaya diri merupakan peluru yang terbaik untuk membangun semua ide-ide kreatif dan inovatif.

6. Membuka Mata dan Telinga

Jika ingin menjadi pribadi yang kreatif dan inovatif, jangan pernah malas untuk membuka mata dan telinga agar dapat melihat rekomendasi di sekeliling Anda. dengan begitu Anda akan mendapatkan sesuatu yang baru dan dapat menjadi inovasi untuk membuat sesuatu.

7. Jagalah Rasa Penasaran Anda

Orang yang inovatif merupakan orang yang paling ingin tahu. Mereka mengajukan banyak pertanyaan dan mereka selalu mencari cara untuk menjawab pertanyaan tersebut, tidak seperti kebanyakan orang pada umumnya yang melakukan sesuatu secara berulang karena tidak ingin repot. Ingatlah bahwa ” Seorang inovator lebih suka melihat hal-hal baru yang mereka temui dari berbagai perspektif “. Sementara, pasti tidak ada rumus yang ditentukan untuk membantu Anda mengadopsi rasa ingin tahu seperti anak kecil tersebut. Dengan keajaiban Internet dan Wikipedia yang dapat diakses siapa saja saat ini, tidak ada alasan untuk tidak mendapatkan jawaban yang kita inginkan. Sama pentingnya dengan memulai percakapan bersama orang yang berbeda yang Anda temui dan cobalah untuk mendengarkan perspektif mereka yang unik tentang dunia dan kehidupan mereka. Kadang-kadang, wawasan terbesar datang dari interaksi kita dengan orang-orang yang memiliki pandangan yang berlawanan dari kita.

8. Catat Ide dan Pikiran Anda

Anda akan membutuhkan sesuatu untuk menangkap dan mengatur ide-ide dan pikiran saat Anda belajar hal-hal baru. Cobalah untuk mencatat segala sesuatu yang datang ke kepala Anda, termasuk kata-kata acak, serta frase yang lalu lalang di pikiran Anda. Catatlah hal-hal tersebut walau hanya akan berbentuk coret-coret belaka. Ingat, inovasi berasal dari kreativitas, dan kreativitas adalah tentang bagaimana Anda mengasosiasikan ide dan fakta yang berbeda. Ketika Anda menuliskan pikiran Anda ke dalam jurnal atau lembar memo, jangan biarkan berbagai hambatan menghalangi upaya Anda. Tidak peduli seberapa masuk akal ide Anda, tetap lihatlah sebagai bagian dari teka-teki untuk dunia batin Anda yang berpotensi memicu inspirasi Anda sendiri. Tidak hanya menuliskan ide-ide yang akan membantu Anda melacak pikiran Anda, bahkan cara ini dapat merangsang proses berpikir dan mengarah pada satu ide baru setelah yang lain. Biarkan imajinasi Anda mengalir dengan liar!

9. Carilah Pengalaman Baru

Menerapkan hal-hal yang Anda pikirkan adalah bagian dari menjalankan proses berpikir dan membangun suatu persepsi. Untuk berpikir dengan cara yang berbeda, Anda harus melangkah keluar dari zona kenyamanan Anda dan melihat skenario pada sudut yang berbeda. Faktanya, seorang inovator handal akan belajar dari berbagai bidang dan menggabungkannya menjadi sesuatu yang luar biasa.

Beberapa dari Anda mungkin berpikir bahwa mencari pengalaman baru dalam hidup memerlukan sesuatu yang besar, seperti bepergian ke Islandia atau bahkan menaklukkan Gunung Everest. Tentu Anda tidak perlu berpikir sampai sejauh itu. Yang harus Anda lakukan adalah mencoba hal-hal baru untuk menjadi kreatif dengan merangsang pikiran dan indera Anda. Mungkin Anda dapat memulainya dengan membaca buku-buku dari genre yang berbeda atau mengambil hobi baru untuk Anda sendiri. Jika Anda melihat diri Anda sebagai seorang introvert, cobalah menantang persepsi diri dan membuka diri untuk bertemu orang-orang baru. Anda akan mengembangkan keterampilan baru untuk inovasi dalam proses Anda.

10. Memulai

Ketika semuanya sudah Anda persiapkan dengan baik, maka segeralah untuk memulainya. Sebab sesuatu akan menjadi nyata jika direalisasikan dengan cepat dan baik. Untuk itu, jangan pernah ragu ketika ingin memulai segala sesuatu hal tersebut jika ingin semua ide Anda menjadi nyata bukan hanya ide dalam pikiran lagi.

Tingkatkan Efisiensi Manajemen Pengeluaran Perusahaan Anda Hingga 76%. Fokuskan tenaga dan waktu berharga Anda pada hal yang benar-benar penting. Serahkan setiap proses pengajuan cash advance dan reimbursement pada JojoExpense dan biarkan prosesnya berjalan otomatis, tanpa kehilangan kendali dengan custom approval flow dan policy. Tidak ada lagi tenaga dan waktu berharga yang terbuang sia-sia. Kumpulkan data secara otomatis, tingkatkan produktivitas dan cegah penipuan keuangan serta pegang kendali penuh anggaran perusahaan dengan mudah dan kapanpun dimanapun dengan JojoExpense. Lebih cepat, mudah, tanpa perlu repot.